Cara Mengatasi Rotasi Layar Tidak Berfungsi di HP Android

55
Rotasi Layar Tidak Berfungsi
Rotasi Layar Tidak Berfungsi

Rotasi Layar Tidak Berfungsi – HP android bisa dibilang sebagai salah satu perangkat elektronik yang paling banyak digunakan sekarang ini. Harga yang cukup terjangkau membuat banyak kalangan memungkinkan untuk mendapatkannya. Apalagi karena persaingan harga antara para vendor HP yang semakin memanas, banyak seri HP yang justru ditawarkan dengan harga yang sangat terjangkau. Lebih murah lagi jika kita membeli HP dalam kondisi bekas atau second. Meskipun bekas, namun kondisi HP kebanyakan masih cukup bagus dan dapat berfungsi sempurna.

Rotasi Layar Tidak Berfungsi
Rotasi Layar Tidak Berfungsi

Pada HP android dibekali dengan berbagai komponen penting, yang mana masing-masing komponen memiliki peran tersendiri serta saling terkait satu sama lain. Jika ada salah satu komponen hardware HP yang mengalami kerusakan, hal ini tentunya akan mengganggu fungsi dari HP. HP android akan kurang maksimal saat digunakan, bahkan terkadang membuatnya tidak dapat digunakan sama sekali. Misalnya saja terjadi kerusakan pada bagian layar HP, tentunya ini akan menyulitkan pengguna untuk mengoperasikannya. Terlebih layar atau LCD merupakan komponen utama yang memiliki peran sangat penting pada sebuah HP android.

Baca Juga:

Berbicara mengenai kerusakan pada layar HP, ada beberapa kondisi yang sering dialami pengguna. Salah satunya adalah pada fitur Rotasi yang tidak berfungsi di HP android. Fitur satu ini fungsi utamanya yang mengubah arah tampilan layar HP sesuai keinginan. Misalnya saat bermain game bermode lanskap, kita perlu memiringkan HP agar permainan dapat ditampilkan dengan lebih sempurna. Selain itu, pemutaran layar juga sering dilakukan oleh pengguna saat menonton video agar tampilannya lebih luas. Pentingnya fungsi dari fitur Rotate atau Rotasi layar ini membuat pengguna kurang nyaman saat mengoperasikan HP. Lantas, bagaimana cara mengatasi rotasi layar tidak berfungsi di HP android tersebut? Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini!

Penyebab Fitur Rotasi Layar HP Tidak Berfungsi

Penyebab Rotasi Layar Tidak Berfungsi
Penyebab Rotasi Layar Tidak Berfungsi

Sebelum lanjut ke cara memperbaiki kerusakan atau error pada fitur Rotasi Layar, sebaiknya kita ketahui terlebih dahulu apa saja faktor yang menyebabkannya. Mengetahui penyebabnya ini nantinya akan memudahkan kita dalam memperbaiki masalah tersebut. Adapun beberapa penyebab rotasi layar tidak berfungsi di android selengkapnya, sebagai berikut:

1. Fitur Rotasi Layar Nonaktif

Penyebab utama rotasi layar tidak dapat berfungsi yang pertama adalah karena pengguna belum mengaktifkan fitur tersebut. Sejatinya fitur ini bisa kita kontrol dengan mudah, apakah ingin diaktifkan atau dinonaktifkan. Fitur Rotasi Layar ini sendiri bisa ditemukan di menu bar atau juga lewat menu Pengaturan atau Settings.

2. Bug atau Error pada Sistem Android dan Sensor HP

Penyebab lainnya yakni dikarenakan adanya bug atau error pada sistem android. Bug ini sendiri memang sering terjadi pada sistem android yang membuat beberapa fitur tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Selain itu, bug juga bisa terjadi pada sensor HP yang bertugas untuk merotasi layar, yakni sensor gyroscope dan accelerometer.

3. Penginstalan Aplikasi Tertentu

Jika masalah rotasi layar HP android yang tidak berfungsi ini terjadi setelah kamu memasang aplikasi tertentu, kemungkinan besar masalah ini diakibatkan oleh aplikasi tersebut. Mungkin saja aplikasi yang baru kamu install ini mengunci layar sehingga layar tidak dapat berotasi secara otomatis saat HP dimiringkan atau dibalik.

4. Aplikasi Tidak Support Rotasi Layar

Yang terjadi mungkin saat kamu membuka aplikasi tertentu di HP android, dan ketika layar HP dimiringkan atau dibalik justru tampilan aplikasi tetap seperti sedia kala. Tampilannya tidak dapat berotasi sesuai dengan kondisi dari layar HP tersebut. Bisa jadi, hal ini dikarenakan aplikasi yang kamu jalankan tersebut tidak support rotasi layar, sehingga seolah-olah fitur rotasi di HP-lah yang bermasalah.

5. Aktivitas Rooting HP Android

Rotasi layar tidak berfungsi juga dapat disebabkan oleh aktivitas rooting HP. Melakukan root pada HP android memang dapat memberikan dampak error pada fungsi fitur HP, termasuk fitur rotasi layar.

Cara Mengatasi Rotasi Layar Tidak Berfungsi di HP Android

Cara Mengatasi Rotasi Layar Tidak Berfungsi
Cara Mengatasi Rotasi Layar Tidak Berfungsi

Setelah mengetahui beberapa penyebab fitur rotasi layar HP tidak berfungsi di atas, sekarang lanjut ke cara untuk mengatasinya. Dalam hal ini terdapat beberapa langkah yang bisa kamu terapkan untuk memperbaiki fungsi dari rotasi layar tersebut. Adapun beberapa cara memperbaiki rotasi layar HP android tidak berfungsi selengkapnya, sebagai berikut:

1. Lakukan Restart HP Android

Cara yang paling ampuh untuk mengatasi rotasi layar error di HP android adalah dengan melakukan Restart atau Mulai Ulang. Cara ini akan menghapus semua cache dan file sampah yang menumpuk di RAM dan sering menyebabkan error pada sistem HP android, termasuk pada fitur rotasi layar.

Selain memperbaiki masalah layar HP tidak dapat dirotasi, cara ini juga akan mempercepat performa kinerja HP android.

2. Cek Fitur Rotasi Layar HP

Kemungkinan layar yang tidak dapat dirotasi dikarenakan fitur Rotasi pada HP belum diaktifkan. Untuk itu, cobalah untuk mengecek fitur tersebut apakah sudah aktif atau belum. Caranya dengan mengusap layar dari atas ke bawah untuk menampilkan menu bar, kemudian lihat pada menu Rotasi atau Rotate.

Jika memang fitur Rotasi layar tersebut belum diaktifkan, maka kamu perlu mengaktifkannya dengan cara klik sekali pada menu tersebut.

3. Coba Buka Aplikasi Lain

Jika hal ini terjadi ketika kamu menjalankan aplikasi tertentu di HP android, cobalah keluar dari aplikasi tersebut dan buka aplikasi lainnya. Misalnya saja membuka aplikasi Youtube, kemudian cari dan putar salah satu video yang ada di sana. Perbesar layar video dengan klik ikon Layar Penuh yang ada di sebelah kanan bawah video.

Jika ternyata video Youtube yang diputar dapat diperbesar dan secara otomatis ditampilkan dalam mode lanskap (memenuhi layar), ini menandakan fitur rotasi layar HP normal. Kemungkinan aplikasi yang kamu jalankan sebelumnya yang tidak support fitur rotasi sehingga tidak dapat diputar tampilannya.

4. Uninstall Aplikasi Tertentu

Seperti yang telah dijelaskan di atas, fitur rotasi layar HP yang tidak dapat berfungsi normal bisa diakibatkan oleh aplikasi tertentu yang mengunci layar. Coba ingat-ingat aplikasi apa yang pernah kamu install di HP androidmu sebelumnya. Jika sudah ketemu, selanjutnya kamu lakukan uninstall atau penghapusan pada aplikasi tersebut.

Untuk melakukan uninstall aplikasi di HP android, kamu bisa masuk ke menu Pengaturan >> Aplikasi >> pilih aplikasi yang ingin diuninstall >> klik tombol Uninstall atau Hapus Instalasi.

5. Cek Fungsi Sensor HP

Fitur rotasi layar di HP android bekerja dengan mengandalkan sensor, bernama gyroscope dan accelerometer. Jika kedua sensor tersebut mengalami masalah error, tentunya fitur rotasi layar tidak akan berfungsi sebagaimana mestinya. Untuk itu, kamu perlu melakukan pengecekan fungsi pada kedua sensor tersebut.

Cara cek fungsinya yakni dengan melakukan kalibrasi pada kedua sensor ini. Untuk cara melakukannya sendiri yakni dengan mengunjungi halaman Pengaturan >> Tentang Ponsel >> Versi Kernel >> Kalibrasi.

6. Lakukan Unroot HP Android

Jika kamu sebelumnya pernah melakukan rooting pada HP android, kemungkinan besar error pada fitur rotasi ini terjadi dikarenakan aktivitas tersebut. Untuk mengatasinya, cobalah untuk melakukan unroot pada HP androidmu. Melakukan unroot bisa menggunakan aplikasi rooting yang kamu gunakan sebalumnya. Biasanya pada aplikasi Root Android ini menyediakan fitur Unroot di dalamnya.

Melakukan root memang akan memberikan kebebasan terhadap pengguna dalam mengoprrek sistem HP android. Akan tetapi hal ini juga akan membuka celah keamanan pada HP dan tidak jarang HP mengalami error pada beberapa fiturnya.

7. Update Sistem Android ke Versi Terbaru

HP android dibekali dengan OS Android, yang mana setiap waktunya pada vendor sering memberikan update terbaru pada OS yang dikembangkannya tersebut. Update versi OS Android ini dilakukan demi untuk menyempurnakan fitur yang disematkan di dalamnya. Sekaligus juga memperbaiki bug yang terdapat di dalam sistem android sehingga akan memaksimalkan fungsinya.

Untuk melakukan update versi OS Android, kamu bisa mengeceknya di menu Pengaturan >> Update Perangkat Lunak >> Download dan Install.

Penutup

Itulah tadi cara mengatasi rotasi layar tidak berfungsi di HP android dan penyebabnya yang harus kamu ketahui. Jangan lupa bagikan informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaCara Mendapat Uang dari Wattpad Android
Artikel SelanjutnyaCara Mengatasi Mic HP Android Tidak Berfungsi
Abdul Wafi
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini