7 Penyebab Xiaomi Redmi Cepat Panas

7 Penyebab Xiaomi Redmi Cepat Panas – Pada artikel sebelum nya kita sudah membahas tentang beberapa cara agar bisa mengatasi panas pada smartphone xiaomi bertipe apa pun. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas seputar dari penyebab panas yang timbul dari hp xiaomi kita itu sendiri, karena memang salah satu benda elektronik ini sangat lah membantu dalam hal menunjang aktivitas kita sehari hari.

10 Penyebab Xiaomi Redmi Cepat Panas

Selain ia memiliki fungsi utama sebagai alat komunikasi, akan tetapi terlepas dari itu anda juga masih bisa melakukan banyak hal dari fungsi utama nya tersebut hanya dengan menggunakan smartphone yang anda miliki. Contoh nya saja seperti memesan makanan, ojek, taxi, dan membayar listrik hanya dengan menggunakan benda di satu genggaman saja, selain itu juga jelas masih banyak sekali manfaat yang dapat di berikan oleh benda elektronik satu ini bagi aktivitas harian kita. Maka dari itu apabila smartphone yang kita miliki khusus nya xiaomi cepat sekali panas akan membuat kita sangat risih atau terganggu dalam penggunaan nya.

Akan tetapi, walaupun hp memiliki banyak fungsi dan kompleks untuk keseharian kita, tentu benda yang seperti ini juga tidak terlepas dari kekurangan nya, karena memang sudah menjadi kodrat nya sekuat apapun benda pasti lah mempunyai kelemahannya tersendiri. Salah satu hal yang terbesar menyangkut dengan kekurangan dari smartphone itu adalah rasa panas, dimana lebih tepat nya kita akan membahas smartphone xiaomi yang cepat sekali terasa panas. Adapun tingkat seberapa sering nya panas suatu hp masih tergantung dari brand hp itu sendiri, karena di setiap komponen dan sistem pada smartphone tersebut sangat lah berbeda beda di setiap brand atau jenis nya.

Baca Juga:

Brand smartphone Xiaomi saat ini sendiri telah menjadi suatu merk yang sangat populer, dimana ia memiliki pengguna yang banyak pada saat ini khusus nya di indonesia. Ada sesuatu yang unik di hadirkan oleh smartphone xiaomi tersebut, dimana ia selalu menawarkan sebuah gadget dengan harga yang sangat jatuh dari brand lain nya serta memiliki kualitas yang tidak kalah bagus nya. Contoh nya saja seperti xiaomi tipe redmi 5A, dimana mereka menawarkan harga yang sangat murah bagi pemasar di indonesia ketimbang di negara negara lain nya, dan tidak akan lama lagi pihak mereka akan mengeluarkan seri baru dari redmi, yaitu redmi 6.

7 Penyebab Xiaomi Redmi Cepat Panas

Sering kali panas yang timbul secara tiba tiba dari smartphone membuat kita merasa tidak nyaman memegang nya untuk waktu yang lama karena kerap kali muncul keringat yang bisa membasahi telapak tangan kita. Oleh sebab itu lah di bawah ini sudah saya rangkum untuk anda beberapa penyebab sering nya muncul panas pada hp xiaomi.

1. Pemakaian Yang Berlebihan

Memang tidak bisa untuk di pungkiri lagi kalau saat ini banyak aplikasi yang menarik perhatian pengguna android untuk mencoba nya. Mulai dari game , aplikasi live streaming, musical dan masih banyak lagi aplikasi yang telah menjadi populer serta berhasil menggoda para pengguna smartphone, tak terkecuali bagi pemilik xiaomi. Para user xiaomi sendiri pada umumnya menggunakan hp dengan spek tinggi mereka tersebut untuk bermain game HD berjam jam setiap hari nya. Walaupun tidak lag dalam penggunaan game berat sekalipun, nyata nya masih banyak pengguna mengeluh tentang suhu yang di hasilkan cepat sekali panas di beberapa seri xiaomi seperti redmi note 3, redmi 3, redmi 4, dan masih banyak lagi.

Pemakaian Yang Berlebihan

Panas tersebut muncul di karena kan penggunaan dari RAM, CPU, GPU dan perangkat jaringan pada smartphone di gunakan secara terus menerus dan mengakibatkan effek samping, yaitu timbul nya panas dengan cepat apabila beberapa komponen yang saya sebutkan tadi tidak diberi waktu jeda istirahat. Selain itu untuk menghindar dari tingkat suhu yang gampang panas, gunakan lah smartphone dengan wajar, baik itu dalam hal bermain game atau pun aktivitas lainnya. Dan jika hp sudah terlanjur panas, anda bisa langsung mengistirahat kan nya dengan cara meluangkan waktu sebentar untuk tidak memainkan nya hingga suhu kembali normal.

2. Kondisi Sinyal Lemah

Penyebab lainnya yang sering terjadi tanpa kita sadari yaitu jangkauan sinyal lemah seperti 2 atau 3 batang sinyal dan terus digunakan untuk beraktivitas. Kinerja dari hardware dalam menata serta menangkap signal yang ada sangat lah bergantung pada jangkauan dari sinyal BTS provider seluler, sehingga apabila sinyal sedang melemah akan mengakibatkan hardware yang tugas nya menangkap sinyal pada hp akan bekerja sedikit lebih keras dan menyerap daya baterai secara maksimal agar kualitas signal menjadi stabil agar dapat berinternet dengan nyaman. Sinyal tidak stabil yang membutuhkan daya baterai banyak seperti ini lah yang dapat membuat hp xiaomi kalian cepat panas.

Kondisi Sinyal Lemah

Oleh sebab itu jika sinyal data internet kalian sedang lemah ada baik nya untuk mematikan data seluler untuk sementara agar baterai tidak boros yang mana hal tersebut akan mengakibatkan suhu hp meningkat dengan cepat. Jika memang anda tidak mau mematikan data seluler bisa juga untuk menghentikan sebentar aktivitas yang tidak terlalu penting dan yang membutuhkan sinyal kuat seperti bermain game, streaming youtube, dan lain sebagai nya. Jika anda mengalami masalah terhadap sinyal yang mana ia melemah di setiap waktu nya, ada baik nya anda segera mengganti provider lain yang lebih baik.

3. Banyak Aplikasi Yang Berjalan Pada Background

Sama dengan komputer, pada smartphone android juga terdapat program program khusus yang memang dari awal pabrik nya sudah terinstall dan bersifat permanen atau tidak bisa di matikan, dimana program tersebut akan berfungsi untuk mengelola sistem android pada smartphone itu sendiri. Nah bagi program yang berjalan pada background atau latar belakang seperti itu setidak nya hanya memakan Ram yang sangat sedikit. Akan tetapi, terkadang tanpa anda sadari mendownload dan menginstall beberapa aplikasi yang banyak mengkonsumsi kinerja hardware di latar belakang. Hal seperti itu lah yang sering kali menyebabkan kinerja android terbebani di setiap saat, sehingga akan mengakibatkan suhu meningkat secara drastis.

Banyak Aplikasi Yang Berjalan Pada Background

Sebaik nya jika ada aplikasi yang sudah tidak terpakai dan memiliki penggunaan yang cukup tinggi dari smartphone kalian di uninstall saja agar kinerja android akan kembali normal. Atau sebelum di uninstall anda dapat mengecek nya terlebih dahulu pada setiap aplikasi, supaya tau dengan benar mana aplikasi yang memakan kinerja dengan berat dan ringan, dengan cara membuka menu setting > Installed Apss > Running. Jika anda memang lebih ingin menggunakan cara instan untuk menutup dan melihat aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang, bisa menggunakan aplikasi berupa Cleaner.

4. Memainkan HP Sambil di Charge

Walau pun sekarang ini hardware dan sistem pada hp kelas menengah ke atas sudah sangat canggih, akan tetapi melakukan kebiasaan mencharge smartphone sambil di mainkan secara terus menerus akan mengakibatkan kenaikan suhu dengan cepat. Perlu untuk anda ketahui juga kalau jenis baterai pada hp sekarang ini umum nya yaitu Lithium Polymer dan Lithium ion, yang mana pada kedua jenis baterai tersebut tidak akan tahan dengan kondisi suhu yang panas. Selain itu, dari kedua jenis baterai itu juga hanya mempunyai suhu cadang optimal di antara 0° C sampai dengan 60° C, dan untuk suhu simpan nya sendiri berkisar antara -20° C sampai 60° C.

Memainkan HP Sambil di Charge

Pada saat proses charging, maka otomatis suhu akan meningkat. Apa lagi jika di barengi dengan bermain game atau pun aktivitas lain nya, yang mana hal tersebut akan memicu panas timbul dari penggunaan CPU dan GPU yang terbebani. Selain menimbulkan panas yang begitu cepat dengan melakukan kebiasaan seperti itu juga akan memperpendek umur baterai smartphone xiaomi anda, dan bisa menyebabkan baterai menjadi kembung. Maka dari itu jangan lah memainkan smartphone anda ketika proses charging sedang berlangsung, bila perlu turn off hp anda agar cepat terisi penuh daya baterai nya ketika di charging.

5. Kecerahan Layar Yang Tinggi

 

Kecerahan Layar Yang Tinggi

Selain akan menyebabkan baterai menjadi boros, ternyata kecerangan layar terlalu tinggi juga dapat membuat hp terbebani. Dengan tingkat kecerahan layar yang tinggi, maka akan semakin banyak pula menyerap daya baterai sehingga kinerja android sedikit terbebani. Untuk para pengguna xiaomi sendiri bisa mengatur kecerahan layar tersebut di bagian status bar pada atas layar yang bersamaan dengan fitur lainnya. Tetapi, untuk bisa mengaktifkan fitur kecerahan layar otomatis harus mengatur nya di dalam menu pengaturan, cara nya yaitu dengan membuka menu setting > display > brightness level > lalu aktifkan automatic brightness. Kalau anda sudah mengaktifkan fitur tersebut, maka ponsel akan secara otomatis menyesuaikan tingkat kecerahan layar dengan keadaan cahaya di sekitar.

6. Fitur Penting Yang Mungkin Belum Nonaktif

Fitur Penting Yang Mungkin Belum Nonaktif

Terkadang secara tidak sadar ternyata beberapa fitur penting yang ada pada smartphone xiaomi yang kita miliki menyala begitu saja, yang mana beberapa fitur yang memang harus segera di matikan bila sudah tidak lagi digunakan yaitu seperti GPS, Wifi, Hotspot, dan juga Bluetooth. Meskipun fitur tersebut tidak digunakan ketika aktif, ia masih akan terus mencari dan mendeteksi jaringan sekitar sesuai dengan perintah diberikan oleh sistem. Hal ini lah yang sering terjadi tanpa kita sadari, yang mana ia akan berakibat menyerap daya baterai dengan boros dan sekaligus akan membuat suhu hp menjadi meningkat. Maka dari itu lah pastikan segera fitur yang sebelum nya anda aktifkan pada status bar untuk di nonaktifkan kembali jika memang sudah tidak di gunakan lagi.

7. Versi MIUI Belum di Update

Versi MIUI Belum di Update

Sama hal nya dengan brand smartphone lain nya, kalau hp xiaomi sendiri membutuhkan pembaharuan versi MIUI yang mana pada dasarnya telah diberikan oleh developer xiaomi, yang memiliki tujuan agar kalian akan bisa mendapatkan fitur baru serta performa yang lebih optimal. Jika ponsel android yang kalian punya belum di update sistem MIUI nya, mungkin itu salah satu penyebab meningkat nya suhu android secara cepat, sebab ada nya bugs yang belum di perbaiki dan bereffek pada kinerja yang terus terbebani. Oleh karena itu penting bagi anda pengguna hp xiaomi untuk selalu mengecek versi MIUI ROM agar tetap terupdate sesuai jadwal nya.

Penutup

Ok setelah melihat beberapa deretan penyebab xiaomi cepat panas di atas seharus nya anda sekarang telah mengetahui harus berbuat apa terhadap smartphone yang anda miliki. Sekian dari saya, jangan lupa juga share artikel ini supaya bermanfaat juga untuk orang banyak.