Penyebab QFIL Error saat Flashing HP Android

70
QFIL Error saat Flashing
QFIL Error saat Flashing

QFIL Error saat Flashing – Flashing HP diperlukan untuk memperbarui sistem android dengan cara memasang ulang firmware atau stock ROM-nya. Terkadang cara ini digunakan untuk memasangkan stock ROM modifikasi pada HP android agar tampilannya berbeda dengan antarmuka bawaannya. Misalnya saja, kita dapat mengubah tampilan HP android menjadi seperti iPhone seri tertentu. Hal ini cukup mudah dilakukan, yakni mencari dan memasang custom ROM yang memiliki tampilan layaknya iPhone tersebut di HP android. Untuk melakukan flashing sendiri kita perlu perangkat tambahan, yakni PC atau laptop. Perangkat ini gunanya untuk menjalankan software yang mendukung proses flashing tersebut.

QFIL Error saat Flashing
QFIL Error saat Flashing

Dalam proses flashing HP android, ada banyak tools atau software flash HP yang bisa digunakan. Untuk perangkat HP yang didukung dengan chipset Snapdragon misalnya, kita bisa menggunakan software bernama QFIL. Software atau tools flashing HP satu ini menjadi salah satu yang paling banyak digunakan. Alasannya karena fitur yang disediakan di dalamnya sangat lengkap, serta proses flashing HP dengan tools tersebut menjadi lebih mudah dan praktis. Kita hanya perlu menginstall QFIL dan menjalankannya di perangkat PC atau laptop. Kemudian menyambungkan HP ke PC atau laptop menggunakan kabel data dan memulai proses flashing dengan menyiapkan stock ROM atau firmwarenya.

Baca Juga:

QFIL proses flash ada kalanya mengalami masalah error dan terhenti, membuat pemasangan firmware pada HP mengalami kegagalan. Proses flashing yang terhenti di tengah jalan akan menyebabkan HP tidak berfungsi sebagaimana biasanya. Untuk mengatasinya kita perlu melakukan proses flashing dari awal lagi hingga berhasil. Masalah error saat flashing menggunakan QFIL ini bisa disebabkan oleh banyak faktor. Dengan mengetahui penyebabnya tersebut kita akan lebih mudah melakukan perbaikan, sekaligus mencegah masalah yang sama terulang kembali. Mengenai beberapa penyebab QFIL error saat flash HP android selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

Penyebab QFIL Error saat Flashing HP Android

Penyebab QFIL Error saat Flashing
Penyebab QFIL Error saat Flashing

Terdapat beberapa faktor yang menjadi penyebab utama proses flashing HP dengan QFIL mengalami error atau terhenti. Penyebabnya ini bisa dari tools flashing, firmware yang digunakan, kabel USB penyambung HP ke PC dan lain sebagainya. Masalah error pada QFIL ini sendiri biasanya ditandai dengan munculnya notifikasi berupa tulisan maupun kode. Misalnya saja, muncul tulisan Sahara Fail, No Port Available, Firehose Fail, hingga terhentinya proses flashing.

Lebih jelasnya mengenai penyebab QFIL error saat flashing HP android tersebut, sebagai berikut:

1. Masalah pada Sambungan HP ke PC/Laptop

Dalam proses flashing HP menggunakan QFIL, mengharuskan HP sudah terhubung dan terbaca di PC atau laptop. Untuk sambungannya sendiri menggunakan kabel USB, pastikan konektor pada kabel tersebut sudah menancap sempurna pada port yang tersedia di PC/laptop maupun HP. Sementara pada HP android, pastikan sambungan kabel USB-nya diubah ke mode Transfer Data atau Media Transfer Protocol/MTP Mode.

Kamu bisa mengecek apakah HP sudah terdeteksi di PC atau laptop atau belum, melalui jendela Device Manager. Jika memang belum terbaca, maka kamu bisa mengganti kabel USB lain yang normal.

2. USB Debugging yang Belum Diaktifkan

Masih ada hubungannya dengan masalah sambungan di atas, dalam hal ini masalah hak akses menjadi masalah utamanya. PC atau laptop yang dihubungkan ke HP, justru sistem dari HP android menolak tersambung karena hak administrator tidak diberikan. Ini tentunya akan membuat HP seolah tidak terbaca di PC atau laptop sehingga tidak dapat melanjutkan proses flashing.

Proses flashing akan mengalami kegagalan dengan munculnya notifikasi error pada tools QFIL. Untuk mengatasinya, kamu perlu mengaktifkan USB Debugging di HP android melalui halaman Developer Option atau Opsi Developer. Namun, sebelumnya kamu perlu mengaktifkan dulu Developer Option di HP melalui menu Pengaturan atau Settings.

3. Firmware atau Stock ROM Bermasalah

Penyebab QFIL error saat flashing HP yakni dikarenakan file firmware atau stock ROM mengalami corrupt. Hal ini bisa terjadi dikarenakan beberapa faktor, mulai dari proses download file yang sempat terhenti, file terinfeksi virus atau malware, downlaod yang belum sukses dan lain sebagainya.

Selain itu, masalah error pada QFIL saat flash HP ini juga bisa terjadi karena firmware yang digunakan tidak cocok dengan seri HP milikmu. Ini membuat HP tidak support sehingga tidak dapat dipasangi firmware tersebut. Solusinya kamu perlu mendownload ulang firmware atau stock ROM di situs resmi brand HP milikmu. Pastikan kamu memilih firmware yang sesuai dengan tipe HP milikmu.

4. Masalah Driver di PC atau Laptop

Semua perangkat keras yang terpasang di PC atau laptop memerlukan driver sebagai penghubungnya. Hal ini juga berlaku ketika kita ingin menghubungkan perangkat HP android ke PC atau laptop menggunakan kabel data atau kabel USB. Kita perlu menginstall driver khusus pada sistem PC atau laptop agar dapat membaca sambungannya.

Dalam hal ini kita dapat mengunduh dan menginstall driver bernama Qualcomm HS-USB QDLoader 9008. Driver satu ini bisa kita download secara bebas dan gratis di internet, kemudian install di PC atau laptop dengan hanya beberapa klik Next saja.

5. Software QFIL yang Bermasalah

Software QFIL yang bermasalah juga bisa menjadi penyebab lain kegagalan proses flashing HP sehingga memunculkan pesan error pada software tersebut. Misalnya saja karena QFIL mengalami data corrupt sehingga tidak bisa berfungsi sempurna.

Selain itu, penggunaan software QFIL versi lama juga bisa menjadi penyebab lain masalah error tersebut. Kita tahu, software versi lama sering kali terdapat bug atau error di dalamnya, termasuk pada QFIL ini. Mendownload versi terbaru dari QFIL bisa menjadi solusi terbaik untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Atau jika saat ini QFIL yang kamu gunakan sudah versi terbaru, kemungkinan masalah ini muncul karena PC atau laptop yang digunakan tidak support. Beberapa PC atau laptop versi lama terkadang tidak kompatibel saat dipasangi software versi teranyar, termasuk software QFIL ini. Cobalah untuk menggantinya dengan software QFIL versi lebih lama yang kompatibel dengan perangkat yang kamu gunakan.

Penutup

Itulah tadi beberapa penyebab QFIL error saat flashing HP yang harus kamu tahu agar lebih mudah dalam melakukan perbaikan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaCara Mengatasi Mic HP Android Tidak Berfungsi
Artikel SelanjutnyaPenyebab dan Cara Mengatasi IMEI Android Invalid
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini