Cara Mengatasi Sayangnya Pengaturan Telah Berhenti di HP

1166
Sayangnya Pengaturan Telah Berhenti
Sayangnya Pengaturan Telah Berhenti

Sayangnya Pengaturan Telah Berhenti – HP android banyak diminati salah satu alasannya karena pengguna bebas menginstall aplikasi apa pun di dalamnya. Aplikasi di HP android ini ada yang tersedia secara default tanpa menginstall dan ada pula aplikasi pihak ketiga yang bisa kamu download melalui Google Playstore. Hampir semua aplikasi di layanan Google tersebut memungkinkan untuk didownload dan digunakan secara gratis. Namun, terkadang ada item atau fitur khusus di dalam aplikasi yang hanya bisa digunakan oleh pengguna berbayar saja.

Sayangnya Pengaturan Telah Berhenti
Sayangnya Pengaturan Telah Berhenti

Selain melalui Google Playstore, kita juga memungkinkan untuk mendownload aplikasi android dari situs penyedia APK android lain yang ada di Internet. Umumnya aplikasi dari luar Playstore ini bisa digunakan secara gratis. Bahkan ada beberapa jenis aplikasi premium yang bisa didownload dalam bentuk MOD atau Modifikasi sehingga bisa kita gunakan secara gratis. Namun memang penggunaan aplikasi MOD ini tidak disarankan, karena kebanyakan di dalamnya disisipi virus atau malware. Terlebih lagi ini merupakan tindakan ilegal yang tentunya akan sangat merugikan pengembang dari aplikasi yang dimodifikasi tersebut.

Baca Juga:

Sementara untuk aplikasi default atau bawaan umumnya merupakan aplikasi penunjang di HP android. Untuk jenis-jenisnya sendiri berbeda untuk masing-masing merek dan tipe HP, tentunya menyesuaikan juga dengan spesifikasi dan fitur dari smartphone android. Salah satu aplikasi bawaan yang ada di HP android yakni Pengaturan atau Settings. Bisa dibilang sebagai aplikasi wajib, melalui aplikasi ini kita bisa melakukan pengaturan pada HP. Akan tetapi, terkadang aplikasi atau menu Pengaturan tersebut mengalami masalah error, misalnya aplikasi yang terus keluar sendiri. Lantas, bagaimana cara mengatasi sayangnya Pengaturan telah berhenti tersebut? Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini!

Cara Mengatasi Sayangnya Pengaturan Telah Berhenti di HP

Penyebab Sayangnya Pengaturan Telah Berhenti
Penyebab Sayangnya Pengaturan Telah Berhenti

Terdapat beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah menu Pengaturan atau Setting di HP yang keluar sendiri secara terus-menerus. Masalah error seperti ini memang bisa terjadi di merek atau tipe HP apa saja. Biasanya aplikasi yang keluar sendiri tersebut akan menampilkan informasi di layar pop up yang bertulis “Sayangnya Setelan Telah Berhenti” atau “Unfortunately, Settings has stopped”.

Adapun beberapa cara mudah dan ampuh mengatasi Sayangnya Pengaturan telah berhenti selengkapnya, sebagai berikut:

1. Lakukan Restart HP Android

Cara yang mudah dan paling ampuh untuk memperbaiki masalah Setelan atau Pengaturan yang error di HP android yakni dengan melakukan restart. Untuk memulai ulang HP android tersebu, tinggal kamu tekan dan tahan tombol Power selama beberapa detik. Di layar akan muncul beberapa opsi, kamu pilih saja opsi Restart atau Mulai Ulang.

Setelah HP dilakukan restart biasanya masalah munculnya pop up Sayangnya Setelan Telah berhenti tidak akan muncul lagi di HP android. Tidak hanya itu saja, performa kinerja HP bahkan juga menjadi lebih cepat dan responsive setelah dilakukan restart tersebut.

2. Menghapus Cache HP Lewat Pengaturan

Selain cara di atas, kamu juga perlu melakukan pembersihkan file cache atau sampah yang tersimpan di RAM dan memori internal HP. Cara ini juga tidak hanya akan mengatasi masalah Pengaturan yang terus berhenti, melainkan juga akan mengatasi masalah HP lemot. Di setiap merek dan tipe HP mungkin berbeda-beda untuk melakukan pembersihan memori ini.

Berikut saya contohkan cara membersihkan cache atau sampah di HP Samsung, yakni:

  • Pertama kamu buka Pengaturan di HP Samsung.
  • Kemudian klik pada opsi Perawatan Perangkat dan Baterai.
  • Selanjutnya klik Optimalkan Sekarang. Tunggu sampai proses scanning selesai.
  • Lanjut dengan klik pada opsi Memori, dan tunggu sampai proses scanning selesai. Kemudian Anda klik Hapus.
  • Klik Kembali, lalu kamu pilih opsi Penyimpanan. Pilih opsi Sampah, kemudian klik Hapus atau Bersihkan.
  • Selesai.

3. Menghapus Cache dan Data Pengaturan

Jika sudah menerapkan kedua cara di atas, namun di HP tetap muncul pop Sayangnya Setelan Telah berhenti, maka kamu bisa mencoba menerapkan cara satu ini. Kamu diharuskan untuk menghapus cache dan data pada menu Pengaturan atau Settings tersebut agar masalah error teratasi.

Adapun langkah-langkah untuk menghapus file cache dan data pada menu Pengaturan atau Setelan tersebut, yakni:

  • Pertama Anda tekan dan tahan pada menu Pengaturan atau Settings di HP android.
  • Nantinya akan muncul beberapa opsi di atasnya, kemudian Anda klik opsi Rincian atau Icon i yang ada di atasnya tersebut.
  • Akan ditampilkan halaman baru untuk mengelola menu Pengaturan. Selanjutnya kamu masuk ke opsi Penyimpanan.
  • Lanjutkan dengan klik Hapus Cache.
  • Kemudian klik juga pada tombol Hapus Data.
  • Selesai.

Dengan cara ini biasanya masalah Pengaturan terus berhenti dan keluar sendiri seperti tadi, tidak akan muncul lagi.

4. Lakukan Unroot HP Android

Melakukan root pada HP android memungkinkan kita memiliki hak akses penuh terhadap sistemnya. Hal ini biasanya dilakukan untuk mempermudah kita saat ingin melakukan oprek HP atau menjalankan aplikasi khusus yang membutuhkan akses root. Melakukan rooting HP kita bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga yang bisa didapat dari internet.

Akan tetapi, melakukan root HP android biasanya memberikan dampak negatif. Salah satunya bisa menyebabkan error pada beberapa aplikasi, termasuk pada menu Pengaturan atau Setelan. Untuk mengatasi masalah tersebut, disarankan untuk kamu melakukan unroot atau mengembalikan HP seperti semula. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi tambahan untuk unrooting HP android tersebut.

5. Lakukan Update Sistem Operasi Android

Menggunakan versi OS Android lama kemungkinan ditemukan banyak masalah error di dalamnya, termasuk error pada Pengaturan yang terus berhenti. Untuk itu, kamu harus rutin melakukan update OS Android di HP tersebut ke versi baru jika sudah tersedia. Biasanya akan ada pemberitahuan di HP jika ada versi OS Android baru di HP android tersebut.

Melakukan pembaruan OS Android tidak perlu menggunakan aplikasi tambahan. Cukup melalui menu yang disediakan khusus di HP android. Untuk cara melakukannya sendiri, yakni:

  • Buka menu Pengaturan atau Settings di HP android.
  • Kemudian masuk ke opsi Update Perangkat Lunak.
  • Selanjutnya klik pada opsi Unduh dan Install.
  • Jika memang tersedia versi OS Android baru, kamu klik Download Pembaruan.
  • Kemudian kalau sudah selesai mengunduh file, lanjutkan dengan Instal Pembaruan.
  • Selesai.

6. Lakukan Reset HP Android

Cara lainnya yang bisa kamu terapkan jika terus muncul pesan Sayangnya Setelan Telah Berhenti, yakni dengan melakukan factory reset HP android. Cara melakukannya pun sangat mudah, yakni:

  • Pertama kamu matikan HP android seperti biasa.
  • Kemudian hidupkan lagi dengan cara Tekan dan Tahan tombol Power + Volume Bawah selama beberapa detik hingga muncul tampilan di layar.
  • Lepaskan tekanan pada tombol Power saat muncul logo brand. Dan lepaskan juga tekanan pada tombol Vulume Bawah saat sudah masuk ke Recovery Mode.
  • Lanjutkan dengan pilih opsi Wipe Data / Factory Reset.
  • Kemudian konfirmasi dengan pilih Yes, Wipe All Data.
  • Tunggu sampai prosesnya selesai. Kemudian kamu pilih opsi Reboot System Now.
  • Selesai.

7. Lakukan Flashing HP Android

Dan cara yang terakhir jika masih tetap menu Pengaturan di HP keluar sendiri dan terus berhenti yakni dengan melakukan flash ulang HP. Untuk melakukan cara ini kamu perlu menyiapkan file firmware atau ROM sesuai tipe HP, FlashTool, perangkat PC/laptop, dan juga kabel USB.

Tinggal kamu jalankan FlashTool di HP dan sambungkan HP ke PC atau laptop menggunakan kabel data. Kemudian masukkan file firmware-nya, lalu lakukan transfer file atau flashing.

Penutup

Itulah tadi cara mudah dan ampuh untuk mengatasi Sayangnya Pengaturan Telah Berhenti yang bisa coba kamu terapkan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaCara Melihat History Tiktok Video Yang Baru Dilihat
Artikel SelanjutnyaCara Melihat ID TikTok Milik Sendiri dan Orang Lain
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini