7 Situs Perpustakaan Online Gratis Download Terlengkap

Perpustakaan Online Gratis – Apakah kamu salah satu seorang yang hobi sekali membaca? Kalau iya, kamu pasti sering menghabiskan waktu di perpustakaan untuk membaca berbagai buku menarik. Baik itu perpustakaan sekolah, kampus ataupun umum, biasanya memang menyediakan berbagai buku bacaan yang menarik. Kita bisa membaca buku di perpustakaan atau meminjamnya untuk bisa dibaca di tempat lain dengan syarat yang ditentukan.

Perpustakaan Online Gratis
Perpustakaan Online Gratis

Namun, di era yang sudah modern seperti sekarang ini, perpustakaan buku tidak hanya tersedia secara offline saja, melainkan juga online. Salah satunya perpustakaan yang berbentuk situs atau website, di mana di dalamnya tersedia banyak sekali buku bacaan dari berbagai genre atau tema. Bahkan beberapa situs menyediakan buku gratis untuk kamu download dan baca secara offline jika menginginkannya. Kamu bisa mengaksesnya dari perangkat apapun, termasuk lewat smartphone android.

Baca Juga:

Situs perpustakaan online gratis ini ada banyak jenisnya, kamu bebas ingin mengunjungi situs yang mana. Yang pasti, buku yang disediakan sangat lengkap dan sepenuhnya bisa kamu baca dan download tanpa harus membayar. Penasaran dengan situs perpustakaan tersebut? Berikut ini rekomendasi website perpustakaan online bebas download dan baca sepuasnya bisa kamu kunjungi.

Daftar Situs Perpustakaan Online Gratis Download Terlengkap

Buku berbasis digital atau e-book sekarang ini memang banyak diminati dibandingkan buku fisik. Layaknya buku fisik, e-book terdiri dari berbagai tema tulisan, mulai dari novel, karya sastra, fiksi, dan lain sebagainya. Bedanya, e-book bisa kamu akses melalui perangkat elektronik, seperti smartphone android misalnya.

Adapun pilihan situs perpustakaan online gratis dan lengkap bisa kamu kunjungi, di antaranya:

1. Library Genesis

Library Genesis
Library Genesis

Situs penyedia buku digital terlengkap yang pertama yakni Library Genesis. Situs satu ini menjadi salah satu situs perpustakaan favorit bagi para mahasiswa, di mana di dalamnya menyediakan banyak sekali buku yang bermanfaat. Library Genesis sepenuhnya gratis, kamu bisa mengakses buku digital di dalamnya secara mudah dan praktis.

Tidak hanya buku saja yang disediakan di Library Genesis, melainkan juga penelitian, jurnal, novel, disertasi, dongeng, hingga koran internasional bisa kamu temukan. Untuk mempermudah, disediakan fitur Pencarian. Kamu ketik saja judul buku atau nama penulisnya, maka nanti akan ditampilkan di hasil pencarian.

2. Z-Libary

Z-Libary
Z-Libary

Z-Libary juga menyediakan berbagai jenis buku yang memungkinkan untuk diakses secara gratis. Tidak hanya buku saja, kamu juga bisa menemukan berbagai artikel, penelitian, jurnal ilmiah dan lain sebagainya. Yang pasti, semua yang disediakan di situs Z-Libary tersebut bisa kamu akses secara gratis dan mudah.

Kamu yang memiliki ketertarikan untuk membaca novel, di situs Z-Libary ini juga menyediakan banyak pilihan. Berbagai novel populer dari penulis terkenal memungkinkan untuk kamu temukan dan baca lewat situs tersebut. Menarik sekali bukan?

3. Bibliomania

Bibliomania
Bibliomania

Kali ini ada situs bernama Bibliomania yang juga menyediakan banyak sekali jenis buku bacaan yang bisa diakses secara gratis. Kamu bisa menemukan berbagai literatur dari penelitian, jurnal, buku akademik, dan masih banyak lagi yang lainnya. Bibliomania sangat cocok diakses oleh para pelajar, baik siswa sekolah ataupun mahasiswa.

Tidak perlu ragu soal legalitas dari buku yang disediakan di situs Bibliomania. Pasalnya, semua buku yang tersedia merupakan buku resmi. Kamu bisa mendownloadnya dengan mudah untuk dijadikan buku koleksi.

4. Free E-Books

Free E-Books
Free E-Books

Dari namanya kita sudah tahu kalau situs Free E-Books ini menyediakan buku digital secara gratis. Namun, sayangnya e-book gratis yang disediakan di situs ini merupakan buku internasional yang memuat Bahasa Inggris. Bagi kamu yang lancar berbahasa Inggris tentunya tidak akan ada masalah untuk itu.

Free E-Books sendiri menyediakan beragam jenis buku bacaan, mulai dari buku fiksi hingga non-fiksi. Tidak hanya cocok untuk para pembaca saja, kamu yang punya bakat menulis juga bisa bergabung di dalamnya. Sayangnya, hanya terbatas 5 buku saja yang bisa kamu download setiap bulannya. Jika ingin bebas download, maka perlu berlangganan.

5. World Digital Library

World Digital Library
World Digital Library

World Digital Library merupakan situs perpustakaan online terbaik yang ada di dunia sekarang ini. Situs perpus online tersebut didirikan oleh Library of Congress of the United States. UNESCO bahkan sudah mendukung situs World Digital Library sebagai perpustakaan online terbaik sejak tahun 2009 lalu.

Koleksi buku yang disediakan di situs World Digital Library terbilang sangat lengkap. Berbagai jenis buku bisa kamu baca secara gratis di situs tersebut. Tujuan utama dihadirkannya situs perpustakaan online ini yakni sebagai langkah memperkenalkan paham dan ilmu internasional.

6. Project Gutenberg

Project Gutenberg
Project Gutenberg

Kamu yang mencari situs perpustakaan online yang sepenuhnya gratis, Project Gutenberg ini bisa dijadikan pilihan. Situs tersebut menyediakan koleksi buku setidaknya 60 ribu e-book dan semua buku tersebut bisa didownload secara gartis.

Buku elektronik yang disediakan di Project Gutenberg merupakan buku yang sudah lama dan habis hak ciptanya. Jadi, tentu sangat legal buku-buku tersebut untuk didownload. Tampilan antarmuka situs cukup sederhana, memudahkan kamu untuk mengakses semua buku yang disediakan di sana.

7. Digital Library of the IberoAmerican Heritage

Digital Library of the IberoAmerican Heritage
Digital Library of the IberoAmerican Heritage

Dan yang terakhir ada situs bernama Digital Library of the IberoAmerican Heritage. Ini merupakan perpustakaan online resmi milik Universitas Stanford yang sudah sangat terkenal di seluruh dunia. Universitas Stanford adalah universitas swasta paling terdepan yang berlokasi di San Fransisco, Amerika Serikat.

Di perpustakaan online ini menyediakan banyak sekali jenis buku yang tentunya sangat cocok untuk dipelajari oleh pelajar, mahasiswa, bahkan dosen. Koleksi buku yang dimiliki berjumlah jutaan, terdiri dari buku pengajaran, riset, penelitian ilmiah, dan masih banyak lagi yang lainnya. Yang pasti, buku yang disediakan di Digital Library of the IberoAmerican Heritage ini bisa kamu akses secara gratis.

Catatan: Beberapa situs di atas ada yang tidka sepenuhnya gratis, di mana kamu perlu berlangganan jika melebihi kuota gratis yang sudah disediakan. Kamu bisa mengakses lewat berbagai jenis perangkat, baik itu HP, laptop, tablet atau yang lainnya.

Penutup

Itulah tadi beberapa rekomendasi situs perpustakaan online gratis terbaik dan terlengkap bisa kamu kunjungi. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Abdul Wafihttps://www.bukandroid.com
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Konten Terbaru

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini