Penyebab dan Cara Mengatasi Bluetooth Yang Menyala Sendiri

47
Penyebab dan Cara Mengatasi Bluetooth Yang Menyala Sendiri
Penyebab dan Cara Mengatasi Bluetooth Yang Menyala Sendiri

Penyebab dan Cara Mengatasi Bluetooth Yang Menyala Sendiri – Perangkat lunak Bluetooth sekarang ini memang menjadi salah satu fitur yang bisa di angap kuno lah ya. Namun, walaupun seperti itu Bluetooth kini masih sering di pergunakan oleh para pengguna smartphone baik itu Android ataupun iPhone. Wajar saja apabila Bluetooth masih sering di gunakan banyak orang, karena terkenal dengan keunggulannya dari segi keamanan, akses yang mudah dan juga tidak membutuhkan suatu jaringan khusus seperti internet.

Penyebab dan Cara Mengatasi Bluetooth Yang Menyala Sendiri

Melalui teknologi ini sendiri juga di jaman sekarang selain bisa di pergunakan dalam mentransfer file, dengan Bluetooth kita juga bisa memainkan sebuah lagu yang di putar melalui speaker ataupun headset Bluetooth yang tidak lagi menggunakan sistem kabel. Selain itu juga pada game multiplayer di dalam Android kini tak jarang menggunakan media Bluetooth sebagai penghubung jaringan antar smarthpone, sehingga dapat terkoneksi satu sama lain tanpa mengeluarkan kuota internet.

Baca Juga:

Namun sayang, dalam penggunaan perangkat lunak ini tak jarang para pengguna mengalami masalah dalam pemakaiannya. Yaitu koneksi Bluetooth yang tiba-tiba hidup sendiri dan terus menerus tanpa di ketahui penyebab pastinya. Walaupun bisa di bilang mempunyai tingkat resiko yang tidak terlalu tinggi, nampaknya masalah ini akan menjadi sangat serius ketika sudah menimbulkan permasalahan yang lebih serius seperti daya baterai menjadi lebih cepat berkurang. Permasalahan Bluetooth yang suka menyala sendiri ini tentunya dapat timbul di karenakan oleh sejumlah penyebab yang mana para pengguna satu dengan lain bisa saja penyebabnya tidak sama.

Penyebab dan Cara Mengatasi Bluetooth Yang Menyala Sendiri

Sebelum membahas cara mengatasinya pertama-tama kita harus mengetahui apa penyebab sehingga Bluetooth tersebut menyala sendiri di smartphone kita. Tentunya, setelah mengetahui apa penyebabnya maka kita akan tahu mana solusi yang tepat dalam mengatasi permasalahan tersebut.

Penyebab Bluetooth Yang Menyala Sendiri

Meski sudah berulang kali di matikan, tak jarang Bluetooth akan hidup sendiri tanpa kita sadari. Yang mana akan berdampak buruk pada daya baterai yang menjadi cepat berkurang. Terdapat beberapa hal yang menyebabkan Bluetooth ini menyala sendiri yang perlu kalian ketahui.

  1. Terdapat pengaturan pada GPS yang mengaktifkan Bluetooth secara otomatis. Yaitu menerapkan opsi pemindaian lokasi berdasarkan Access Point atau titik Bluetooth terdekat.
  2. Terdapat kesalahan pada setelan konektivitas.
  3. Jumlah data yang tersimpan pada perangkat lunak Bluetooth sudah sangat menumpuk.
  4. System Android yang belum di perbaharui sehingga versi perangkat lunak Bluetooth usang dan sering terjadi error atau terdapat bug pada sistem operasinya.
  5. System Android yang sedang mengalami multifungsi.
  6. Terdapat sebuah aplikasi yang mengharuskan Bluetooth untuk terus menyala.

Cara Mengatasi Bluetooth Yang Menyala Sendiri

Setelah mengetahui beberapa penyebab atau kemungkinan yang dapat menimbulkan permasalahan ini. Maka saatnya sekarang untuk kita mengetahui beberapa cara jitu untuk mengatasi Bluetooth yang suka menyala sendiri.

1. Menonaktifkan Bluetooth Scanning

Tak jarang pada smartphone canggih jaman sekarang ini sudah menerapkan opsi pemindaian lokasi yang melalui Access Point atau berdasarkan Bluetooth terdekat. Sehingga untuk bisa mendapatkan informasi mengenai lokasi secara akurat, sejumlah smartphone kini menyediakan Bluetooth Scanning yang membuat Bluetooth secara otomatis hidup.

Nah di bawah ini ada beberapa langkah yang dapat kamu gunakan dalam menonaktifkan fitur Bluetooth Scanning tersebut:

  1. Pergi ke menu Settings pada smartphone kamu.
  2. Kemudian pilih opsi Connections.
  3. Selanjutnya tekan opsi Location.
  4. Jika sudah di laman Location tadi kita klik menu Improve Accuracy.
  5. Ok selanjutnya kita tinggal klik tombol Bluetooth Scanning untuk menonaktifkan fitur tersebut.

2. Mereset Pengaturan Konektivitas

Penyebab yang kedua yaitu kemungkinan Bluetooth bisa menyala sendiri yaitu di sebabkan karena terdapatnya kesalahan pada setelan konektivitas. Tapi tenang, untuk memperbaiki permasalahan ini kita sebagai pengguna dapat mengeceknya melalui opsi network settings. Adapun beberapa langkah yang bisa kalian lakukan yaitu sebagai berikut:

  1. Langkah pertama sobat perlu pergi ke menu Settings pada smartphone.
  2. Kemudian tinggal gulir ke bagian bawah dan klik menu General Management atau System.
  3. Kalau sudah masuk ke menu tadi maka klik opsi Reset atau Reset Options.
  4. Selanjutnya tekan Reset Network Settings.
  5. Dan tekan tombol Reset Settings.

3. Menghapus Data dan Chache Bluetooth

Seperti yang sudah kita bahas pada penyebab dari permasalahan ini tadi di atas, bahwa terdapat kemungkin penyebabnya yaitu di karenakan jumlah data atau sampah cache pada Bluetooth sudah menumpuk. Sehingga dapat menyebabkan Bluetooth menyala sendiri tanpa kita ketahui. Tapi tenang, untuk menyelesaikannya cukup mudah. Mari simak langkah-langkahnya berikut ini:

  1. Pertama-tama sobat pergi ke menu Settings pada smartphone.
  2. Kemudian gulir sedikit ke bagian bawah dan tekan opsi Apps atau Apps Management.
  3. Selanjutnya tekan More Options atau Pengaturan Lainnya.
  4. Di sini kita klik opsi Show System Apps dan pilih Bluetooth.
  5. Jika sudah kita tekan opsi Storage.
  6. Lalu di sinilah kita akan membersihkan data dan cache dengan cara klik tombol Clear Data dan Clear Cache.

4. Perbaharui System Perangkat Lunak

Semua aktivitas pada sebuah perangkat lunak tentunya tidak terlepas dari system operasi itu sendiri. Karena kalau terjadi permasalahan seperti timbulnya bug dalam pengembangannya, sejumlah permasalahan lainnya pun akan muncul. Memperbarui sebuah sistem operasi tentunya di perlukan untuk bisa menyelesaikan permasalahan tersebut. Maka dari itu penting untuk melakukan update Android secara berkala apabila terdapat notifikasi update nya. Karena, selain dapat menyebabkan Bluetooth bisa menyala sendiri akan timbul permasalahan lainnya di kemudian hari.

5. Menonaktifkan Aplikasi Pihak Ketiga

Berbagai aplikasi berbagi file seperti Share-it perlu kalian perhatikan dalam penggunaannya. Yang mana Share-it dalam penggunaannya juga menggunakan jaringan Bluetooth. Maka, apabila pada smartphone kalian terdapat aplikasi Share-it wajib untuk mengecek apakah aplikasi tersebut fitur Bluetooth nya sedang dalam keadaan menyala.

Penutup

Baiklah mungkin itu dia dari beberap tips yang dapat saya bagikan kali ini pada kalian semua. Jangan lupa untuk share artikel kita ke media sosial kalian ya.

Artikel SebelumnyaPenyebab dan Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Mengunduh File
Artikel SelanjutnyaCara Mengatasi Error Code 5 Pada Aplikasi Zoom
Hello people :) Perkenalkan nama saya Jimi, dan hobi saya bermain game PC.. Saya lebih memilih untuk mencari pundi uang dari menulis artikel ya, ketimbang menjadi seorang streaming maupun youtuber :) this is my passion. Thank you for visiting Bukandroid.com and, jangan lupa share artikel kita di atas agar bermanfaat juga untuk sahabat kamu. ^_^

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini