Cara Mengubah Kualitas Gambar Menjadi HD di Android

41
Mengubah Kualitas Gambar Menjadi HD
Mengubah Kualitas Gambar Menjadi HD

Mengubah Kualitas Gambar Menjadi HD – Mengedit foto bukanlah pekerjaan yang mudah, apalagi untuk kita yang belum paham seluk beluk desain grafis. Selain itu, kita juga butuh beberapa alat dan bahan yang mungkin beberapa tidak bisa didapatkan secara gratis. Misalnya saja perangkat untuk mengedit foto, baik itu menggunakan smartphone, PC atau perangkat lainnya. Selain itu, dibutuhkan juga skill dalam mengedit foto agar hasilnya semakin menarik dan artistik. Skill sebenarnya bisa terus diasah dan dikembangkan dengan cara belajar dari orang yang berpengalaman serta banyak berlatih.

Mengubah Kualitas Gambar Menjadi HD
Cara Mengubah Kualitas Gambar Menjadi HD

Kesulitan dalam mengedit sebuah foto agar menjadi lebih bagus sepertinya sudah bisa dipermudah di jaman sekarang ini. Hadirnya perangkat smartphone android beserta aplikasi edit foto yang beragam, memudahkan kita dalam hal mengedit foto. Yang terbaru lagi adalah kecerdasan buatan atau AI yang dapat menyulap sebuah foto menjadi seperti apa pun yang kita inginkan hanya dengan sekali klik. Kita hanya perlu menuliskan perintah pada AI edit foto ini, maka sekejap AI akan memberikan hasil editing foto sesuai yang diperintahkan. Semua serba mudah dilakukan, bahkan orang awam pun tidak akan lagi merasa kesulitan dalam mengedit foto.

Baca Juga:

Berbicara mengenai foto, ada kalanya kita memiliki foto lama yang ukurannya kecil dan kualitas foto buram atau blur. Di jaman dulu kamera HP tidak secanggih sekarang ini, yang mana hasil jepretannya masih cukup standar dan apa adanya. Beruntungnya sekarang ini sudah hadir banyak aplikasi yang mampu mengubah foto yang buram dan pecah menjadi HD. Hasilnya foto terlihat sangat jernih dan detail, bahkan tidak mempengaruhi sama sekali keaslian dari foto tersebut. Tidak perlu alat yang mahal, hanya dengan berbekal smartphone android kita sudah bisa melakukan cara tersebut. Berikut ini cara mudah mengubah kualitas gambar menjadi HP lewat HP android yang bisa kalian simak dan terapkan.

Cara Mengubah Kualitas Gambar Menjadi HD di Android

Untuk bisa mengubah kualitas foto menjadi HD dan jernih di HP android, setidaknya ada 2 metode yang bisa diterapkan. Kedua metode yang dimaksud yakni dengan memanfaatkan aplikasi pihak ketiga dan tanpa aplikasi. Kamu bisa memilih sendiri cara mana yang dianggap paling mudah untuk diterapkan.

Adapun cara mengubah kualitas gambar menjadi HP di smartphone android selengkapnya, sebagai berikut:

1. Ubah Kualitas Foto Menjadi HD dengan Aplikasi

Ubah Kualitas Foto Menjadi HD dengan Aplikasi
Ubah Kualitas Foto Menjadi HD dengan Aplikasi

Cara yang pertama kita akan memanfaatkan aplikasi pihak ketiga yang menyediakan fitur untuk mengedit foto di dalamnya, khususnya menjadikan foto pecah menjadi lebih jernih. Salah satu aplikasi terbaik untuk mengubah ukuran foto menjadi HD tersebut, yakni bernama UpFoto – AI Photo Enhancer.

Aplikasi UpFoto – AI Photo Enhancer ini sendiri dikembangkan oleh AI Photo Team dan sudah didownload lebih dari 10 juta kali di Google Play Store. Termasuk salah satu aplikasi paling populer, aplikasi ini dibekali dengan AI terbaik yang dapat menghasilkan foto HD berkualitas tinggi. Foto atau gambar yang awalnya terlihat buram, pecah, dan ukurannya kecil akan dibuat lebih jernih, detail dan HD.

Untuk langkah-langkah mengubah ukuran gambar menjadi HD menggunakan aplikasi UpFoto – AI Photo Enhancer tersebut, yakni:

  1. Langkah yang pertama kamu download dan install aplikasi UpFoto – AI Photo Enhancer terlebih dahulu dari Google Play Store.
  2. Jika sudah, selanjutnya jalankan aplikasi UpFoto – AI Photo Enhancer yang sudah diinstall tersebut.
  3. Pada tampilan awal, kamu lakukan pengaturan pada aplikasi tersebut. Mulai dari memilih bahasa, memilih membuat akun Pro atau Free, dan juga memberikan izin akses pada aplikasi tersebut.
  4. Nantinya kamu akan dibawa ke halaman utama aplikasi. Selanjutnya masukkan foto atau gambar yang ingin dijadikan HD dengan klik ikon Tambah (+) dan pilih fotonya.
  5. Selanjutnya klik tombol Tingkatkan, maka aplikasi akan memulai proses peningkatan kualitas foto dan tunggu sampai sukses.
  6. Jika sudah, nantinya hasil foto berhasil ditingkatkan kualitasnya akan ditampilkan di sana. Untuk menyimpan hasil foto tersebut, kamu klik tombol Simpan.
  7. Selesai.

Selain menggunakan aplikasi UpFoto – AI Photo Enhancer, kamu juga bisa menggunakan aplikasi serupa yang tersedia di Google Play Store. Berikut ini beberapa aplikasi alternatif untuk mengubah gambar jadi kualitas HD, di antaranya:

  1. Remini – AI Photo Enhancer
  2. Upscale.media
  3. AI Enlanger: For Photo & Anime
  4. Waifu2x ncnn: Image Upscaler
  5. iHancer: Penambah Gambar AI
  6. Waifu2x | Double Your Image
  7. Photo Enhancer & Blurry Fixer

Beberapa aplikasi alternatif di atas bisa kamu temukan di Google Play Store dan hampir semua aplikasi bisa digunakan secara gratis.

2. Ubah Kualitas Foto Menjadi HD dengan Tanpa Aplikasi

Ubah Kualitas Foto Menjadi HD dengan Tanpa Aplikasi
Ubah Kualitas Foto Menjadi HD dengan Tanpa Aplikasi

Khusus untuk kalian yang tidak suka ribet dengan harus menginstall aplikasi baru di HP android, maka bisa memilih cara kedua ini. Di sini kamu tidak perlu memasang aplikasi baru, melainkan memanfaatkan situs online yang punya fungsi sama dengan aplikasi di atas. Situs online ini tidak kalah canggih karena juga dibekali dengan AI yang dapat memperbaiki foto lama yang pecah dan blur.

Adapun langkah-langkah untuk cara mengubah kualitas gambar menjadi HD di android tanpa aplikasi tersebut, yakni:

  1. Langkah yang pertama kamu buka browser di perangkat HP androidmu.
  2. Kemudian kunjungi situs online photo editor bernama UpScalePics.
  3. Pada halaman utama situs, kamu klik menu Select Image yang ada di sana.
  4. Kemudian cari dan pilih gambar yang ingin ditingkatkan kualitasnya menjadi HD.
  5. Setelah berhasil diupload, sekarang kamu lakukan beberapa pengaturan. Mulai dari mengatur besar peningkatan resolusi atau ukuran pixel, format, hingga compress outputnya.
  6. Jika dirasa sudah pas semuanya, kemudian klik START PROCESSING. Maka situs akan memproses permintaan peningkatan kualitas gambar, simpan gambar hasil scaling jika sudah.
  7. Selesai.

Sama seperti aplikasi di atas, terdapat juga situs alternatif yang juga memiliki fungsi sama seperti UpScalePics, di antaranya:

  1. Fotor.com
  2. Cutout.pro
  3. Pichwish.com
  4. Adobe.com
  5. Remini – AI Photo Enhancer
  6. Upscale.media
  7. Iloveimg.com

Kamu tinggal memilih saja situs photo enhancer atau upscale mana yang lebih menarik untuk digunakan. Untuk hasilnya kurang lebih sama, di mana foto yang sebelumnya berukuran kecil, buram dan pecah akan diperbesar dan berkualitas HD. Beberapa situs mungkin mengharuskan penggunanya untuk berlangganan bulanan untuk menikmati fitur premium yang disediakannya.

Penutup

Itulah tadi cara mengubah kualitas gambar menjadi HD di HP android yang mudah dan praktis bisa kalian terapkan sendiri. Jangan lupa bagikan informasi ini ke akun media sosial pribadimu agar bermanfaat untuk orang lain.

Artikel SebelumnyaCara Update Emoji Samsung Terbaru yang Mudah
Artikel SelanjutnyaCara Melihat Ruang Kedua di OPPO yang Mudah
Abdul Wafi
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini