Penyebab HP Android Lemot

Penyebab HP Android Lemot HP menjadi lemot adalah hal menyebalkan, apalagi buat kita yang tidak sabaran. Masalah HP menjadi lemot adalah hal yang paling lumrah bagi pengguna HP. Jika kalian pengguna HP android dalam waktu yang sangat lama, mungkin kalau di perhatikan HP kamu kinerjanya menjadi lambat. Seiring dengan bertambahnya usia HP, maka performanya akan ikut menurun hal ini memang wajar terjadi. Faktor yang lainnya adalah tentang kebiasaan pengguna dalam menggunakan HP, karena sebagus apapun HP jika di gunakan asal-asalan pasti akan rusak juga nantinya. Jika tidak ingin mengalami kelemotan karena pada dasarnya HP lemot juga bisa di sebabkan oleh kebiasaan kita.

Penyebab HP Android Lemot

Dengan adanya HP sekarang di kehidupan sehari-hari memang sangat membantu kita melakukan aktivitas. Berbagai aktivitas yang kita lakukan seperti berkomunikasi, pekerjaan, hingga hiburan sudah ada di dalam HP semua. Ketika kita lagi melakukan aktivitas itu tiba-tiba HP menjadi lemot dan itu sangat menyebalkan, bisa menghambat aktivitas kita di HP. Di saat HP lemot kamu harus bersabar dan mencari tahu apa yang menyebabkan HP kamu menjadi lemot.

Baca Juga :

Seiring dengan perkembangan teknologi, HP selalu menambahkan fitur-fitur baru untuk mendukung aktivitas kita. Namun berjalannya waktu kecanggihan teknologi dengan banyaknya fitur itu bisa menurunkan kinerja performanya HP. Buat kalian yang mengalami ke lemotan di harapkan besabar dan mencari solusi untuk meningkatkan kinerja HP kalian lag, Jangan langsung membantingkan HP. Kalian dapat kenali dulu penyebab HP lemot, sehingga kamu bisa mengatasinya dengan tepat.

Penyebab HP Android Lemot

Mengenali penyebab HP lemot dapat membantu kalian dalam mempercepat kinerja HP lagi. Jangan sampai kalian mengambil tindakan yang malahan dapat merusak HP. Di artikel ini akan membahas beberapa hal yang bisa membuat HP menjadi lemot. Berikut 5 hal yang perlu kamu ketahui.

1. Memori Internal Penuh

Banyak sekali di antara kita pasti memiliki memori internal yang kepenuhan oleh foto dan vidio. Sering sekali ini di abaikan padahal Sistem operasi juga membutuhkan ruang pada memori internal supaya dapat berjalan dengan sangat optimal. Perlu di ketahui kecepatan memori internal akan sangat menurun karena banykanya file yang tersimpan di memori internal. Memori internal memang menjadi sumber masalah yang utama ketika HP android mengalami kelemotan, apalagi jika sudah bertahun-tahun di gunakan dan bahkan cache yang tidak terlihat. Oleh karena itu kamu selalu cek kapasitas penyimpanan internal kamu, kalo sudah mendekati penuh lebih baik hapus file yang tidak perlu.

Memori Internal Penuh

HP android keluaran terbaru sudah di lengkapi dengan pengaturan dan notifikasi, jadi akan mempermudah kamu untuk mencari dan menghapus data apa saja yang berkapasitas sangat besar. Jika HP kamu belum mempunyai opsi seperti itu, kamu isa memakai aplikasi pihak ketiga yang bisa di manfaatkan. Cara mengatasi yang lainnya yaitu dengan menjaga agar memori internal smartphone tidak cepat penuh, yaitu hapus aplikasi yang tidak berguna di HP. Dan kalian bisa memanfaatkan MicroSD untuk menambah kapasitas penyimpanan guna menyimpan foto dan vidio lainnya.

2. Data Cache Menumpuk

Buat kalian yang belum tau apa itu cache, cache ialah sebuah file yang memang di buat untuk menyimpan data sementara dalam HP kamu. File cache juga file temporer yang di gunakan oleh sebuah aplikasi selama aplikasi itu di jalankan. Bisa di sebut file cache itu seperti jejak pengguna dalam menggunakan sebuah program yang ada di HP. File cache dapat menyimpan seperti tindakan yang di lakukan termasuk melalukan backup otomatis dan aktifitas terakhir. Fungsi utama cache adalah untuk membantu mempercepat loading sebuah halaman situs data pada suatu aplikasi. File cache akan menumpuk terus dengan adanya jumlah aplikasi yang kamu unduh dan yang di gunakan.

Kapasitas memori pada aplikasi yang di jalankan akan semakin tinggi karena adanya data cache yang menumpuk ikut tersimpan. File cache yang menumpuk akan menurunkan kinerja HP android kita, jika semakin menumpuk akan menjadi salah satu penyebab HP menjadi lemot. Maka dari itu kita jangan sampai lupa untuk membersihkan cache yang menumpuk. Kamu bisa menggunakan aplikasi pembersih file cache yang ada di smartphone, seperti Phone manager. Jika cache sudah bersih HP kamu menjadi tidak lemot dan ruang penyimpanan akan menjadi longgar lagi.

3. Tidak Ada Memori Eksternal

Ternyata dengan kita tidak memiliki memori eksternal bisa menyebabkan HP menjadi lemot. Hal ini di karenakan setiap penyimpanan akan di tunjukan ke satu tempat saja yaitu memori internal. Sehingga memori internal menjadi penuh dan membuat kinerja HP semakin menurun yang menyebabkan lemot. Jika memori internal penuh oleh beberapa aplikasi dan data-data, maka di perlukan memori eksternal yang bisa membagi tempat penyimpanan HP kamu. Jika kamu sudah memiliki memori eksternal, kamu langsung bisa membagi penyimpanan aplikasi atau bahkan data-data ke memori eksternal. Seperti yang kita ketahui foto atau vidio dan data-data lainnya biasanya sangat memakan ruang memori.

Cara Mengatasi Memori Card Tidak Terbaca
CTidak Ada Memori Eksternal

Tetapi kamu juga harus memperhatikan kualitas dari memori eksternal itu apakah baik atau bahkan buruk. Karena kualitas memori eksternal sangat membantu dalam menyimpan data yang lebih banyak lagi. Dan jika kamu memilih kartu memori yang kualitas buruk maka bisa membuat HP kamu menjadi lemot akibat kecepatan baca dan tulis yang tidak seimbang dengan komponen lainnya. Solusi ini bisa memuat kamu mengganti dan memilih memori eksternal dengan kualitas yang baik dan bisa membuat HP menjadi tidak lemot lagi. Contohnya kamu bisa memilih memori eksternal class 10. Selanjutnya kamu bisa mengganti pengaturan penyimpanan file ke memori eksternal itu langsung, misal pengaturan penyimpanan foto kamera maka akan otomatis tersimpan di memori eksternal.

4. RAM Penuh

Fungsi RAM sebagai tempat penyimpanan data, aplikasi yang masih aktif di ponsel, biasanya RAM di gunakan untuk menyimpan data primer atau sebagai memori utama. Jadi wajar kalau RAM yang kepenuhan bisa menyebabkan HP menjadi tidak berjalan stabil atau lemot. RAM penuh bisa di sebabkan oleh beebrapa hala, salah satunya malware yang ada ketika kamu menginstal aplikasi. Bahkan ada beberapa kejadian kalau malware tidak akan ikut terhapus ketika kita menghapus aplikasinya. Kapasitas RAM sangat berpengaruh besar pada tingkat kecepatan proses di perangkat itu ketika RAM penuh HP kamu bisa menjadi lebih lemot.

Memori RAM penuh memang menjadi hal yang sering kali di alami oleh banyak sekali orang. Sebelum kinerja HP kamu semakin lemot dan selalu muncul peringatan mengenai pengosongan memori, sebaiknya kamu melakukan pembersihan. Banyak orang melakukan dengan cara memilih alternatif untuk memakai micro SD dalam hal ini. Namun perlu kamu tahu ada upaya yang dapat kamu hindari supaya RAM tidak penuh salah satunya membersihkan cache. Pada zaman sekarang sudah terdapat aplikasi pembersih yang bisa kamu gunakan untuk menghapus cache, dan kamu bisa melakukannya secara berkala.

5. Aplikasi background

Nah penyebab terakhir ini sering di sepelekan padahal ini juga bisa menyebabkan HP kita menjadi lemot. Pengguna android sering sekali mendownload aplikasi background untuk mempercantik HP, padahal itu sangat mengganggu kinerja HP. Aplikasi background juga di gunakan sekali-sekali, sehingga aplikasi ini di biarkan menumpuk dan ada juga yang berjalan di latar belakang. Kita tahu smartphone memiliki sumber RAM, CPU yang terbatas, kamu harus pintar dalam menyimpan aplikasi yang perlu di simpan. Jika kamu ingin meningkatkan kerja HP, kamu bisa mensederhanakan tampilan layarnya kamu bisa memakai background bawaan HP.

Penutup

Itulah beberapa penyebab HP android kita bisa menjadi lemot. Bisa menambah pengetahuan kamu, beberapa penyabab HP menjadi lemot yang sering di abaikan. Jangan lupa kamu share artikel ini di sosial media dan sampai jumpa.

Jimi Mandara
Hello people 🙂 Perkenalkan nama saya Mandara, dan hobi saya bermain game PC.. Saya lebih memilih untuk mencari pundi uang dari menulis artikel ya, ketimbang menjadi seorang streaming maupun youtuber 🙂 this is my passion. Thank you for visiting Bukandroid.com and, jangan lupa share artikel kita di atas agar bermanfaat juga untuk sahabat kamu. ^_^

Konten Terbaru

Cara Download WhatsApp Aero Versi Terbaru

Download WhatsApp Aero - Hampir semua pengguna smartphone pasti mengenal yang namanya WhatsApp. Aplikasi chatting online yang masih satu keluarga dengan Facebook...

Kumpulan Kode Rahasia HP Samsung Jarang Diketahui

Kode Rahasia HP Samsung - Samsung merupakan salah satu brand smartphone yang namanya sudah sangat dikenal di kancah dunia. Bahkan hingga saat...

Cara Daftar IMEI di Kemenprin untuk HP Belum Terdaftar

Cara Daftar IMEI - Untuk menekan maraknya peredaran HP ilegal atau Black Market, pemerintah melakukan pemblokiran besar-besaran terhadap HP yang tidak terdaftar....

Cara Dapat Kuota Gratis 3 (Tri) Terbaru 2020

Cara Dapat Kuota Gratis 3 - Provider 3 sekarang ini semakin melebarkan sayapnya dengan menghadirkan berbagai layanan paket dengan harga terjangkau. Hal...

Related news

Cara Download WhatsApp Aero Versi Terbaru

Download WhatsApp Aero - Hampir semua pengguna smartphone pasti mengenal yang namanya WhatsApp. Aplikasi chatting online yang masih satu keluarga dengan Facebook...

Kumpulan Kode Rahasia HP Samsung Jarang Diketahui

Kode Rahasia HP Samsung - Samsung merupakan salah satu brand smartphone yang namanya sudah sangat dikenal di kancah dunia. Bahkan hingga saat...

Cara Daftar IMEI di Kemenprin untuk HP Belum Terdaftar

Cara Daftar IMEI - Untuk menekan maraknya peredaran HP ilegal atau Black Market, pemerintah melakukan pemblokiran besar-besaran terhadap HP yang tidak terdaftar....

Cara Dapat Kuota Gratis 3 (Tri) Terbaru 2020

Cara Dapat Kuota Gratis 3 - Provider 3 sekarang ini semakin melebarkan sayapnya dengan menghadirkan berbagai layanan paket dengan harga terjangkau. Hal...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini