Perbedaan Prosesor MediaTek dan Snapdragon Secara Umum

Perbedaan Prosesor MediaTek dan Snapdragon – HP android sudah menjadi salah satu perangkat elektronik yang paling banyak diminati sekarang ini. Hampir semua orang pasti punya yang namanya smartphone. Apalagi sekarang ini sudah banyak vendor yang menawarkan smartphone android andalannya dengan banderol harga murah. Dengan begitu, para pengguna dari kalangan bawah pun sudah bisa dengan mudah membelinya.

Perbedaan Prosesor MediaTek dan Snapdragon
Perbedaan Prosesor MediaTek dan Snapdragon

Saat akan membeli smartphone baru, biasanya ada bebera hal yang menjadi perhatian banyak orang. Baik itu dari segi harga, spesifikasi perangkat dan juga fitur-fitur yang dibawanya. Namun, yang paling penting untuk diperhatikan adalah masalah spesifikasi HP android itu sendiri. Kita perlu mempertimbangkan komponen yang diusungnya, seperti prosesor, kapasitas RAM, kamera, dan juga baterainya. Namun, jika kamu mencari HP dengan mengandalkan kecepatan performa, sematan prosesorlah yang harus dijadikan pertimbangan. Pasalnya, prosesor inilah yang menjadi pusat kendali dari semua komponen HP.

Baca Juga:

Berbicara mengenai prosesor untuk perangkat android, setidaknya ada 2 jenis prosesor yang paling menonjol saat ini. Kedua prosesor tersebut yakni MediaTek dan Qualcomm Snapdragon. Kedua prosesor tersebut bersaing ketat untuk memperebutkan posisi sebagai prosesor terbaik dan paling cepat untuk ponsel pintar. Keduanya tentu memiliki perbedaan yang berujung pada kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pada artikel kali ini saya akan membahas apa saja perbedaan prosesor MediaTek dan Snapdragon tersebut. Yuk simak ulasan selengkapnya!

Perbedaan Prosesor MediaTek dan Snapdragon Paling Umum

Perbedaan Prosesor MediaTek dan Qualcomm Snapdragon
Perbedaan Prosesor MediaTek dan Qualcomm Snapdragon

Seperti yang kita tahu, prosesor MediaTek dan Snapdragon merupakan jenis prosesor yang paling banyak digunakan oleh para vendor sekarang ini. Keduanya secara bergantian dipilih untuk disematkan pada smartphone keluaran terbaru dari berbagai vendor, seperti Samsung, Vivo, Oppo, Xiaomi dan brand HP android lainnya.

Prosesor MediaTek dan Snapdragon ini sendiri punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pemilihannya tentu juga didasarkan sesuai kebutuhan masing-masing pengguna. Adapun beberapa perbedaan prosesor MediaTek dan Snapdragon yang tidak banyak orang tahu selengkapnya bisa disimak di bawah ini.

Prosesor Qualcomm Snapdragon

Qualcomm Snapdragon merupakan sebuah produk telekomunikasi yang dikembangkan oleh perusahaan bernama Qualcomm. Perusahaan ini sendiri berasal dari Amerika Serikat yang mulai berdiri sejak tahun 1985 dan terus mengalami perkembangan pesat dari tahun ke tahunnya. Awalnya perusahaan ini didirikan oleh ketujuh orang hebat yakni Dr. Irwin M. Jacobs, Dr. Andrew Viterbi, Harvey White, Franklin Antonio, Andrew Cohen, Klein Gilhousen, dan Adelia Coffman. Periode tahun 1991 hingga 1998 merupakan masa kejayaan perusahaan Qualcomm, yang mana perkembangannya terjadi sangat pesat.

Dan hingga saat ini, prosesor Qualcomm Snapdragon khususnya sudah menjadi raja prosesor untuk ponsel pintar di dunia. Beberapa brand smartphone besar digandengnya, seperti Samsung, Xiaomi, Oppo, Asus, Acer dan masih banyak lagi yang lainnya. Bermodalkan pengalaman, Qualcomm berhasil membuat chipsetnya ini berkembang sangat pesat dan menjadi pilihanfavorit banyak vendor.

Seperti yang kita tahu, prosesor Snapdragon ini lebih sering disematkan pada smartphone flahship alias kelas atas. Meski begitu, ada pula beberapa smartphone dari kelas menengah juga menggunakan Snapdragon sebagai pusat komputasi di dalamnya. Prosesor Qualcomm Snapdragon banyak dipilih untuk smartphone kelas menengah hingga flasgship bukan tanpa alasan. Salah satunya karena prosesor satu ini mampu menghasilkan performa yang cepat serta efektif. Kedua kelebihan ini memang cukup jarang atau bahkan tidak ditemukan pada prosesor lainnya.

Hal ini juga bisa dibuktikan dengan hasil benchmark dari ponsel berprosesor Snapdragon, yang mana skornya sangat tinggi. Karena kecepatan dan keefektifannya ini membuat harganya cukup mahal. Harga mahal tersebut tentu nantinya akan berpengaruh terhadap harga dari ponsel yang membekalinya. Karena alasan ini pula, lebih banyak smartphone flagship hingga menengah atas yang menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon ini.

Prosesor MediaTek

Berbeda lagi dengan prosesor MediaTek, yang mana prosesor satu ini dibuat oleh perusahaan yang berasal dari Vietnam. Pendirinya bernama Thai Ming-Kai, ia mulai merintis perusahaannya ini sejak tahun 1997 silam. Meski terbilang labih muda dibandingkan Qualcomm Snapdragon, tetapi perkembangan MediaTek bisa dibilang sangat pesat. Buktinya, sekarang ini MediaTek menjadi salah satu pesaing terberat Qualcomm untuk soal prosesor ponsel pintar.

Sama seperti prosesor Snapdragon, MediaTek juga sering menjadi pilihan para brand smartphone untuk disematkan produk HP besutannya. Salah satu alasannya adalah karena harga dari prosesor MediaTek yang lumayan murah. Dengan begitu, para vendor juga bisa menekan harga jual dari ponsel pintarnya menjadi lebih murah.  Karena faktor inilah, prosesor MediaTek lebih banyak ditemukan pada HP dari kelas bawah hingga menengah atas.

Meski begitu, untuk soal performa harus diakui kalau prosesor MediaTek masih kalah dari Snapdragon. Tetapi bukan berarti performanya jelek, hanya sedikit lebih rendah daripada ponsel berprosesor Snapdragon.

Menariknya, prosesor MediaTek memiliki konsumsi daya yang lebih sedikit dibandingkan prosesor Snapdragon. Dengan begitu, baterai HP akan lebih hemat meski digunakan dalam jangka waktu cukup lama.

Penutup

Jadi, prosesor MediaTek atau Snapdragon yang paling cocok untuk kamu pilih? Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pastikan kamu memilih ponsel dengan prosesor yang sudah sesuai dengan kebutuhanmu dalam menggunakan smartphone. Misal kamu ingin membeli smartphone dengan performa handal, maka pilihlah smartphone dengan prosesor Qualcomm Snapdragon di dalamnya. Tetapi jika kamu mencari smartphone hemat daya meski performanya sedikit renda, maka yang dipilih smartphone berprosesor MediTek.

Penting memang untuk mengetahui perbedaan prosesor MediaTek dan Snapdragon agar kamu bisa mendapatkan smartphone android sesuai kebutuhanmu. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu agar juga bermanfaat untuk orang lain.