Cara Mengatur Sensitif Layar Android Terbaru

11
Mengatur Sensitif Layar Android
Mengatur Sensitif Layar Android

Mengatur Sensitif Layar Android – HP android identik dengan layarnya yang dibuat cukup lebar dan mengusung konsep layar sentuh. Jadi, pengguna bisa dengan menyentuh bagian permukaan layar untuk mengoperasikan HP. Kalau dulu mungkin perangkat HP dengan layar sentuh seperti ini dianggap kurang nyaman digunakan. Salah satu alasannya yakni layar HP yang rentan rusak, apalagi jika tidak menaruhnya dengan benar. Beberapa kerusakan yang mungkin terjadi, seperti layar tergores, LCD pecah, layar tidak merespon saat disentuh dan lain sebagainya.

Mengatur Sensitif Layar Android
Mengatur Sensitif Layar Android

Namun, sekarang perkembangan teknologi sudah semakin maju. Penggunaan layar sentuh pada HP ditingkatkan keamanannya sehingga tidak mudah rusak. Misalnya saja adanya penambahan lapisan pelindung layar yang tidak hanya kokoh, melainkan juga nyaman digunakan. Penggunaannya ini tidak lantas membuat layar HP kurang merespon dengan cepat saat disentuh, justru semakin meningkatkan sensitivitasnya. Selain itu, ada sematan fitur lain pada layar LCD HP android yang semakin membuat banyak orang tertarik untuk memilikinya.

Baca Juga:

Berbicara mengenai layar HP android, penggunaan dalam jangka waktu lama memang bisa membuat fungsinya menurun. Misalnya saja tingkat sensitivitas layar HP saat disentuh yang tidak dengan cepat merespon. Namun tidak hanya dialami pada HP lama saja, melainkan juga hal ini terjadi pada HP yang baru saja dibeli. Sebenarnya untuk soal sensitivitas layar HP memungkinkan untuk kita atur sendiri. Para vendor telah menyematkan pengaturan sensitivitas pada layar HP-nya ini. Bagi kamu yang belum tahu, berikut cara mengatur sensitif layar android yang mudah bisa disimat dan terapkan.

Penyebab Tingkat Sensitivitas Layar HP Android Menurun

Sebelum lanjut sebaiknya kamu ketahui terlebih dahulu apa saja faktor yang menyebabkan layar HP tidak sensitif lagi seperti saat pertama kali membelinya. Hal ini sangat penting untuk diketahui, agar nantinya kamu bisa lebih mudah melakukan pengatasian. Adapun beberapa penyebab layar android tidak sensitif lagi selengkapnya, sebagai berikut:

  1. Fitur Sensitivitas Sentuhan di HP belum diaktifkan.
  2. Pengaturan pada HP yang salah, sehingga menyebabkan sensitif pada layar menurun.
  3. Penggunaan screen guard atau pelindung layar yang murahan.
  4. Panas yang sangat tinggi atau overhead pada HP android.
  5. Banyak kotoran, minyak atau juga debu yang menempel di permukaan layar.
  6. Faktor usia yang membuat fungsi layar HP menurun.
  7. HP android sering terjatuh, sehingga menjadikan layar HP tidak berfungsi normal. Bisa juga karena ada retak di layar HP.

Dari beberapa penyebab di atas, ada yang bisa diatasi dengan mudah dan ada pula yang tidak, melainkan harus ganti LCD dengan yang baru.

Cara Mengatur Sensitif Layar Android Terbaru

Meningkatkan Sensitif Layar Android
Meningkatkan Sensitif Layar Android

Sementara untuk kondisi layar HP yang masih bagus namun sensitivitas sentuhannya kurang responsif, maka kamu bisa mengakalinya dengan melakukan pengaturan di dalamnya. Beberapa merek dan tipe HP juga menyediakan fitur khusus untuk meningkatkan sensitivitas sentuhan pada layarnya. Adapun cara mengatur sensitif layar android yang mudah selengkapnya, sebagai berikut:

1. Mengaktifkan Fitur Sensitivitas Sentuhan pada Layar

Seperti yang disinggung di atas, pada beberapa tipe dan merek HP di dalamnya terdapat fitur khusus untuk meningkatkan sensitivitas sentuhan pada layarnya. Salah satunya adalah HP dari Samsung, di mana fitur ini sudah disematkan di hampir semua tipenya, mulai dari HP Samsung kelas bawah, menengah hingga kelas atas.

Fitur ini sendiri diberi nama Sensitivitas Sentuhan yang fungsi utamanya memang untuk meningkatkan tingkat respon dari layar saat disentuh. Untuk cara mengaktifkan fitur tersebut, yakni:

  • Langkah yang pertama kamu buka menu Pengaturan atau Settings di HP Samsung.
  • Kemudian masuk ke opsi Tampilan.
  • Gulir ke bawah sampai kamu menemukan fitur Sensitivitas Sentuhan. Untuk mengaktifkannya tinggal Anda geser tombol slidernya ke arah kanan.
  • Dengan demikian layar HP akan menjadi semakin sensitif dibandingkan sebelumnya.
  • Selesai.

Catatan: Untuk HP Samsung keluaran lama mungkin agak beda cara mengaktifkan fitur ini. Yang pasti kamu bisa menemukan pengaturan tersebut di menu Display atau Tampilan.

2. Menurunkan Nilai Skala Animasi Layar

Skala Animasi Layar diyakini dapat membuat tingkat sensitif layar HP android menurun alias tidak lebih cepat. Apalagi jika kamu mengatur nilai Skala Animasi Layar ini ke tingkat paling tinggi, maka akan semakin mempengaruhi sensitivitas sentuhan pada layar HP. Untuk itu, jika ingin layar lebih sensitif, kamu bisa mengatur nilai Skala Animasi Layar ini ke tingkat paling rendah.

Untuk cara mengatur nilai Skala Animasi Layar pada HP android ini sendiri ada 2 langkah, yakni:

Langkah 1. Mengaktifkan Developer Options

  • Langkah yang pertama buka menu Pengaturan atau Setelan di HP.
  • Kemudian masuk ke opsi Tentang Ponsel atau About Phone.
  • Selanjutnya Anda klik sebanyak 5 – 7 kali pada bagian opsi Nomor Bentukan atau Build Number. Nantinya akan muncul notifikasi “Opsi Pengembang Telah Diaktifkan”.
  • Sekarang kamu sudah berhasil mengaktifkan Developer Option atau Opsi Pengembang.

Langkah 2. Mengatur Nilai Skala Animasi Layar

  • Buka lagi menu Pengaturan atau Setelan di HP android.
  • Kemudian gulir ke bawah, lalu klik Developer Option atau Opsi Pengembang.
  • Sekarang Anda cari opsi Skala Animasi Jendela, kemudian ubah nilainya menjadi 0.5x. Selanjutnya cari opsi Skala Animasi Transisi dan ubah juga ke nilai 0.5x. dan terakhir cari opsi Skala Animasi Animator, lalu ubah nilainya menjadi 0.5x.
  • Untuk mempermudah pencariannya, kamu bisa memanfaatkan fitur Pencarian yang ada di bagian atas tampilan Developer Option.
  • Simpan perubahan tersebut.

Dengan demikian tingkat sensitif layar HP akan lebih meningkat dibandingkan sebelumnya. Atau jika kamu ingin layar HP langsung merespon saat disentuh, maka bisa mematikan fitur Skala Animasi Layar tadi.

3. Melakukan Kalibrasi Layar

Kalibrasi layar diyakini bisa membuat fungsi layar kembali normal seperti saat pertama kali membelinya. Namun, ternyata masih banyak pengguna yang belum tahu cara melakukan kalibrasi pada layar HP android tersebut.

Sebenarnya cukup mudah untuk melakukan kalibrasi layar HP android, kamu bisa memanfaatkan aplikasi bernama Touchscreen Fixer. Aplikasi ini memungkinkan untuk didownload dan digunakan secara gratis melalui Google Playstore. Untuk menggunakannya sendiri, yakni:

  • Langkah pertama kamu download dan install aplikasi Touchscreen Fixer melalui Google Playstore.
  • Jika sudah, sekarang kamu jalankan aplikasi tersebut.
  • Beri izin akses jika aplikasi memintanya hingga ditampilkan halaman utama aplikasi.
  • Pada halaman utama tersebut kamu klik tombol MULAI.
  • Kemudian ikuti instruksi yang diberikan hingga proses kalibrasi selesai.

Selain aplikasi Touchscreen Fixer di atas, kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi serupa lainnya yang tersedia di Google Playstore. Cari dengan menggunakan kata kunci “kalibrasi layar” kemudian pilih aplikasi mana yang paling banyak didownload dan punya review bagus.

4. Meningkatkan Pointer Speed

Dan cara yang terakhir untuk mengatur sensitif layar android yakni dengan meningkatkan kecepatan penunjuk atau pointer speed pada HP. Cara satu ini juga diklaim sangat ampuh untuk menjadikan layar kembali sensitif lagi. Untuk cara melakukannya sendiri, yakni:

  • Langkah yang pertama buka menu Pengaturan atau Setelan di HP android.
  • Kemudian masuk ke opsi Bahasa dan Masukan.
  • Selanjutnya kamu klik pada opsi Kecepatan Penunjuk atau Pointer Speed.
  • Sekarang kamu atur tingkat kecepatannya sesuai keinginan. Agar layar lebih sensitif, atur saja kecepatannya tersebut ke tingkat full.
  • Kemudian klik Oke untuk menyimpannya.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mengatur sensitif layar android beserta beberapa faktor yang menyebabkan sensitivitas layar menurun. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosialmu agar juga bermanfaat bagi orang lain.

Artikel SebelumnyaCara Buka IG Lupa Password Tapi No HP dan Email Mati/Gak Aktif
Artikel SelanjutnyaCara Mengatasi Konektor HP Longgar Paling Ampuh
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini