Perbedaan Cheat dan MOD dalam Game Wajib Gamer Tahu

Perbedaan Cheat dan MOD dalam Game – Bermain game menjadi salah satu aktivitas yang paling seru dan disukai oleh banyak orang. Terlebih lagi sekarang ini sudah ada semakin banyak jenis game yang seru dan menantang untuk dimainkan. Mulai dari game mobile, game PC hingga game konsol, semua saling bersaing untuk menarik minat para pecinta game. Namun, sekarang ini yang paling banyak diminati adalah game mobile android. Selain bervariasi, game android juga tidak kalah seru dan bisa dimainkan kapan pun serta di mana pun.

Perbedaan Cheat dan MOD dalam Game
Perbedaan Cheat dan MOD dalam Game

Dalam sebuah game, ada banyak istilah yang mungkin kurang dimengerti oleh beberapa orang. Misalnya saja mengenai istilah Cheat yang tentunya tidak asing lagi di telinga para pecinta game. Cheat merupakan tindakan yang biasanya bertujuan untuk mendapatkan kemampuan di luar standar yang telah ditetapkan di dalam sebuah game. Cheat ini sendiri adalah tindakan terlarang, dan jika tetap dilakukan maka bisa membuat akun pengguna terblokir atau dibanned. Risiko ini akan semakin besar jika cheat dilakukan saat bermain game online.

Baca Juga:

Selain itu, ada pula istilah MOD atau modifikasi, di mana istilah ini juga cukup sering didengar bagi para gamer. MOD sebenarnya tidak hanya berlaku untuk sebuah game saja, melainkan juga jenis aplikasi lainnya. Game MOD sendiri merupakan game yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga aturan permainannya bisa berbeda dengan versi asli. Game MOD juga memungkinkan dimainkan secara offline, meskipun untuk versi aslinya harus menggunakan data internet. Meski sudah cukup familiar, namun tidak jarang gamer yang salah dalam mengartikan kedua istilah terebut. Agar tidak salah lagi, berikut ini perbedaan cheat dan MOD dalam game yang wajib kamu tahu.

Perbedaan Cheat dan MOD dalam Game Wajib Gamer Tahu

Perbedaan Cheat dan MOD pada Game
Perbedaan Cheat dan MOD pada Game

Sebenarnya Cheat dan MOD adalah istilah yang memiliki arti berbeda jauh. Namun, mungkin karena kurang membaca sehingga beberapa orang menganggap kedua istilah dalam game tersebut memiliki arti yang sama. Secara garis besar memang keduanya aktivitas tersebut memiliki tujuan yang mirip. Di mana tujuan utama dari cheat dan MOD yakni mempermudah player untuk bisa menang dalam sebuah game.

Menggunakan cheat player bisa mendapatkan kemampuan spesial yang tidak akan diterima oleh player biasa, misalnya saja mendapatkan item premium secara gratis. Sama halnya seperti saat menggunakan game MOD, player akan mudah mendapatkan item premium sesuka hati. Kemampuan spesial terkadang juga bisa didapatkan oleh player saat main di game versi modifikasi tersebut.

Pengertian Cheat dalam Game Secara Detail

Di atas sudah saya jelaskan secara garis besar mengenai istilah Cheat dan MOD dalam game. Dan kali ini akan dijelaskan ulang mengenai istilah cheat namun dengan pengertian yang lebih mendetail. Hal ini sangat penting untuk diketahui oleh gamer agar tidak salah lagi saat mengartikannya. Dan juga agar saat ada yang bertanya tentang istilah tersebut, kamu bisa menjawabnya dengan benar.

Cheat dalam game merupakan tindakan ilegal alias curang yang tentunya tidak diperbolehkan untuk dilakukan. Cheat dibutuhkan oleh player agar lebih mudah menang dalam permainan, khususnya dalam mode game komepetisi. Bagaimana tidak, karakter yang digunakan oleh cheater akan mendapatkan kemampuan di luar standarnya. Misalnya saja lebih kebal terhadap serangan, demage lebih besar,  pelari cepat dan lain sebagainya.

Karena hal inilah, banyak developer game yang selalu melakukan razia untuk menemukan para cheater. Ketika sudah ditemukan, biasanya akun cheater akan langsung dibanned atau blokir. Tidak tanggung-tanggung, ada beberapa akun game dari cheater tersebut akhirnya dibanned secara permanen.

Untuk melakukan cheat dalam game online maupun offline, setidaknya ada 2 metode yang bisa diterapkan. Metode yang pertama yakni melakukan cheat game menggunakan dukungan aplikasi cheater. Ada banyak sekali aplikasi atau program yang menyediakan fitur untuk mempermudah melakukan cheat dalam game. Beberapa aplikasi cheater game yang cukup populer digunakan yakni Game Guardian, Lulubox, Cheat Engine dan masih banyak lagi yang lainnya.

Sementara untuk metode yang kedua yakni dengan menggunakan fitur cheat yang disediakan langsung oleh developer. Tidak seperti metode yang pertama di atas, cara cheat di metode kedua ini tidak rawan banned. Pasalnya, cheat memang disediakan langsung oleh developer game untuk mempermudah player menyelesaikan permainannya. Beberapa game yang menyediakan cheat langsung dari developer, seperti game GTA San Andreas, The Sims 4, GTA 5 dan lain sebagainya.

Pengertian MOD dalam Game Secara Detail

MOD atau modifikasi dalam game berarti sebuah tindakan untuk mengubah konten dalam game sehingga tampak berbeda dengan versi aslinya. Game MOD biasanya hanya bisa dimainkan tanpa terhubung ke internet. Pasalnya, game tersebut sudah tidak terhubung lagi ke server dari developer.

Ada banyak game yang dibuat versi modifikasi, dan peminatnya pun terbilang cukup banyak. Misalnya saja game PES dari KONAMI, cukup banyak yang menghadirkan versi modifikasinya. Khusus untuk game PES modifikasi ini sering disebut juga dengan istilah Patch, biasanya akan dihadirkan setiap awal dan pertengahan musim. Selain itu, ada pula game GTA San Andreas, di mana dalam versi MOD game tersebut memiliki tampilan map yang mirip seperti di Indonesia.

Perbedaan Cheat dan MOD dalam Game

Mengenai perbedaan cheat dan MOD dalam game sendiri mungkin masih banyak yang masih belum tahu. Sebernya cheat dan MOD memiliki arti yang berbeda jauh. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, cheat merupakan tindakan yang curang untuk mendapatkan jalan pintas untuk menang. Sementara MOD hanya sebuah game modifikasi yang kontennya sudah dirubah sehingga tampak berbeda dari versi aslinya.

Namun, dewasa ini sudah banyak game MOD yang di dalamnya juga disisipkan beberapa kecurangan. Misalnya saja membuat koin atau diamond menjadi unlimited, nyawa unlimited dan lain sebagainya. Ini terjadi karena di dalam game MOD sudah dikombinasikan dengan cheat di dalamnya, sehingga player tidak perlu menggunakan script lagi untuk sekedar nge-cheat dalam game.

Penutup

Itulah tadi perbedaan cheat dan MOD dalam game yang perlu kamu tahu. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu agar juga bermanfaat untuk orang lain.