Cara Menonaktifkan Nomor Indosat Ooredoo Terbaru

16
Menonaktifkan Nomor Indosat
Menonaktifkan Nomor Indosat

Menonaktifkan Nomor Indosat – Menggunakan kartu perdana Indosat Ooredoo, mengharuskan kamu untuk melakukan registrasi terlebih dahulu pada kartu operator tersebut. Untuk meregistrasi kartu tersebut bisa dengan menggunakan NIK dan juga Nomor Kartu Keluarga. Di mana untuk 1 NIK ini bisa digunakan registrasi hingga 3 kartu dari provider yang sama. Jika sudah digunakan untuk registrasi 3 kartu operator dan masih ingin digunakan lagi, maka kamu perlu menonaktifkan salah satu kartu yang sudah terdaftar dengan NIK tersebut. Penonaktifan kartu operator yang sudah diregistrasi ini dikenal juga dengan sebutan UNREG.

Menonaktifkan Nomor Indosat
Menonaktifkan Nomor Indosat

Selain untuk kartu perdana, registrasi kartu operator juga berlaku untuk kartu lama. Dulu sempat heboh pemblokiran kartu operator seluler besar-besaran karena belum diregistrasi NIK dan Nomor KK. Banyak orang yang tidak mengerti cara registrasi untuk kartu operator miliknya, sehingga saat sudah mencapai batas waktu registrasi akhirnya kartu miliknya diblokir. Kartu hanya bisa digunakan lagi jika sudah dilakukan registrasi dengan memasukkan NIK dan juga Nomor Kartu Keluarga. Kartu yang tidak diregistrasi biasanya tidak akan bisa digunakan untuk berbagai aktivitas, baik itu mengirim SMS, melakukan panggilan hingga mengakses internet.

Baca Juga:

Perihal penonaktifan nomor HP, khususnya nomor Indosat Ooredoo, ini bisa dilakukan dengan beberapa cara. Untuk menonaktifkan kartu, diharuskan kartu SIM tersebut masih aktif dan bisa digunakan. Meski demikian, bukan berarti kartu Indosat Ooredoo yang sudah hilang atau rusak tidak bisa dinonaktifkan. Kamu tetap bisa menonaktifkannya, tetapi hanya dengan meminta bantuan pihak Indosat. Mudah memang untuk melakukan unreg atau penonaktifan nomor Indosat Ooredoo, hanya saja masih banyak pengguna yang belum mengetahuinya. Berikut cara menonaktifkan nomor Indosat Ooredoo yang mudah bisa kalian simak dan terapkan.

Cara Menonaktifkan Nomor Indosat Ooredoo Terbaru

Cara Unreg Nomor Indosat
Cara Unreg Nomor Indosat

Untuk unregistrasi nomor Indosat, setidaknya ada 3 cara mudah yang bisa dilakukan. Meskipun berbeda, namun tujuan dari ketiga cara tersebut tetap sama. Kamu bisa memilih sendiri cara mana yang dianggap paling mudah untuk diterapkan. Adapun cara unreg atau menonaktifkan nomor Indosat Ooredoo selengkapnya, sebagai berikut:

1. Unreg Nomor Indosat Ooredoo Lewat SMS

Cara yang pertama untuk melakukan unreg atau penonaktifan kartu Indosat Ooredoo yakni dengan menggunakan layanan SMS. Cara ini bisa dibilang yang paling mudah diterapkan, bahkan tidak butuh langkah-langkah yang panjang untuk melakukannya. Namun, untuk melakukan cara ini kamu harus hafal nomor Indosat yang ingin dinonaktifkan tersebut. Untuk melihat nomor Indosat sendiri bisa menggunakan kode dial *123# atau lewat aplikasi MyIM3.

Mengenai cara untuk menonaktifkan kartu Indosat Ooredoo lewat SMS tersebut, yakni:

  • Langkah pertama kamu buka menu Pesan di perangkat smartphone android.
  • Kemudian klik ikon Tambah di pojok kanan bawah untuk menulis pesan baru.
  • Pada halaman untuk mengirim pesan baru, kamu ketik nomor 4444 di kolom nomor tujuan SMS.
  • Sementara pada kolom isi pesan, kamu isi dengan format UNPAIR#Nomor Indosat#.
  • Jika sudah, selanjutnya kamu klik tombol Kirim. Tunggu sampai SMS berhasil dikirim dan permintaan akan segera diproses.
  • Nantinya akan ada SMS balasan yang memberitahukan kalau nomor Indosat telah berhasil diunpair atau dinonaktifkan.
  • Selesai.

Catatan: Cara ini tidak membutuhkan pulsa alias gratis, sehingga jika pun pada kartu Indosat tidak tersedia pulsa, SMS akan tetap terkirim.

2. Unreg Nomor Indosat Ooredoo dengan Kode USSD

Cara yang kedua ini kamu lakukna yakni dengan menggunakan kode USSD atau kode dial up. Cara ini juga cukup mudah dan praktis untuk diterapkan, serta tidak membutuhkan pulsa bahkan koneksi internet. Untuk langkah-langkah melakukannya sendiri, yakni:

  • Buka menu Panggilan atau Telepon di HP android milikmu.
  • Kemudian masuk ke tab Keypad.
  • Lanjutkan dengan mengetik kode USSD *123*4444# lalu tekan Panggil.
  • Nantinya akan muncul halaman pop up di layar yang berisi informasi mengenai registrasi nomor Indosat Ooredoo. Terdapat beberapa pilihan menu di sana, yakni menu Registrasi, Cek Status, Cek NIK dan Hapus Data Registrasi atau Unregistrasi.
  • Karena tujuannya di sini untuk menonaktifkan kartu Indosat Ooredoo, maka kamu pilih menu Hapus Data Registrasi atau Unregistrasi.
  • Selanjutnya konfirmasi penghapusan data dengan pilih OK.
  • Nantinya akan ada pemberitahuan kalau nomor Indosat Ooredoo sudah berhasil diunreg atau dinonaktifkan.
  • Selesai.

Cara ini hanya bisa dilakukan jika kartu Indosat yang ingin dinonaktifkan bisa diakses atau dalam masa aktif.

3. Unreg Nomor Indosat Ooredoo dengan Bantuan Customer Service

Apakah kamu ingin menonaktifkan nomor Indosat yang sudah hilang atau rusak? Kalau begitu, kamu bisa memilih melakukan cara yang ketiga ini. Kamu bisa meminta bantuan customer service Indosat Ooredoo untuk menonaktifkan kartu Indosatmu yang hilang atau rusak sehingga tidak bisa menerapkan kedua cara di atas. Meski demikian, cara ini juga bisa diterapkan untuk nomor Indosat Ooredoo aktif yang ingin diunreg atau diunpair.

Setidaknya ada 2 metode yang bisa dilakukan untuk meminta bantuan customer service Indosat dalam hal penonaktifan nomor Indosat, di antaranya:

Metode 1. Menghubungi via Call Center Indosat Ooredoo

Cara yang pertama kamu bisa menghubungi nomor call center Indosat Ooredoo untuk meminta bantuan penonaktifan nomor Indosat. Kamu bisa menghubungi nomor call center (021) 30003000 menggunakan ponsel atau telepon rumah.

Perlu kamu tahu, menghubungi nomor call center Indosat Ooredoo tersebut akan membebanimu dengan biaya panggilan. Untuk besar biaya panggilan yang dikenakan disesuaikan dengan ketentuan yang berlaku dari Indosat Ooredoo. Jadi, pastikan pulsamu cukup untuk menghubungi nomor call center Indosat Ooredoo tersebut.

Selain nomor call center di atas, kamu juga bisa memilih untuk menghubungi jenis call center lain yang disediakan oleh Indosat Ooredoo. Jenis call center lain ini bahkan tidak membutuhkan pulsa, hanya perlu jaringan internet untuk pengirimannya. Jenis call center Indosat lain yang dimaksud, yakni:

  • Chat WhatsApp Indosat Ooredoo: 0855 1000 185
  • Email Indosat Ooredoo: [email protected]
  • Sosial Media Indosat (Twitter): @IndosatCare

Metode 2. Datang Langsung ke Gerai Indosat Ooredoo

Sementara untuk metode yang kedua yakni dengan datang langsung ke gerai resmi Indosat Ooredoo terdekat di kota-mu. Gerai Indosat Ooredoo memang sudah tersebar di beberapa daerah di Indonesia, bahkan bisa ditemukan juga di daerah yang lumayan jauh dari perkotaan.

Kunjungi gerai Indosat Ooredoo terdekat dengan membawa KTP dan juga Kartu Keluarga yang nomor identitasnya digunakan untuk registrasi nomor Indosat yang ingin dinonaktifkan tersebut sebelumnya. KTP dan Kartu Keluarga ini dibutuhkan sebagai proses validasi data yang tercantum di informasi registrasi kartu Indosat. Jika memang cocok, maka nomr Indosat akan segera di nonaktifkan.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mudah menonaktifkan nomor Indosat Ooredoo terbaru yang bisa kalian terapkan sendiri. Jangan lupa bagikan informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaCara Menonaktifkan OVO di Grab Terbaru
Artikel SelanjutnyaCara Mengirim Kuota Indosat ke Sesama yang Mudah
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini