Cara Mengembalikan Postingan IG yang Terhapus

25
Mengembalikan Postingan IG yang Terhapus
Mengembalikan Postingan IG yang Terhapus

Mengembalikan Postingan IG yang Terhapus – Dewasa ini Instagram sudah mengalami banyak sekali perkembangan, baik dari segi user interface, fitur hingga fungsinya. Kalau dulu Instagram hanya digunakan untuk berbagai foto dan video di feed saja, sekarang sudah lebih dari itu. Di Instagram sudah ada yang namanya InstaStory yang memungkinkan digunakan untuk menggunggah foto, video dan teks yang hanya bertahan selama 24 jam. Selain itu, ada pula fitur Reels dan IGTV yang juga bisa digunakan untuk sarana mengunggah video. Khusus untuk IGTV, pengguna bisa mengupload video dengan durasi yang panjang, bahkan hingga 30 menit.

Mengembalikan Postingan IG yang Terhapus
Mengembalikan Postingan IG yang Terhapus

Postingan di Instagram ini nantinya bisa ditonton atau dilihat oleh pengguna lain, baik yang menjadi followers atau tidak. Kecuali kamu telah mengaktifkan fitur Private pada akun IG-mu tersebut, maka pengguna lain yang belum menjadi pengikut tidak akan bisa melihatnya. Selain memposting foto dan video di Instagram, di akun Instagram kamu juga memungkinkan untuk melakukan penghapusan. Dengan alasan tertentu, pengguna biasanya memang ingin menghapus postingan di akun Instagram miliknya. Baik itu postingan di Feeds IG, Reels Instagram, Cerita / Story IG ataupun di IGTV.

Baca Juga:

Mengenai penghapusan postingan di akun Instagram, ada kalanya pengguna ingin mengembalika lagi postingan yang telah dihapusnya tersebut. Mungkin karena tidak sengaja menghapusnya atau alasan lain, yang pasti merek ingin mengembalikan lagi postingan di Instagram yang sudah dihapus tersebut. Sayangnya, tidak banyak pengguna yang tahu cara mengembalikan postingan IG yang terhapus tersebut. Apakah kamu juga salah satuny? Jika iya, maka kamu wajib membaca ulasan ini sampai selesai.

Cara Mengembalikan Postingan IG yang Terhapus

Restore Postingan IG yang Terhapus
Restore Postingan IG yang Terhapus

Sangat mudah sebenarnya untuk mengembalikan postingan di Instagram yang sudah dihapus. Pasalnya Instagram sudah menyediakan fitur khusus untuk pengembalian postingan yang terhapus tersebut. Fitur ini diberi nama Recently Deleted atau Baru Saja Dihapus. Fitur ini memungkinkan digunakan untuk menampilkan postingan yang baru saja pengguna hapus dari akun Instagramnya. Baik itu berupa postingan Feed, Story/Cerita, Reels ataupun IGTV.

Pada fitur Recently Deleted atau Baru Saja Dihapus ini kamu bisa mengembalikan postingan mana saja yang ada di sana. Syaratnya postingan yang dihapus tersebut belum dihapus secara permanen. Mengenai postingan Instagram yang dihapus, ada batas waktu tersendiri postingan tersebut tersimpan sementara di Recently Deleted atau Baru Saja Dihapus.

Khusus untuk postingan Stories Instagram yang telah dihapus, akan tersimpan sementara di Recently Deleted selama kurang lebih 24 jam sejak postingan dihapus. Sementara untuk postingan di Reels, Feed, IGTV dan lainnya akan disimpan di Recently Deleted selaman 30 hari semenjak postingan tersebut dihapus. Jika sudah melebihi batas waktu yang ditentukan, sistem Instagram akan menghapusnya secara permanen dan tidak bisa dikembalikan lagi.

Meski begitu, pengguna juga memungkinkan untuk menghapus postingan yang tersimpan di Recently Deleted atau Baru Saja Dihapus sebelum melebihi batas waktu yang ditentukan. Cara ini juga akan menghapus postingan secara permanen, sehingga tidak dapat dikembalikan lagi di lain waktu.

Sementara untuk mengembalikan lagi postingan Instagram yang dihapus dan berada di Recently Deleted tersebut, bisa dibilang sangat mudah. Berikut langkah-langkah mengembalikan postingan IG yang terhapus melalui HP android selengkapnya, yakni:

  1. Langkah yang pertama kamu buka aplikasi Instagram di perangkat HP android.
  2. Kemudian login ke akun IG yang postingannya telah dihapus dan saat ini ingin kamu kembalikan lagi.
  3. Pada halaman Beranda IG, kamu klik menu Foto Profil yang ada di bagian pojok kanan bawah tampilan.
  4. Di halaman profil Instagram, selanjutnya kamu klik menu Tiga Garis yang ada di bagian pojok kanan atas tampilan.
  5. Akan ditampilkan beberapa opsi di sana, kemudian klik pada opsi Aktivitas Anda atau Your Activity.
  6. Gulir ke bawah, lalu pilih opsi Baru-baru Ini Dihapus atau Recently Deleted.
  7. Di sana kamu akan melihat postingan Instagram yang kamu hapus sebelumnya. Baik itu postingan Reels, Cerita, Feed, maupun IGTV.
  8. Klik pada postingan yang ingin dikembalikan, maka akan ditampilkan postingan tersebut. Selanjutnya klik ikon Tiga Titik di pojok kanan atas, lalu klik opsi Pulihkan atau Restore.
  9. Konfirmasi pengembalian foto atau video dengan klik tombol Pulihkan atau Restore lagi.
  10. Selesai.

Jika sudah, sekarang kamu buka halaman postingan yang telah dikembalikan tadi. Jika yang dikembalikan adalah postingan Reels Instagram, maka buka Profil lalu klik menu Reels Instagram. Begitu juga untuk jenis postingan yang lainnya, bisa kamu sesuaikan sendiri.

Bagaimana Cara Mengembalikan Postingan Instagram yang Terhapus Permanen?

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, postingan yang dihapus di Instagram akan tersimpan sementara secara otomatis di halaman Recently Deleted atau Baru Saja Dihapus. Namun, penyimpanan otomatis tersebut ada durasinya, yakni 24 jam untuk Story Instagram dan 30 hari untuk jenis postingan lain (IGTV, Reels, Feed Post, dll).

Bagaimana jika postingan Instagram tersebut sudah dihapus secara permanen? Tentunya tidak ada cara lain lagi untuk mengembalikannya. Instagram telah menghapus data postingan tersebut dari servernya dan tidak ada cara lain lagi untuk melakukan pengembalian.

Sebenarnya masih ada satu cara yang bisa dilakukan, yakni dengan mencarinya di perangkat HP. Di Instagram terdapat fitur yang secara otomatis menyimpan postingan asli Instagram ke Galeri HP. Ketika kamu mengupload postingan di akun Instagram, secara otomatis postingan tersebut juga disimpan di memori HP. Namun, untuk hal ini kamu perlu mengaktifkan fiturnya di akun Instagram. Untuk cara mengaktifkan fitur Simpan Postingan Asli di Instagram tersebut, yakni:

  1. Buka aplikasi Instagram di perangkat HP android, lalu masuk ke akun pribadi.
  2. Klik Foto Profil yang ada di kanan bawah tampilan.
  3. Selanjutnya klik Tiga Garis di pojok kanan atas, lalu pilih Pengaturan atau Settings.
  4. Lanjutkan dengan pilih opsi Akun atau Account.
  5. Ada beberapa opsi yang disediakan di sana, selanjutnya kamu pilih saja opsi Postingan Asli.
  6. Untuk mengaktifkan fitur tersebut, kamu klik tombol slider yang ada pada opsi Simpan Postingan Asli untuk menyimpan foto dan video yang belum diedit yang diambil dari kamera Instagram.
  7. Aktifkan juga opsi Simpan Foto yang Diposting dan Simpan Video yang Diposting dengan cara ketuk pada tombol slider yang ada di sebelah kanannya. Beda dengan opsi di atas, opsi ini khusus akan menyimpan foto atau video postingan yang sudah diedit dan diposting.
  8. Selesai.

Dengan begini, meskipun postingan di Instagram sudah dihapus secara permanen, kamu masih bisa mengembalikannya lagi dengan mencarinya di Galeri HP. Upload ulang foto atau video tersebut di akun Instagram Anda secara manual.

Penutup

Itulah tadi cara mengembalikan postingan IG yang terhapus paling mudah dan praktis bisa kamu terapkan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaFitur Instagram Reel Remix dan Cara Pakainya
Artikel SelanjutnyaCara Membuat LinkTree Instagram di HP Android
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini