Cara Menonaktifkan Nomor Telkomsel Terbaru

28
Menonaktifkan Nomor Telkomsel
Menonaktifkan Nomor Telkomsel

Menonaktifkan Nomor Telkomsel – Pemerintah mewajibkan bagi semua pengguna HP untuk melakukan registrasi untuk kartu SIM yang digunakannya. Kewajiban ini berlaku untuk semua jenis kartu operator seluler, termasuk juga kartu Telkomsel. Untuk melakukan registrasi kartu, pengguna membutuhkan NIK dan juga Nomor Kartu Keluarga sebagai syarat utamanya. Kemudian melakukan registrasi kartu SIM dengan mengirim SMS dengan format khusus ke nomor 4444. Selain itu, menu registrasi kartu biasanya juga akan muncul pada saat kita pertama kali memasukkan kartu perdana di perangkat HP, sehingga lebih mudah untuk meregistrasinya.

Menonaktifkan Nomor Telkomsel
Menonaktifkan Nomor Telkomsel

NIK masing-masing orang hanya bisa digunakan untuk meregistrasi kartu SIM sebanyak 3 kali saja. Jika sudah habis jatah untuk registrasi kartu SIM, tentunya NIK tersebut tidak bisa lagi digunakan kecuali untuk registrasi kartu SIM dari operator lain. Jika memang kamu tetap ingin menggunakan NIK untuk kartu operator yang sama, yang harus dilakukan adalah menonaktifkan kartu SIM yang diregistrasi dengan NIK tersebut sebelumnya. Di sini kamu akan menghapus NIK yang terdaftar di kartu SIM tersebut, sehingga nantinya NIK dapat digunakan untuk registrasi lagi di kartu SIM lain. Penonaktifan kartu operator seluler yang sudah terdaftarn ini dikenal juga dengan sebutan unreg atau unregistrasi.

Baca Juga:

Unreg kartu operator seluler atau kartu SIM memungkinkan untuk dilakukan pada semua jenis kartu operator, termasuk untuk kartu Telkomsel. Masih sama seperti saat registrasi kartu Telkomsel, di sini kamu bisa menggunakan layanan SMS untuk melakukan unregistrasi atau penonaktifan kartu tersebut. Selain lewat layanan SMS, menonaktifkan kartu Telkomsel juga bisa menggunakan kode USSD dan juga meminta bantuan customer service Telkomsel. Mengenai cara menonaktifkan nomor Telkomsel yang mudah selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

Syarat dan Ketentuan untuk Menonaktifkan Kartu Telkomsel

Sebelum lanjut ke cara unreg nomor Telkomsel, sebaiknya kamu ketahui dulu apa saja syarat dan ketentuan untuk melakukan penonaktifan pada kartu tersebut. Beberapa syarat dan ketentuan yang berlaku tersebut, di antaranya:

  1. Kartu Telkomsel masih aktif dan bisa digunakan seperti biasa.
  2. Kartu fisik Telkomsel masih ada (tidak hilang).
  3. Pengguna masih ingat NIK yang digunakan untuk registrasi kartu Telkomsel yang ingin dinonaktifkan.
  4. Jika memang kartu Telkomsel sudah hilang, maka solusi terbaiknya bisa menonaktifkan kartu tersebut lewat GraPARI Telkomsel.
  5. Diwajibkan membawa KTP dan Kartu Keluarga untuk proses validasi data, jika kamu memilih menonaktifkan kartu Telkomsel di GraPARI.

Pastikan kamu sudah paham betul syarat dan ketentuan unreg kartu Telkomsel di atas, agar tidak ada kendala berarti saat melakukan penonaktifannya.

Cara Menonaktifkan Nomor Telkomsel Terbaru

Cara Unreg Nomor Telkomsel
Cara Unreg Nomor Telkomsel

Sekarang lanjut ke tutorial menonaktifkan nomor Telkomsel yang mudah bisa kamu coba terapkan. Setidaknya ada 3 cara termudah untuk unregistrasi nomor Telkomsel, kamu bisa memilihnya sendiri sesuai keinginan dan kebutuhan. Bahkan salah satu cara dibawah ini bisa dilakukan untuk kartu Telkomsel yang sudah tidak aktif, hilang, ataupun rusak.

Adapun cara untuk meng-unregistrasi kartu Telkomsel yang mudah selengkapnya, sebagai berikut:

1. Unreg Nomor Telkomsel Lewat SMS

Cara yang pertama kamu bisa memanfaatkan layanan SMS untuk melakukan unregistrasi kartu Telkomsel. Tidak perlu khawatir pulsa terpotong, karena cara ini sepenuhnya gratis sehingga tidak akan memotong pulsa utama di kartu SIM-mu. Bahkan jika tidak ada pulsa di dalamnya, SMS unregistrasi kartu Telkomsel tetap bisa dikirimkan. Untuk langkah-langkah melakukannya sendiri, yakni:

  • Pertama kamu buka menu Pesan di perangkat smartphone.
  • Kemudian klik ikon Tambah untuk mengirimkan pesan baru.
  • Pada bagian kolom nomor tujuan SMS, kamu isi dengan nomor 4444.
  • Kemudian pada kolom isi pesan, kamu ketik dengan format UNREG#NIK.
  • Selanjutnya klik tombol Kirim, maka pesan akan langsung dikirim.
  • Tinggal menunggu hingga prosesnya selesai. Nantinya akan ada SMS balasan dari nomor 4444 yang menyatakan kalau kartu Telkomsel sudah berhasil dinonaktifkan.
  • Selesai.

Pastikan kamu memasukkan NIK dengan benar, yakni NIK yang memang digunakan untuk registrasi kartu Telkomsel tersebut sebelumnya. Jika NIK yang dimasukkan tidak sama, tentunya penonaktifan kartu Telkomsel ini akan gagal dilakukan.

2. Unreg Nomor Telkomsel dengan Kode Dial

Sementara untuk cara yang kedua ini kita bisa memanfaatkan kode USSD atau kode dial khusus. Kode dial ini sebenarnya juga bisa digunakan untuk meregistrasi kartu Telkomsel, namun tersedia juga menu untuk unregistrasinya. Cara melakukannya juga sangat mudah dan tidak butuh langkah-langkah yang panjang. Adapun cara unregistrasi kartu Telkomsel menggunakan kode USSD tersebut, yakni:

  • Pertama kamu buka menu Panggilan atau Telepon di perangkat HP androidmu.
  • Kemudian masuk ke tab Keypad.
  • Lanjutkan dengan mengetik kode dial *444# lalu tekan Panggil.
  • Akan muncul halaman pop up di layar, selanjutnya kamu pilih opsi UNREG atau UNREGISTRASI.
  • Selanjutnya masukkan NIK yang digunakan untuk meregistrasi kartu Telkomsel tersebut sebelumnya dan Kirim.
  • Tinggal menunggu beberapa saat sampai kartu berhasil dinonaktifkan, biasanya akan ada SMS pemberitahuan soal dinonaktifkannya nomor Telkomsel ini.
  • Selesai.

3. Unreg Nomor Telkomsel Lewat GraPARI

Dan cara yang terakhir untuk menonaktifkan kartu Telkomsel yakni dengan datang langsung ke GraPARI Telkomsel terdekat di kota-mu. Kamu bisa langsung menuju customer service untuk melakukan unregistrasi kartu Telkomsel ini. Mereka akan senantiasa membantu semua kebutuhan pelanggan, termasuk untuk unreg kartu Telkomsel ini.

Beritahukan saja tujuanmu untuk melakukan penonaktifan kartu Telkomsel. Biasanya customer service meminta kamu untuk menunjukkan KTP dan Kartu Keluarga yang NIK dan Nomor KK-nya digunakan untuk registrasi kartu Telkomsel tersebut. Hal ini dilakukan sebagai validasi data, sehingga kartu Telkomsel bisa segera dinonaktifkan.

Cara ini sangat berguna jika kartu Telkomsel milikmu sudah tidak bisa diakses lagi, misalnya saja kartu hilang, kartu rusak atau kartu sudah dalam masa tenggang / terblokir. Jika berkenan kamu juga bisa langsung mengganti kartu Telkomsel yang tidak bisa diakses tersebut dengan nomor yang baru.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara menonaktifkan nomor Telkomsel terbaru yang mudah dan ampuh bisa kamu terapkan. Jangan lupa bagikan informasi ini ke akun media sosial pribadimu agar juga bermanfaat bagi orang lain.

Artikel SebelumnyaCara Mengirim Kuota Indosat ke Sesama yang Mudah
Artikel SelanjutnyaCara Menonaktifkan NSP Indosat Ooredoo Terbaru
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini