Cara Mengatasi Tinder Berhenti Sendiri di HP Android

15
Mengatasi Tinder Berhenti Sendiri
Mengatasi Tinder Berhenti Sendiri

Mengatasi Tinder Berhenti Sendiri – Tinder merupakan salah satu platform untuk mencari teman baru yang paling populer saat ini. Di Tinder bahkan kamu memungkinkan untuk menemukan jodoh, yang jika memang cocok bisa melanjutkan ke jenjang pernikahan. Aplikasi satu ini sangat cocok dipilih bagi kamu yang masih jomblo dan sulit untuk mencari pasangan yang pas dan sesuai kriteria. Di Tinder kamu bisa mencari seseorang yang memang sesuai dengan kriteriamu, bahkan yang cukup spesifik. Mulai mengajaknya untuk mengobrol dan ketemuan untuk lebih lanjutnya.

Mengatasi Tinder Berhenti Sendiri
Mengatasi Tinder Berhenti Sendiri

Tinder sendiri hadir dalam bentuk aplikasi mobile yang bisa diakses melalui smartphone android maupun iPhone. Selain itu, tersedia pula halaman websitenya yang juga bisa diakses dengan mudah menggunakan 1 akun Tinder yang kamu miliki. Tinder hadir dengan berbekal tampilan antarmuka yang simpel sehingga mudah untuk digunakan. Fitur yang disediakan di dalamnya juga cukup menarik dan menjadi salah satu daya tarik utama bagi para pengguna smartphone. Untuk mengaksesnya, tentunya kamu perlu membuat akun Tinder terlebih dahulu. Termasuk jenis aplikasi online, kamu harus menghubungkan dulu perangkat yang digunakan ke jaringan internet.

Baca Juga:

Sudah menginstall aplikasi Tinder di perangkat smartphone, terkadang ada saja masalah error yang dialami pada aplikasi tersebut. Misalnya saja masalah aplikasi Tinder yang tidak bisa dibuka, yang mana aplikasi selalu keluar sendiri dan muncul tulisan “Aplikasi Tinder Telah Berhenti”. Masalah error seperti ini bisa disebabkan oleh banyak faktor, yang pasti untuk mengatasinya bisa dibilang sangat mudah. Mengenai cara mengatasi Tinder berhenti sendiri di android selengkapnya, bisa kalian simak di bawah ini.

Cara Mengatasi Tinder Berhenti Sendiri di HP Android

Memperbaiki Aplikasi Tinder Berhenti Sendiri
Memperbaiki Aplikasi Tinder Berhenti Sendiri

Untuk memperbaiki aplikasi Tinder telah berhenti dan tidak bisa dibuka, ada beberapa cara yang bisa diterapkan. Yang pasti cara-cara ini sangat mudah dilakukan, bahkan bagi kamu yang masih awam. Beberapa cara ini bisa disesuaikan dengan penyebab aplikasi Tinder berhenti sendiri tersebut. Adapun cara ampuh mengatasi Tinder berhenti sendiri di HP android selengkapnya, sebagai berikut:

1. Lakukan Restart HP Android

Cara yang paling mudah untuk mengatasi aplikasi Tinder terus berhenti dan keluar sendiri yakni dengan melakukan restart. Bisa jadi masalah satu ini disebabkan adanya error pada sistem aplikasi akibat data corrupt atau file cache yang menumpuk. Dengan melakukan restart hal tersebut bisa diatasi dengan mudah dan ampuh.

Cukup dengan menekan tombol Power selama beberapa saat, kemudian pilih opsi Restart atau Mulai Ulang. Tunggu sampai HP menyala kembali dan buka lagi aplikasi Tinder. Cara ini juga akan membuat performa kinerja HP menjadi lebih cepat dan responsive.

2. Menghapus File Cache Aplikasi Tinder

Jika cara di atas masih belum berhasil, mungkin saja hal ini dikarenakan adanya file cache aplikasi Tinder yang menumpuk. Melakukan restart saja memang tidak akan menghapus file cache yang tersimpan di dalam aplikasi. Untuk itu, kamu perlu melakukan penghapusan secara manual. Untuk langkah-langkah menghapusnya sendiri, yakni:

  • Pertama buka menu Pengaturan di HP android.
  • Kemudian masuk ke opsi Aplikasi.
  • Cari dan pilih aplikasi Tinder.
  • Pada halaman Info Aplikasi, kamu klik pada opsi Penyimpanan.
  • Kemudian klik tombol Hapus Cache atau Hapus Memori.
  • Selesai.

 Catatan: Di beberapa tipe dan merek HP mungkin berbeda cara mengakses menu Aplikasi di Pengaturannya.

3. Update Aplikasi Tinder

Masalah error pada aplikasi Tinder juga bisa disebabkan karena aplikasi yang tidak diupdate ke versi terbaru. Kita tahu, pada developer aplikasi selalu menghadirkan update versi terbaru pada aplikasi buatannya. Hal ini dilakukan untuk mengatasi bug, error dan menambahkan sejumlah fitur baru di dalamnya.

Begitu juga dengan Tinder, setiap waktunya pasti dihadirkan versi terbaru untuk aplikasi tersebut. Untuk mengupdatenya sendiri bisa dilakukan langsung dari Google Play Store. Untuk langkah-langkah melakukannya sendiri, yakni:

  • Buka Google Play Store di HP android.
  • Kemudian klik Foto Profil yang ada di pojok kanan atas tampilan.
  • Selanjutnya klik pada opsi Kelola Aplikasi & Perangkat.
  • Lanjutkan dengan pilih opsi Update Tersedia.
  • Kemudian klik tombol Update yang ada di sebalah kanan aplikasi Tinder.
  • Selesai.

Jika pada daftar tidak ditemukan aplikasi Tinder, berarti aplikasi Tinder yang terpasang di HP androidmu sudah dalam versi terbaru.

4. Hapus Data Aplikasi Tinder

Cara satu ini bisa diterapkan jika beberapa cara di atas masih belum ampuh mengatasi Tinder telah berhenti di HP. Bisa jadi hal ini disebabkan karena adanya data corrupt pada aplikasi, sehingga perlu direset terlebih dahulu untuk mengatasinya. Untuk langkah-langkah menghapus data aplikasi Tinder ini sendiri, yakni:

  • Pertama kamu buka menu Pengaturan di HP android.
  • Kemudian masuk ke opsi Aplikasi.
  • Cari dan pilih aplikasi Tinder yang tersedia di daftar.
  • Lanjutkan dengan klik pada opsi Penyimpanan.
  • Kemudian klik tombol Hapus Data dan konfirmasi penghapusan.
  • Selesai.

Cara ini akan menghapus seluruh data pada aplikasi, termasuk pengaturan dan data login di dalamnya. Jadi, kamu perlu login ulang ke aplikasi dan melakukan pengaturan dari awal lagi.

5. Update Sistem Operasi Android

Ada kalanya error pada aplikasi Tinder disebabkan oleh Sistem Operasi Android yang mengalami masalah error. Hal ini ditandai dengan masalah serupa juga terjadi pada aplikasi lain yang terinstall di HP android. Untuk mengatasinya, kamu perlu memperbarui OS Android ke versi terbaru yang disediakan.

Kamu perlu mengecek terlebih dahulu apakah memang sudah tersedia versi OS Android terbaru yang dihadirkan oleh vendor. Untuk mengeceknya sendiri yakni melalui menu Pengaturan >> Pembaruan Perangkat Lunak >> Download dan Install >> klik Download Pembaruan >> klik Instal Pembaruan.

6. Hapus Aplikasi dan Install Ulang

Cara lainnya jika masalah yang sama masih dialami yakni dengan menghapus aplikasi Tinder yang sudah terinstall di HP. Cara menghapusnya sendiri cukup mudah, yakni dengan tekan dan tahan ikon aplikasi Tinder lalu klik tombol Hapus Instalasi atau Uninstall. Atau bisa juga dengan buka menu Pengaturan >> Aplikasi >> Tinder >> Hapus Instalasi atau Uninstall.

Jika sudah berhasil diuninstall, sekarang kamu lakukan restart pada HP android terlebih dahulu. Saat HP sudah menyala, selanjutnya install ulang aplikasi Tinder melalui Google Play Store. Cari Tinder di sana, lalu klik tombol Instal.

7. Melakukan Factory Reset HP Android

Dan cara yang terakhir untuk mengatasi Tinder berhenti sendiri yakni dengan melakukan factory reset atau mengembalikan ke pengaturan awal pabrik. Ada dua cara mudah yang bisa dilakukan, yakni reset lewat Pengaturan dan reset melalui Recovery Mode.

Untuk cara factory reset HP android melalui menu Pengaturan atau Settings, yakni:

  • Buka menu Pengaturan di HP android.
  • Kemudian masuk ke opsi Pengaturan Tambahan.
  • Lanjutkan dengan pilih Cadangkan dan Reset.
  • Lalu pilih opsi Reset ke Setelan Pabrik.
  • Dan konfirmasi dengan klik Hapus Semua Data.
  • Selesai.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mengatasi Tinder berhenti sendiri di android yang mudah dan ampuh bisa kamu terapkan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaCara Menghapus Akun Tinder Lewat HP Android
Artikel SelanjutnyaCara Hapus Album Foto di Facebook Terbaru
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini