Cara Mengembalikan SMS yang Terhapus di HP Android

Mengembalikan SMS yang Terhapus di HP – HP android menjadi salah satu perangkat elektronik yang paling diminati sekarang ini. Di dalamnya sudah dibekali berbagai fitur canggih, tentunya akan mampu membantu memudahkan berbagai aktivitas harian pengguna. HP android banyak dipilih juga karena kebebasannya untuk menginstall berbagai jenis aplikasi dan game. Pengguna bebas menginstall aplikasi dan game apa saja yang tersedia di Google Play Store. Tidak hanya itu, aplikasi dan game dari luar Play Store juga memungkinkan untuk diinstall dengan mudah.

Mengembalikan SMS yang Terhapus di HP
Mengembalikan SMS yang Terhapus di HP

Meski dibekali dengan beragam kemampuan, namun hal tersebut tidak melupkan fungsi utama dari HP yakni sebagai alat komunikasi. HP android juga dibekali kemampuan untuk melakukan panggilan suara maupun panggilan video dengan pengguna lain. Selain itu, bisa juga digunakan untuk berkirim pesan teks dengan memanfaatkan layanan SMS. Meskipun eksistensinya sudah semakin tergeser oleh hadirkan aplikasi chatting online, namun masih banyak pengguna yang mengandalkan SMS untuk aktivitas mengirim dan menerima pesan teks. Selain itu, layanan SMS juga sering digunakan untuk menerima pesan OTP karena keamanannya yang cukup baik.

Baca Juga:

Berbicara soal layanan SMS, pernahkah kamu mendapat SMS penting namun tidak sengaja terhapus? Pesan penting tersebut bisa berupa pesan OTP, data penting, atau yang lain sebagainya. Tidak perlu khawatir, karena kamu masih bisa kok mengembalikan SMS yang sudah dihapus tersebut, baik disengaja ataupun tidak disengaja. Hanya dengan beberapa step saja kamu sudah bisa memunculkan kembali SMS yang terhapus tersebut. Penasaran dengan caranya? Berikut ini cara mengembalikan SMS yang terhapus di HP android yang paling mudah dan efektif bisa kamu terapkan.

Cara Mengembalikan SMS yang Terhapus di HP Android

Sebenarnya cukup mudah untuk mengembalikan SMS yang terhapus di HP android. Hanya saja, memang tidak semua pengguna yang tahu mengenai cara tersebut. Untuk mengembalikan SMS yang sudah dihapus tersebut, kamu bisa memanfaatkan aplikasi tambahan dan tanpa aplikasi. Kedua metode tersebut sama mudahnya untuk dilakukan, tinggal kamu pilih metode mana yang ingin diterapkan.

Adapun langkah-langkah untuk restore SMS yang terhapus di smartphone android selengkapnya, sebagai berikut:

1. Mengembalikan SMS yang Terhapus Tanpa Aplikasi

Cara yang pertama untuk merestore SMS yang terhapus di HP android yakni dengan tanpa menggunakan aplikasi tambahan. Sebagai gantinya kamu bisa memanfaatkan fitur restore yang sudah disediakan di HP android. Hampir semua tipe dan merek HP menyediakan fitur restore tersebut. Tidak hanya merestore SMS terhapus, fitur tersebut juga memungkinkan untuk mengembalikan jenis data lain di android.

Di sini saya akan memberi contoh mengembalikan SMS yang sudah dihapus di HP Samsung. Di HP Samsung sudah disediakan fitur Backup & Restore, di mana data backup akan tersimpan di Samsung Cloud. Adapun langkah-langkah untuk mengembalikan SMS di HP Samsung tersebut, yakni:

  • Langkah yang pertama kamu buka menu Pengaturan di HP Samsung.
  • Kemudian masuk ke opsi Accounts & Backup.
  • Pada halaman Accounts & Backup kamu klik pada opsi Backup and Restore.
  • Selanjutnya pilih opsi Restore Data.
  • Karena tujuannya di sini untuk mengembalikan SMS yang terhapus, maka kamu beri Centang pada bagian Messages.
  • Jika sudah, selanjutnya kamu klik tombol Restore yang ada di bagian bawah tampilan.
  • Secara otomatis semua SMS yang sudah dihapus akan dikembalikan lagi.
  • Selesai.

Catatan: Cara ini hanya bisa dilakukan jika sebelumnya kamu sudah melalukan backup data SMS terlebih dahulu. Data SMS yang akan dikembalikan hanyalah SMS yang dibackup terakhir kali.

Untuk HP merek lainnya kemungkinan tidak berbeda jauh dengan cara di atas. Poin paling pentingnya adalah kamu harus sudah melakukan backup data SMS di HP androidmu. Baik itu membanckupnya ke Cloud bawaan perangkat ataupun ke Google Drive. Jika belum melakukan backup, tentunya cara ini tidak bisa dilakukan dan SMS akan tetap terhapus secara permanen.

2. Mengembalikan SMS yang Terhapus dengan Aplikasi

Jika ternyata kamu belum membackup data SMS dan tetap ingin mengembalikan SMS yang terhapus secara permanen, maka cara kedua ini bisa dijadikan alternatif. Namun, untuk melakukan cara ini kamu perlu memanfaatkan perangkat PC atau laptop agar lebih mudah. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga yang nantinya diinstall di perangkat PC atau laptop tersebut.

Adapun langkah-langkah kembalikan SMS di HP lewat PC atau laptop selengkapnya, yakni:

  • Langkah yang pertama kamu download dan install aplikasi Wondershare Dr. Fone di perangkat PC atau laptopmu.
  • Jika sudah, sekarang kamu langsung jalankan aplikasi tersebut.
  • Beralih ke HP android yang ingin dikembalikan SMS terhapusnya. Pada HP tersebut kamu harus sudah mengaktifkan USB Debugging di dalamnya. Caranya yakni dengan masuk ke menu Pengaturan >> pilih About Phone >> Klik sebanyak 7 kali pada bagian Build Number hingga muncul tulisan “you are now a developer” >> kembali ke Pengaturan >> klik Developer Option >> beri Centang pada bagian USB Debugging.
  • Kalau sudah, sekarang kamu hubungkan HP ke PC atau laptop menggunakan kabel USB atau kabel data. Pastikan HP sudah terdeteksi aplikasi Wondershare Dr.Fone.
  • Akan muncul notifikasi pop up di layar HP android, klik Allow untuk melanjutkan prosesnya.
  • Selanjutnya pada aplikasi Wondershare Dr.Fone kamu klik tombol Start untuk melakukan proses scanning data yang terhapus. Tunggu beberapa saat sampai proses scanning tersebut selesai.
  • Kalau sudah, sekarang kamu masuk ke menu Messaging yang ada tab sebelah kiri layar. Di sana kamu akan melihat data SMS yang sebelumnya sudah kamu hapus di HP android. Untuk mengembalikannya, tinggal kamu beri tanda Centang pada SMS yang ingin direstore.
  • Jika semua sudah diberi centang, selanjutnya kamu klik tombol Recover untuk mulai mengembalikan semua SMS tersebut di HP android. Secara otomatis SMS yang dipilih tadi sudah berhasil dipulihkan atau dikembalikan di HP.
  • Selesai.

Catatan: Selain aplikasi Wondershare Dr.Fone, masih ada pilihan aplikasi lainnya yang bisa kamu gunakan untuk mengembalikan SMS terhapus di android.

Penutup

Itulah tadi cara mengembalikan SMS yang terhapus di HP android yang paling mudah dan efektif. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Abdul Wafihttps://www.bukandroid.com
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Konten Terbaru

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini