7 Penyebab Baterai HP Kembung yang Harus Kamu Tahu

Penyebab Baterai HP Kembung – Baterai menjadi salah satu komponen paling penting pada sebuah perangkat HP. Baterai sendiri berfungsi sebagai pemasok daya bagi komponen HP lain agar bisa menyala dan digunakan seperti biasanya. Jika baterai HP mengalami masalah, sudah pasti HP tidak bisa digunakan sebagaimana mestinya. Ada banyak masalah yang bisa terjadi pada baterai HP, salah satunya adalah baterai HP kembung atau mengandung.

Penyebab Baterai HP Kembung
Penyebab Baterai HP Kembung

Kondisi seperti ini adalah yang paling sering dialami oleh banyak pengguna. Umumnya masalah HP kembung ini sering terjadi pada HP dengan baterai lepas atau removable. Meski begitu, tidak jarang juga jenis baterai HP tanam juga mengalami kondisi seperti ini. Ketika baterai HP mengalami kembung, beberapa gejala akan ditimbulkan. Mulai dari daya baterai yang cepat habis hingga baterai tidak bisa digunakan sama sekali meski sudah dicas dalam waktu cukup lama.

Baca Juga:

Jika sudah seperti ini, satu-satunya jalan yang bisa kamu lakukan adalah mengganti baterai HP dengan yang baru. Menurut beberapa orang mungkin baterai HP kembung masih bisa di atasi, misalnya dengan menaruhnya dalam kulkas. Kalaupun itu benar, mungkin baterai tidak akan bertahan lama dan akan mengembung kembali. Lain dari itu, penyebab baterai HP kembung ini sendiri cukup beragam. Bisa karena umur baterai atau juga karena keteledoran si pengguna. Bertikut ini adalah beberapa penyebab baterai HP android kembung paling umum selengkapnya!

Penyebab Baterai HP Kembung yang Paling Umum Terjadi

Penyebab Baterai HP Android Kembung
Penyebab Baterai HP Android Kembung

Sebelum lanjut ke pembahasan penyebab baterai HP kembung, perlu kamu tahu terlebih dahulu apa saja dampak yang ditimbulkan dari baterai kembung tersebut. Gejala yang bisa terjadi jika baterai HP mengembung antara lain, daya baterai cepat habis alias sering nge-drop, mengharuskan pengguna mengecas terlalu sering, HP lemot bahkan sering hang, dan yang paling parah adalah HP bisa saja meledak.

Karena itulah, sebaiknya lakukan penggantian baterai HP jika memang sudah mengalami pengembungan. Atau sebelum terjadi baterai kembung, lakukan pencegahan lebih dini dengan cara mengetahui penyebabnya. Adapun faktor yang menyebabkan baterai HP kembung, antara lain:

1. Kebiasaan Memainkan HP saat Dicas

Salah satu penyebab baterai HP kembung yang pertama adalah kebiasaan pengguna yang terus memainkan HP walaupun dalam keadaan dicas. Ketika dicas, HP akan menerima aliran listrik dari charger. Sementara ketika HP digunakan yang terjadi adalah sebaliknya, yakni aliran listrik akan dikeluarkan. Ketika kedua aktivitas tersebut dilakukan secara bersamaan, ini akan mengakibatkan aliran listrik terus keluar dan masuk. Alhasil, yang terjadi selanjutnya adalah baterai menggelembung.

Efeknya memang tidak terjadi secara langsung, tetapi jika kamu melakukan kebiasaan ini secara terus-menerus tentunya akan semakin mempercepat baterai rusak alias mengembung. Jika memang sedang dicas, sebaiknya non-aktifkan HP android hingga baterai penuh 100%.

2. Memainkan HP Terlalu Lama

HP android dilengkapi dengan beragam fitur canggih di dalamnya. Selain itu, disediakan pula banyak sekali aplikasi dan game yang membantu memudahkan aktivitas harian pengguna serta sebagai sarana hiburan terbaik. Misalnya saja bermain game, kamu bisa menemukan banyak sekali game seru yang bisa dimainkan secara gratis. Hal ini lantas membuat pengguna ketagihan dan ingin terus memainkan HP android.

Memainkan HP dalam waktu yang lama akan membuat suhunya meningkat. Suhu panas yang ditimbulkan tersebut akan berdampak negatif terhadap kondisi baterai. Jika hal ini dilakukan secara terus-menerus, yang ada baterai HP akan mengembung. Apalagi memainkan HP sampai baterai habis alias ngedrop, tentu ini akan memperparah kondisi baterai.

3. Mengecas HP dalam Waktu Lama

Tidak hanya menggunakan HP dalam waktu lama, membiarkan HP dalam keadaan dicas hingga waktu yang lama juga tidak baik untuk kesehatan baterai. Jika baterai sudah terisi penuh 100%, sebaiknya kamu langsung cabut kabel chargernya. Kalau ada yang bilang HP yang dicas dalam waktu lama bisa membuat baterai tahan lama, tentu pernyataan tesebut salah besar.

Membiarkan HP tetap mengecas meskipun sudah penuh 100% hanya akan membuatnya kembung. Kebiasaan ini juga bisa menyebabkan kebocoran pada cell baterai sehingga membuat rusak atau bahkan meledak.

4. Baterai Tidak Original

Baterai yang merupakan bawaan dari pabrik biasanya memiliki kualitas bagus. Kalaupun rusak, mungkin akan membutuhkan waktu lama untuk kondisi tersebut. berbeda dengan baterai non-original alias palsu, kerusakan pada cell di dalam baterai bisa terjadi bahkan saat baru pertama kali membelinya.

Untuk itu, pastikan kamu membeli HP original agar masalah seperti ini tidak kamu alami. Membeli HP langsung di tokonya akan meminimalisir kamu mendapatkan HP palsu alias KW.

5. Penggunaan Charger Non-Original

Tidak jarang para pengguna mengabaikan penggunaan charger saat ini mengecas HP androidnya. Padahal, mengecas HP dengan charger dari brand lain akan membuat kondisi kesehatan baterai HP menjadi terganggu. Dan jika ini dilakukan secara terus-menerus maka akan mengabaikan baterai HP kembung atau bahkan rusak.

Hal ini dikarenakan setiap brand sudah melakukan perhitungan yang tepat untuk chager dan baterai HP-nya. Aliran listrik yang diberikan oleh charger original sudah pasti sesuai dengan kapasitas standar aliran listrik yang diterima oleh baterai. Jika menggunakan charger lain, pastinya aliran listrik yang diterima tidaklah sesuai, bisa lebih rendah atau bahkan lebih tinggi.

6. Penggunaan Kabel USB Non-Original

Tidak hanya kepala charger saja, penggunaan kabel USB palsu alias bukan bawaan HP juga bisa menjadi penyebab baterai HP kembung. Sama kasusnya seperti di atas, aliran listrik yang diterima oleh baterai HP bisa saja tidak sesuai dengan kapasitas standarnya. Karena itulah, jika dibiarkan terus-menerus tentu akan membuat baterai bermasalah, misalnya terjadi pengembungan seperti yang sudah disebutkan.

7. Diakibatkan oleh Usia Baterai

Semua perangkat teknologi punya masanya masing-masing, sama seperti baterai HP. Jika sudah sampai pada masanya, baterai tidak akan lagi bisa digunakan secara maksimal seperti saat baru pertama kali membelinya. Penggunaan yang sudah cukup lama tidak menutup kemungkinan membuat baterai HP menjadi kembung atau bahkan tidak bisa digunakan sama sekali.

Penutup

Itulah tadi beberapa penyebab baterai HP kembung yang harus kamu tahu. Mengetahui beberapa penyebabnya, tentu akan mempermudah kamu untuk melakukan pencegahan agar baterai HP tidak kembung. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu ya?