Cara Mengatasi Mic HP Android Tidak Berfungsi

83
Mic HP Android Tidak Berfungsi
Mic HP Android Tidak Berfungsi

Mic HP Android Tidak Berfungsi – HP android tersusun dari beberapa komponen, baik itu komponen hardware dan software. Khusus untuk komponen hardware, masing-masing memiliki peran penting tersendiri sehingga membuat HP dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Layar LCD misalnya, komponen satu ini berfungsi untuk menampilkan gambar sehingga pengguna dapat mengoperasikan HP dengan nyaman. Selain itu, ada pula baterai yang tugasnya untuk menyimpan daya dan menyalurkannya ke komponen lain yang membutuhkan di dalam HP, sehingga HP dapat digunakan dengan nyaman. Baterai sendiri ibarat nyawa dari HP, yang mana HP tidak akan bisa dihidupkan tanpa distribusi daya dari baterai.

Mic HP Android Tidak Berfungsi
Mic HP Android Tidak Berfungsi

Masing-masing komponen hardware HP android ini memiliki fungsi tersendiri, jika ada salah satu komponen yang mengalami kerusakan kemungkinan kinerja HP tidak akan stabil. Bahkan jika kerusakan parah dialami pada komponen utama HP, bisa jadi HP tidak bisa digunakan lagi atau tidak dapat dihidupkan. Sebagai contohnya baterai seperti yang telah dijelaskan tadi, HP tidak akan bisa dihidupkan tanpa adanya komponen tersebut. Kerusakan memang kerap dialami pada HP android dan ini bisa terjadi pada merek dan tipe HP android apa saja. Kerusakan pada komponen HP sendiri dapat terjadi karena banyak faktor, mulai dari faktor usia, kesalahan pengguna dalam mengoperasikan HP, HP terjatuh atau terkena air dan masih banyak lagi yang lainnya.

Baca Juga:

Komponen hardware pada HP android yang cukup sering mengalami kerusakan adalah microphone. Mic atau Microphone ini berfungsi sebagai alat untuk menangkap suara dari luar. Mic biasanya digunakan ketika kita sedang teleponan, merekam audio, hingga merekam video. Banyak pengguna yang menyamakan fungsi microphone dengan speaker, padahal kedua merupakan komponen yang berbeda. Microphone sebagai komponen input, sementara speaker merupakan komponen output. Tanda microphone bermasalah atau rusak yakni suara tidak terdengar oleh penerima telepon atau hasil rekaman suara tidak terdengar suara apa pun. Lantas, bagaimana cara mengatasi mic HP android tidak berfungsi tersebut? Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini!

Penyebab Microphone HP Android Tidak Berfungsi

Penyebab Mikrofon HP Android Tidak Berfungsi
Penyebab Mikrofon HP Android Tidak Berfungsi

Sebelum lanjut ke cara mengatasi microphone HP error atau tidak berfungsi, sebaiknya kamu ketahui terlebih dahulu apa faktor yang menyebabkannya. Langkah ini diperlukan untuk mempermudah kita dalam melakukan perbaikan pada masalah tersebut. Adapun beberapa penyebab mic HP android tidak dapat berfungsi normal selengkapnya, sebagai berikut:

  1. Terkena Air. Mungkin saja HP androidmu terkena air, baik terjatuh ke dalam air atau hanya kecipratan air saja. Air tersebut masuk ke bagian dalam HP, lebih tepatnya pada komponen microphone sehingga menyebabkan error.
  2. Debu atau Kotoran. Selain air, benda lain sebagai debu dan kotoran bisa saja menutupi lubang microphone pada HP android. Hal inilah yang menyebabkan mic tidak dapat menangkap suara saat teleponan atau merekan suara sehingga seolah komponen tersebut tidak berfungsi.
  3. Izin Akses pada Microphone yang Belum Diaktifkan. Saat menjalankan aplikasi tertentu, tiba-tiba microphone HP tidak dapat berfungsi? Sementara saat menjalankan aplikasi lain, microphone justru dapat berfungsi. Kemungkinan hal ini diakibatkan oleh izin akses microphone pada aplikasi tertentu belum kamu aktifkan, sehingga microphone tidak akan berfungsi.
  4. Bug pada Sistem Android. Bug atau error memang bisa saja terjadi pada sistem android. Karena inilah para vendor sering memberikan update OS Android terbaru pada HP besutannya. Bug pada sistem android ini dapat berdampak pada fungsi HP, termasuk pada fungsi microphonenya ini.
  5. Aplikasi yang Berjalan. Ada kalanya aplikasi tertentu di HP android yang berjalan di latar belakang dan menonaktifkan fungsi dari microphone. Hal ini bisa saja terjadi karena setiap fungsi dari aplikasi berbeda-beda.
  6. Microphone yang Rusak. Bukan hanya microphone, semua komponen hardware pada HP bisa saja mengalami kerusakan sehingga membuatnya tidak dapat berfungsi sempurna. Kerusakan tersebut bisa karena termakan usia, HP terjatuh, konslet, dan lain sebagainya.

Penting untuk mengetahui beberapa penyebab di atas agar kamu lebih mudah dalam melakukan perbaikan. Selain itu, cara ini juga bisa dijadikan langkah untuk mencegah masalah yang sama terulang lagi di kemudian hari.

Cara Mengatasi Mic HP Android Tidak Berfungsi

Cara Memperbaiki Mic HP Android Tidak Berfungsi
Cara Memperbaiki Mic HP Android Tidak Berfungsi

Sekarang lanjut ke cara mudah memperbaiki mic HP android yang tidak berfungsi paling mudah dan ampuh. Cara ini tentunya sangat mudah diterapkan, bahkan bagi kamu yang masih awam. Adapun langkah-langkah untuk mengatasi microphone HP tidak berfungsi selengkapnya, sebagai berikut:

1. Lakukan Restart HP Android

Cara yang pertama untuk memperbaiki masalah mic pada HP android yang error yakni dengan melakukan restart. Cara ini akan memulai ulang HP dan mengatasi berbagai masalah error ringan yang terjadi di dalamnya, termasuk microphone yang tidak dapat menangkap dan merekam suara.

Selain itu, melakukan restart pada HP android juga akan menghapus semua file sampah yang tersimpan di RAM. Ini akan berdampak pada performa kinerja HP yang menjadi lebih cepat dan responsif.

2. Membersihkan Lubang Microphone

Microphone pada HP biasanya terletak di bagian layar atas, terdapat lubang-lubang kecil sebagai pelindungnya. Pada bagian lubang-lubang penutup tersebut sering kali tertutupi oleh kotoran atau debu. Hal ini tentunya akan mengganggu fungsi dari microphone sehingga tidak dapat menangkap suara dengan baik.

Untuk itu, kamu perlu membersihkan debu atau kotoran yang menutupi lubang-lubang kecil pada microphone HP tersebut. Gunakan jamur atau benda runcing semacamnya untuk mengeluarkan debu dan kotoran. Atau lebih praktis lagi dengan menggunakan penyedot debu mini yang biasa digunakan untuk membersihkan keyboard laptop.

3. Mengeringkan HP

Jika mic HP yang tidak dapat merekam suara dikarenakan terjatuh ke air atau kecipratan air, solusi tepat untuk mengatasinya yakni dengan mengeringkannya. Bukan dengan cara dijemur atau menggunakan hairdryer, melainkan dengan memendam HP di dalam beras. Pastikan kamu telah mematikan HP dan membuka baterainya agar lebih maksimal.

Selain beras, solusi lainnya untuk mengeluarkan air dalam HP yakni dengan menggunakan silica gel. Taruh HP dan silica gel dalam wadah tertutup dan biarkan selama 1 hingga 2 hari.

4. Mengaktifkan Izin Akses Microphone

Cara keempat ini bisa diterapkan jika microphone yang tidak berfungsi tersebut terjadi saat kamu menjalankan aplikasi tertentu. Misalnya saja menggunakan WhatsApp dan saat ini kamu ingin mengirim pesan suara atau melakukan panggilan.

Sebaiknya kamu mengecek terlebih dahulu apakah izin akses microphone sudah diberikan pada aplikasi WhatsApp tersebut atau belum. Untuk mengeceknya bisa dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Tekan dan tahan pada ikon aplikasi (sebagai contohnya aplikasi WhatsApp).
  2. Kemudian pilih opsi Info Aplikasi.
  3. Kemudian masuk ke opsi Izin.
  4. Pada bagian izin akses Microphone atau Mikrofon, pastikan kamu mengaktifkannya dengan cara menggeser tombol slidernya ke arah kanan.
  5. Selesai.

5. Hapus Instalasi Aplikasi Tertentu

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, salah satu penyebab mic HP android tidak berfungsi dikarenakan dicekal oleh aplikasi tertentu yang berjalan di latar belakang. Sebaiknya kamu cari aplikasi yang mencekalnya, kemudian lakukan uninstall atau hapus instalasi.

6. Lakukan Factory Reset HP Android

Mikrofon HP android yang mengalami error bisa juga diakibatkan oleh bug pada sistem android. Untuk mengatasi masalah ini bisa dilakukan dengan factory reset atau reset ke data pabrik. Risikonya semua data yang tersimpan di memori internal HP akan dihapus secara permanen. Karena itulah, jika memang terdapat data penting di dalamnya, sebaiknya kamu lakukan backup data terlebih dahulu.

Untuk langkah-langkah melakukan factory reset HP android tersebut, bisa dengan masuk ke menu Pengaturan >> Pengaturan Tambahan >> Cadangkan dan Reset >> Reset ke Setelan Pabrik >> Reset Semua Data.

7. Ganti Microphone HP

Dan cara terakhir yang bisa dilakukan jika mikrofon HP tetap tidak berfungsi adalah dengan mengganti komponen mic-nya. Kemungkinan karena komponen mic tersebut yang rusak sehingga perlu diganti dengan yang baru.

Jika kamu belum paham dengan cara penggantian microphone baru di HP android tersebut, maka bisa menyerahkannya kepada ahli service HP.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mengatasi mic HP android tidak berfungsi dan penyebabnya yang wajib kamu tahu. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaCara Mengatasi Rotasi Layar Tidak Berfungsi di HP Android
Artikel SelanjutnyaPenyebab QFIL Error saat Flashing HP Android
Abdul Wafi
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini