Saingi Android! Ini Sistem Operasi HP yang Gagal Total

Sistem Operasi HP yang Gagal Total – Android merupakan salah satu Sistem Operasi HP yang cukup populer dan banyak diminati sekarang ini. Ibarat menjadi raja OS HP, Android hanya bersaing ketat dengan iOS yang merupakan sistem operasi khusus HP dari Apple. Hampir semua HP dari berbagai vendor menggunakan OS Android sebagai sistem operasinya. Tidak lain karena fitur-fitur di dalamnya yang sangat lengkap.

Sistem Opersi HP yang Gagal Total

Sistem Operasi Android juga menyediakan banyak sekali aplikasi yang bisa diinstall secara bebas oleh penggunanya. Hanya saja, dibandingkan dengan iOS masalah keamanan di android tidak lebih baik. Baru-baru ini juga beredar berita mengejutkan yang dari dari vendor Huawei, di mana mereka mengklaim telah mempunyai sistem operasi sendiri untuk produknya yang diberi nama HongMeng OS. Berita ini mencuat saat Google sebagai pemilik Android mencabut lisensi OS mereka untuk Huawei.

Baca Juga:

Selain OS HongMeng, ternyata ada sistem operasi hanphone lainnya yang sudah pernah ada sebelumnya. Namun kehadirannya tersebut belum mampu menyaingi dominasi dari OS Android dari Google. Alhasil, beberapa OS untuk HP tersebut gagal total dan hilang ditelan waktu. Adapun beberapa sistem operasi HP yang gagal total tersebut bisa kalian simak di bawah ini.

Daftar Sistem Operasi HP yang Gagal Total Karena Ingin Saingi Android

1. Tizen OS

Sistem operasi HP yang gagal total pertama adalah Tizen OS yang dikembangkan oleh Samsung dan Linux Fondation. Bahkan Samsung sendiri sudah menghadirkan smartphone khusus mereka yang mengadopsi Tizen OS ini, yakni dari keluarga Samsung Z. Tetapi sangat disayangkan, seiring berjalannya waktu OS perpaduan dari Samsung Linux Platform (SLP) dan Linux Mobile ini semakin meredup dan akhirnya hilang ditelan waktu.

Padahal, Tizen OS ini cukup unik dan dilengkapi dengan berbagai fitur unggulan. Hebatnya lagi, Tizen OS tidak hanya bisa digunakan di smartphone, melainkan juga pada perangkat lain seperti, tablet, TV, mobil, dan lain sebagainya.

2. Symbian OS

Sebelum hadirnya Sistem Operasi Android yang dibesut oleh Google, Symbian OS sempat merajai pasar sistem operasi. Symbian OS ini sendiri dikembangkan oleh Symbian Ltd. dan menjadi sistem operasi HP paling populer kala itu. Tetapi setelah kehadiran OS Android, dominasi dari Symbian OS semakin menurun dan akhirnya kalah pamor dengan Android dari Google.

Hampir sama seperti OS Android, Symbian OS dirancang khusus untuk perangkat mobile. Nama symbian OS semakin terkenal karena digunakan pada semua produk Nokia yang juga menjadi penguasa pasar hanphone kala itu.

3. Samsung bada OS

Selain Tizen OS, sebelumnya Samsung Electronics Co.Ltd. juga meluncurkan sistem operas HP lain yang diberi nama Samsung bada. Samsung bada ini sendiri pertama kali diluncurkan pada tanggal 10 Desember 2009 lalu. Kemunculannya tersebut tepat pada saat Symbian OS dan Android OS sedang gencar-gencarnya merebut hati pengguna. Tapi sayangnya, Samsung bada lagi-lagi dianggap gagal total karena kalah dari Android OS.

Samsung bada ini sendiri merupakan sistem operasi mobile yang bersifat open source. Samsung bada juga menawarkan berbagai fitur keren dan menarik, terutama untuk versi terbarunya yakni Samsung bada 2.0. Tetapi umur Samsung bada tidak berlangsung lama, menyebabkan ia tidak dilanjutkan pengembangannya.

4. BlackBerry OS

Sebagian besar dari kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan BlackBerry OS. Ya, sempat berjaya di tahun 2000-an dikarenakan BlackBerry OS menyediakan berbagai fitur menarik bagi pengguna. BlackBerrry OS ini sendiri dikembangkan Research In Motion atau RIM yang dikhususkan untuk perusahaan BlackBerry. Seiring bertambahnya peminat produk HP BlackBerry, membuat BlackBerry OS semakin dikagumi.

Tetapi, seiring berjalannya waktu dominasi produk BlackBerry harus mengaku kalah setelah kejayaannya direbut oleh Android. BlackBerry semakin terpuruk hingga memaksa perusahaan BlackBerry menggunakan OS Android untuk setiap produk besutannya. Tetapi sayangnya, hal tersebut tidak bisa membantu BlackBerry untuk bangkit dan berjaya lagi.

5. Windows Phone

Windows Phone merupakan sistem operasi khusus perangkat mobile yang dikembangkan oleh perusahaan ternama Microsoft. Windows Phone ini sendiri merupakan sistem operasi terbaru dari Microsoft untuk pengganti platform Windows Mobile.

Windows Phone ini sendiri mulai diperkenalkan pada bulan Oktober 2010 lalu dan resmi dipasarkan di Asia pada tahun setelahnya. Didedikasikan untuk perangkat mobile, Windows Phone dibekali dengan fitur-fitur canggih dan keren. Selain itu, tampilan interfacenya sangat terlihat elegan dan modern. Tetapi sayangnya pengembangan OS Windows Phone harus dihentikan karena sepinya peminat.

6. Plasma Mobile OS

Sistem Operasi HP yang gagal total selanjutnya merupakan sistem operasi yang dikembangkan oleh KDE Community dan secara resmi dirilis pada pertengahan tahun 2016 lalu. Saat diluncurkan pertama kali, Plasma Mobile sebenarnya mendapatkan respon yang cukup positif dari pecinta gadget.

Kehadiran Plasma Mobile membawa beberapa keunggulan yang diklaim tidak bisa ditemukan di OS Android yang kala itu. Plasma Mobile disebutkan memiliki 4 keunggulan utama, di antaranya penggunaan yang mudah, disediakan secara gratis, tingkat keamanan privasi yang cukup tinggi dan juga mudah untuk dikutomisasi oleh pengguna. Tetapi, semua keunggulan tersebut ternyata belum cukup kuat untuk membuatnya mengalahkan dominasi OS Android. Tidak sampai dipasarkan, Plasma Mobile pengembangannya hanya sampai di tahap prototype saja.

7. Firefox OS

Dan sistem operasi HP yang gagal total terakhir adalah Firefox OS yang merupakan sistem operasi dari Mozilla. Mozilla meluncurkan Firefox OS ini pada tahun 2013 lalu, di mana OS tersebut dihadirkan sebagai alternatif dari android untuk smartphone berharga murah.

Masih sama dengan sistem operasi handphone yang gagal total sebelumnya, Firefox OS juga menawarkan berbagai fitur menarik untuk memikat pengguna. Tidak hanya dari segi fitur, banderol harganya juga sangat terjangkau sehingga ramah di kantong. Tetapi ternyata hal tersebut tidak mampu menarik minat pengguna, akhirnya pengembangan OS ini dihentikan.

Penutup

Itulah tadi beberapa Sistem Operasi HP yang gagal total karena mencoba untuk menyaingi OS Android. Sampai saat ini OS Android memang masih menjadi penguasa pasar sistem operasi, bersaing dengan iOS dari Apple. Lantas, adakah nanti OS lain yang bisa menurunkan dominasi dari OS Android tersebut? Kita tunggu saja hingga saatnya nanti.