Penyebab HP Oppo Tiba-Tiba Mati Total Paling Umum

Penyebab HP Oppo Tiba-Tiba Mati Total – Oppo merupakan salah satu brand smartphone asal China yang sudah meluncurkan banyak sekali tipe HP android. Produk HP dari Oppo cukup banyak diminati karena mereka sering menghadirkan inovasi terbaru untuk setiap produknya. Salah satu yang menjadi keunggulan dari HP Oppo sendiri adalah fitur kameranya yang mumpuni. Kamera dari HP Oppo mampu menghasilkan jepretan foto yang jernih dan berkualitas tinggi, setara dengan kamera DSLR.

Penyebab HP Oppo Tiba-tiba Mati Total
Penyebab HP Oppo Tiba-tiba Mati Total

Selain itu, HP dari Oppo juga dibanderol dengan harga yang cukup kompetitif. Beberapa tipe HP ada yang khusus menyasar kalangan menengah ke bawah dan ada pula HP khusus kalangan atas saja. Semua produk tersebut tentunya punya kelebihan dan keunggulan tersendiri.

Baca Juga:

Tapi yang namanya produk teknologi, HP dari Oppo juga bisa saja mengalami beberapa masalah. Salah satu masalah yang sering dialami adalah HP Oppo tiba-tiba mati total. Masalah satu ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, bisa dari sistem atau karena komponen dari HP itu sendiri. Berikut ini adalah penyebab HP Oppo tiba-tiba mati total yang paling umum terjadi perlu kamu tahu.

Penyebab HP Oppo Tiba-Tiba Mati Total

HP android mati total sering disebut juga dengan istilah Bricked. Bricked ini sendiri dibagi menjadi 2 tipe yakni Soft Brick dan juga Hard Brick. Kondisi HP android yang mengalami Soft Brick masih memiliki tanda-tanda kehidupan seperti Bootlop. Sementara untuk Hard Brick, HP android tidak menandakan kehidupan sama sekali.

HP Oppo yang tiba-tiba mati total bisa saja disebabkan karena kesalahan dari pengguna atau sistem dari HP itu sendiri. Untuk kesalahan dari pengguna misalnya kegagalan saat melakukan flashing HP Oppo. Entah itu karena prosesnya yang belum selesai atau karena langkah-langkah flashing HP Oppo yang salah. Selain itu, ada beberapa penyebab HP Oppo tiba-tiba mati total lain, seperti :

1. Diserang Malware atau Virus

Penyebab HP Oppo tiba-tiba mati total yang pertama adalah dikarenakan malware atau virus yang menyerang sistem software dari HP. Dalam kondisi terparahnya malware bisa memberikan kerusakan pada firmware sehingga menyebabkan HP mati total. Namun kondisi mati total yang disebabkan oleh malware atau sejenisnya ini hanya sebatas soft brick. HP biasanya mengalami booting yang berulang-ulang dan tidak bisa masuk ke menu HOME. Kondisi seperti ini bisa disebut juga dengan istilah Bootlop.

HP Oppo mati total dalam kondisi ini umumnya masih bisa diperbaiki sendiri tanpa harus membawanya ke tukang service. Karena yang bermasalah disini hanya di bagian sistem software, bukan bagian hardware-nya. Kamu cukup melakukan recovery atau flashing HP Oppo untuk mengatasinya.

2. Kesalahan atau Kegagalan saat Rooting

Kegiatan rooting HP android sering dilakukan oleh pengguna dengan tujuannya masing-masing. Melakukan root pada HP android akan membuat pengguna lebih bebas dalam penggunaan HP. Misalnya saja bisa menghapus aplikasi bawaan dan juga menginstall aplikasi tertentu yang perlu akses root untuk penggunaannya. HP android yang sudah di-root bisa juga kamu oprek bagian sistemnya, karena disini tingkatanmu sudah setara dengan developer.

Tapi ternyata tidak jarang pengguna yang mengalami kegagalan saat melakukan rooting HP. Mungkin saja karena proses rooting yang berhenti tiba-tiba akibat dari baterai HP yang habis. Selain kegagalan, kesalahan saat rooting juga bisa menjadi penyebab HP Oppo mati total. Namun umumnya kegagalan atau kesalahan seperti ini hanya menyebabkan HP mengalami soft brick. Kondisi seperti ini tentu masih bisa kamu atasi dengan cara recovery atau flashing HP.

3. Kesalahan atau Kegagalan Flashing

Penyebab HP Oppo tiba-tiba mati total berikutnya adalah karena terjadinya kegagalan atau kesalahan saat flashing HP. Alih-alih ingin memperbaiki HP tapi justru membuatnya mati total atau soft brick. Sama seperti penyebab di atas, kesalahan atau kegagalan proses flashing bisa dikarenakan HP yang baterainya habis. Atau bisa juga karena kabel datanya terputus dari PC atau laptop ketika proses flashing sedang berjalan.

Jika masalah ini kamu alami, cara mengatasinya sangat mudah. Kamu cukup melakukan langkah-langkah flashing dari awal lagi.

4. Terjadi Kerusakan pada Hardware

Selain karena masalah yang terjadi pada bagian software, kerusakan hardware juga bisa menjadi penyebab HP Oppo tiba-tiba mati total. Kondisi HP Oppo mati total karena kerusakan hardware ini bisa disebut juga dengan hard brick. Kerusakan mungkin terjadi pada bagian eMMC atau salah satu IC dari HP. Jika hal ini terjadi, kamu perlu membawanya ke service center untuk penggantian eMMC-nya.

Penutup

Itulah tadi beberapa penyebab HP Oppo tiba-tiba mati total dan cara mengatasinya. Penting sekali untuk mengetahui beberapa penyebabnya agar kamu lebih mudah dalam melakukan penanganan. Jangan lupa untuk meng-share artikel ini ke akun media sosial kamu agar juga bermanfaat untuk orang lain.