Cara Menonaktifkan Akun Akulaku di HP Android

19
Menonaktifkan Akun Akulaku
Menonaktifkan Akun Akulaku

Menonaktifkan Akun Akulaku – Hadirnya aplikasi fintech memberikan kemudahan bagi banyak orang di jaman modern sekarang ini. Aplikasi fintech menyediakan layanan pinjaman online dan kredit online yang semuanya bisa dilakukan secara virtual. Kita hanya perlu mendaftar atau registrasi akun di platform fintech yang ingin digunakan, kemudian mengajukan pinjaman atau kredit online. Ada banyak pilihan platform fintech yang ada saat ini, salah satunya yang paling terkenal adalah Akulaku.

Menonaktifkan Akun Akulaku
Menonaktifkan Akun Akulaku

Akulaku merupakan platform fintech yang memberikan layanan pinjaman online dan kredit online dengan syarat hanya menggunakan KTP saja. Pengguna hanya perlu mengajukan pinjaman atau kredit online, dan hanya butuh waktu sekitar 5 menit saja uang sudah cair. Bahkan pinjaman Kredit Tanpa Agunan dari Akulaku ini bisa mencapai Rp 2 juta yang bisa dicairkan dengan mudah dan cepat. Selain itu, tenor yang diberikan bervariasi dan bisa dipilih sesuai kebutuhan, mulai dari 1 bulan, 2 bulan, 3 bulan, 6 bulan hingga 12 bulan. Yang terpenting lagi, Akulaku sudah terdaftar secara resmi di OJK sehingga sudah terjamin keamanannya. Kamu bisa menggunakan pinjaman atau kredit di Akulaku untuk pembayaran belanja di berbagai marketplace.

Baca Juga:

Mendaftar akun di Akulaku bisa dibilang sangat mudah, di mana verifikasinya hanya perlu menggunakan KTP saja. Meskipun demikian, penghapusan akun Akulaku tidak semudah saat ingin mendaftar akun baru. Hal ini terlihat dari respon banyak pengguna Akulaku yang sudah tidak ingin menggunakan aplikasi tersebut, yang mana sebagian besar dari mereka tidak bisa menonaktifkan akun Akulaku miliknya. Bahkan untuk penonaktifan akun secara permanen juga kebanyakan tidak bisa dilakukan oleh para pengguna. Apakah kamu juga mengalami masalah yang sama? Tidak perlu bingung. Berikut cara menonaktifkan akun Akulaku sementara dan permanen bisa kalian simak dan terapkan.

Tentang Penonaktifan Akun Akulaku

Akulaku merupakan platform pinjaman dan kredit online terpercaya yang sudah punya banyak sekali pelanggan setia. Akulaku termasuk yang paling mudah dalam memberikan pinjaman atau kredit online bagi pelanggannya. Di mana pengajuan pinjaman atau kredit online bisa cair hanya dalam waktu 5 menit saja. Sementara untuk bunga yang diberikan bisa dibilang cukup kecil, sehingga tidak akan membebani para peminjam.

Namun, tentunya ada denda yang harus dibayar jika peminjam telat melakukan pembayaran tagihan Akulaku. Pembayaran yang tidak dibayar hingga melebihi tanggal jatuh tempo, maksimal 23 hari setelah jatuh tempo, maka akan dikenakan denda sebesar 10%. Misalnya kamu meminjam uang sebesar 2.000.000,- dan telat membayar tagihan, maka bunga yang harus dibayar sebesar Rp 200.000,-. Denda ini akan diakumulasikan dengan tagihan yang belum terbayar sebelumnya.

Mengenai penonaktifan akun Akulaku, sayangnya di Akulaku belum ada fitur untuk menghapus atau menonaktifkan akun secara permanen. Entah apa alasan yang melatarbelakangi tidak disediakannya fitur hapus akun Akulaku, yang pasti ini merupakan kebijakan yang ditetapkan oleh pihak Akulaku.

Meskipun tidak disediakan fitur untuk menghapus atau menonaktifkan akun Akulaku yang sudah dibuat, namun ada alternatif lain untuk melakukan hal tersebut. Setidaknya ada 2 metode untuk menghapus akun Akulaku, yakni menghapus secara permanen dan sementara.

Cara Menonaktifkan Akun Akulaku di HP Android

Cara Hapus Akun Akulaku
Cara Hapus Akun Akulaku

Menonaktifkan akun Akulaku yang sudah tidak dipakai bisa dibilang sangat mudah. Akan tetapi, tidak banyak pengguna yang mengetahui cara ini, sehingga akun miliknya tetap aktif. Adapun cara mudah untuk nonaktifkan / hapus akun Akulaku sementara dan permanen selengkapnya, sebagai berikut:

1. Hapus Akun Akulaku Sementara Waktu

Untuk cara yang pertama ini kita akan menonaktifkan akun di aplikasi Akulaku di HP android sementara waktu. Akun yang sudah dinonaktifkan sementara masih memungkinkan untuk diaktifkan lagi di lain waktu. Yang pasti, cara ini sangat mudah untuk diterapkan bahkan bagi kamu yang masih awam.

  • Pada perangkat HP android, kamu buka menu Pengaturan atau Settings.
  • Kemudian masuk ke opsi Aplikasi atau Manajemen Aplikasi.
  • Sekarang kamu cari dan pilih aplikasi Akulaku.
  • Kemudian klik pada opsi Penyimpanan atau Storage.
  • Lanjutkan dengan klik Hapus Cache atau Clear Cache.
  • Kemudian klik pada opsi Hapus Data atau Clear Data.
  • Sampai di sini kamu sudah berhasil menonaktifkan akun di aplikasi Akulaku sementara waktu. Jika memang tidak ingin menggunakannya lagi, kamu bisa menghapus juga aplikasi Akulaku di HP. Caranya dengan tekan dan tahan ikon aplikasi Akulaku, kemudian klik Hapus Instalasi atau Uninstall.
  • Selesai.

Cara ini hanya akan mengeluarkan akun Akulaku di aplikasi pada HP android. Di kemudian hari kamu masih bisa mengakses akun Akulaku tersebut dengan install ulang aplikasi dan kembali login ke akun pribadi.

2. Hapus Akun Akulaku Secara Permanen

Sementara untuk penghapusan akun Akulaku secara permanen, ada 2 metode yang bisa kamu terapkan yakni menghubungi call center Akulaku dan datang langsung ke kantor Akulaku. Kamu bisa memiliki salah satu dari kedua metode tersebut yang dianggap paling mudah untuk diterapkan.

Cara 1. Menghubungi Call Center Akulaku

Akulaku menyediakan beberapa jenis call center yang bisa dihubungi pelanggan maupun non-pelanggan jika butuh bantuan. Call center yang disediakan tersebut di antaranya nomor telepon, kontak email, dan juga akun sosial media.

Untuk nomor telepon, bisa kamu hubungi nomor yang tersedia menggunakan ponsel atau telepon rumah/kantor. Biasanya penelpon akan dikenakan biaya nelpon sesuai ketentuan dari kartu operator yang kamu gunakan. Sementara jika kamu tidak ingin dibebani dengan biaya nelpon, maka bisa memilih menghubungi pihak Akulaku melalui kontak email ataupun chat via akun sosial media resminya. Berikut beberapa jenis call center Akulaku yang bisa kamu hubungi, di antaranya:

Tinggal menghubungi customer service Akulaku melalui salah satu call center di atas. Saat sudah terhubung, selanjutnya kamu beritahukan tujuanmu untuk melakukan penonaktifan pada akun Akulaku secara permanen.

Cara 2. Datang Langsung ke Kantor Akulaku

Dan cara yang terakhir yakni dengan datang langsung ke kantor Akulaku yang ada di Indonesia. Kita tahu Akulaku merupakan perusahaan global yang memiliki kantor di berbagai negara di Asia, mulai dari Indonesia, Vietnam, Malaysia, Filipina dan juga Tiongkok.

Untuk kantor Akulaku yang ada di Indonesia terletak di DKI Jakarta. Lebih tepatnya di Sahid Sudirman Center lantai 18 Unit A-H, Jalan Jenderal Sudirman No. 86, RT.10 / RW.11, Karet Tengsin, Tanah Abang, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta 10250, Indonesia.

Untuk melakukan penonaktifan akun Akulaku secara permanen ini, syarat utama yang harus dipenuhi yakni akun tidak memiliki tagihan yang belum dilunasi. Jika memang ada, maka kamu perlu melakukan pelunasan tagihan terlebih dahulu, baru akun akan dihapus secara permanen.

Penutup

Itulah tadi cara menonaktifkan akun Akulaku di HP android yang mudah dan praktis bisa kamu terapkan sendiri. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaCara Jual Hero di Mobile Legends di Android
Artikel SelanjutnyaCara Hapus Video di Telegram Android yang Mudah
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini