7 Cara Mengatasi Papan Keyboard Samsung Tidak Muncul

Papan Keyboard Samsung Tidak Muncul – HP Samsung banyak dipilih salah satunya karena dibekali dengan spesifikasi mumpuni sehingga menghasilkan kualitas performa yang mantap. Namun, kebanyakan HP dari Samsung ini dijual dengan harga lumayan mahal, meskipun ada juga beberapa seri HP yang ditawarkan dengan harga terjangkau. Untuk kualitas tentunya tidak perlu diragukan lagi, HP Samsung terkenal dengan keawetan dan ketangguhannya saat digunakan. Berbagai aktivitas berat bahkan bisa dilibas dengan mudah oleh smartphone Samsung.

Papan Keyboard Samsung Tidak Muncul
Papan Keyboard Samsung Tidak Muncul

Samsung dibekali dengan beragam fitur canggih di dalamnya yang akan semakin memanjakan pengguna dan membuat mereka puas. Hal inilah yang semakin menarik minat pengguna untuk lebih memilih HP dari Samsung dibandingkan HP dari brand lainnya. Meski demikian, bukan berarti HP dari brand Samsung ini tidak mengalami error sama sekali dalam penggunaannya. Terkadang ada saja masalah error yang terjadi pada HP Samsung, baik error pada sistem ataupun pada komponen hardwarenya. Salah satunya adalah error pada papan keyboard Samsung yang tidak mau muncul.

Baca Juga:

Papan keyboard yang tidak muncul di layar ini tentunya akan membuat pengguna tidak bisa mengetik apa pun. Baik itu saat chattingan, mengakses internet, bersosial media, main game atau yang lainnya. Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab papan keyboard Samsung tidak muncul tersebut, dan cara mengatasinya pun sebenarnya cukup mudah. Bagi kamu yang belum tahu, berikut ini cara mengatasi keyboard tidak muncul di HP Samsung selengkapnya. Simak ulasannya di bawah ini!

Penyebab Papan Keyboard Samsung Tidak Mau Muncul

Sebelum membahas cara untuk mengatasi masalah keyboard tidak muncul tersebut, sebaiknya kamu ketahui apa saja faktor yang bisa menjadi penyebab. Hal ini nantinya akan mempermudah kamu dalam melakukan perbaikan. Adapun beberapa penyebab papan keyboard tidak muncul di HP Samsung selengkapnya, sebagai berikut:

  1. HP Overheat. Suhu HP yang terlalu tinggi bisa menyebabkan sistemnya menjadi error dan tidak bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Termasuk juga saat pengguna ingin membuka papan ketik atau keyboard, justru HP tidak bisa memunculkannya.
  2. HP mengalami hang atau macet. Mungkin saja di HP Samsung terlalu banyak aplikasi yang dijalankan sehingga membuatnya hang. Atau lebih parahnya lagi HP mengalami overheat yang akan semakin memperparah kondisinya.
  3. Aplikasi keyboard Samsung bermasalah. Penyebab lainnya yakni karena adanya masalah error pada keyboard itu sendiri. Bisa jadi karena terlalu banyak file cache yang disimpan, data corrupt, atau hal lainnya.
  4. Bug pada Sistem Android Samsung. Dan penyebab yang terakhir yakni karena adanya masalah error atau bug pada sistem android itu sendiri.

Cara Mengatasi Papan Keyboard Samsung Tidak Muncul

Mengatasi Keyboard Samsung Tidak Muncul
Mengatasi Keyboard Samsung Tidak Muncul

Sekarang lanjut ke cara untuk memperbaiki masalah keyboard Samsung yang tidak muncul. Cara mengatasinya terbilang sangat mudah, bahkan ini bisa dilakukan oleh kamu yang masih awam. Adapun cara mengatasi papan keyboard Samsung tidak muncul selengkapnya, sebagai berikut:

1. Matikan atau Restart HP Samsung

Cara yang paling mudah untuk mengatasi keyboard tidak muncul di Samsung yakni dengan melakukan restart. Cara ini akan memulai ulang HP sehingga akan mengatasi berbagai masalah error di dalamnya, termasuk tidak bisa menampilkan papan ketik atau keyboard.

Selain melakukan restart, kamu juga bisa mematikan daya HP dan mengistirahatkannya beberapa waktu. Cara ini bisa dilakukan jika suhu panas pada HP terlalu tinggi dan biarkan hingga dingin kembali.

2. Menghapus Cache Keyboard Samsung

Alternatif kedua untuk mengatasi papan ketik Samsung tidak muncul yakni dengan melakukan penghapusan file cache. Cara ini juga diklaim ampuh untuk mengatasi masalah error tersebut. Untuk melakukan penghapusan file cache keyboard Samsung tersebut, yakni:

  • Pertama buka menu Pengaturan di HP Samsung.
  • Kemudian masuk ke opsi Aplikasi.
  • Cari aplikasi Keyboard Samsung, dan klik untuk masuk ke pengaturannya.
  • Selanjutnya kamu masuk ke opsi Penyimpanan.
  • Dan terakhir klik tombol Hapus Cache atau Hapus Memori.
  • Selesai.

3. Reset Keyboard ke Pengaturan Default

Mungkin saja kamu telah melakukan modifikasi atau mengubah pengaturan default pada keyboard Samsung. Sehingga hal ini membuatnya malah mengalami error dan tidak mau muncul di layar. Untuk mengatasinya, kamu perlu melakukan reset pada keyboard Samsung tersebut agar kembali ke pengaturan default. Untuk cara melakukannya sendiri, yakni:

  • Pertama kamu buka menu Pengaturan di HP Samsung.
  • Kemudian masuk ke opsi Manajemen Umum.
  • Selanjutnya kamu klik pada opsi Pengaturan Keyboard Samsung.
  • Scroll ke bawah, lalu pilih opsi Reset ke Pengaturan Default.
  • Dan terakhir klik Reset Pengaturan Keyboard.
  • Selesai.

4. Paksa Berhenti dan Hapus Data Keyboard Samsung

Jika cara di atas masih belum bisa mengatasi keyboard Samsung yang tidak bisa muncul, maka kamu bisa melakukan cara ini. Kamu perlu melakukan paksa berhenti pada aplikasi keuboard Samsung sehingga ia tidak akan berjalan di latar belakang. Selanjutnya melakukan penghapusan data sehingga semua pengaturan pada keyboard Samsung akan direset.

Untuk langkah-langkah melakukan paksa berhenti dan penghapusan data keyboard Samsung selengkapnya, yakni:

  • Pertama kamu buka menu Pengaturan di HP Samsung.
  • Kemudian masuk ke opsi Aplikasi.
  • Cari dan pilih aplikasi Keyboard Samsung.
  • Kemudian klik tombol Paksa Berhenti atau Force Close yang ada di bawah tampilan.
  • Selanjutnya masuk ke opsi Penyimpanan.
  • Dan terakhir klik tombol Hapus Data.
  • Selesai.

5. Update Keyboard Samsung ke Versi Terbaru

Keyboard Samsung merupakan aplikasi bawaan dari Samsung yang dikelola sendiri olehnya. Samsung terbilang cukup rajin untuk memberikan update versi terbaru untuk semua aplikasi bawaannya, termasuk keyboard. Sebaiknya kamu selalu rutin melakukan update keyboard agar terus bisa digunakan tanpa adanya error. Salah satunya keyboard Samsung yang tidak muncul saat ingin mengetik sesuatu.

Untuk melakukan update keyboard Samsung tersebut sangat mudah, yakni:

  • Pertama buka menu Pengaturan di HP Samsung.
  • Kemudian masuk ke opsi Manajemen Umum.
  • Selanjutnya pilih opsi Pengaturan Keyboard Samsung.
  • Scroll ke bawah, lalu pilih opsi Tentang Keyboard Samsung.
  • Di sana akan ditampilkan versi keyboard Samsung yang kamu gunakan saat ini. Jika memang ada versi terbaru yang tersedia, maka kamu bisa lakukan Update.
  • Selesai.

6. Gunakan Aplikasi Keyboard Lain

Jika memang masalah papan ketik Samsung tidak muncul tersebut tetap saja tidak bisa diatasi, maka alternatif terbaik bisa kamu lakukan yakni dengan menginstall aplikasi keyboard lain. Di Google Playstore ada banyak sekali pilihan aplikasi keyboard gratis yang bisa kamu gunakan.

Beberapa aplikasi keyboard gratis untuk android yang bisa kamu gunakan, di antarnya:

7. Reset HP Samsung

Dan cara yang terakhir untuk mengatasi papan keyboard yang tidak muncul di Samsung yakni dengan melakukan factory reset. Melakukan cara ini diklaim bisa mengatasi berbagai masalah error yang terjadi di HP android, khususnya HP Samsung. Termasuk juga masalah yang terjadi pada keyboardnya yang tidak muncul ini. Bisa jadi masalah tersebut terjadi karena sistem android yang mengalami bug atau error.

Untuk melakukan reset HP Samsung caranya sangat mudah, berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama buka menu Pengaturan di HP Samsung.
  • Kemudian masuk ke opsi Manajemen Umum.
  • Selanjutnya klik pada opsi Reset.
  • Dan terakhir klik opsi Reset Data Pabrik.
  • Selesai.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mengatasi papan keyboard Samsung tidak muncul yang paling ampuh dan mudah bisa kamu terapkan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Abdul Wafihttps://www.bukandroid.com
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Konten Terbaru

Related news

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini