Cara Mengembalikan Video TikTok yang Terhapus

11
Mengembalikan Video TikTok yang Terhapus
Mengembalikan Video TikTok yang Terhapus

Mengembalikan Video TikTok yang Terhapus – TikTok merupakan salah satu platform jejaring sosial terpopuler dari Tiongkok yang merambah hampir ke seluru negara, termasuk Indonesia. Banyak muda-mudi yang terlena dengan TikTok, bahkan tidak jarang dari mereka yang sampai menghabiskan waktunya hanya untuk sekedar berselancar di TikTok. Tidak heran, karena di TikTok kita bisa memilih tontonan video pendek sesuai selera. Yang pasti menonton video pendek di TikTok bisa dilakukan secara gratis, hanya butuh kuota internet untuk mengaksesnya.

Mengembalikan Video TikTok yang Terhapus
Mengembalikan Video TikTok yang Terhapus

Bukan hanya sekedar menonton video TikTok pengguna lain saja, kita sebagai pengguna juga memungkinkan untuk mengunggah video kita sendiri. Video bisa bermacam-macam, tergantung keinginan dan kesukaan kita. Video bisa direkam terlebih dahulu menggunakan kamera HP, lalu diedit dan diunggah ke TikTok. Atau bisa juga dengan memanfaatkan kamera bawaan di TikTok beserta beberapa fitur editing video yang menarik bisa kamu temukan di sana. Hasil videonya tidak kalah bagus dan menarik dibandingkan dengan hasil rekaman dari kamera utama pada HP android khususnya.

Baca Juga:

Sebagai pengguna TikTok, terkadang ada kondisi di mana video yang sudah kita unggah di akun TikTok tiba-tiba hilang atau terhapus. Hal seperti ini bisa disebabkan oleh banyak faktor, baik karena unsur kesengajaan atau tidak disengaja. Yang pasti kita harus tahu cara untuk mengembalikan video di TikTok yang sudah dihapus tersebut. Cukup mudah untuk melakukannya, di mana video TikTok yang terhapus akan dikembalikan dalam bentuk file video download, kemudian kamu bisa mengunggahnya ulang ke akun TikTok atau platform lain. Berikut cara mengembalikan video TikTok yang terhapus paling mudah di android yang bisa kamu terapkan.

Penyebab Video Terhapus dari Akun TikTok

Sebelum lanjut ke cara untuk restore video TikTok yang sudah dihapus, sebaiknya kamu ketahui terlebih dahulu apa saja faktor yang menyebabkan hal tersebut. Mengetahui penyebab tersebut tentunya bisa dijadikan langkah untuk mencegah agar video TikTok tidak terhapus lagi di lain waktu. Adapun beberapa penyebab video TikTok terhapus selengkapnya, sebagai berikut:

1. Video TikTok Sengaja Dihapus

Penyebab utama video di TikTok terhapus yakni karena kamu telah dengan sengaja menghapusnya. Akan tetapi, mungkin kamu lupa sudah menghapus video TikTok tersebut dan mengira tidak melakukan hal tersebut. Atau juga karena tidak sengaja menekan tombol tertentu, yang mana tombol tersebut fungsinya untuk menghapus video TikTok.

Bisa juga karena ada seseorang yang telah menghapus video TikTok tersebut dari akunmu. Baik itu, menghapus video langsung dari smartphone androidmu atau perangkat lain dengan cara hack akun.

2. Konten Video Mengandung S*r* dan P*rn*grafi

Hal lainnya yang menyebabkan video TikTok terhapus yakni karena konten video yang kamu unggah melanggar kebijakan dan ketentuan yang berlaku. Misalnya saja video berbau s*r* atau p*rn*grafi sehingga membuatnya dihapus secara sepihak oleh TikTok.

TikTok memang melarang penggunanya untuk memposting video yang bersifat sensitif dan provokatif. Untuk itu, kamu harus mengikuti kebijakan dari TikTok tersebut agar videomu tidak dihapus secara paksa.

3. Caption dan Tag Video Dinilai Sensitif dan Provokatif

Tidak hanya konten di dalam video saja, bagian caption atau deskripsi video dan tag video juga punya kebijakan tersendiri yang harus diikuti. Pada caption dan tagline tersebut tidak boleh mengandung kata-kata sensitif dan memicu provokasi. Jika tetap abai akan hal ini, jangan harap video TikTokmu akan bertahan lama.

4. Pengguna Belum Cukup Umur

Melalui kebijakan barunya, TikTok mengharuskan penggunanya sudah berumur minimal 13 tahun. Jika masih kurang dari usia yang ditentukan tersebut, maka akun TikTok akan dibekukan atau dibanned. Hal ini membuat kamu tidak dapat lagi mengakses akun TikTok tersebut.

Tidak hanya itu, konten video yang sudah diposting sebelumnya di akun tersebut akan dihapus secara permanen. Jika memang penghapusan akun ini tidak sesuai dengan yang dituduhkan, maka kamu bisa melakukan banding ke pihak TikTok agar akun segera dikembalikan.

Cara Mengembalikan Video TikTok yang Terhapus

Restore Video TikTok yang Terhapus
Restore Video TikTok yang Terhapus

Sekarang lanjut ke cara untuk mengembalikan video TikTok yang terhapus paling mudah dan praktis bisa diterapkan. Perlu kamu tahu, video TikTok yang dihapus dengan sengaja sesuai penjelasan di atas, video tersebut tidak bisa dikembalikan lagi. Namun, jika masalahnya karena video dihapus oleh pihak TikTok karena alasan tertentu, maka video masih bisa dikembalikan dengan cara menghubungi pihak customer service TikTok.

Adapun cara mudah untuk mengembalikan video TikTok yang sudah dihapus selengkapnya, sebagai berikut:

Langkah 1. Menghubungi Customer Service TikTok

  1. Langkah yang pertama kamu buka aplikasi TikTok di perangkat smartphone.
  2. Kemudian login ke akun TikTok yang ingin dikembalikan video terhapus di dalamnya.
  3. Pada halaman dasboard akun kamu klik pada menu Profil atau Ikon Orang yang ada di bagian pojok kanan bawah tampilan.
  4. Kemudian klik ikon Tiga Garis yang ada di pojok kanan atas, lalu pilih Pengaturan dan Privasi atau Settings and Privacy.
  5. Gulir ke bawah, kemudian pada bagian Dukungan & Tentang kamu pilih opsi Laporkan Masalah atau Report a Problem.
  6. Terdapat beberapa pilihan di sana, kamu pilih saja opsi Masalah Akun atau Account Issue.
  7. Pada halaman yang ditampilkan, kamu diminta untuk memasukkan akun Email yang digunakan pada akun TikTok Tersebut.
  8. Kemudian isi juga permasalahan yang sedang dialami dan bantuan apa yang diperlukan. Jelaskan secara jelas dan langsung keintinya, serta lengkapi dengan kronologi terhapusnya video tersebut. Misalnya saja “Video di akun TikTok saya terhapus semuanya, dan saya ingin mengembalikannya. Mohon bantuannya”, atau bisa juga dengan kata-katamu sendiri.
  9. Jika sudah, selanjutnya klik tombol Kirim atau Send. Tinggal menunggu balasan dari TikTok, kamu bisa mengeceknya langsung melalui email yang dilampirkan tadi.

Laporan yang dikirim ini akan berlaku selama 30 hari, pastikan kamu mengeceknya secara berkala di email.

Langkah 2. Download Video yang Dikirim oleh TikTok

Setelah ada balasan dari pihak TikTok dan permintaan untuk mengembalikan video disetujui, maka link video akan disediakan di email balasan ini. Link download video ini jumlahnya sesuai dengan banyaknya video di akun TikTokmu yang dihapus. Untuk cara downloadnya sendiri, yakni:

  1. Buka akun email dan periksa email masuk dari pihak TikTok.
  2. Di sana akan dilampirkan link download video yang sudah dihapus dari TikTok.
  3. Untuk mendownload videonya, kamu cukup klik pada link yang terlampir di email tersebut.
  4. Atau jika terdapat banyak link, tentunya akan cukup merepotkan jika harus mendownload satu per satu. Di sini kamu bisa memanfaatkan ekstensi Tab Save yang bisa dipasang di Google Chrome milikmu.
  5. Copy-Paste link dari email tadi ke Tab Save, maka video akan secara otomatis didownload ke penyimpanan HP.
  6. Jika sudah, selanjutnya kamu bisa mengunggah ulang video tersebut ke akun TikTok.
  7. Selesai.

Penutup

Itulah tadi cara ampuh dan mudah mengembalikan video TikTok yang terhapus bisa kamu terapkan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaCara Nonaktifkan Aktivitas Teman di Shopee
Artikel SelanjutnyaCara Mengatasi Xiaomi Tidak Bisa Disentuh
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini