Sistem Operasi Smartphone Terbaik Selain Android

Sistem Operasi Smartphone Terbaik Selain Android Kini ponsel pintar sudah menjadi suatu kebutuhan bagi setiap individu manusia dalam melakukan segala aktivitasnya. Didalam sebuah telepon genggam sendiri memiliki beberapa komponen penting didalamnya, untuk menunjang performa yang lebih handal. Komponen tersebut merupakan terdiri dari perangkat keras & lunak yang diperlukan, misalnya baterai, kamera, lcd layar, OS dan masih banyak lagi. Bahkan 5 tahun belakangan ini terdapat dua OS atau sistem operasi smartphone yang menguasai pasar dunia, yaitu Android sekitaran 69% dan tentu saja juga ada iOS sekitaran 31%.

Sistem Operasi Smartphone Terbaik Selain Android

Perangkat lunak OS tersebut sangatlah penting bagi semua komponen di dalam HP pintar, sebab tanpa adanya sistem operasi mobile ini, maka sebuah HP tidak akan dapat melakukan segala operasionalnya. Seperti menjalankan aplikasi, mengaktifkan semua fitur komponennya, bermain game, dan lain-lain. Namun, seiring berjalannya waktu dari pertama diluncurkannya OS Android pada tahun 2008 hingga sekarang ini, telah banyak perangkat lunak operasi baru yang bermunculan. Dimana mereka telah siap bersaing dengan terbesar pada pasar smartphone yaitu Android.

Baca Juga:

Nah tentu saja, kita sebagai pengguna juga perlu memperhitungkan mau memakai sistem operasi yang mana sebagai alternatif dari android. Mencoba membuka mata kepada OS yang baru muncul bukanlah suatu tindakan yang buruk sama sekali. Karena itu semua merupakan sebuah pilihan, apalagi buat kamu yang ingin merasakan sensasi memakai smartphone yang berbeda dengan cara beralih tipe OS yang dipakai. Mungkin diantara kamu ada yang heran atau bahkan baru tau kalau pada perangkat telepon genggam mempunyai banyak OS selain dua yang telah kita sebutkan tadi. Oleh karena itu pada artikel kali ini kita akan bahas sistem operasi smartphone terbaik selain android.

Sistem Operasi Smartphone Terbaik Selain Android

Beberapa tahun terakhir ini telah luncur sedikit system operasi baru yang siap mengguncang dunia dan menyaingi OS terdahulunya yang sudah duluan dikenal banyak pengguna. Menarik dibahas, mungkin saja kalian nantinya tertarik untuk beralih menggunakan perangkat lunak lain. Sudah penasaran? Langsung saja simak rangkuman kita kali ini dibawah berikut.

1. iOS

Di posisi pertama yang akan saya rekomendasikan ialah iOS, dari perusahaan Apple Inc. Siapa yang gak kenal smartphone iPhone? Selain android, yang menguasai sebagian pesar pasar ponsel pintar ialah iPhone dengan sistem operasi iOSnya. Pada iOS sendiri menyajikan tampilan antarmuka yang elegan dan sedap di pandang melalui icon dan animasi gerakannya. Selain itu dari desain iPhone sendiri terlihat sangat mewah dan mempunyai kualitas terbaik. Akan tetapi, harga dari handphone dengan OS iOS tersebut sangat berbanding mahal ketimbang android. Jadi, memang merk HP satu ini banyak dipakai oleh pengguna berstatus sosial yang tinggi.

iOS

Kalo kamu sangat mengutamakan keamanan data pribadi atai privasi, maka wajib emakai iOS. Sebab fitur utamanya sendiri berfokus pada privasi pengguna, terbukti ia memiliki system security yang sangat ketat dibanding OS Android. Akan tetapi kelemahan dari iOS sendiri terletak pada temanya yang itu-itu saja disetiap seri iPhone mereka. Atau dengan kata lain tampilannya secara default tidak bisa di kustomisasi layaknya android dengan aplikasi launcher pihak ketiga.

2. SIRIN OS

SIRIN OS

Perusahaan yang tetap berinovasi dalam bidang teknologi ponsel hingga sekarang yaitu SIRIN Lab, akan mampu menyaingi dominasi Android. Karena ia telah menciptakan sebuah sistem operasi ponsel pintar bernama Sirin OS. Dimana akan di usung oleh produksi smartphone blockhain dari SIRIN Lab, bernama Finney. Yang juga diklaim menyediakan keamanan pengguna yang ketat, mudah digunakan, UI yang layak. Dan nantinya user dari SIRIN OS tersebut akan masih bisa untuk mengakses Google Play Store. Jadi nantinya anda masih bisa merasakan aplikasi yang sudah pernah digunakan pada system OS sebelumnya di android.

3. Sailfish

Sailfish OS atau biasa dikenal SFOS merupakan sistem operasi berbasis Linux, yang dikembangkan lebih lanjut oleh tim pengembang bernama Jolla. Yang mana Sailfish OS ini adalah lanjutan dari sistem operasi sebelumnya yang disebut MeeGo yang berdasarkan dari Moblin dan Maemo. Keunggulan utama dari system ini ialah dari features interface nya yang berbasiskan Gesture. Jadi pada ponselnya tidak ada lagi tombol fisik yang sering anda lihat pada telepon genggam android, karena itu semua dihilangkan diganti oleh basis gesture.

Sailfish

Sama halnya dengan sistem operasi lainnya yiatu open source, Sailfish juga telah mendukung berbagai macam jenis perangkat keras yang berbeda. Selain kelebihan yang sudah saya sampaikan tadi, kelebihan berikutnya yang sangat menonjol ialah dari segi keamanan. Kenapa saya bilang begitu? Karena Sailfish sendiri sudah dilengkapi oleh model lisensi regional, dimana memungkinkan untuk semua jenis pembayaran HP dan transaksi seperti perbankan. Dan yang terakhir, SFOS ini sudah sangat kompatible dengan perangkat lunak Android apapun, berkontribusi dalam fleksibilitas serta keandalannya.

4. KaiOS

Selanjutnya ada KaiOS, yang baru saja hadir dan belum memiliki nama besar. Akan tetapi, KaiOS sendiri sebenarnya berpeluang besar akan menjadi salah satu OS terbaik smartphone di belahan negara besar beberapa tahun lagi. Sebab KaiOS ini sendiri sengaja dirancang untuk dapat berjalan dengan baik melalui anggaran telepon genggamnya yang murah, dan jelas akan masuk dikelas low entry. Agar lebih jelas bagaimana bentuk dari HP KaiOS ini kamu bisa melihat nya dari gambar di atas atau melalui situs resmi mereka dengan cara menekan sub judul KaiOS di atas gambar tersebut.

KaiOS

Mengusung gaya seperti handphone Nokia, akan menjadikan ponsel KaiOS diminati banyak kalangan. Terutama veteran atau orang tua yang lebih suka model HP yang pipih seperti itu, terlebih lagi dipermudah menekan tombol fisiknya dalam mengetik pesan. Keunggulan dari ponselnya sendiri juga sangat ringan, akan terus menerima update perangkat lunak melalui jaringan internetnya. Kemudian sudah support jenis aplikasi berbasis web, menampilkan antarmuka yang nyaman. Yang mana dapat kalian nilai sendiri dari gambar diatas mengenai interface yang mereka usung pada ponsel pintarnya tersebut.

5. Postmarket

Postmarket

Postmarket merupakan salah satu OS yang baru keluar tepatnya tahun 2017. Postmarket menggunakan basis system Alpine Linux, yang berukuran sangat kecil yaitu 10 MB, sehingga bisa mendapat pengembangan secara cepat dari semua distribusi Linux. Sudah dipastikan memakai kernel Linux, maka keunggulan pertama dari OS ini terletak dari perlindungan data privacy penggunanya, dan terhindar dari resiko eksploitasi perangkat lunak. Kemampuan lainnya terlihat dari ia menjalankan interface yang berbeda pada pengguna.

Penutup

Baik itualh tadi semua pokok pembahasan kita pada artikel kali ini yang berjudul Sistem Operasi Smartphone Terbaik Selain Android. Diharapkan bagi pembaca setelah menyimak artikel di atas menjadi menambah pengetahuan dan ketertarikannya terhadap jenis OS yang baru dan mampu menyaingi Android. Mungkin sekian dari saya kali ini, terimakasih.

Eren Yeager
Hello people 🙂 Perkenalkan nama saya Eren, dan hobi saya bermain game PC.. Saya lebih memilih untuk mencari pundi uang dari menulis artikel ya, ketimbang menjadi seorang streaming maupun youtuber 🙂 this is my passion. Thank you for visiting Bukandroid.com and, jangan lupa share artikel kita di atas agar bermanfaat juga untuk sahabat kamu. ^_^

Konten Terbaru

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini