Perbedaan Zhiyun Smooth Q dan DJI Osmo 2

Perbedaan Zhiyun Smooth Q dan DJI Osmo 2 – Stabiliser atau biasa juga disebut dengan Gimbal merupakan suatu alat tambahan yang bisa menjadi senjata andalan kamu yang suka membuat video memakai hp android. Jika kita memandang nya di kejauhan alat yang satu ini memang sekilas mirip dengan tongsis, tapi kalau kita lebih cermati dengan seksama maka akan tau perbedaan yang kedua alat tersebut miliki sangat lah jauh, di mana dengan menggunakan stabiliser ini akan mampu membuat perbedaan yang sangat besar pada hasil perekaman video yang kita lakukan nanti nya, sebab dengan memakai alat tersebut hasil video kita nanti akan lebih stabil, terarah, tangkapan layar juga akan jauh lebih mulus, dan masih banyak lagi.

Perbedaan Zhiyun Smooth Q dan DJI Osmo 2

Jadi bagi kalian yang bertanya – tanya sampai saat ini tentang rahasia dari seorang vlogger untuk bisa mendapatkan kualitas gambar yang sangat baik ketika sedang melakukan proses perekaman seorang diri tanpa ada nya bantuan orang lain, maka alat Gimbal ini adalah jawaban nya. Yang mana sudah kita ketahui sendiri bahwa akan sangat sulit apabila kita sendiri yang melakukan perekaman proses video jika tidak bisa mendapatkan posisi dan lain sebagai nya dengan cukup benar. Oleh karena itu electronik Gimbal ini adalah alat yang wajib untuk kamu miliki sebagai seorang vlogger sejati, untuk harga nya sendiri cukup terbilang terjangkau bagi kalian yang sudah mempunyai sedikit penghasilan.

Baca Juga :

Untuk brand elektronik Gimbal pada saat ini telah ada 2 perusahaan unggul dan ternama mengenai stabiliser tersebut, yaitu tidak bukan tidak lain adalah DJI Osmo dan Zhiyun Smooth. Bagi kalian yang mau membeli alat Gimbal itu dan masih bingung dalam hal pemilihan brand mana lebih unggul serta cocok dengan pemakaian kita, maka oleh sebab itu pada kesempatan kali ini saya akan memberikan ulasan hasil review dari stabiliser Dji Osmo Mobile 2 dan Zhiyun Q. Dari segi harga kedua benda tersebut tidak lah tergolong jauh berbeda, akan tetapi untuk harga dari Dji Osmo Mobile akan lebih sedikit lebih murah dari pada Zhiyun Smooth Q yang sudah di pasarkan hampir 1 tahun lebih dulu.

Perbedaan Zhiyun Smooth Q dan DJI Osmo 2

Ok baiklah tanpa perlu berlama – lama, silahkan simak ringkasan seputar perbedaan dari Gimbal Zhiyun Smooth Q dan DJI Osmo 2 secara lengkap di bawah ini untuk bisa kalian pelajari lebih dalam tentang perbedaan dan kriteria stabiliser mana yang nanti nya ingin dan cocok untuk anda beli sesuai dengan kebutuhan.

Perbedaan Zhiyun Smooth Q dan DJI Osmo 2

Pertama yang akan kita bandingkan yaitu lama bertahan baterai, jelas disini Osmo Mobile 2 yang menang karena bisa bertahan lama hingga 15 jam, dan sedangkan untuk Zhiyun Smooth Q hanya mampu bertahan sampai 12 jam saja. Berikut nya yaitu masalah build quality, walaupun harga yang di tawarkan oleh kedua brand tersebut tergolong cukup murah bukan berarti mereka telah mengabaikan build quality yang mereka sajikan, oleh sebab itu untuk handgrip tidak begitu berasa perbedaan nya, akan tetapi jika kamu mencari yang teringan maka Osmo Mobile 2 lah jawabannya. Dan yang terakhir yaitu masalah App pendukung, tentu hal ini juga di menangkan oleh DJI, karena lebih lancar dan stabil serta memiliki banyak fitur.

Untuk penjelasan detail nya bisa kamu bandingkan sendiri dengan membaca rincian detail dari kedua produk tersebut di bawah berikut.

Zhiyun Smooth Q

Untuk handheld stabiliser nya sendiri ia memiliki bentuk 3-axis, yang mana kalau sudah terhubung ke dalam Apl Mobile melalui fitur ZY Play via Bluetooth, maka akan dapat memungkinkan kita untuk bisa mengontrol zoom instan secara langsung dari kamera melalui stabiliser. Hanya perlu melakukan satu penekanan tombol anda telah bisa fokus kedepan kamera dengan leluasa tanpa panik akan tangkapan focus yang buruk dari kamera.

Zhiyun Smooth Q

Zhiyun Smooth Q tidak cuman memberikan support penuh dalam hal kemudahan dalam mengatur kamera smartphone, tapi kita juga bisa menambahkan nya dengan lensa smartphone, aksesoris eksternal, microphone, dan lampu led tanpa suatu hambatan sedikit pun untuk mensupport jangkauan aplikasi yang lebih luas.

Kelebihan Zhiyun Smooth Q

  1. Ukuran baterai cukup besar namun tidak dapat di lepas.
  2. Kamu bisa menggunakan kamera depan sebagai filming dengan memakai Mode Selfie.
  3. Para penggunanya bisa mendapatkan suatu Pan Continous lebih mulus sebab Gimbal ini dapat berputar hingga 360 derajat.
  4. Dapat melakukan pengisian baterai ponsel dengan memakai konektor Lightning berbentuk L.
  5. Handheld yang bisa di tekuk agar kamu dapat memasang hp pada mode portrait, meskipun pada Osmo Mobile juga bisa melakukan hal ini akan tetapi untuk melakukan mode portrait kita diwajibkan memegang nya secara horizontal.
  6. Terdapat soket tripod standar pada bagian dasarnya.
  7. Dengan mengaktifkan mode Torch kita dapat memasang hp terbalik untuk menyambungkan ke aksesoris lightning.
  8. Bisa menggunakan remote wireless.
  9. Baterai tahan lama hingga 15 jam.

Kekurangan Zhiyun Smooth Q

  1. Cukup memakan waktu untuk menata nya, clamp terpasang pada smartphone sedikit tidak nyaman digunakan.
  2. Sedikit berasa lag ketika melakukan zoom out atau zoom in ketika proses perekaman sedang berlangsung.
  3. Body berbahan plastik.
  4. Mode changing sedikit membingungkan, dimana kita harus menekan beberapa tombol berupa perintah dan tidak ada petunjuk sama sekali dalam penggunaan mode.
  5. Wajib untuk menekan tombol pada layar jika sebelum nya aplikasi Zhiyun Play belum aktif, jika aktif maka bisa dengan mudah cukup menekan tombol Record di bagian handle.

Spesifikasi Zhiyun Smooth Q

  • 1/4″-20 Mounting Thread on Bottom.
  • 4-Way Joystick.
  • Up to 12-Hour Run Time.
  • Zoom Control Switch.
  • 320° Pan, Tilt, Roll Axis Rotation.
  • Dapat digunakan oleh hp berukuran 6inch.
  • One-Step Balancing Knob.
  • Charge Phone via USB While Shooting.
  • Up to 12-Hour Run Time.

DJI Osmo Mobile 2

Dji Osmo Mobile 2 merupakan generasi penerus dari sebelumnya Osmo Mobile, yang mana Osmo Mobile 2 baru release pada awal tahun 2018 ini. Perlu anda ingat sekali lagi bahwa yang kita bahas ini adalah generasi ke 2 dari Osmo Mobile, oleh sebab itu jangan lah di samakan dengan generasi pertama nya, karena pada generasi ini ada banyak sekali perubahan yang baik mulai dari desain, fitur, ketahanan baterai dan masih banyak lagi. Cukup memakai perangkat handheld 3 Axis Gimbal Stabilizer satu ini dapat membuat video menjadi lebih bercinematic, smooth, dan terlihat profesional.

DJI Osmo Mobile 2

Dji Osmo Mobile 2 digunakan dengan hp dan terkoneksi melalui jaringan bluetooth dengan aplikasi DJI GO, dalam aplikasi tersebut terdapat banyak sekali fitur termasuk fitur pelacak objek otomatis yang di tangkap oleh lensa kamera hp, fitur ini disebut Teknologi ActiveTrack. Tidak hanya sampai di situ saja, pada aplikasi ini juga telah tersaji sebuah fitur Motion TimeLapse, dan bisa dengan mudah berbagi video pada akun sosial media kita secara real time yang telah tersedia beberapa opsi share sosmed di dalam aplikasi Dji GO.

Kelebihan DJI Osmo Mobile 2

  1. Bahan berkualitas tinggi plastik nilon komposit.
  2. Tracking objek yang di peroleh lebih smooth.
  3. Gampang mengganti mode sebab Osmo memiliki tombol trigger pada bagian atas.
  4. Tidak memakan waktu lama dalam penataan nya, serta aman dalam hal pencengkraman hp.
  5. Osmo terintegrasi sama apl kamera Filmic Pro.
  6. Tilt atau Pan via joystick lebih responsif, dalam pergerakan nya juga dapat di perlambat.

Kekurangan DJI Osmo Mobile 2

  1. Baterai tanam tidak bisa di lepas.
  2. Dalam pengaktifan aplikasi Dji GO sedikit lebih menguras baterai.

Spesifikasi DJI Osmo Mobile 2

  • Baterai Tahan s/d 15 Jam.
  • System 3 axis gimbal untuk ponsel.
  • Teknologi ActiveTrack / Kamera bisa mengikuti pergerakan objek di pilih.
  • Mensupport segala merk hp dan seri OS.

Penutup

Itu lah tadi ulasan berupa perbedaan dari kedua produk gimbal terkenal saat ini, semoga dengan ada nya artikel ini bisa membantu kalian yang sedang bingung maupun baru mau mengenal alat ini dengan pasti.