Cara Mengatasi Sinyal HP Hilang Setelah Flash

29
Sinyal HP Hilang Setelah Flash
Sinyal HP Hilang Setelah Flash

Sinyal HP Hilang Setelah Flash – Hampir semua orang sudah mengenal jenis perangkat gadget terpopuler satu ini, dan sebagian besar dari mereka memilikinya. HP android sendiri bayak diminati salah satu alasannya karena bisa memudahkan berbagai aktivitas harian penggunanya, berkat fitur yang disematkan di dalam perangkat tersebut. Tidak hanya itu, HP android juga bisa menjadi teman terbaik saat sendiri atau bosan dan tidak tahu ingin melakukan apa. Melalui HP android juga kita bisa menghasilkan uang dengan mudah, bahkan cepat.

Sinyal HP Hilang Setelah Flash
Sinyal HP Hilang Setelah Flash

HP android dibuat dari susunan komponen hardware dan software yang saling terkait dan menjadi satu kesatuan. Apabila ada salah satu komponen yang bermasalah atau rusak, tentunya hal ini akan membuat HP tidak bisa berfungsi maksimal. Bahkan beberapa aktivitas tidak bisa dilakukan di HP android jika ada salah satu komponen vital yang rusak atau error tersebut. Misalnya saja pada jaringan di HP yang tidak muncul, tentunya HP tidak akan bisa mengkses internet. Padahal, sebagian besar aktivitas di HP android tersebut membutuhkan yang namanya koneksi internet.

Baca Juga:

Jaringan atau sinyal HP yang hilang ini sendiri bisa disebabkan oleh banyak faktor, baik yang diketahui ataupun yang tidak diketahui oleh pengguna. Salah satu sinyal yang tidak muncul di HP android terjadi setelah HP dilakukan flashing atau penggantian ROM/firmware. Melakukan flash HP android biasa bertujuan untuk mengatasi masalah sistem yang error. Namun, mungkin karena tata cara flash yang salah sehingga membuat jaringan pada HP tidak muncul alias hilang. Lantas, bagaimana cara mengatasi sinyal HP hilang setelah flash tersebut? Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini!

Penyebab Sinyal HP Tidak Muncul Setelah Flashing

Penyebab Sinyal HP Hilang Setelah Flash
Penyebab Sinyal HP Hilang Setelah Flash

Sebelum lanjut ke cara untuk memperbaiki jaringan HP yang hilang setelah tindakan flashing, sebaiknya kamu ketahui terlebih dahulu apa saja faktor yang menjadi penyebabnya. Hal ini wajib diketahui guna untuk mempermudah perbaikan dan mencegah masalah yang sama terulang kembali. Adapun beberapa penyebab jaringan HP error setelah flash tersebut, di antaranya:

  1. Kartu SIM tidak terbaca. Hal ini bisa saja terjadi, di mana sistem HP android tidak bisa membaca kartu SIM yang dipasang sehingga otomatis jaringan di HP juga tidak muncul. Baik itu tidak terbacanya karena SIM card tidak terpasang dengan benar, terdapat debu atau kotoran, SIM card rusak, atau juga slot SIM card di HP yang bermasalah.
  2. IMEI HP yang rusak atau terhapus. IMEI juga berkaitan erat dengan penggunaan jaringan di HP android. Karena itulah, jika IMEI di HP terhapus atau hilang, tentunya akan menyebabkan jaringan di HP tidak muncul. Bisa jadi karena penggunaan custom ROM atau ROM yang tidak sesuai dengan tipe HP.
  3. Proses flash HP yang belum tuntas. Penyebab lainnya bisa karena proses flashing HP android yang belum selesai, sehingga hal ini fungsi HP belum maksimal digunakan. Termasuk pada fungsi jaringannya yang masih belum bisa mendeteksi kartu SIM.
  4. Error pada sistem android. Dan penyebab yang terakhir karena adanya error atau bug pada sistem android. Bisa jadi karena kesalahan dalam proses flashing atau masalah lainnya.

Cara Mengatasi Sinyal HP Hilang Setelah Flash

Sementara untuk memperbaiki masalah jaringan HP yang hilang setelah proses flashing, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Yang pasti cara-cara ini sangat mudah diterapkan, bahkan bagi kamu yang masih pemula dalam hal ini. Adapun beberapa cara mudah untuk mengatasi sinyal HP hilang setelah flash selengkapnya, sebagai berikut:

1. Tunggu Beberapa Saat

Cara yang pertama untuk mengatasi masalah sinyal di HP android yang hilang total setelah flashing yakni dengan hanya menunggu selama beberapa saat. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kemungkinan sinyal yang tidak muncul tersebut dikarenakan proses flashing yang belum tuntas. Sehingga kamu perlu menunggu beberapa saat sampai prosesnya benar-benar sudah tuntas.

Jika memang sudah menunggu lama, tetapi jaringan belum juga muncul. Maka kamu bisa lanjut menerapkan cara di bawah ini.

2. Cek SIM Card

Sinyal yang tidak muncul di HP bisa jadi karena SIM card yang tidak terdeteksi atau tidak terbaca. Untuk itu, kamu perlu melakukan pengecekan pada SIM card tersebut untuk memastikannya. Cukup keluarkan SIM card dari slotnya dan periksa apakah ada kotoran atau debu yang menempel. Kamu bisa membersihkan bagian kuningan SIM card menggunakan karet penghapus pensil.

Jika sudah, selanjutnya kamu pasang kembali SIM card tersebut ke slotnya di HP android. Pastikan kamu memasang dan memosisikan SIM card dengan benar agar bisa dideteksi oleh sistem. Biasanya dengan cara ini SIM card langsung terbaca dan jaringan di HP akan muncul.

3. Cek Slot SIM Card HP

Selain SIM card, kamu juga perlu melakukan pengecekan pada bagian slot atau port SIM card yang ada di HP. Pastikan port tersebut bersih dari debu atau kotoran. Kamu bisa menggunakan jarum atau tusuk gigi untuk membersihkannya, atau lebih praktis menggunakan penyedot debu mini.

Selain itu, pastikan jarum yang ada di dalam port SIM card tersebut dalam keadaan baik, tidak bengkok atau bahkan patah. Jika sudah, pasangkan kembali SIM card seperti biasa.

4. Melakukan Flashing Ulang

Dan jika memang semuanya normal, namun jaringan tetap tidak muncul di HP android, maka bisa jadi hal ini terjadi karena kesalahan flashing. Bisa karena ada salah satu proses yang terloncat, penggunaan custom ROM, firmware atau ROM yang tidak cocok dengan tipe HP, FlashTool error atau yang lain sebagainya. Yang pasti di sini kamu perlu mengulang proses flashing HP tersebut.

Pastikan kamu menggunakan FlashTool yang didownload dari situs resmi, firmware atau ROM yang sesuai dengan merek dan tipe HP, dan juga melakukan langkah-langkah flashing secara urut dan benar. Jika tidak bisa, kamu bisa mencari tutorial penggunaan FlashTool di internet, banyak website yang membahasnya. Jika benar melakukannya, pasti tidak akan terjadi lagi sinyal yang hilang di HP android tersebut.

5. Memperbaiki IMEI yang Tidak Valid atau Hilang

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, IMEI sangat berpengaruh terhadap jaringan di HP. Jika IMEI tersebut hilang atau tidak valid, sudah pasti jaringan atau sinyal di HP tidak akan muncul. Untuk mengatasi masalah tersebut, kamu bisa menerapkan langkah-langkah di bawah ini:

  • Pertama kamu download dulu file IMEI MTK melalui LINK INI. (ini khusus untuk HP dengan chipset MediaTek)
  • Pastikan kamu mendowload file di atas dalam bentuk Zip. Jika file yang didownload berbentuk EXE, maka perlu mengubahnya menjadi file Zip terlebih dahulu. Kemudian lakukan ektrak file tersebut.
  • Sekarang kamu cek dan catat IMEI resmi HP melalui dosbuk atau yang tercatat di bodi HP.
  • Buka folder file IMEI MTK yang sudah diekstrak tadi, kemudian klik pada file dos.cmd. Maka jendela command prompt akan terbuka di HP.
  • Pada jendela tersebut kamu ketik imei.exe (spasi) IMEI SIM1 (spasi) IMEI SIM2 dan lanjut klik Enter.
  • Di folder IMEI MTK tadi akan muncul file baru bernama MP0B_001_NEW.
  • Keluar dari folder tersebut, kemudian kamu masuk ke folder directory/data/nvram/md/NVRAM/NVD_IMEI. Kemudian hapus file MP0B_001 yang ada di sana. 
  • Jika sudah, kembali lagi ke folder IMEI MTK dan ganti nama file MP0B_001_NEW menjadi MP0B_001. Kemudian kamu pindahkan file baru tersebut ke folder directory/data/nvram/md/NVRAM/NVD_IMEI.
  • Sekarang lakukan restart HP android. Saat HP menyala kembali, biasanya IMEI akan kembali dan jaringan HP sudah muncul.
  • Selesai.

Jika melakukan cara di atas IMEI tetap tidak muncul alias hilang, maka kamu bisa mencoba menggunakan aplikasi Root Explorer. Aplikasi ini berguna untuk memunculkan IMEI yang hilang di HP setelah flashing menggunakan custom ROM. Caranya buka aplikasi Root Explorer >> masuk ke Root >> masuk ke Data >> masuk ke Nvram >> Hapus dari di Nvram >> lakukan restart HP.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mengatasi sinyal HP hilang setelah flash yang mudah dan praktis bisa kamu terapkan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaCara Mengganti Email LINE di HP Android
Artikel SelanjutnyaCara Mencari Postingan Lama di Twitter Terbaru
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini