Cara Ampuh Menghilangkan Mode Aman di VIVO

135
Menghilangkan Mode Aman di VIVO
Menghilangkan Mode Aman di VIVO

Menghilangkan Mode Aman di VIVO – HP android di dalamnya dibekali dengan beragam fitur canggih guna untuk memaksimalkan fungsinya. Adanya fitur-fitur canggih di HP android juga bertujuan untuk semakin memudahkan aktivitas harian pengguna. Baik dalam hal menjalankan bisnis, mengerjakan tugas, mencari informasi, dan masih banyak lagi yang lainnya. Tidak lupa dengan dukungan spesifikasi HP android yang tinggi, membuatnya mampu menghasilkan performa kinerja yang cepat dan responsive.

Menghilangkan Mode Aman di VIVO
Menghilangkan Mode Aman di VIVO

Salah satu fitur canggih yang dihadirkan di HP android yang tidak banyak pengguna tahu, yakni Safe Mode atau Mode Aman. Layaknya Safe Mode di platform Windows, di android juga disediakan fitur serupa yang punya fungsi sama. Safe Mode atau Mode Aman pada android ini bahkan sudah bisa ditemukan di semua tipe dan merek HP, termasuk di HP merek VIVO. Untuk mengakses Safe Mode atau Mode Aman tersebut, biasanya kita perlu menekan kombinasi tombol saat menghidupkan HP. Saat HP mulai menyala, nantinya ia akan langsung masuk ke Mode Aman sesuai yang kita perintahkan tadi.

Baca Juga:

Namun, terkadang ada beberapa HP VIVO yang justru masuk ke Safe Mode atau Mode Aman dengan sendirinya. Hal ini tentunya cukup mengganggu kenyamanan pengguna, bahkan tidak jarang dari mereka mengira kalau HP-nya ini sudah rusak. Bagaimana tidak? Saat masuk ke Mode Aman, HP VIVO khususnya hanya akan memiliki tampilan antarmuka yang lebih sederhana. Selain itu, aplikasi yang disediakan di dalamnya hanya aplikasi esensial saja yang punya fungsi penting untuk tujuan diagnostic. Lantas, bagaimana cara menghilangkan Mode Aman di VIVO tersebut? Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

Apa Itu Mode Aman atau Safe Mode?

Sebelum lanjut ke pembahasan utama, sebaiknya kamu ketahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan Mode Aman atau Safe Mode di android tersebut. Mode Aman yang dikenal juga dengan sebutan Safe Mode merupakan mode khusus yang berguna untuk mendiagnosa permasalahan yang terjadi pada sistem HP android, sekaligus menyelesaikannya.

Pada Mode Aman HP android hanya akan menjalankan beberapa aplikasi esensial yang memiliki fungsi penting dalam hal diagnostik. Itu artinya aplikasi dan game yang sudah kamu install sebelumnya tidak akan ditampilkan saat HP masuk ke Mode Aman ini. Dan fungsi yang bisa dilakukan di HP yang masuk Safe Mode ini cukup terbatas, tidak seperti penggunaan sehari-hari. Umumnya HP yang masuk ke Safe Mode atau Mode Aman ditandai dengan adanya tulisa Safe Mode di bagian pojok bawah tampilannya.

Mode Aman atau Safe Mode sudah dihadirkan di semua perangkat HP berbasis Android, termasuk di HP VIVO. HP VIVO yang masuk ke Safe Mode misalnya, ini bukanlah suatu kerusakan. Kamu tidak perlu khawatir akan hal ini, pasalnya kamu bisa mengeluarkan HP dari Safe Mode dengan mudah dan praktis.

Cara Ampuh Menghilangkan Mode Aman di VIVO

Menghilangkan Safe Mode di VIVO
Menghilangkan Safe Mode di VIVO

Adapun untuk menghilangkan Safe Mode di HP VIVO, sebenarnya hanya ada satu cara yang disediakan, yakni dengan menekan tombol tertentu. Akan tetapi, terkadang cara tersebut tidak cukup ampuh untuk mengeluarkan HP dari Safe Mode tersebut. Sehingga perlu cara alternatif lain yang dilakukan untuk mengatasi hal ini.

Mengenai cara paling ampuh untuk menghilangkan Mode Aman di VIVO selengkapnya, sebagai berikut:

1. Merestart HP VIVO

Secara normal HP VIVO yang masuk ke Mode Aman bisa dikeluarkan dengan cara melakukan Restart atau Nyalakan Ulang. Cara melakukannya sama seperti saat akan merestart HP VIVO di mode normal. Cukup merekan tombol Power selama beberapa detik hingga muncul opsi di layar. Selanjutnya pilih menu Restart atau Mulai Ulang untuk merestart HP VIVO.

Tunggu beberapa saat hingga HP VIVO selesai melakukan restart dan HP menyala kembali. Saat ini HP VIVO seharusnya sudah masuk ke mode normal, di mana tulisan Safe Mode atau Mode Aman sudah hilang.

2. Mematikan HP VIVO

Pada kondisi tertentu Safe Mode VIVO tidak bisa dihilangkan meskipun sudah dilakukan restart. Jika seperti ini, kamu bisa mencoba untuk mematikan HP VIVO dengan cara menekan tombol Power beberapa saat hingga muncul opsi di layar. Selanjutnya pilih opsi Matikan Perangkat atau Shutdown untuk mematikannya.

Selanjutnya kamu buka bagian baterai HP VIVO tersebut untuk membuatnya mati total tanpa adanya aliran listrik sama sekali. Diamkan selama beberapa waktu, kemudian kamu pasang kembali baterai HP VIVO. Dan terakhir nyalakan HP VIVO seperti biasa, yakni dengan menekan tombol Power beberapa saat.

3. Memeriksa Tombol pada HP VIVO

HP VIVO yang selalu masuk ke Safe Mode atau Mode Aman bisa jadi karena tombol yang error, misalnya saja tombol yang tertekan terus. Seperti yang dijelaskan di atas, untuk masuk ke Safe Mode kita bisa menggunakan kombinasi tombol HP VIVO. Dalam hal ini kamu ingin menghidupkan HP dengan menekan tombol Power saja, tetapi ternyata tombol lain di HP ikut tertekan sehingga membuatnya masuk lagi ke Safe Mode.

Untuk masalah seperti ini kamu bisa membongkas casing HP VIVO, kemudian periksa pada bagian tombolnya. Bersihkan bagian dalam tombol jika memang ada kotoran atau benda tersangkut di sana yang menyebabkan tombol terus tertekan. Jika perlu kamu bisa mengganti komponen tombol kalau dirasa sudah tidak bisa diperbaiki lagi.

4. Uninstall Aplikasi Tertentu

HP VIVO yang masuk ke Safe Mode terus-menerus juga bisa disebabkan karena aplikasi atau game yang kamu install. Terutama aplikasi atau game yang diinstall tidak dari Google Play Store, terlabih lagi aplikasi MOD atau Modifikasi. Ingat-ingat lagi aplikasi apa yang kamu install terakhir kali sebelum HP VIVO terus masuk ke Mode Aman. Jika sudah ketemu, selanjutnya kamu lakukan penghapusan pada aplikasi tersebut.

Untuk cara melakukan penghapusan atau uninstall aplikasi di HP VIVO tersebut, yakni:

  • Buka menu Setelan di HP VIVO.
  • Kemudian masuk ke opsi APL.
  • Cari dan pilih aplikasi yang ingin dihapus atau diuninstall.
  • Selanjutnya klik tombol Uninstal atau Hapus Instalasi.
  • Konfiramsi penghapusan aplikasi dengan pilih Uninstal.
  • Selesai.

5. Reset HP VIVO

Dan cara yang terakhir untuk menghilangkan Mode Aman di VIVO yang tidak bisa hilang yakni dengan melakukan reset atau mengembalikannya ke settingan awal pabrikan. Ada beberapa metode yang bisa dilakukan untuk mereset HP VIVO. Namun, yang paling mudah dilakukan yakni dengan melalui menu Pengaturan. Untuk langkah-langkah reset HP VIVO ini sendiri, yakni:

  • Buka menu Setelan di HP VIVO.
  • Kemudian masuk ke opsi Cadangkan dan Setel Ulang.
  • Selanjutnya pilih Reset.
  • Lanjut dengan pilih opsi Reset ke Setelan Pabrik, lalu konfirmasi dengan pilih Reset.
  • Selesai.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mudah menghilangkan Mode Aman di VIVO yang paling ampuh bisa kamu terapkan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaCara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD VIVO yang Mudah
Artikel SelanjutnyaCara Batalkan Langganan GetContact di Android
Abdul Wafi
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini