Perbedaan Dji Osmo Mobile 1 dan Dji Osmo Mobile 2

Perbedaan Dji Osmo Mobile 1 dan Dji Osmo Mobile 2 – Pada di jaman modern sekarang ini atau pun di kalangan para generasi millenials mempunyai banyak sekali obsesi tersendiri dengan dunia video online, sampai – sampai ketenaran yang di hasilkan di dunia maya seperti youtube, instagram, facebook dan media internet lain nya mampu untuk melebihi ketenaran artis di televisi, dan jelas hal ini juga tidak hanya terjadi pada negara kita Indonesia melainkan fenomena global yang terjadi di seluruh dunia. Seolah ingin bergabung dan ikut meramaikan fenomena tersebut, DJI, perusahaan drone yang kini telah melahirkan DJI Osmo dan telah meluncurkan sebuah alat bernama DJI Osmo Mobile untuk pertama kali nya pada September 2016 silam sudah mampu mendapatkan banyak daya tarik peminat di kalangan warga net.

Perbedaan Dji Osmo Mobile 1 dan Dji Osmo Mobile 2

DJI Osmo Mobile ini sendiri merupakan suatu alat perangkat handheld kamera dengan stabilizer yang mana dapat menjadikan smartphone kita supaya bisa mengatur penangkapan foto dengan mudah serta pengambilan video yang sangat cerdas karena dengan menggunakan DJI Osmo Mobile ini kamera pada smartphone kita akan dapat mengikuti arah dari pergerakan muka atau kepala kita, jadi dengan menggunakan alat yang satu ini kalian tidak usah repot lagi jika ingin membuat video yang tadi nya biasa meminta bantuan teman untuk mengambil arah video tersebut.

Video smartphone yang akan di hasilkan ketika menggunakan alat ini akan nampak sangat stabil, walaupun di bawa dalam keadaan berlari ketika proses perekaman sedang berlangsung, dan juga effek yang di hasilkan nya pun terasa akan jauh berbeda kalau kita bandingkan dengan teknologi OIS bawaan dari si smartphone tersebut, yang mana dapat menjadikan hasil rekaman nya jauh nampah lebih bersinematik dari pada sebelum nya. Kehadiran dari Osmo Mobile ini juga akan sangat cocok jika kita mengingat tren live streaming baru – baru ini, yang mana dalam penggunaan nya pun sangat simple dimana kalian hanya perlu menyambungkan nya ke ponsel melalui jaringan bluetooth, sehingga ponsel tersebut masih dapat kita sambungkan ke jaringan wifi untuk bisa mengunggah hasil dari rekaman nya secara real – time ke dalam media sosial yang kalian inginkan seperti youtube, facebook, dan lain sebagainya.

Baca Juga :

Penting untuk kalian ketahui jika Osmo Mobile dan Osmo itu merupakan 2 hal yang berbeda, di mana pada alat Osmo sendiri telah terdapat kamera pada paket pembelian nya, dan sedangkan pada Osmo Mobile kita memerlukan smartphone android untuk bisa menangkap gambar yang mana akan di pasangkan pada gimbal 3 – axis nya. Gimbal ini sendiri memiliki fungsi supaya bisa meredam suatu guncangan ataupun getaran pada saat sedang di lakukan nya proses pemotretan maupun perekaman video. Seperti yang sudah saya jelaskan sebelum nya bahwa Osmo Mobile ini dapat mengatur posisi kamera dengan sendiri nya hanya dengan menggunakan wajah kita, teknologi tersebut bernama computer vision, yaitu teknologi yang dapat mengenali wajah secara akurat dan tepat.

Perbedaan Dji Osmo Mobile 1 dan Dji Osmo Mobile 2

Perbedaan Dji Osmo Mobile 1 dan Dji Osmo Mobile 2

Ok baiklah, kembali pada topik utama kita yaitu adalah membedakan Dji Osmo Mobile keluaran pertama dengan Dji Osmo Mobile 2 yang belum lama ini keluar. Di bawah ini sudah saya rangkum beberapa ulasan dari review Dji Osmo Mobile dan Dji Osmo Mobile 2, jadi akan lebih jelas di mana letak perbedaan dari masing masing generasi alat tersebut.

Dji Osmo Mobile 1

Dji Osmo Mobile 1

Desain

Hal pertama yang akan di bahas yaitu jelas tentu desain handheld nya terlebih dahulu, yang mana jelas pada model handheld dengan pola desain yang sangat nyaman tersebut merupakan point pertama yang harus kita nilai sebagai pengguna. Dan di bagian gimbal nya sendiri terdapat semacam dua sekrup penyetel yang mempunyai fungsi nya tersendiri, sekrup pertama berfungsi sebagai alat untuk menyesuaikan besaran pada bukaan jepitan dengan berbagai ukuran pada smartphone yang akan di pergunakan pada Dji Osmo Mobile tersebut, dan sekrup kedua memiliki fungsi yaitu untuk mengatur keseimbangan hp ketika telah tercapit oleh Osmo Mobile.

Desain yang premium dan terkesan elegan merupakan nilai jual pertama yang Dji Osmo Mobile tawarkan pada para konsumen nya, akan tetapi pada Osmo Mobile 1 ini tidak terdapat mekanisme kunci pada gimbal nya, yang mana terkadang bisa membuat kita sedikit khawatir untuk meletakkan nya selain harus di senderkan dulu pada penyangga berupa kotak atau lain sebagai nya supaya bisa mencegah gimbal pada Osmo tersebut berputar secara paksa jika tak sengaja tertekan. Kekurangan dari tidak ada nya kunci gimbal tersebut juga dapat membuat gimbal pada bagian atas sering membentur sisi gimbal yang ada di bagian bawah, sehingga memungkinkan si gimbal tersebut mengalami kelecetan di kemudian hari.

Fitur

Ada 2 fitur penting yang wajib kalian ketahui dari Dji Osmo Mobile ini, berikut penjelasan dari kedua fitur penting tersebut :

  1. Active Track. Fitur ini akan sangat berguna ketika kamu sedang melakukan proses pengambilan video, khusus nya bagi kalian para vlogger yang sering kali mengambil gambar dalam keadaan bergerak yang mana proses perekaman di lakukan seorang diri. Dengan ada nya fitur active track kita hanya perlu mengetuk logo icon target berbentuk kotak, kemudian menandai objek yang di wearinasian perintahkan untuk di ikuti, maka gimbal Zenmuse M1 akan secara otomatis mengikuti pergerakan objek tersebut seperti muka atau pun yang di kehendaki. Akan tetapi dalam Osmo Mobile 1 ini pada sensor pendeteksi objek nya masih kerap sekali mengalami kekeliruan terhadap objek yang lain nya pada latar belakang si objek target tersebut.
  2. Time – Lapse. Dengan ada nya fitur time lapse ini bisa jadi salah satu konten yang paling menarik untuk di share kedalam media sosial instagram, sebab video time lapse bisa di hasilkan dengan cukup mudah ketika menggunakan Dji Osmo Mobile, dan juga dapat kita bagikan secara langsung secara real time setelah pengambilan gambar. Tidak hanya itu, pada fitur time lapse nya sendiri di lengkapi lagi dengan satu fitur tambahan, yaitu M-TimeLapse atau Moving Time Lapse. Jadi dengan ada nya fitur tambahan Moving Time Lapse tersebut anda akan bisa melakukan pergeseran dari satu titik ke titik lain nya ketika sedang merekam time lapse, yang sebelum nya sudah kita atur.

Baterai

Ketahanan baterai dari Dji Osmo Mobile 1 ini adalah sekitar 3,5 jam, mengingat bahwa berbeda dari Dji Osmo yang perlu mensuplai daya ke area kamera nya, yang mana sudah saya jelaskan di atas kalau Dji Osmo telah di lengkapi oleh kamera bawaan. Selain itu juga pada saat pengisian daya baterai Dji Osmo Mobile ini ia menggunakan kabel jack yang memiliki ukuran 3,5mm dengan mempunyai ujung kabel USB, dengan ada nya metode pengisian ini menurut saya akan dapat mempermudah pemakaian nya untuk keperluan mobile.

Dji Osmo Mobile 2

Dji Osmo Mobile 2

Desain

Secara bentuk desain pada Dji Osmo Mobile 2 ini tidak jauh berbeda dari generasi pertama nya. Akan tetapi, jika di bandingkan dengan Osmo Mobile 1, Osmo Mobile 2 ini jauh lebih ringan, yaitu mempunyai berat hanya 485 gram berkat konstruksi alat yang terbuat dari bahan plastik nilon komposit berkualitas tinggi. Generasi ke dua nya ini juga mempunyai desain lebih elegan dan dalam penggunaan nya pun jauh lebih praktis berkat mekanisme penjepit nya, yang mana pada Osmo Mobile 1 kita para pengguna nya harus bergantung kepada sekrup untuk memasang serta melepaskan smartphone.

Fitur

Osmo Mobile 2 tersebut telah support semua perangkat iOS iPhone tanpa batasan minimum iOS lagi, dan masih banyak beberapa fitur baru nya. Fitur baru pertama yang akan kita bahas adalah Mode Tegak, di mana pada saat melakukan proses perekaman video akan jauh lebih stabil jika menggunakan format mode tegak nya. Contoh nya saja untuk pembuatan konten Instagram Stories, Facebook Stories, SnapChat, dan masih banyak lagi. Fitur baru kedua adalah Portrait Mode, yang mana di Osmo Mobile pertama tidak dapat di pakai untuk portrait mode, pada generasi kedua ini kita dapat melakukan mode portrait dengan cara mematikan gimbal nya terlebih dahulu kemudian merubah posisi holder.

Di dalam aspek kontrol nya juga telah lebih di sederhana kan, contoh yang paling mudah yaitu pada saat mengatur Zoom kini dapat di lakukan langsung dengan mudah menggunakan tuas kecil yang terdapat di bagian kiri pada perangkat Osmo, dan kita para pengguna sama sekali tidak perlu lagi mengutak – atik si smartphone. Dalam mode perekaman nya pun telah di tambah menjadi tiga jenis mode Time Lapse yang berbeda. Osmo Mobile 2 juga bisa kita gunakan sebagai power bank untuk ponsel, anda dapat menyolokkan hp melalui port USB yang sudah tersedia di bagian belakang nya dan membuat hp mu mampu terus menyala ketika sesi perekaman sedang berlangsung.

Baterai

Bicara soal baterai, perlu untuk kalian ketahui bahwa pada Osmo Mobile 2 tersebut menggunakan baterai tanam atau baterai yang tidak dapat di lepas dari perangkat Osmo, tidak seperti generasi Osmo Mobile 1 yang bisa di lepas baterai nya. Akan tetapi dengan begitu ketahanan dari si baterai Osmo Mobile 2 ini di klaim jauh lebih hemat dari generasi sebelum nya dengan menggunakan sistem baterai yang tidak bisa di lepas, yang mana biasa nya pada Osmo Mobile jarak pemakaian nya hanya bisa bertahan selama 2 sampai 3 jam pemakaian, sedangkan pada generasi kedua nya ini anda dapat menggunakan nya non-stop selama 15 jam lama nya. Yang mana dengan menggunakan Osmo Mobile 2 ini tentu akan mempermudah kegiatan rekaman video kita, apa lagi jika kita sedang membikin timelapse seharian bukan lah lagi menjadi suatu masalah yang rumit.

Penutup

Berminat untuk membeli DJI Osmo Mobile 2 ? harga nya sendiri lebih murah dari Osmo Mobile 1, dengan ada nya ulasan artikel ini tentu akan memantapkan pertimbangan kalian jika ingin membelinya ketimbang dari perangkat alat yang lain. Baiklah cukup sampai di sini saja pertemuan kita kali ini, jangan lupa tekan tombol share di bawah artikel ini agar banyak orang yang terbantu ketika ingin mempertimbangkan kinerja dari Dji Osmo 1 dan Dji Osmo 2.