Cara Mengatasi Sayangnya Kontak Telah Berhenti di Android

42
Sayangnya Kontak Telah Berhenti
Sayangnya Kontak Telah Berhenti

Sayangnya Kontak Telah Berhenti – Hampir semua orang memiliki yang namanya perangkat smartphone atau ponsel pintar, khususnya yang berbasis android. Perangkat canggih satu ini memiliki banyak keunggulan yang menjadikannya sebagai pilihan utama banyak orang. Salah satunya karena harganya yang lebih terjangkau dibandingkan dengan smartphone lain, seperti iPhone. Cukup dengan harga Rp 1 jutaan saja kita bisa membeli HP android, bahkan dalam kondisi baru. Jika ingin spek yang lebih tinggi, kita bisa membeli HP 1 jutaan dalam kondisi bekas. Namun, jika kamu memiliki budget yang lebih maka bisa membeli HP dengan harga yang lebih mahal. Tentunya kualitas yang dimiliki semakin bagus dan performanya cepat serta responsif.

Sayangnya Kontak Telah Berhenti
Sayangnya Kontak Telah Berhenti

Di HP android dibekali dengan beragam fitur canggih di dalamnya, yang mana fitur-fiturnya ini dapat membantu memudahkan berbagai aktivitas harian pengguna. Misalnya saja dalam hal mencari informasi, membantu pekerjaan kantor, sebagai sarana bisnis dan masih banyak lagi yang lainnya. Lain dari itu, HP android tidak terlepas dari fungsi utamanya sebagai alat komunikasi. Dalam hal ini kita bisa memanfaatkan fitur bawaan HP untuk berkomunikasi jarak jauh. Baik itu, berkomunikasi melalui chat, panggilan suara, maupun panggilan video yang sedang tren sekarang ini. Selain menggunakan fitur bawaan, kita juga bisa memanfaatkan aplikasi untuk urusan komunikasi jarak jauh tersebut. Misalnya saja menggunakan aplikasi WhatsApp, Telegram, Facebook, Instagram, TikTok dan lain sebagainya.

Baca Juga:

Untuk dapat berkomunikasi dengan orang lain dari jarak jauh, kita perlu menyimpan kontak pengguna lain tersebut. Menyimpan kontak dalam bentuk nomor telepon adalah yang paling umum dilakukan. Nomor HP teman atau orang lain dapat kita simpan di buku kontak sehingga memudahkan kita saat menghubunginya nanti dengan cara mengakses aplikasi Kontak. Berbicara mengenai aplikasi Kontak di HP, ada kalanya aplikasi tersebut mengalami error sehingga tidak dapat diakses. Saat mencoba membukanya justru aplikasi keluar dengan sendirinya dan muncul notifikasi bertulis “Sayangnya, Kontak Telah Berhenti”. Lantas, bagaimana cara mengatasi sayangnya kontak telah berhenti di HP android tersebut? Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

Cara Mengatasi Sayangnya Kontak Telah Berhenti di Android

Cara Mengatasi Sayangnya Kontak Telah Berhenti
Cara Mengatasi Sayangnya Kontak Telah Berhenti

Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memperbaiki masalah aplikasi Kontak yang terus berhenti dan keluar sendiri. Namun, kamu perlu tahu dulu apa saja faktor yang menjadi penyebab utamanya. Mengetahui penyebabnya ini akan memudahkan kita dalam melakukan perbaikan, sekaligus untuk mencegah masalah yang sama dialami lagi di lain waktu.

Adapun beberapa penyebab Kontak di HP android keluar dan berhenti sendiri selengkapnya, sebagai berikut:

  1. Terdapat Error atau Bug pada Sistem Android. Bug atau error pada sistem android memang kerap kali terjadi dan berdampak pada kinerja HP. Termasuk salah satunya membuat aplikasi Kontak tidak bisa diakses karena terus berhenti dan keluar dengan sendirinya.
  2. Terlalu Banyak Cache yang Tersimpan di RAM. RAM merupakan komponen hardware yang fungsinya sebagai penyimpanan file sementara. Di dalamnya akan menyimpan semua aktivitas di HP, termasuk saat menjalankan aplikasi. File cache yang memenuhi RAM membuat ia tidak dapat menyimpan data baru, akhirnya menyebabkan aplikasi baru yang dijalankan akan berhenti sendiri.
  3. Aplikasi Kontak Error. Masalah lainnya yakni aplikasi Kontak yang mengalami bug atau error sehingga tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Hal ini menyebabkan Kontak tidak dapat dijalankan dan selalu keluar sendiri saat dibuka.
  4. OS Android Belum Diupdate. Memperbarui OS Android ke versi terbaru jika tersedia merupakan hal wajib. Hal ini akan mencegah terjadinya masalah bug atau error pada sistem, termasuk masalah Kontak yang keluar sendiri saat dijalankan.
  5. Error Bawaan dari Pabrik. Error pada HP android mungkin saja memang merupakan masalah bawaan. Hal ini dapat dipastikan jika yang mengalami masalah error semacam ini terjadi pada sebagian besar tipe HP yang sama.

Jika sudah mengetahui beberapa penyebab di atas, sekarang kita lanjut ke cara untuk mengatasi masalah error pada aplikasi Kontak di HP android tersebut. Adapun cara memperbaiki masalah sayangnya kontak telah berhenti di HP android selengkapnya, sebagai berikut:

1. Lakukan Restart HP Android

Cara yang paling ampuh dan mudah untuk mengatasi Kontak di HP error tidak bisa dibuka yang pertam yakni dengan melakukan Restart atau Mulai Ulang. Cara ini diklaim dapat mengatasi berbagai masalah error ringan di HP, termasuk masalah pada Kontak tersebut.

Melakukan restart HP akan menghapus semua file cache yang tersimpan di RAM, sehingga RAM dapat menyimpan file baru di dalamnya. Secara otomatis hal ini juga akan mengatasi masalah aplikasi tidak dapat dibuka karena RAM penuh.

2. Menghapus File Cache Kontak

Jika masalah yang sama tetap dialami, maka kamu bisa mencoba menghapus file cache yang tersimpan di aplikasi Kontak. Untuk cara bisa kita lakukan melalui menu Pengaturan atau Settings di HP android. Langkah-langkah melakukannya sendiri, yakni:

  • Buka menu Pengaturan di HP.
  • Kemudian masuk ke opsi Aplikasi.
  • Cari dan pilih aplikasi Kontak.
  • Lalu pilih opsi Penyimpanan.
  • Lanjutkan dengan klik tombol Hapus Cache atau Hapus Memori.
  • Selesai.

Sekarang kamu bisa mencoba membuka kembali aplikasi Kontak di HP yang error tadi. Jika masih tetap, kamu bisa melanjutkan dengan klik tombol Hapus Data. Akan tetapi, untuk melakukan cara ini pastikan kamu telah membackup data kontak yang ada di HP.

3. Update Sistem Operasi Android

Cara yang ketiga ini dapat dilakukan jika masalah aplikasi terus berhenti saat dibuka juga terjadi pada aplikasi lain di HP. Kemungkinan hal ini diakibatkan oleh masalah sistem android yang terdapat bug atau error. Untuk melakukan update OS Android ke versi baru hanya bisa dilakukan jika sudah ada versi OS baru yang tersebut. Pengecekannya bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka menu Pengaturan di HP android.
  2. Kemudian gulir ke bawah dan pilih opsi Update Perangkat Lunak.
  3. Klik pada opsi Update dan Install.
  4. Jika memang tersedia versi OS Android terbaru, selanjutnya kamu lakukan pengunduhan dan pemasangan di sana.
  5. Selesai.

4. Mengatur Zona Waktu ke Mode Otomatis

Pengaturan Zona Waktu manual di HP sering kali menyebabkan error pada beberapa aplikasi yang mengakses fitur tersebut. Ini bisa terjadi jika pengaturan zona waktu di HP tidak sesuai denga waktu sebenarnya di tempat pengguna tinggal. Untuk itu, mengatasi masalah ini cukup dengan mengatur zona waktu di HP ke mode otomatis. Cara melakukannya sendiri, yakni:

  1. Buka menu Pengaturan di HP android.
  2. Kemudian masuk ke opsi Pengaturan Tambahan.
  3. Selanjutnya klik pada opsi Tanggal & Waktu.
  4. Kemudian opsi Zona Waktu Otomatis dengan menggeser tombol slidernya ke arah kanan.
  5. Selesai.

Biasanya dengan cara ini aplikasi yang error, termasuk munculnya notifikasi Sayangnya Kontak Telah Berhenti akan teratasi.

5. Factory Reset HP Android

Cara lainnya yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi aplikasi Kontak terus berhenti yakni dengan mengembalikan HP ke setelan pabrik. Untuk melakukannya sebaiknya kamu lakukan backup data penting terlebih dahulu. Pasalnya, cara ini akan menghapus semua file yang tersimpan di memori internal HP.

Untuk melakukan reset pada HP android bisa dengan masuk ke menu Pengaturan >> Pengaturan Tambahan >> Cadangkan dan Reset >> Reset >> Reset ke Setelan Pabrik.

6. Flash Ulang HP Android

Masalah aplikasi telah berhenti atau keluar sendiri bukan hanya terjadi pada aplikasi Kontak saja, melainkan beberapa aplikasi lain. Jika kamu mengalami masalah semacam ini, maka yang perlu dilakukan adalah dengan Flash Ulang HP android.

Cara ini akan memasang ulang firmware atau stock ROM di HP android sehingga masalah bug, error dan corrupt pada sistem akan teratasi. Melakukannya kamu perlu bantuan PC / laptop, software FlashTool, kabel USB, Driver Android, file Firmware sesuai tipe HP.

Ada kalanya kita perlu bersabar untuk menunggu pembaruan dari vendor demi mengatasi masalah semacam ini. Kemungkinan error tersebut terjadi karena kesalahan sistem yang dibuat oleh vendor, sehingga pembaruan perlu dilakukan.

Penutup

Cukup mudah bukan cara mengatasi sayangnya kontak telah berhenti di HP android di atas? Jangan lupa bagikan informasi ini ke akun media sosial pribadimu agar bermanfaat juga bagi orang lain.

Artikel SebelumnyaCara Menghapus Folder yang Tidak Bisa Dihapus di HP Android
Artikel SelanjutnyaCara Mengatasi Mode Headset Tidak Bisa Hilang di HP Android
Abdul Wafi
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini