Cara Menonaktifkan Nada Sambung Telkomsel Terbaru

10
Menonaktifkan Nada Sambung Telkomsel
Menonaktifkan Nada Sambung Telkomsel

Menonaktifkan Nada Sambung Telkomsel – Telkomsel termasuk salah satu provider kartu operator seluler yang sangat terkenal di Indonesia. Bagaimana tidak? Kebanyakan pengguna HP lebih memilih Telkomsel untuk kartu SIM yang dipasang di dalamnya. Biasanya HP keluaran baru saat ini dibekalin dengan 2 slot kartu SIM. Di mana salah satunya oleh pengguna diisi dengan kartu Telkomsel, dan slot lainnya diisi kartu SIM dari provider lain. Ada banyak kelebihan dari kartu Telkomsel, misalnya saja masa aktif yang lebih lama bahkan mendapat perpanjangan otomatis, jaringan luas dan cepat, biaya nelpon dan SMS termurah hingga banyak pilihan layanan paket yang tersedia.

Menonaktifkan Nada Sambung Telkomsel
Menonaktifkan Nada Sambung Telkomsel

Telkomsel menyediakan beragam pilihan paket internet murah yang tentunya menarik untuk dipilih. Bahkan tidak jarang Telkomsel memberikan diskon atau promo besar-besaran untuk layanan paket data internet yang disediakannya tersebut. Biasanya setiap pengguna berbeda-beda besar diskon paket data yang diberikan, ini tergantung dari kebijakan dari pihak Telkomsel. Sementara untuk pembelian paket data Telkomsel ini bisa dilakukan dengan beberapa cara, baik itu menggunakan kode dial, lewat SMS, lewat aplikasi MyTelkomsel atau juga situs resmi MyTelkomsel.

Baca Juga:

Selain itu, ada layanan lainnya yang juga dihadirkan oleh Telkomsel guna untuk semakin menarik minat para pengguna. Salah satunya adalah layanan nada sambung atau NSP, di mana ini masih banyak diminati oleh para pengguna setia Telkomsel. NSP Telkomsel bisa diaktifkan melalui kode dial atau layanan SMS, yang mana mengaktifkannya berarti pengguna akan berlangganan NSP tersebut dan biasanya memiliki jangka waktu tertentu. Jika sudah habis masa berlaku, maka akan diperpanjang otomatis dengan memotong pulsa utama. Dalam hal ini kamu mungkin berniat untuk berhenti langganan NSP Telkomsel, tetapi tidak tahu cara melakukannya. Berikut cara menonaktifkan nada sambung Telkomsel yang mudah bisa kamu simak dan terapkan.

Cara Menonaktifkan Nada Sambung Telkomsel Terbaru

Cara Berhenti NSP Telkomsel
Cara Berhenti NSP Telkomsel

NSP atau Nada Sambung Pribadi merupakan layanan yang dihadirkan oleh Telkomsel yang kemudian menjadi sebuah merek. Boomingnya NSP Telkomsel akhirnya diikuti juga oleh operator seluler lain, meskipun tidak dengan sebutan yang sama. Baik itu, oleh operator seluler Indosat, XL, Axis, dan lain sebagainya. Penyebutannya memang berbeda, tetapi untuk fungsi layanannya tetap sama yakni sebagai nada sambung saat pengguna lain melakukan panggilan ke nomor kita.

Umumnya NSP Telkomsel sifatnya langganan dengan masa berlaku tertentu, biasanya aktif selama 7 hari. Telkomsel sendiri menyediakan banyak pilihan lagu atau musik yang bisa dijadikan langganan NSP, serta dengan biaya langganan yang berbeda-beda. Setelah masa aktif langganan berakhir, biasanya sistem akan melakukan perpanjangan otomatis dengan memotong pulsa utama pengguna. Inilah yang menjadi salah satu penyebab kenapa pulsa Telkomsel selalu tersedot, bahkan saat tidak menggunakannya. Solusinya bisa dengan berhenti langganan atau menonaktifkan langganan NSP Telkomsel tersebut.

Adapun cara mudah menonaktifkan nada sambung Telkomsel selengkapnya, sebagai berikut:

1. Berhenti Langganan NSP Telkomsel dengan Mengosongkan Pulsa

Cara yang pertama bisa dilakukan untuk menghentikan langganan nada sambung Telkomsel yakni dengan cara menghabiskan pulsa. Pastikan pulsa utama di kartu Telkomselmu sudah kosong, atau tidak lebih dari Rp 1.000,-.

Seperti yang dijelaskan di atas, langganan NSP Telkomsel akan secara otomatis diperpanjang dengan cara memotong pulsa utama. Jika ternyata di nomor Telkomsel tidak ada pulsa sama sekali atau kurang dari biaya langganan yang ditentukan, maka secara otomatis juga langganan NSP tersebut akan dihentikan. Ini karena sistem gagal melakukan perpanjangan langganan NSP Telkomsel.

2. Berhenti Langganan NSP Telkomsel Lewat Layanan SMS

Terkadang menggunakan cara di atas tidak cukup ampuh untuk menghentikan langganan NSP Telkomsel. Pasalnya, memang benar langganan akan gagal diperpanjang, tetapi saat kita melakukan pengisian pulsa di kemudian hari, maka secara otomatis langganan NSP akan diperpanjang lagi dengan memotong pulsa tersebut.

Untuk itu, kita bisa melakukan cara manual untuk menghentikan langganan nada sambung Telkomsel, yakni melalui layanan SMS. Untuk langkah-langkah melakukannya sendiri, yakni:

  1. Pertama buka menu Pesan di perangkat HP androidmu.
  2. Kemudian klik pada ikon Tambah yang ada di pojok kanan bawah untuk menulis pesan baru.
  3. Sekarang kamu isi nomor 1212 pada kolom nomor tujuan SMS.
  4. Kemudian kamu ketik pesan dengan format OFF pada kolom isi SMS.
  5. Jika sudah, selanjutnya kamu klik tombol Kirim.
  6. Tinggal menunggu hingga proses pembatalan langganan NSP Telkomsel selesai, biasanya akan ada SMS masuk sebagai pemberitahuan kalau status langganan sudah dihentikan atau dinonaktifkan.
  7. Selesai.

Cara di atas akan menghentikan semua langganan NSP Telkomsel yang kamu miliki. Namun, jika yang kamu inginkan hanya untuk menghentikan salah satu langganan NSP Telkomsel saja, maka bisa menerapkan cara di bawah ini.

  1. Buka menu Pesan di HP androidmu.
  2. Kemudian klik ikon Tambah untuk mengirim pesan baru.
  3. Pada bagian kolom nomor tujuan SMS, kamu isi dengan nomor 1212.
  4. Kemudian ketik pesan dengan format OFF <spasi> Judul Lagu/Alias.
  5. Selanjutnya klik tombol Kirim.
  6. SMS akan langsung dikirim dan tunggu hingga ada SMS balasan dari nomor 1212 yang menyatakan langganan NSP Telkomsel sudah dihentikan
  7. Selesai.

3.  Berhenti Langganan NSP Telkomsel Menggunakan Kode USSD

Dan cara yang terakhir untuk menonaktifkan langganan nada sambung Telkomsel, yakni dengan menggunakan kode USSD atau kode dial. Cara ini juga bisa dibilang sangat mudah untuk diterapkan, bahkan bagi kamu yang masih awam. Untuk langkah-langkah melakukannya sendiri, yakni:

  1. Langkah yang pertama kamu buka menu Panggilan di HP android.
  2. Kemudian masuk ke tab Keypad.
  3. Lalu ketik kode dial *121*9# lalu tekan Panggil.
  4. Akan muncul halaman pop up di layar yang berisi beberapa menu di dalamnya.
  5. Untuk menghentikan semua langganan NSP Telkomse, kamu pilih menu Berhenti Langganan NSP. Lalu konfirmasi pemberhentian langganan dengan pilih OK/YA.
  6. Sementara jika ingin menghentikan salah satu langganan NSP saja, maka bisa pilih menu nomor 5.
  7. Jika berhasil nantinya akan ada SMS masuk yang memberitahukan kalau langganan NSP Telkomsel sudah berhasil dihentikan atau dinonaktifkan.
  8. Selesai.

Kamu bisa memilih sendiri salah satu cara di atas sesuai keinginan. Akan tetapi, jika sudah melakukan semua cara di atas dan langganan NSP Telkomsel masih tetap aktif, maka solusi terakhirnya bisa dengan menghubungi call center Telkomsel. Kamu bisa mencoba menghubungi pihak customer service melalui nomor call center 188. Atau juga dapat datang langsung ke GraPARI Telkomsel terdekat di kotamu untuk meminta bantuan penonaktifan langganan NSP Telkomsel.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara ampuh menonaktifkan nada sambung Telkomsel yang sering menyedot pulsa bisa kamu terapkan. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Artikel SebelumnyaCara Menonaktifkan NSP Indosat Ooredoo Terbaru
Artikel SelanjutnyaCara Kirim File Besar Lewat Email di HP Android
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini