Mengenal Lebih Jauh Apa Itu IGTV Pada Instagram

Mengenal Lebih Jauh Apa Itu IGTV Pada Instagram – Instagram merupakan salah satu aplikasi sosial media yang dari dulu hingga sekarang masih bertahan ke populeran nya dan jelas mempunyai banyak pengguna di seluruh pelosok dunia. Bahkan beberapa bulan lalu pihak Instagram sendiri telah mengumumkan bahwa aplikasi mereka tersebut telah menyentuh angka 1 Milliar pengguna. Sekilas, Intagram adalah aplikasi sosial media yang memungkinkan bagi para pengguna nya untuk bisa saling memperlihat kan atau berbagi foto momen yang mungkin berharga bagi mereka. Selain dapat berbagi foto ia juga telah menambahkan fitur baru di beberapa tahun lalu, yaitu para pengguna nya bisa saling berbagi video singkat dalam bentuk Instagram Story atau pun di upload pada akun mereka.

Mengenal Lebih Jauh Apa Itu IGTV Pada Instagram

CEO dari pihak Instagram yang bernama Kevin Systrom mengungkapkan kalau aplikasi ini juga di rancang untuk mempermudah pengguna nya menonton video dari smartphone. Kevin Systrom juga mengatakan kalau pada umum nya aplikasi video mengharus kan para penonton nya untuk mengakses melalui browser atau mencari nya dari direktori. Oleh sebab itu lah yang membuat pihak Instagram untuk menghadir kan sebuah fitur keren tersebut yang bernama IGTV. Pada IGTV ini mereka menggunakan karakteristik TV di mana ketika anda akan membuka IGTV akan langsung bisa menonton video tersebut. Pada fitur IGTV ini juga mereka para developer instagram telah menanamkan mode “lean back” , yang mana dengan ada nya mode ini video tersebut akan bisa di letak kan iklan atau ads.

Mengenal IGTV

IGTV adalah fitur terbaru dari Instagram yang berguna agar pengguna nya bisa mengupload video dengan durasi yang cukup panjang. Fitur ini juga dapat membantu anda para brands, influencers, dan semua pengguna Instagram agar bisa membuat dan membagikan video untuk followers mereka. Hal yang perlu anda ketahui juga yaitu bahwa IGTV ini sendiri di ciptakan dengan format yang hampir mirip dengan Instagram Story yang juga mempunyai format vertical, letak perbedaan nya ada pada durasi video yang mereka gunakan saja. Selain dapat di jumpai pada aplikasi Instagram, IGTV juga dapat kalian unduh melalui playstore dengan nama IGTV yang sudah mendukung OS Android dan iOS.

Baca Juga:

Perlu untuk anda ketahui bahwa terdapat perbedaan dari aplikasi IGTV dan Instagram, yaitu pada app IGTV kalian tidak akan melihat yang nama nya foto, feed, dan stories yang pada umum nya hanya ada pada Instagram. Kalau kalian memakai fitur video IGTV pada Instagram, maka kalian cuman bisa mengupload suatu video atau juga Instagram Stories dengan durasi 1 menit. Sementara itu beralih ke app IGTV, yang mana pada aplikasi tersebut kalian dapat mengupload sebuah video dengan durasi 10 menit, dan bahkan bisa lebih panjang yaitu mencapai 1 jam durasi video. Pada aplikasi IGTV pun akun pengguna nya di sebut channels layak nya tv. Apabila anda membuat akun pada IGTV maka anda akan bisa untuk membuat atau pun di minta untuk membuat sebuah channel baru, channel tersebut juga nanti nya akan langsung di hubungkan pada akun profil Instagram milik anda.

Dan untuk perbedaan Youtube dengan IGTV itu sendiri adalah yang mana aplikasi IGTV hanya berfokus pada semua video yang vertikal. Dengan kata lain pihak Instagram sendiri memilih format tersebut karena pada dasar nya begitu lah cara bagaimana orang mengguna kan smartphone, jadi kalian tidak perlu lagi untuk memutar smartphone jika sedang menikmati video nya. Yang lebih penting adalah untuk saat ini IGTV belum mempunyai iklan atau ads yang mana iklan seperti itu terkadang sering membuat kita merasa terganggu ketika sedang asik menikmati suatu video. Walaupun Kevin Systrom selaku CEO Instagram telah mengatakan bahwa tidak menutup kemungkinan nanti nya apabila IGTV akan memuncul kan sebuah iklan pada setiap video dan aplikasi nya.

Kevin Systrom juga menambah kan sedikit info bagi para creator IGTV nanti, bahwa pihak Instagram sendiri akan menawarkan sebuah cara agar bisa memonetisasi konten mereka para creator, sebab telah meluangkan banyak waktu untuk membuat sebuah konten video di IGTV. Tapi integrasi IGTV bersama aplikasi utama mereka yaitu Instagram baru tersedia pada versi terbarunya sehingga kalian harus melakukan update terlebih dahulu terhadap aplikasi Instagram kalian melalui Google Play Store atau pun Apple App Store. Dan bisa kita simpulkan bahwa pihak Instagram sekarang ini masih sedang menguji fitur baru mereka tersebut di aplikasi nya laris di gunakan bagi para pengguna nya atau tidak sehingga jika fitur tersebut sukses tidak menutup kemungkinan kalau nanti nya durasi pada video yang akan di upload tersebut tidak memiliki batas layak nya Youtube.

Fitur Pada IGTV

Jelas fitur utama dari IGTV ini sendiri adalah memungkinkan bagi para user nya untuk bisa mengupload, membuat, dan membagikan video yang berdurasi 10 menit kepada para user lain nya dalam posisi video yang penuh vertikal serta mempunyai kualitas video yang mantap. Bisa kita simpul kan kalau sekarang ini trend dari video vertikal penuh semakin banyak di handphone sebab memang bisa mempermudah para user nya dalam hal menonton video tersebut tanpa harus mengubah posisi nya ke horizontal atau juga landscape untuk bisa menonton suatu video yang memiliki layar penuh.

Pada halaman utama dari IGTV pun nanti nya akan di penuhi dengan video terbaru dari pengguna Instagram lain nya yang mana telah mereka buat dan sajikan. Dan nanti nya juga akan ada 4 tab menu kategori video seperti Following, For You, Popular, dan Continue Watch. Sementara itu ada juga menu Search yang berfungsi agar membantu para user nya untuk mencari video lain nya berdasar kan judul dan username instagram pengguna lain. Bisa kita katakan kalau fitur Instagram yang satu ini di kembangkan tidak main main dan menjadi salah satu fitur terbaik nya. Tentu IGTV tersebut dapat bersaing dengan aplikasi besar video lain nya seperti Youtube di masa yang akan datang.

Seperti yang sudah saya bilang tadi kalau video IGTV di bagi menjadi 4 kategori, yaitu Following, For You, Popular, dan Continue Watch. Masing masing kategori tersebut memiliki penjelasan di bawah ini:

  • Following : adalah sebuah konten video yang dapat kita temukan dengan berdasarkan user yang kita ikuti.
  • For You : adalah sebuah konten video yang telah di rekomendasi kan oleh pihak Instagram terkait dengan apa yang kita sukai.
  • Popular : adalah sebuah konten video yang lagi viral pada saat itu atau pun user yang sedang popular pada waktu itu. Fitur satu ini hampir mirip dengan Explore yang ada di Instagram.
  • Continue Watch : adalah sebuah konten video yang mana sebelum nya belum sempat kita selesai kan dan bisa membuat kita lanjut lagi menonton video video tersebut.

Cara Menggunakan IGTV

Sekarang kita akan membahas bagaimana cara untuk menggunakan IGTV. Seperti yang sudah saya katakan sebelum nya bahwa kita sudah bisa mendownload aplikasi di dalam Google Play Store atau pun App Store. Setelah di download, dan anda buka, silahkan ikuti beberapa langkah yang ada di bawah ini:

  • Cara Menggunakan IGTV

    Langkah pertama yaitu membuka aplikasi IGTV yang telah kita download tadi, perhatikan gambar di atas. Seperti yang sudah saya jelas kan sebelum nya, kalau IGTV ini telah terhubung ke dalam akun Instagram kita, maka langsung saja kita tekan opsi yang bertulisan “Continue as …”. Sedangkan untuk opsi yang bertulisan “Switch Account” di bagian bawah kiri menu utama nya merupakan opsi yang memungkinkan kita untuk bisa mengganti akun Instagram lain nya untuk kita buka melalui IGTV nanti nya.

  • Cara Menggunakan IGTV

    Selanjut nya jika anda berhasil login maka akan langsung terlihat video nya, akan tetapi anda tidak usah risau untuk suara yang di timbul kan nya karena sound video telah default akan off sebab video itu sendiri berjalan di background yang mana memang langsung menyala. Pilih lah video yang akan di tonton sesuai dengan direktori nya, kemudian setelah memilih video tinggal anda klik layar pada video tersebut maka akan langsung tertonton dengan layar full screen dan semua pilihan video pada layar tadi langsung hilang seketika. Perlu di ingat, bahwa IGTV ini hanya menyediakan format vertikal, jadi kalau anda mencoba untuk memutar smartphone maka video akan tetap vertikal.

  • Tidak jauh hal nya dengan Instagram, di dalam IGTV ini juga kita dapat meninggalkan informasi dan link pada bagian info, yang bisa di temukan dengan cara klik judul di bagian atas video. Dan untuk engagement nya juga kita bisa memberi like dan meninggalkan text berupa komen di video tersebut, dengan cara menekan tombol like yang memiliki bentuk hati dan tombol komen yang terletak di bagian bawah video. Kita juga memberikan komentar dengan ekpresi emoji yang telah di sediakan oleh IGTV pada opsi komentar nya. Selain itu kalian juga bisa melakukan pengiriman video IGTV melalui direct pesan di Instagram.

Cara Membuat Channel IGTV

Ikuti beberapa langkah di bawah ini untuk cara membuat Channel pada IGTV:

  • Cara Membuat Channel IGTV

    Kalau anda mau membuat channel IGTV sendiri cara cukup mudah, anda tinggal pilih menu Setting yang berada di bagian kanan pada atas pilihan video. Lebih jelas nya perhatikan gambar di atas ya. Selanjut nya pilih opsi Create Channel pada bagian atas, lalu klik Next sampai akun selesai di buat. Untuk melakukan tindakan upload, cukup dengan melakuakn klik pada profile picture kalian yang berada di samping tombol Setting tadi.

  • Cara Membuat Channel IGTV

    Langkah terakhir yaitu menekan tombol + pada bagian kanan, setelah itu baru kita bisa mengupload video. Untuk sekarang ini video yang di perbolehkan di upload yaitu memiliki durasi selama 10 menit, dan penting anda ketahui juga kalau tidak bisa melakukan rekam video secara langsung pada aplikasi IGTV. Jadi, kalian perlu merekam video tersebut secara terpisah, contoh nya nya saja seperti menggunakan kamera pada smartphone yang berbeda untuk melakukan rekam pada aplikasi IGTV, baru lah kemudian kalian bisa mengupload lagi video tersebut ke IGTV dari Gallery smartphone tadi atau Camera Roll.

Penutup

Ok lah itu tadi beberapa penjelasan yang perlu anda ketahui pasti tentang IGTV pada Instagram ini, yang mana tentu nya dari sebagian orang mungkin termasuk juga kamu bisa memanfaatkan peluang baru ini untuk kebutuhan pemasaran produk bisnis atau konten lain nya. Sekian dari saya, jangan lupa share artikel ini ya.