5 Cara Menghilangkan Mode Aman di Android

Menghilangkan Mode Aman di Android – Tidak hanya di perangkat Windows saja, di perangkat smartphone dengan Sistem Operasi Android juga menyediakan fitur Safe Mode atau Mode Aman. Mode ini biasanya digunakan oleh pengguna untuk melakukan diagnosa kinerja sistem dan juga melacak apakah ada masalah error di dalamnya. Adanya mode ini akan memudahkan pengguna dalam melakukan troubleshooting atau perbaikan pada sistem android khususnya. Untuk mengakses Safe Mode tersebut pengguna perlu melakukan trik khusus.

Menghilangkan Mode Aman di Android
Menghilangkan Mode Aman di Android

Safe Mode atau Mode Aman sekilas mirip seperti tampilan utama di layar smartphone android. Hanya saja, pada satu sisi layar terdapat tulisan Safe Mode atau Mode Aman, lebih tepatnya di bagian pojok bawah tampilan layar. Pada tampilan Safe Mode, hanya penggunaan HP android akan dibatasi, di mana HP hanya bisa menjalankan fungsi utamanya saja. Selain itu, yang ditampilkan di layar menu hanyalah aplikasi sistem dan bawaan saja, aplikasi yang kamu install secara manual akan disembunyikan dan tidak bisa diakses. Saat HP masuk ke Safe Mode, beberapa pengguna mengira kalau HP-nya tersebut sudah rusak, nyatanya tidak demikian.

Baca Juga:

Umumnya untuk bisa masuk ke Safe Mode atau Mode Aman, pengguna perlu menekan kombinasi tombol tertentu. Jika HP androidmu menampilkan Safe Mode dengan sendirinya, bisa jadi memang ada masalah pada sistem android. Misalnya saja saat lagi asyik mengoperasikan HP, tiba-tiba HP melakukan restart dan masuk ke Mode Aman. Jika sudah seperti ini, cobalah untuk keluar dari Mode Aman android tersebut dengan cara yang sudah disediakan. Belum tahu cara menghilangkan atau keluar dari Mode Aman tersebut? Berikut ini cara menghilangkan Mode Aman di Android selengkapnya yang bisa kamu baca.

Penyebab Masuk ke Mode Aman di Android

Sebelum lanjut ke cara keluar dari Safe Mode di android, sebaiknya kamu ketahui dulu apa yang menyebabkan HP masuk ke mode tersebut. Seperti yang dijelaskan di atas, untuk masuk ke Mode Aman atau Safe Mode ini bisa dilakukan dengan cara manual, yakni dengan menekan tombol fisik tertentu di HP. Akan tetapi, jika HP secara otomatis masuk ke Safe Mode, maka ini perlu dicari tahu.

Beberapa faktor yang bisa menyebakan HP menampilkan Safe Mode atau Mode Aman tersebut, di antaranya:

  • Tidak sengaja menekan tombol tertentu. Cara masuk ke Safe Mode di android yakni dengan menekan tombol Power agak lama sampai muncul pilihan Matikan Daya, Mulai Ulang dan Mode Darurat. Kemudian kamu tekan dan tahan pada opsi Matikan Daya dan pilih Mode Aman. Mungkin saja kamu tidak sengaja melakukan cara ini sehingga HP masuk ke Mode Aman atau Safe Mode.
  • Virus dan Malware. Selain karena menekan tombol, penyebab lainnya HP masuk ke Safe Mode secara otomatis yakni karena virus dan malware yang masuk ke dalamnya. Virus dan malware bisa masuk dari web ilegal, aplikasi MOD, game MOD dan lain sebagainya.
  • Malfungsi aplikasi. Aplikasi yang diinstall di perangkat android juga bisa menjadi penyebab HP masuk ke Safe Mode. Misalnya saja aplikasi yang tidak berfungsi sebagaimana biasanya yang menyebabkan sistem android error dan masuk ke Safe Mode tanpa perintah pengguna.
  • Sistem android mengalami bug. Penyebab lainnya yakni karena adanya bug pada sistem android, baik itu karena aktivitas oprek oleh pengguna atau sistem yang sedang error.
  • Aktivitas rooting HP. Me-root HP memang bisa membuat pengguna bebas melakukan oprek sistem dan melakukan modifikasi. Namun, hal ini tidak jarang membuat sistem android mengalami masalah error, salah satunya sering masuk ke Safe Mode.

Cara Menghilangkan Mode Aman di Android

Cara Keluar dari Mode Aman di Android
Cara Keluar dari Mode Aman di Android

Mengetahui beberapa penyebab HP android menampilkan Mode Aman atau Safe Mode, sekarang lanjut ke cara keluar dari mode tersebut. Ada beberapa metode yang bisa kamu terapkan untuk keluar dari Safe Mode, di antaranya:

1. Lakukan Restart HP Android

Cara yang paling mudah untuk keluar dari Safe Mode atau Mode Aman yakni dengan melakukan restart. Layaknya tampilan utama di HP, Safe Mode juga menyediakan opsi untuk mematikan daya dan restart. Kamu bisa memanfaatkan opsi tersebut untuk keluar dari tampilannya.

Untuk cara melakukan restart pada HP yang masuk ke Safe Mode sendiri, yakni:

  • Tekan dan tahan tombol Power hingga muncul beberapa opsi di layar.
  • Selanjutnya kamu pilih opsi Restart atau Mulai Ulang (Reboot).
  • Nantinya HP akan melakukan restart dengan sendirinya, kemudian menampilkan layar menu utama seperti biasa.
  • Selesai.

2. Melepas Baterai HP Android

Jika cara di atas tidak bisa diterapkan, alternatif lainnya yang bisa dilakukan untuk keluar dari Mode Aman yakni dengan melepas baterai HP. Cara ini tentunya hanya direkomendasikan untuk HP dengan dukungan baterai non-removable. Pasalnya, untuk dengan baterai tanam akan lebih susah untuk melepas baterainya. Kamu perlu membongkar casing belakang HP yang tentunya ini hanya bisa dilakukan oleh pengguna yang mengerti saja.

Melepas baterai HP akan membuat HP mati total. Setelah baterainya dilepas, selanjutnya kamu pasang lagi ke HP. Kemudian hidupkan HP seperti biasa dengan menekan tombol Powernya. Biasanya HP akan menampilkan layar utama, bukan lagi masuk ke Mode Aman.

3. Uninstall Aplikasi Tertentu

Jika hal ini kamu alami ketika baru menginstall aplikasi baru di HP android, maka bisa dipastikan masalah masuk ke Mode Aman disebabkan oleh aplikasi tersebut. Hal ini akan lebih mungkin terjadi jika kamu mengunduh aplikasi tersebut dari situs lain selain Google Playstore. Kemungkinan besar aplikasi tersebut tidak berfungsi sempurna atau ada data corrupt di dalamnya sehingga menyebabkan sistem android error.

Sebaiknya lakukan uninstall atau pencopotan pada aplikasi tersebut agar HP kembali normal. Caranya dengan tekan dan tahan ikon aplikasi yang ingin diuninstall, kemudian pilih opsi Uninstall atau Hapus Instalasi. Jika sudah, kamu lakukan restart HP android seperti biasa.

4. Melakukan Clear Cache Android

Cache yang tersimpan di memori juga bisa menyebabkan HP masuk ke Safe Mode dengan sendirinya. Untuk itu, kamu perlu melakukan penghapusan cache tersebut agar HP kembali normal. Untuk cara penghapusannya sendiri, yakni:

  • Pertama kamu matikan HP seperti biasa.
  • Kemudian Tekan dan Tahan tombol Power + Volume Atas (HP lain menggunakan kombinasi tombol Power + Volume Bawah) selama beberapa detik hingga HP menyala.
  • Nantinya kamu akan dibawa ke halaman Recovery Mode.
  • Pada halaman tersebut kamu pilih Wipe Cache, kemudian konfirmasi penghapusan file cache android. Gunakan tombol Volume untuk menavigasi pilihan dan tombol Power untuk memilih atau eksekusi pilihan.
  • Jika sudah, selanjutnya pilih Reboot System Now.
  • Selesai.

5. Lakukan Factory Reset

Jika cara di atas masih belum bisa mengatasi HP yang masuk ke Mode Aman secara terus-menerus, maka cara terakhir bisa dilakukan yakni dengan melakukan hard reset atau factory reset. Menerapkan cara ini akan menghapus semua data yang tersimpan di memori internal, sehingga kamu perlu melakukan backup jika memang terdapat data penting di dalamnya.

Untuk melakukan factory reset di android ini sendiri bisa dilakukan melalui menu Pengaturan dan lewat Recovery Mode. Di sini akan dijelaskan cara factory reset android melalui Recovery Mode, yakni:

  • Matikan HP seperti biasa.
  • Kemudian hidupkan dengan menekan dan tahan tombol Power + Volume Atas hingga muncul tampilan di layar.
  • Pada halaman Recovery Mode, kamu pilih Wipe Data / Factory Reset.
  • Kemudian konfirmasi dengan pilih Yes, Wipe Data All.
  • Jika sudah, selanjutnya pilih Reboot System Now.
  • Selesai.

Penutup

Itulah tadi cara menghilangkan Mode Aman di android yang mudah dan ampuh bisa coba kamu terapkan. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Abdul Wafihttps://www.bukandroid.com
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Konten Terbaru

Related news

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini