Cara Mengubah Telegram Seperti WhatsApp di Android

15
Mengubah Telegram Seperti WhatsApp
Mengubah Telegram Seperti WhatsApp

Mengubah Telegram Seperti WhatsApp – Telegram dan WhatsApp merupakan dua aplikasi chatting online yang cukup populer saat ini. Kedua aplikasi chatting online tersebut hadir untuk berbagai jenis perangkat, baik itu Android maupun iOS. Bahkan dihadirkan pula versi website yang memungkinkan untuk kamu akses melalui browser. Hal ini tentunya bisa kamu manfaatkan untuk mengakses akun dari kedua aplikasi chat tersebut melalui perangkat komputer. Tampilannya tidak jauh berbeda dan tentunya terintegrasi langsung ke masing-masing akun di perangkat smartphone milikmu.

Mengubah Telegram Seperti WhatsApp
Mengubah Telegram Seperti WhatsApp

Telegram dan WhatsApp memiliki kelebihan tersendiri yang menjadi daya tarik masing-masing. Untuk soal keamanan, kedua aplikasi chatting online ini dibekali dengan enkripsi end-to-end tercanggih yang membuat lalu lintas chat hanya bisa dilihat oleh pengirim dan penerima saja. Bahkan orang yang ada dibalik Telegram maupun WhatsApp saja tidak mampu meretas dan melihat isi chat yang sedang dikirim. Masing-masing developer sering memberikan update terbaru untuk aplikasi besutannya ini. Gunanya untuk mengatasi bug, serta menambahkan fitur baru di dalamnya.

Baca Juga:

Para pengguna selalu punya keinginan lebih dalam penggunaan aplikasi chatting online ini, baik itu Telegram maupun WhatsApp. Bagi pengguna Telegram, mereka merasa bosan dengan tampilan antarmuka Telegram yang menoton. Dalam hal ini mereka ingin mengubah tampilannya tersebut agar tampak berbeda dari biasanya, misalnya saja dengan mengubah tampilan Telegram layaknya WhatsApp. Meskipun terbilang jauh berbeda antara Telegram dan WhatsApp, tetapi bukan tidak mungkin kita membuat tampilan Telegram mirip seperti WhatsApp. Berikut cara mengubah Telegram seperti WhatsApp di HP android yang bisa kamu simak dan terapkan.

Perbedaan Telegram dan WhatsApp yang Perlu Kamu Tahu

Merupakan dua aplikasi chat paling dominan dibandingkan aplikasi sejenis lainnya, kedua aplikasi ini punya kelebihan masing-masing. Selain kelebihan, perbedaa juga bisa dilihat dari beberapa segi, baik dar tampilan, fitur dan tata letak menunya. Yang pasti, kedua aplikasi tersebut memiliki peminat tersendiri. Adapun beberapa perbedaan antara Telegram dan WhatsApp tersebut, di antaranya:

1. Tata Letak Menu

Pada Telegram memiliki tampilan utama obrolan dan kontak yang disimpan di Buku Kontak. Sementara pada WhatsApp lebih bervariasi, yakni terdapat menu obrolan, status dan juga riwayat panggilan. Tata letak menu dari kedua aplikasi ini menjadi ciri khas masing-masing sehingga menjadi daya tarik bagi pengguna.

2. Fitur Enkripsi

Untuk soal keamanan, Telegram bisa dibilang lebih unggul dibandingkan WhatsApp. Meskipun keduanya sama-sama menerapkan enkripsi end-to-end, tetapi enkripsi yang digunakan Telegram lebih canggih. Kerahasiaan chat bisa lebih terjamin, di mana pengguna memungkinkan untuk mengatur pesan dapat diteruskan atau tidak.

3. Username

Untuk pengguna Telegram memungkinkan untuk mengatur privasi nomor telepon, di mana kita bisa menyembunyikan atau menampilkannya. Selain itu, pengguna juga bisa membuat username atau nama pengguna untuk akun Telegram. Dalam hal ini kita juga memungkinkan untuk terhubung dengan pengguna lain yang tidak memiliki nomor telepon.

4. Tema

Seperti yang kita tahu, di WhatsApp sudah bisa mengubah tampilan dengan menerapkan tema yang disediakan. Namun, tema di WhatsApp ini hanya tersedia dua mode, yakni tema mode gelap dan terang.

Sementara di Telegram lebih bervariasi, di mana kita dapat mengubah tema atau tampilan Telegram sesuka hati. Namun, kita perlu mendownload dulu file tema Telegramnya, kemudian menerapkan pada aplikasi Telegram di HP kita.

5. Bot, Channel dan Grup

Baik di Telegram maupun WhatsApp, disediakan fitur untuk membuat grup yang anggotanya bisa diatur sendiri. Namun, di WhatsApp tidak ada fitur yang berfungsi untuk membuat Channel dan Bot.

Channel Telegram lebih mirip seperti sebuah komunitas publik yang bisa diikuti oleh siapa saja. Sementara untuk bot Telegram merupakan halaman khusus layaknya robot, di mana fungsinya berbeda-beda untuk masing-masing bot. Kamu bisa membuat atau menggunakan bot Telegram apa pun yang sudah tersedia di dalamnya. Untuk mencarinya bisa menggunakan fitur Pencarian atau Search yang ada di Telegram.

6. Fitur Panggilan

Terdapat 2 jenis fitur panggilan yang disediakan di WhatsApp, yakni fitur panggilan suara dan panggilan video. Bahkan untuk fitur panggilan WhatsApp ini kita memungkinkan untuk melakukan panggilan grup atau banyak pengguna sekaligus.

Sementara di Telegram hanya tersedia fitur panggilan suara saja. Memang sudah disediakan fitur untuk panggilan video di Telegram, tetapi masih dirasa lebih unggul milik WhatsApp untuk fitur ini.

Cara Mengubah Telegram Seperti WhatsApp di Android

Template Telegram Seperti WhatsApp
Template Telegram Seperti WhatsApp

Seperti yang dijelaskan di atas, pada aplikasi Telegram kita memungkinkan untuk mengubah tema atan tampilannya sesuai yang kita inginkan. Tema yang disediakan lebih bervariasi dan lengkap, sehingga pengguna tidak akan bosan dengan tampilannya. Dalam hal ini kita juga memungkinkan untuk menerapkan tema khusus yang membuat tampilan Telegram mirip dengan WhatsApp.

Setidaknya ada 2 metode yang bisa dilakukan untuk mengganti tampilan Telegram seperti WhatsApp ini. Mengenai cara mengubah Telegram seperti WhatsApp di HP android selengkapnya, sebagai berikut:

1. Menggunakan Tema Telegram Mirip WhatsApp

Untuk cara yang pertama ini kita bisa memanfaatkan tema Telegram khusus yang memang dibuat semirip mungkin seperti WhatsApp. Kamu perlu mengunduh file temanya terlebih dahulu, kemudian menerapkannya pada aplikasi Telegram milikmu. Untuk langkah-langkah melakukannya sendiri, yakni:

  • Pertama kamu buka aplikasi Telegram di HP androidmu.
  • Pada halaman utama aplikasi, kamu klik menu Pencarian di pojok kanan atas tampilan. Kemudian ketik kata kunci “Android Themes Channels” lalu klik Android Themes Channels yang ada centang birunya.
  • Pada halaman channel tersebut, kamu klik Bergabung.
  • Sekarang klik ikon Tiga Titik di pojok kanan atas, lalu pilih menu Cari. Lalu ketik kata kunci “WhatsApp” dan klik Cari.
  • Di sana kamu melihat tema bernama WhatsTM by Dio_s. Selanjutnya terapkan tema tersebut dengan klik file WhatsTM.attheme yang ada di atasnya. Preview tampilan tema akan dimunculkan di sana, selanjutnya klik tombol Terapkan yang ada di bagian kanan bawah tampilan.
  • Dengan begitu akan secara otomatis tampilan Telegram akan mirip seperti WhatsApp.
  • Selesai.

Selain tema WhatsTM di atas, kamu juga bisa memilih tema lainnya yang disediakan di sana sesuai keinginan. Dengan demikian kamu tidak akan merasa bosan dengan tampilan Telegram yang monoton. Jika sudah merasa bosan, tinggal kamu cari tema yang menarik di Android Theme Channels tadi dan terapkan pada aplikasi Telegram milikmu.

2. Mengubah Tata Letak Menu Telegram

Sementara untuk cara yang kedua ini bisa dijadikan langkah lanjutan untuk mengubah tampilan Telegram seperti WA. Nantinya pada halaman utama Telegram akan ditambahkan beberapa menu di bagian atas layaknya WhatsApp. Bedanya, menu yang ditambahkan di sini merupakan menu Obrolan. Untuk cara melakukannya sendiri, yakni:

  • Langkah yang pertama kamu buka aplikasi Telegram di perangkat HP android.
  • Kemudian klik menu Tiga Garis di pokok kiri atas tampilan.
  • Lalu masuk ke opsi Pengaturan atau Settings.
  • Gulir ke bawah, kemudian klik pada opsi Folder Obrolan atau Folder Chat.
  • Lanjutkan dengan klik menu Tambahkan Folder Baru, kemudian klik Tambah Obrolan.
  • Pada bagian Jenis Obrolan, kamu pilih salah satu atau beberapa jenis obrolan yang ingin ditampilkan sebagai menu di halaman utama. Misalnya saja memilih jenis obrolan Bot, Channel dan Grup. Jika sudah, selanjutnya klik ikon Centang di pojok kanan bawah tampilan.
  • Simpan pengaturan tersebut dengan klik SIMPAN yang ada di bagian kanan atas tampilan.
  • Selesai.

Penutup

Itulah tadi dua cara mengubah Telegram seperti WhatsApp di HP android yang mudah bisa kamu terapkan sendiri. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaCara Menonaktifkan Mode Terbatas Youtube di Android
Artikel SelanjutnyaCara Jual Hero di Mobile Legends di Android
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini