Cara Mengatasi Tanda Silang Wifi Android Paling Ampuh

212
Mengatasi Tanda Silang Wifi Android
Mengatasi Tanda Silang Wifi Android

Mengatasi Tanda Silang Wifi Android – Setidaknya ada dua cara yang bisa dilakukan untuk menghbungkan HP ke internet, yakni menggunakan data seluler dan jaringan wifi. Keduanya memiliki keunggulan masing-masing, dan penggunaannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Banyak yang bilang menggunakan jaringan wifi koneksinya lebih cepat dan stabil saat digunakan mengakses internet. Memang benar, akan tetapi jaringan wifi tidak bisa diakses di semua tempat. Tidak seperti data seluler yang memungkinkan untuk digunakan kapan dan di mana saja kita berada.

Mengatasi Tanda Silang Wifi Android
Mengatasi Tanda Silang Wifi Android

Berbicara mengenai jaringan wifi, biasanya kita perlu memasukkan password agar bisa terhubung ke jaringannya. Namun, ada pula beberapa wifi publik yang bisa diakses secara gratis tanpa perlu memasukkan password. Misalnya saja di wifi corner, alun-alun, taman, dan tempat untuk umum lainnya. Sinyal yang diberikannya terbilang sangat cepat sehingga kita lebih nyaman saat mengakses internet di smartphone. Akan tetapi, bukan berarti jaringan wifi tidak pernah mengalami masalah. Ada kalanya jaringan wifi mengalami error dan tidak bisa diakses.

Baca Juga:

Ingin menyambungkan HP ke sebuah jaringan wifi, akan tetapi ketika sudah terhubung justru logo wifi di HP terdapat tanda silang atau tanda seru. Ini menandakan jaringan wifi tidak dapat digunakan untuk mengakses internet. Masalahnya bisa terjadi pada HP android, router atau modem, atau juga server pusat dari jaringan wifi tersebut. Lantas, bagaimana cara mengatasi tanda silang wifi di android tersebut? Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini!

Penyebab Munculnya Tanda Silang pada Wifi di Android

Penyebab Tanda Silang Wifi Android
Penyebab Tanda Silang Wifi Android

Sebelum membahas cara mengatasi tanda silang di wifi android, sebaiknya kamu ketahui terlebih dahulu apa saja yang menjadi penyebabnya. Hal ini penting untuk diketahui agar kamu bisa lebih mudah melakukan penanganan. Adapun beberapa faktor yang menjadi penyebab munculnya tanda silang di wifi HP android tersebut, di antaranya:

  • HP mengalami overheat.
  • HP tidak dapat menjangkau jaringan wifi yang tersedia, baik itu karena terhalang sesuatu atau jaraknya terlalu jauh.
  • Kesalahan dalam pengaturan waktu dan tanggal di android.
  • Adanya bug atau error pada sistem android.
  • Sedang terjadi gangguan pada server pusat wifi. Atau kuota habis (khusus pengguna Mifi).
  • Router atau modem wifi yang bermasalah.

Cara Mengatasi Tanda Silang Wifi Android yang Ampuh

Dari beberapa penyebab di atas, kita bisa lebih tahu bagaimana cara untuk mengatasi masalah error wifi di HP ini. Ada beberapa cara yang bisa diterapkan, tentunya cara-cara ini mudah untuk dilakukan bahkan bagi kamu yang masih awam. Adapun cara mengatasi tanda silang wifi di HP android selengkapnya, sebagai berikut:

1. Lakukan Restart atau Matikan HP

Cara yang pertama bisa kamu lakukan yakni dengan melakukan restart HP android. Cara ini diklaim sangat ampuh untuk mengatasi masalah pada jaringan di HP, termasuk saat terhubung ke jaringan wifi. Tanda silang pada logo wifi tidak akan terlihat lagi dan kamu bisa terhubung ke internet.

Selain melakukan restart, kamu juga bisa mematikan HP dan mendiamkannya selama beberapa saat. Kamu juga bisa melepas komponen eksternal yang terpasang, seperti kartu SIM, kartu SD dan juga baterainya (untuk HP dengan baterai bisa dilepas).

2. Perhatikan Posisi Router Wifi

Alternatif lainnya untuk menghilangkan tanda silang di wifi android yakni dengan menjaga jarak kita dengan router atau modem wifi. Pastikan posisi router sudah tepat, yang tidak terhalang oleh tembok atau semacamnya, tidak berada didekat perangkat elektronik, dan bisa menjangkau ruangan yang luas.

Jika memang jarakmu terlalu jauh dengan router, benar saja HP tidak bisa menjangkaunya sehingga akan muncul tanda silang. Umumnya router wifi hanya memiliki jangkauan sejauh 500 meter saja.

3. Lakukan Pengaturan Tanggal dan Waktu dengan Benar

Pengaturan tanggal dan waktu di HP android ternyata juga akan berpengaruh terhadap koneksi internet, termasuk saat terhubung ke jaringan wifi. Misalnya saja pengaturan tanggal dan waktunya tidak sesuai dengan tanggal dan waktu saat ini.

Untuk mengatasinya, kamu perlu membetulkan pengaturan tanggal dan waktu di HP sesuai yang berlaku saat ini. Agar lebih mudah dan akurat, kamu bisa mengatur tanggal dan waktu di HP android ke mode otomatis. Mode ini akan secara otomatis menyesuaikan dengan tanggal dan waktu saat ini dengan akurat. Untuk melakukan pengaturan tersebut, berikut ini langkah-langkahnya:

  • Pertama kamu buka menu Pengaturan di HP android.
  • Kemudian masuk ke opsi Manajemen Umum.
  • Lalu klik pada opsi Tanggal dan Waktu.
  • Selanjutnya kamu aktifkan opsi Tanggal dan Waktu Otomasi atau Zona Waktu Otomatis dengan cara menggeser tombol slidernya.
  • Selesai.

Setelah mengaktifkan pengaturan tanggal dan waktu otomatis, biasanya koneksi internet di HP akan kembali normal dan tanda silang tadi akan menghilang.

4. Lakukan Reset Router atau Modem

Masalah bukan hanya terjadi pada HP android, melainkan juga bisa pada perangkat router atau modem wifi. Entah apa yang menyebabkannya, yang pasti router tidak bisa memancarkan koneksi internet dengan baik sehingga muncul tanda silang di HP.

Untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa melakukan reset pada perangkat router tersebut. caranya dengan menekan Lubang Reset yang ada di bagian belakang bodi router menggunakan tusuk gigi atau benda runcing lainnya. Pada beberapa jenis router biasanya sudah menyediakan tombol khusus untuk melakukan reset ini. Setelah dilakukan reset, kamu perlu menghubungkan ulang HP ke jaringan wifi menggunakan password default dan mengatur ulang passwordnya.

5. Menunggu Hingga Gangguan Teratasi

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, munculnya tanda silang pada jaringan wifi di HP juga bisa terjadi karena adanya gangguan di server pusat atau provider. Baik itu karena cuaca buruk, perbaikan atau pemeliharaan jaringan, atau hal lainnya. Yang pasti pada kondisi ini jaringan wifi tidak akan terhubung ke internet.

Kamu tidak perlu melakukan apa-apa untuk masalah ini, hanya menunggu sampai gangguan tersebut berakhir. Biasanya tidak butuh waktu lama jika memang kerusakan yang terjadi tidak begitu serius.

6. Update ke OS Android Versi Baru

Penggunaan OS Android versi lawas biasanya menyebabkan berbagai error pada perangkat android, termasuk pada jaringan internetnya. Bisa saja pada OS Android terdapat bug sehingga membuat jaringan wifi yang terhubung mengalami masalah, misalnya saja muncul tanda silang.

Untuk itu, kamu perlu melakukan pembaruan sistem android di HP tersebut. Caranya dengan masuk ke menu Pengaturan >> Pembaruan Sistem >> Update dan Install >> Download Pembaruan >> Install Pembaruan.

7. Lakukan Factory Reset

Dan cara yang terakhir untuk mengatasi tanda silang wifi android yakni dengan melakukan factory reset atau mengembalikan HP ke pengaturan awal pabrik. Sebaiknya kamu lakukan pencadangan data terlebih dahulu sebelum melakukan cara ini. Hal ini dilakukan untuk melindungi data penting yang kamu simpan di memori internal HP.

Untuk melakukan factory reset HP android, setidaknya ada 2 metode yang bisa dilakukan yakni melalui menu Pengaturan dan lewat Recovery Mode. Lebih mudah melakukan reset melalui menu Pengaturan atau Settings, berikut ini langkah-langkahnya:

  • Pertama buka menu Pengaturan atau Settings di HP android.
  • Kemudian masuk ke opsi Manajemen Umum.
  • Selanjutnya klik pada opsi Reset.
  • Dilanjutkan dengan pilih opsi Reset Data Pabrik.
  • Dan kamu tinggal menunggu proses reset selesai dan HP menyala kembali.
  • Selesai.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mengatasi tanda silang wifi android paling mudah dan ampuh bisa coba kamu terapkan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaCara Mengatasi Galeri Berhenti Error Tidak Bisa Dibuka di HP
Artikel SelanjutnyaCara Mengatasi HP Tidak Bisa 4G Paling Ampuh
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini