Cara Mengembalikan Chat LINE Terhapus di Android

112
Mengembalikan Chat LINE Terhapus
Mengembalikan Chat LINE Terhapus

Mengembalikan Chat LINE Terhapus – Aplikasi chatting online banyak digandrungi oleh banyak orang saat ini. Aplikasi semacam ini memudahkan kita untuk bisa terhubung dengan teman atau anggota keluarga yang jauh. Bukan hanya sekedar chattingan biasa, kita juga memungkinkan untuk saling berkirim file foto maupun video. Beberapa aplikasi chatting online ini biasanya juga menyediakan fitur untuk melakukan panggilan. Baik itu panggilan suara maupun panggilan video, yang pasti cara ini sangat mudah dilakukan. Yang namanya aplikasi chatting online, untuk menggunakannya tentu kamu perlu menghubungkan dulu HP yang digunakan ke jaringan internet.

Mengembalikan Chat LINE Terhapus
Mengembalikan Chat LINE Terhapus

Dari sekian banyaknya aplikasi chat yang ada saat ini, salah satu yang cukup menarik digunakan yakni LINE. Aplikasi LINE bukan hanya sekedar aplikasi chattingan saja, melainkan lebih dari itu. Di dalamnya disediakan pula beragam game menarik yang bisa dimainkan secara gratis. Mengumpulkan koin yang banyak, nantinya kamu bisa menukarnya dengan item premium. Tentunya harus sudah memenuhi semua syarat dan ketentuan yang berlaku. Chattingan di LINE bisa dibilang sangat seru dan menyenangkan. Yang menjadi ciri khasnya adalah stiker menarik yang bisa digunakan untuk mengekspresikan diri. Stiker-stiker lucu di LINE bahkan tidak akan kamu temukan di aplikasi chatting serupa lainnya.

Baca Juga:

Berbicara mengenai aplikasi LINE, ada kalanya kita tidak sengaja atau dengan sengaja menghapus obrolan yang ada di dalamnya. Dan dalam kondisi ini kita ingin mengembalikan lagi obrolan atau chat yang sudah terhapus di LINE tersebut. Beruntungnya di LINE sudah disedikan fitur untuk mengimpor atau mengembalikan obrolan yang sudah dihapus sebelumnya. Cara melakukannya pun sangat mudah, bahkan tidak membutuhkan langkah-langkah yang panjang. Akan tetapi, ternyata masih banyak pengguna yang belum tahu cara mengembalikan chat LINE terhapus tersebut. Apakah kamu juga salah satunya? Kalau begitu, kamu wajib membaca ulasan ini sampai selesai.

Cara Mengembalikan Chat LINE Terhapus di Android

Untuk bisa mengembalikan obrolan di LINE yang terhapus, setidaknya ada 2 metode yang bisa dilakukan. Kedua metode yang dimaksud yakni mengembalikan chat terhapus di LINE dengan aplikasi dan tanpa aplikasi tambahan. Kamu bisa memilih sendiri cara mana yang ingin digunakan dan sesuaikan dengan kondisi LINE saat ini.

Adapun cara mengembalikan chat LINE terhapus di HP android selengkapnya, sebagai berikut:

1. Mengembalikan Chat Terhapus di LINE Tanpa Aplikasi

Mengembalikan Chat Terhapus di LINE Tanpa Aplikasi
Mengembalikan Chat Terhapus di LINE Tanpa Aplikasi

Cara yang pertama ini kita akan memanfaatkan fitur Restore atau Pemulihan yang disediakan di aplikasi LINE. Dengan demikian kita tidak perlu lagi menggunakan aplikasi tambahan yang hanya akan memakan ruang penyimpanan di HP android. Cara melakukannya juga terbilang sangat mudah dan praktis.

Namun, ada syarat khusus untuk bisa me-restore chat LINE yang terhapus dengan fitur Pemulihan atau Restore ini. Syarat yang dimaksud yakni kamu telah melakukan pencadangan chat di LINE sebelumnya, baik pencadangan otomatis maupun manual. Untuk pencadangannya sendiri biasanya akan memanfaatkan penyimpanan Google Drive untuk pengguna android. Sementara untuk pengguna iOS, maka bisa menggunakan penyimpanan iCloud Storage.

Bagi kamu yang masih belum tahu cara mencadangkan obrolan LINE di android secara manual dan otomatis, maka bisa simak langkah-langkahnya di bawah ini.

Cara 1. Mencadangkan Obrolan di LINE Secara Manual

  1. Buka aplikasi LINE seperti biasa di perangkat HP android.
  2. Pada halaman utama LINE, kamu klik menu Beranda.
  3. Kemudian klik Pengaturan atau Ikon Gerigi yang ada di pojok kanan atas tampilan.
  4. Selanjutnya klik opsi Pencadangan dan Pindah Akun.
  5. Keudian pilih Cadangkan / Pulihkan Riwayat Obrolan.
  6. Karena tujuannya di sini untuk mencadangkan obrolan, maka kamu pilih Buat Cadangan Sekarang atau pilih Cadangkan ke Google Drive.
  7. Nantinya kamu akan diminta untuk membuat PIN Pencadangan. Klik Buat PIN Pencadangan dan Cadangkan Riwayat Chat.
  8. Selesai.

Cara 2. Mencadangkan Obrolan di LINE Secara Otomatis

  1. Buka aplikasi LINE seperti biasa di android.
  2. Pada halaman utama aplikasi, kamu masuk ke halaman Beranda.
  3. Kemudian klik ikon Gerigi atau Pengaturan yang ada di pojok kanan atas tampilan.
  4. Lanjutkan dengan pilih Pencadangan dan Pindah Akun.
  5. Lalu masuk ke opsi Cadangkan / Pulihkan Riwayat Obrolan.
  6. Selanjutnya pilih opsi Frekuensi Pencadangan lalu aktifkan fitur Pencadangan Otomatis.
  7. Selesai.

Diasumsikan sebelumnya kamu sudah melakukan pencadangan obrolan LINE, dan sekadang ingin mengembalikannya lagi. Pengembalian chat yang terhapus ini bisa dilakukan di HP yang sama atau HP berbeda. Adapun cara mudah restore chat LINE terhapus di android dengan data backup tersebut, yakni:

  1. Langkah pertama kamu buka aplikasi LINE di HP android seperti biasa.
  2. Pada halaman utama aplikasi, kamu klik ikon Titik Tiga yang ada di menu sebelah kanan atas tampilan.
  3. Selanjutnya masuk ke opsi Obrolan.
  4. Lalu klik pada opsi Buat Cadangan dan Pulihkan Riwayat Obrolan.
  5. Selanjutnya kamu pilih opsi Pulihkan.
  6. Lalu konfirmasi pemulihan cadangan chat dengan memasukkan PIN Pencadangan yang dibuat sebelumnya. Tinggal menunggu hingga proses pengembalian chat berhasil.
  7. Selesai.

Catatan: Cara ini hanya akan mengembalikan isi chat saja, tidak bisa mengembalikan file foto maupun video yang dikirimkan atau diterima di dalam chat.

2. Mengembalikan Chat Terhapus di LINE dengan Aplikasi

Mengembalikan Chat Terhapus di LINE dengan Aplikasi
Mengembalikan Chat Terhapus di LINE dengan Aplikasi

Sementara untuk cara yang kedua ini bisa dilakukan jika kamu ingin mengembalikan semua chat beserta file media yang dikirim atau diterima di dalamnya, yakni foto, video dan stiker. Cara ini juga bisa dijadikan alternatif jika sebelumnya kamu tidak melakukan bakcup obrolan LINE. Jadi, obrolan di LINE yang terhapus tanpa backup sebelumnya juga dapat dikembalikan seperti semula.

Aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk mengembalikan chat terhapus di LINE yang belum dibackup ini yakni bernama iMyFone ChatsBack for LINE. Untuk melakukan cara ini kamu membutuhkan perangkat pendukung, yakni PC atau laptop dan kabel USB sebagai penghubungnya. Untuk langkah-langkah melakukannya sendiri, yakni:

  1. Langkah yang pertama kamu download dan install aplikasi iMyFone ChatsBack for LINE terlebih dahulu di perangkat PC atau laptop.
  2. Jika sudah, sekarang kamu jalankan aplikasi tersebut.
  3. Pada HP android, kamu aktifkan fitur USB Debugging terlebih dahulu melalui halaman Developer Options.
  4. Kemudian kamu hubungkan HP yang terdapat aplikasi LINE tersebut ke PC atau laptop menggunakan kabel USB.
  5. Pastikan HP sudah terdeteksi di laptop dan berhasil terhubung.
  6. Pada halaman utama aplikasi iMyFone ChatsBack for LINE, kamu masuk ke menu Device Storage.
  7. Nantinya akan muncul halaman yang bergambar HP, menandakan HP tadi sudah terhubung ke aplikasi tersebut. Selanjutnya klik tombol Start.
  8. Kemudian pilih opsi Deep Recovery. Selanjutnya berikan izin install via USB di perangkat HP.
  9. Pada HP android kamu perlu mengaktifkan pencadangan data ke Google Drive. Tujuannya untuk menyimpan data obrolan LINE saat ini. Hal ini perlu dilakukan karena nantinya iMyFone ChatsBack for LINE akan mencoba menginstall aplikasi LINE lama dan data obrolannya juga data lama yang sebelumnya sudah terhapus.
  10. Jika sudah, nanti HP akan melakukan restart dengan sendirinya. Dan LINE versi lama akan diinstall di HP tersebut.
  11. Kembali ke aplikasi iMyFone ChatsBack for LINE, selanjutnya kamu klik Izinkan. Lalu masukkan kode yang diminta dan proses ekstrak akan dimulai. Tunggu hingga proses ekstrak berhasil dan LINE lama sudah berhasil diinstall di HP androidmu.
  12. Selesai.

Penutup

Itulah tadi dua cara mengembalikan chat LINE terhapus di HP android yang mudah dan praktis bisa kamu terapkan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaCara Mengatasi Situs Ini Tidak Dapat Dijangkau di HP
Artikel SelanjutnyaCara Ganti IMEI HP Android yang Aman
Abdul Wafi
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini