Cara Mengatasi Mode Headset Tidak Bisa Hilang di HP Android

25
Mode Headset Tidak Bisa Hilang
Mode Headset Tidak Bisa Hilang

Mode Headset Tidak Bisa Hilang – Mendengarkan musik bisa melalui banyak jenis perangkat sekarang ini. Salah satunya adalah dengan menggunakan perangkat smartphone android. Perangkat elektronik canggih satu ini memang multifungsi, membuatnya diminati oleh banyak orang. Selain itu, di dalamnya juga disediakan banyak sekali fitur canggih yang dapat membantu berbagai aktivitas harian pengguna. Ditambah lagi dengan banyaknya jenis aplikasi yang disediakan, semakin memperluas fungsi dari HP android tersebut. Aplikasi android sendiri bisa ditemukan dan didownload melalui Google Play Store yang memang merupakan gudangnya aplikasi android.

Mode Headset Tidak Bisa Hilang
Mode Headset Tidak Bisa Hilang

Kembali ke musik, di HP android sudah dibekali dengan fitur pemutar musik bawaan, sehingga kita tidak perlu memasang aplikasi tambahan lagi di dalamnya. Namun, terkadang kita kurang puas dengan fitur yang disediakan di dalam aplikasi pemutar musik bawaan di HP android. Demi mendapatkan fitur yang lebih lengkap untuk memaksimalkan aktivitas bermusik, kita bisa mencari aplikasi pemutar musik tambahan di Google Play Store. Ada banyak pilihan aplikasi untuk memutar musik di sana, dan yang pasti hampir semua aplikasi gratis untuk digunakan. Meskipun pada beberapa aplikasi menyediakan fitur premium di dalamnya yang hanya bisa diakses oleh pengguna berbayar saja. Fitur tambahan tersebut biasanya berguna untuk semakin memuaskan kita saat mendengarkan musik di HP android.

Baca Juga:

Bagi beberapa orang, bermusik ria kurang lengkap jika tidak menggunakan headset atau earphone. Kita bisa memasangkan perangkat tambahan tersebut pada HP untuk membuat aktivitas bermusik semakin nyaman dan puas. Baik headset atau earphone dengan sambungan kabel maupun wireless, saat terhubung dengan HP maka akan muncul tanda headset di bagian atas layar. Sementara saat diputuskan sambungannya, maka secara otoamtis tanda tersebut akan hilang. Akan tetapi, ada kondisi di mana mode headset di HP tersebut tidak hilang meskipun kedua perangkat sudah terputus. Lantas, bagaimana cara mengatasi mode headset tidak bisa hilang di HP android tersebut? Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

Cara Mengatasi Mode Headset Tidak Bisa Hilang di HP Android

Cara Mengatasi Mode Headset Tidak Bisa Hilang
Cara Mengatasi Mode Headset Tidak Bisa Hilang

Mendengarkan musik lewat headset atau earphone memang diklaim lebih memuaskan dibandingkan tanpa penggunaan alat tersebut. Ditambah lagi pada sebagian besar HP keluaran baru dibekali dengan fitur Audio yang dapat dimaksimalkan saat HP terhubung dengan headset atau earphone.

Akan tetapi, masalah muncul saat menggunakan headset di HP android tersebut, di mana tanda headset di HP tidak mau hilang sehingga mengganggu kenyamanan kita. Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan kondisi tersebut. Apa pun penyebabnya, yang paling penting di sini adalah bagaimana cara menghilangkan mode headset yang tidak bisa hilang di android tersebut. Untuk langkah-langkah mengatasinya, sebagai berikut:

1. Lakukan Restart HP Android

Langkah yang pertama bisa kamu lakukan yakni dengan melakukan restart HP android. Tekan dan tahan tombol Power atau Daya di HP android, kemudian pilih Restart atau Mulai Ulang.

Setelah HP berhasil direstart, biasanya mode headset akan secara otomatis hilang dari notification bar HP. Ini terjadi mungkin dikarenakan adanya bug atau error pada HP sehingga tidak dapat merespon aktivitas yang dilakukan setelah penggunaan headset atau earphone.

2. Matikan HP Beberapa Saat

Selain dengan cara restart, kamu juga bisa mencoba untuk mematikan HP android dan membiarkannya selama beberapa saat. Tekan dan tahan tombol Power atau Daya pada HP, kemudian pilih Matikan Daya atau Power Off.

Jika memungkinkan, kamu juga dapat melepas beberapa komponen eksternal pada HP, seperti SIM Card, MicroSD, dan juga baterai. Diamkan HP selama kurang lebih setengah jam, kemudian hidupkan kembali. Biasa mode headset pada HP android akan secara otomatis hilang.

3. Pasang dan Lepas Lagi Headset atau Earphone

Mungkin saja HP tidak dapat memberikan respon saat kita mencabut headset atau earphone, sehingga sistem mengira perangkat tersebut masih terpasang di HP. Untuk mengatasi masalah ini, cobalah untuk memasang lagi headset ke HP dan gunakan untuk memutar musik selama beberapa saat.

Selanjutnya cabut lagi konektor headset atau earphone dari HP. Biasanya tanda headset yang muncul di bagian atas layar HP akan secara otomatis hilang.

4. Membersihkan Kotoran pada Port Headset

Kemungkinan pada bagian port headset di HP terdapat debu atau kotoran yang menempel, sehingga sistem mengira headset tetap terpasang. Debu dan kotoran ini memang kerap kali masuk ke lubang port di HP, termasuk pada port headset.

Cobalah untuk membersihkan lubang port headset di HP tersebut menggunakan tusuk gigi, cottonbud atau benda semacamnya. Lakukan secara perlahan agar tidak merusak bagian dalam port tersebut.

5. Hapus Cache dan Data Bluetooth

Cara ini bisa dilakukan jika masalah mode headset tidak bisa hilang di HP terjadi saat menggunakan headset bluetooth. Bisa jadi karena fitur bluetooth di HP yang mengalami error sehingga membuat headset tetap terhubung meskipun sudah diputus.

Untuk mengatasinya, cobalah untuk mematikan fitur Bluetooth terlebih dahulu di HP android. Matikan juga headset bluetooth yang kamu gunakan sebelumnya dengan ditandai lampu indikatornya mati.

Jika masih tetap mode headset tidak bisa hilang, maka kamu bisa menghapus file cache dan data bluetooth. Caranya bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka menu Pengaturan di HP android.
  2. Masuk ke opsi Aplikasi.
  3. Cari dan pilih aplikasi Bluetooth.
  4. Kemudian masuk ke opsi Penyimpanan.
  5. Dan kemudian klik tombol Hapus Cache atau Hapus Memori.
  6. Lanjutkan dengan klik Hapus Data dan lakukan konfirmasi.
  7. Selesai.

Menghapus data Bluetooth ini akan membuat daftar perangkat yang pernah terhubung di HP akan hilang. Sehingga ketika kita akan menghubungkan ulang perangkat lain melalui bluetooth, maka perlu melakukan pairing ulang.

6. Menggunakan Aplikasi Tambahan

Alternatif lainnya untuk menghilangkan ikon headset yang tidak bisa hilang di HP android yakni dengan bantuan aplikasi pihak ketiga. Kita bisa menggunakan aplikasi tambahan yang didownload melalui Google Play Store untuk mengatasi masalah satu ini.

Aplikasi yang dimaksud yakni bernama Earphone Mode Off yang bisa kamu download dan install di HP androidmu. Untuk cara menggunakan aplikasi tersebut, yakni:

  1. Pertama download dan install aplikasi Earphone Mode Off melalui Google Play Store.
  2. Jika sudah, sekarang kamu jalankan aplikasi tersebut.
  3. Berikan izin akses pada aplikasi dengan klik tombol Izinkan.
  4. Pada halaman utama aplikasi, kamu klik tombol ON pada sehingga mode headset di HP akan segera hilang.
  5. Selesai.

7. Factory Reset HP Android

Jika cara di atas masih belum berhasil mengatasi mode earphone tidak bisa hilang di HP android, maka cara terakhir ini bisa kamu lakukan. Cara ini akan mengembalikan HP ke setelan awal pabrik, sehingga HP akan kembali seperti baru pertama kali dibeli. Namun, kamu perlu melakukan backup data penting terlebih dahulu dari HP sebelum melakukannya.

Untuk melakukan factory reset HP android bisa dengan masuk ke menu Pengaturan >> Pengaturan Tambahan >> Cadangkan dan Reset >> Reset >> Reset Data Pabrik. Setelahnya kamu perlu melakukan pengaturan awal pada HP android untuk nantinya bisa digunakan kembali.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mengatasi mode headset tidak bisa dihilangkan di HP android yang ampuh dan mudah bisa kalian terapkan. Jangan lupa bagikan informasi ini ke akun media sosial pribadimu agar juga bermanfaat bagi orang lain.

Artikel SebelumnyaCara Mengatasi Sayangnya Kontak Telah Berhenti di Android
Artikel SelanjutnyaCara Mengatasi Kartu SIM Tidak Ada Layanan di HP Android
Abdul Wafi
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini