Cara Menjadikan Smartphone Sebagai Remote TV

214
Cara Menjadikan Smarphone Sebagai Remote TV
Cara Menjadikan Smarphone Sebagai Remote TV

Cara Menjadikan Smartphone Sebagai Remote TV Semakin berkembangnya zaman sekarang ini semakin bertambah lagi fungsional smartphone dari waktu ke waktu. Selain untuk berkomunikasi smartphone ternyata juga bisa menggantikan remote TV yang hilang atau rusak. Remote berfungsi sebagai alat elektronik yang di gunakan untuk mengoperasikan mesin jarak jauh, untuk TV bisa mengganti channel televisi, mengatur volume dan lainnya. Tv adalah salah satu elektronik yang sudah ada sejak dulu yang menjadi salah satu perangkat yang di perlukan. Maka dari itu kali ini kita akan membahas Cara Menjadikan Smarphone Sebagai Remote TV.

Cara Menjadikan Smarphone Sebagai Remote TV

Makin lama TV makin berevolusi, entah itu dari segi mesin, bentuk dan kinerjanya sehingga bisa membuat kita nyaman untuk menonton TV. Tetapi di samping menonton televisi itu kita akan di hadapi dengan persoalan remote TV, entah itu hilang atau rusak. Menyebalkan sekali bukan kalau kita lagi asik menonton TV tetapi tiba-tiba remot hilang entah kemana dan bisa saja juga terjadi kerusak. Hal itu membuat kita susah untuk mengganti channel karena harus menekan tombol langsung dar televisinya. Jadi penggunaan teknologi yang menjadikan smartphne sebagai remote adalah salah satu solusi yang sangat membantu kita semua.

Baca Juga:

Dengan bantuan aplikasi remote TV yang hadir di smartphone dengan di lengkapi beragam fitur canggih bisa mengatasi masalah kita. Aplikasi remote TV online ini juga dapat bekerja sama pada semua jenis TV mulai dri TV LCD biasa, TV LED, hingga TV keluaran terbaru. Perlu juga diketahui bahwa tidak semua hp android bisa dijadikan sebagai remote TV. Anda harus tahu terlebih dahulu apa saja yang di butuhkanya misalkan koneksi Bluetooth, WiFi bahkan IR atau InfraRed. Fungsi infraRed yaitu sebagai sensor yang memberikan kemudahann pada kita untuk mengganti channel-channel TV.

Cara Menjadikan Smartphone Sebagai Remote TV

Dengan beberapa fitur yang di tawarkan setiap aplikasi yang ternyata bisa di gunakan sebagai remote untuk perangkat elektronik rumah tangga seperti TV. Untuk merubah smartphone menjadi remote universal kalian harus menginstal aplikasi tambahan yang ada di play store. Nah di artikel kali ini saya akan memberitahu bagaimana Cara Menjadikan Smarphone Sebagai Remote TV serta penjelasan dari setiap aplikasinya. Simak ulasannya di bawah ini.

1. ASmart Remote IR

Aplikasi ASmart Remote IR adalah aplikasi yang di kembangkan oleh NXRsoft dengan tidak hanya mendukung pengoperasian untuk televisi saja. Anda juga bisa menggunakan aplikasi ini menjadi remote AC, DVD, Proyektor, dan kamera DSLR. ASmart jauh mendukung sebagian besar merek dan model dengan semua fungsi yang di verifikasi, jadi kalian tidak perlu membeli universal remote kontrol lagi cukup mendownload ASmart remote IR dan anda dapat menggunakan remote di perangkat smartphone. Sesuai dengan namanya, pengoperasian ASmart remote IR hanya membutuhkan modeul IR blaster yang sudah ditemukan pada smartphone saat ini, seperti xiaomi.

ASmart Remote IR

Berikut langkah-langkah smartphone menjadi remote TV :

  1. Unduh dan pasang ASmart Remote IR di smartphone anda
  2. Buka aplikasi lalu tekan ikon Plus yang berada di bagian atas
  3. Kemudian tambahkan perangkat elektronik yang di inginkan, misalnya TV pilih saja merk TV anda
  4. Lalu, silahkan menguji tombol di aplikasi apakan berfungsi atau tidak
  5. Jika tidak dapat berfungsi, anda harus mencari tombol yang bekerja
  6. Bila sudah ketemu, maka anda bisa menggunakannya.

ASmart remote IR ini memberikan tombol remote yang berguna untuk netflix dan hulu di beberapa merk dan jenis TV. Selain itu aplikasi ini sudah tebukti berhasil digunakan di smartphone untuk remote TV tabung.

2. Mi Remote

Mi remote merupakan sebuah aplikasi buatan xiomi, dari namanya saja kita telah dapat menduga kegunaan aplikasi ini sebagai pengontrol seperti remote. Mi remote memiliki semua informasi yng anda butuhkan tentang acara TV favorit, sehingga dapat beralih saluran lebih cepat. Mi remote menyediakan bebrapa jenis pilihan perangkat elektronik selain TV, mi remote juga menyediakan beberapa perangkat lain seperti, DVD player, kipas angan, AC, kamera, proyektor dan lain-lain. Degan menyimpan pengaturan yang sesuai dan bekerja pada perangkat elektronik anda, makan tidak perlu lagi mengatur kembali ketika aplikasi mi remote sudah di tutup.

Cara menggunakan Mi remote sebagai remote Televisi :

  1. Download aplikasi Mi remote centroller melalui PlayStore di perangkat anda
  2. Lalu tekan ikon + yang berada di pojok kiri atas aplikasi
  3. Pilih perangkat elektronik Televisi yang akan di gunakan
  4. Tentukan Merek perangkat anda
  5. Kalian ikuti arahan dari aplikasi mi remote
  6. Jika tombol bekerja, anda dapat menyimpan penganturan tersebut.

3. ZaZa Remote

Zaza remote merupakan aplkasi remote yang cukup bisa menjadi pilihan karena memiliki database remote conttrol yang sangat banyak. Selain untuk pengganti remote TV, aplikasi ini juga bisa di gunakan untuk perangkat lain, seperti AC, DVD, dan lainnya. Fungsi karakteristik dari zaza remote ini dapat mencari remote control dengan model, kendali jarak jauh yang sangat besar, dan remote control DIY. Aplikasi zaza remote memiliki ukuran 38 MB, memiliki penilaian 3,7 dan sudah di download 10 juta pengguna android. Sekarang dengan aplikasi ini kalian bisa menemukan tipe perangkat elektronik yang sesuai dengan aplikasi zaza remote.

ZaZa Remote

Cara membuat smartphone menjadi remote tv dengan zaza remote :

  1. Instal aplikasi ZaZa remote di android via Play Store
  2. Kemudian buka dan jalankan aplikasi tersebut
  3. Lalu tekan ikon plus + yang berada di bagian atas
  4. Pilih perangkat yang di inginkan seperti TV
  5. Tentukan Merek dari perangkat yang ingin di remote
  6. Tap ikon Power untuk menguji apakah remote bekerja dengan baik atau tidak
  7. Selanjutnya, pilih No Response jika remote tidak berfungsi di perangkat anda
  8. Cari ikon power hingga menemukan yang bekerja.

4. Universal Remote TV

Universal Remote TV

Universal remote TV satu-satunya pengaturan yang diperlukan adalah untuk menghubungkan smartphone anda ke jaringan wifi yang sama. Smartphone anda harus memiliki inframerah (IR) bawaan agar aplikasi berfungsi sebagai remote control. Fitur inframerah diperlukan untuk mengirim sinyal dari smartphone ke perangkat TV seperti halnya remote TV biasa. Aplikasi ini merupakan remote tv untuk jenis TV tabung serta LED pada semua merek. Aplikasi ini diunduh dan di gunakan lebih dari 50 juta pengguna di seluruh dunia dan hanya memiliki ukuran 7.3 MB.

Penutup

Nah itulah Cara Menjadikan Smarphone Sebagai Remote TV yang bisa membantu anda untuk menggunakan smartphone sebagai remote tv. Semoga bermanfaat dan bisa kalian coba di rumah, jangan lupa juga kalian share artikel ini di sosial media kalian. Sampai jumpa lagi.

Artikel SebelumnyaAplikasi Ekstrak Compres File Android Tercepat! 2020
Artikel SelanjutnyaAplikasi Video Time Lapse 2020! Wajib Kamu tahu
Hello people :) Perkenalkan nama saya Jimi, dan hobi saya bermain game PC.. Saya lebih memilih untuk mencari pundi uang dari menulis artikel ya, ketimbang menjadi seorang streaming maupun youtuber :) this is my passion. Thank you for visiting Bukandroid.com and, jangan lupa share artikel kita di atas agar bermanfaat juga untuk sahabat kamu. ^_^

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini