Cara Jitu Menghentikan Aplikasi Terinstall Sendiri Pada Smartphone

Cara Jitu Menghentikan Aplikasi Terinstall Sendiri Pada Smartphone – Sebagai pengguna smartphone android kita terkadang merasa heran jika melihat tiba – tiba ada suatu aplikasi misterius yang terinstall dengan sendiri nya tanpa kita ketahui. Dimana kasus ini sendiri tidak hanya terjadi pada salah satu vendor ternama suatu hp saja, tapi secara keseluruhan juga pernah merasakan nya. Masalah tersebut sangat penting untuk kita selesaikan, karena jika di biarkan lambat laut akan memakan banyak memori internal tanpa anda sadari itu, dan juga jelas akan berdampak juga pada kalian para pengguna internet berkuota, sebab android hp melakukan download tanpa pemberitahuan terlebih dulu.

Cara Jitu Menghentikan Aplikasi Terinstall Sendiri Pada Smartphone

Sering kali juga masalah yang timbul ini sangat menjengkelkan, meskipun sudah mematikan opsi download otomatis pada smartphone android dan nampak nya hal tersebut masih saja berjalan. Dan juga di lain kasus, lebih tepat nya temen saya, ia sudah melakukan hard reset sekalipun, namun masih tetap saja kasus ini terjadi pada playstore yang ia miliki. Jadi, bagaimana cara jitu menyelesaikan masalah tersebut ? Hal ini akan sangat mudah kita selesaikan sendiri jika sudah mengetahui pasti apa penyebab error itu muncul. Faktor pertama yang menyebabkan kasus ini terjadi adalah di sebabkan oleh virus, ini akan sangat berdampak bagi kamu yang suka melakukan penginstallan apk yang di download melalui browser bukan dari Google Play Store.

Baca Juga :

Faktor selanjutnya yaitu tidak ada aplikasi antivirus yang terdapat dalam smartphone tersebut, di mana seperti yang kita ketahui sekarang bahwa dengan browser atau mengunjungi website – website saja kita sudah bisa terkena virus. Tak sedikit malah sekarang ini pada suatu website terdapat virus yang sengaja di pasang oleh pemiliknya dengan berbagai alasan tertentu, bahkan untuk user pc saja banyak website yang telah memasang script minning untuk memaksa si visitor menambang. Akan tetapi, bagi kamu yang smartphone nya mengalami penginstallan aplikasi secara otomatis, tidak usah cemas lagi, sebab pada kesempatan kali ini saya akan memberikan anda beberapa solusi jitu yang mampu untuk menyelesaikan error jenis ini.

Cara Jitu Menghentikan Aplikasi Terinstall Sendiri Pada Smartphone

Selain faktor – faktor yang saya jelaskan di atas tadi, jelas kalau masih banyak lagi faktor yang menyebabkan hal itu bisa terjadi. Nah, oleh karena itu lah pada artikel kali ini kita akan membahas seputar cara mengatasi nya dengan benar. Berikut di bawah ini beberapa cara jitu untuk menghentikan aplikasi yang terinstall sendiri pada smartphone android di semua vendor.

Cara Jitu Menghentikan Aplikasi Terinstall Sendiri Pada Smartphone

1. Menonaktifkan Fitur Unknown Sources

Feature unknown sources ini sendiri merupakan salah satu bagian dari sistem keamanan pada android agar dapat menginstall berbagai aplikasi berupa apk dari sumber lain yang bukan berasal dari Play Store. Nah yang wajib kita waspadai adalah jika sebelumnya fitur ini kamu aktifkan, sebab ia tidak akan menanyakan suatu hal lagi jika ada aplikasi yang hendak di install. Dan oleh karena itu lah penting untuk kita menonaktifkan nya kembali kalau memang ia telah di aktifkan.

Berikut di bawah ini beberapa langkah cara mematikan fitur unknown sources : 

  1. Buka menu Pengaturan dari dalam smartphone kamu.
  2. Lalu tap opsi General, dan tap juga pilihan Security.
  3. Kemudian lanjut menghilangkan tanda centang pada pilihan Unknown Source dengan melakukan tap pada opsi tersebut.

2. Menghapus Folder Snowfoxcr

Cara kedua, anda bisa mencoba menghapus folder bernama snowfoxcr jika terdapat di dalam memory internal hp, ataupun dalam memory eksternalnya. Tanpa basa – basi lagi, silahkan simak beberapa langkah nya di bawah berikut :

  1. Langkah awal yaitu mencari folder tersebut dengan cara masuk kedalam Memory Eksternal atau Internal ponsel kamu.
  2. Lalu pilih folder Android, kemudian buka juga folder Data.
  3. Dalam folder Data tersebut lah letak kita mencari folder bernama Snowfoxr.
  4. Jika sudah ketemu di salah satu memory anda, eksternal maupun internal, maka langsung saja di Hapus folder bernama Snowfoxr tersebut.

3. Menonaktifkan Download Manager

Suatu smartphone pasti lah di bekali oleh aplikasi berupa download manager, yang mana apl ini berfungsi untuk mendownload sebuah file seperti apk, musik, dokument, video, dan lain sebagainya. Akan tetapi, tak menutup kemungkinan kalau aplikasi download manager tersebut mengalami kesalahan atau error, dimana ia suka melakukan penginstallan dengan sendirinya ketika hp tersambung dengan koneksi internet.

Berikut di bawah ini beberapa langkah cara mematikan aplikasi download manager :

  1. Buka menu Pengaturan dari dalam ponsel anda, dan pilih menu Application Manager.
  2. Setelah masuk ke dalam menu aplikasi manager tadi, lanjut dengan mencari aplikasi Download Manager.
  3. Klik pilihan aplikasi Download Manager, kemudian tap opsi Disable, Force Stop, dan juga Clear Data.

4. Menghapus Akun Google Play Store

Jika ketiga cara di atas tadi belum juga membuahkan hasil, maka lanjut memakai cara keempat, yaitu dengan cara menghapus akun google play store kita. Tapi, sebelum lanjut ketahap penghapusan akun, alangkah baiknya untuk kamu persiapkan terlebih dulu akun gmail berikut nya yang akan di gunakan atau pengganti dari akun gmail yang di hapus di dalam Play Store nantinya.

Berikut di bawah ini beberapa langkah cara menghapus akun google playstore :

  1. Buka menu Pengaturan dari dalam smartphone kalian, dan buka menu General.
  2. Lanjut dengan membuka menu Account dan klik pilihan Google.
  3. Setelah itu pilih lah akun Gmail yang terhubung dengan Google Play Store, kemudian klik opsi Remove Account.
  4. Lalu akan tampil sebuah pertanyaan, tap pilihan Remove Account.

5. Menghapus Aplikasi Mencurigakan

Cara kelima yang patut kalian coba adalah menghapus aplikasi mencurigakan dari dalam hp tersebut, jika sebelum nya anda menginstall aplikasi berupa apk, maka sebaiknya anda menghapus apl tersebut beserta dengan apk nya. Dan juga jangan lupa setelah melakukan penghapusan, ada baiknya untuk kita melakukan scan dengan memakai aplikasi antivirus andalan untuk meminimalisir file virus yang masih tersisa di dalam android.

6. Menonaktifkan Auto Update Play Store

Di lain kasus banyak orang beranggapan yang mereka maksud dengan aplikasi yang terinstall sendiri tersebut adalah suatu hal yang berbeda. Yaitu merupakan auto update dari aplikasi Play Store yang sebelumnya memang sudah terpasang di dalam smartphone kita, yang mana artinya bukan lah menginstall sebuah aplikasi baru, melainkan hanya memperbaruinya.

Berikut di bawah ini beberapa langkah cara menonaktifkan auto update dari google play store :

  1. Buka aplikasi Play Store yang terdapat di dalam hp kita, kemudian lanjut memilih opsi Settings, dan kalau bisa atur saja bahasa ke dalam bahasa Indonesia biar kamu lebih paham.
  2. Lalu klik opsi Auto – update apps, dan klik Do not auto update apps.

Penutup

Beberapa tips di atas tadi mungkin tidak semuanya akan dapat menyelesaikan masalah kamu, sebab banyak sekali faktor dan kasus yang berbeda – beda di alami oleh setiap orang. Sekian dari mimin kali ini, jangan lupa share artikel ini yaa, ke dalam akun sosial media kalian, agar akan lebih banyak orang yang akan terbantu.