6 Cara Mengatasi Suhu Baterai Terlalu Tinggi di Android

108
Mengatasi Suhu Baterai Terlalu Tinggi
Mengatasi Suhu Baterai Terlalu Tinggi

Mengatasi Suhu Baterai Terlalu Tinggi – Hampir semua orang sudah memiliki perangkat smartphone pribadi, mulai dari kalangan bawah, menengah hingga kalangan atas. Bahkan tidak jarang dari mereka setiap harinya tidak bisa terlepas dari penggunaan perangkat gadget tersebut. Entah itu untuk urusan bisnis, belajar & mengajar, hingga sebagai sarana hiburan. Fungsinya yang fleksibel membuat smartphone bisa membantu memudahkan berbagai aktivitas harian pengguna. Ditambah lagi dengan sematan spesifikasi mumpuni, membuatnya memiliki performa yang mumpuni.

Mengatasi Suhu Baterai Terlalu Tinggi
Mengatasi Suhu Baterai Terlalu Tinggi

Di smartphone android khususnya, kita sebagai pengguna bebas menginstall aplikasi dan game apa pun di dalamnya. Game dan aplikasi tersebut bisa didownload dengan mudah dan gratis melalui Google Playstore atau situs penyedia aplikasi lainnya di internet. Hal inilah yang semakin membuat semua orang tertarik untuk memiliki perangkat smartphone android. Aplikasi yang disediakan ini tentunya memiliki fungsi masing-masing, pengguna bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan dan keinginan. Meskipun gratis, tidak jarang pada beberapa aplikasi menyediakan item khusus yang hanya diperuntukkan bagi pengguna yang berbayar.

Baca Juga:

Banyaknya kelebihan yang dimiliki oleh HP android membuat banyak orang tidak bisa berhenti untuk mengoperasikannya. Akibatnya hal ini membuat suhu panas baterai pada HP android meningkat, bahkan komponen lainnya juga ikut panas dan overheat. Jika sudah seperti ini, ada banyak dampak buruk yang bisa dialami, seperti HP lemot, HP hang atau macet, aplikasi keluar sendiri dan lain sebagainya. Lantas, bagaiman cara mengatasi suhu baterai terlalu tinggi di HP android tersebut? Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini!

Cara Mengatasi Suhu Baterai Terlalu Tinggi di Android

Untuk mengatasi baterai HP yang panas seperti ini, ada beberapa metode yang bisa kamu terapkan. Tidak perlu bingung, cara tersebut terbilang mudah diterapkan, bahkan kamu yang masih awam pun tidak akan kesulitan menerapkannya. Baterai HP yang panas tersebut bisa disebabkan oleh beberapa hal, di antaranya:

  • Menjalankan banyak aplikasi dan game secara bersamaan.
  • Menjalankan aplikasi dan game berat, bahkan dengan grafis tinggi.
  • Terlalu banyak aplikasi yang terinstall.
  • Banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang.
  • Mengoperasikan HP tanpa henti.
  • Memainkan HP sambil mengecas/charging.
  • Sinyal yang lemah.
Penyebab Suhu Baterai Terlalu Tinggi
Penyebab Suhu Baterai Terlalu Tinggi

Dari beberapa penyebab suhu baterai terlalu tinggi di atas, kita bisa lebih tahu bagaimana cara untuk mengatasinya sehingga suhu baterai kembali normal. Adapun beberapa cara mengatasi suhu baterai terlalu tinggi di HP android selengkapnya, sebagai berikut:

1. Mengistirahatkan HP Android

Cara yang paling ampuh untuk menurunkan suhu panas baterai di HP android yakni dengan mematikan HP. Kemudian kamu perlu mendiamkan HP selama beberapa saat hingga suhu panas pada baterainya tersebut menurun. Jika HP-mu menggunakan jenis baterai yang bisa dilepas, maka kamu perlu melepasnya.

Pastikan kamu meletakkan HP di tempat yang kering dan tidak lembap. Jangan taruh HP di bawah sinar matahari secara langsung, dan letakkan di area yang terbuka. Dengan cara ini suhu pada baterai akan kembali normal dengan cepat.

2. Menghentikan Aplikasi yang Berjalan

Sebaiknya kamu jalankan aplikasi atau game satu per satu, jangan langsung menjalankan sekaligus. Hal ini akan memberatkan kinerja HP sehingga membuat suhu panas pada baterai semakin meningkat. Pastikan juga aplikasi atau game yang diinstall dan dijalankan di HP android sesuai dengan spesifikasinya. Jika HP-mu memiliki spesifikasi standar, maka jangan memainkan aplikasi dan game berat.

Selain itu, kamu perlu menghentikan aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang. Untuk penghentiannya sendiri bisa kamu lakukan secara manual atau otomatis. Untuk menghentikan aplikasi secara manual, yakni:

  • Buka menu Pengaturan di HP.
  • Masuk ke opsi Aplikasi.
  • Cari dan pilih aplikasi yang ingin dihentikan.
  • Kemudian klik tombol Paksa Berhenti atau Force Close.
  • Selesai.

Atau bisa juga dengan melakukan restart pada HP android agar semua aplikasi yang berjalan di latar belakang bisa berhenti. Lebih praktis lagi menggunakan aplikasi cleaner, di mana aplikasi tidak hanya bisa menghentikan aplikasi berjalan di background, melainkan juga menghapus file cache yang tersimpan di android.

3. Hapus Aplikasi yang Tidak Diperlukan

Menginstall aplikasi dan game yang diperlukan saja, cara ini akan membantu menghemat memori di HP android. Selain itu, cara ini juga akan membantu meringankan beban kinerja smartphone android, khususnya meminimalkan aplikasi yang berjalan di latar belakang secara otomatis.

Sebaiknya kamu hapus atau uninstall aplikasi dan game yang jarang digunakan, bahkan tidak diperlukan. Untuk cara penghapusannya sendiri, yakni:

  • Buka menu Pengaturan di HP android.
  • Masuk ke opsi Aplikasi.
  • Cari dan pilih aplikasi yang ingin dihapus atau uninstall.
  • Selanjutnya klik tombol Hapus Instalasi atau Uninstall.
  • Selesai.

Selain itu, kamu juga bisa menghapus aplikasi bawaan atau bloatware yang terinstall secara default. Caranya sama seperti yang dijelaskan di atas, hanya saja terkadang ada beberapa aplikasi bawaan yang tidak bisa diuninstall. Kamu cukup lakukan uninstall pada aplikasi bawaan yang bisa diuninstall saja, tidak perlu semuanya.

4. Tidak Memainkan HP Ketika Dicas

Inilah salah satu kebiasaan buruk para pengguna android, di mana mereka tetap memainkan HP android meskipun sedang dicharging atau dicas. Kebiasaan ini justru akan membuat arus listrik yang masuk dan keluar secara bersamaan, dan tidak jarang hal ini akan menimbulkan panas pada baterai HP. Jika dibiarkan terus-menerus, suhu panas baterai akan terus meningkat, bahkan paling parahnya bisa meledak.

Sebaiknya saat mengecas HP, kamu matikan data seluler atau wifi pada HP tersebut. Lebih maksimal lagi kamu matikan HP ketika dicas, agar pengisian daya baterai bisa lebih efektif. Cara ini tidak hanya akan menurunkan suhu panas pada HP, melainkan juga akan mempercepat waktu pengisian daya baterai.

5. Mematikan Jaringan HP

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, sinyal operator yang lemah akan menyebabkan suhu panas pada HP akan meningkat. Hal ini karena sinyal yang lemah akan memaksa HP terus mendeteksi dan melacak sinyal yang lebih kuat. Dampaknya, hal ini akan membuat HP lebih bekerja keras dan suhu panas pun akan meningkat. Tidak hanya pada komponen sinyal HP, melainkan juga suhu panas pada baterai.

Untuk mengatasi masalah ini, sebaiknya kamu matikan saja data seluler pada HP. Atau agar lebih maksimal, kamu matikan sinyal jaringan HP dengan cara mengaktifkan Mode Pesawat atau AirPlane Mode.

6. Menggunakan Aplikasi Pendingin HP

Dan cara yang terakhir untuk mengatasi suhu baterai terlalu tinggi yakni dengan menggunakan aplikasi untuk mendinginkan suhu pada HP. Ada beberapa jenis aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk mendinginkan suhu pada HP, di antaranya:

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mudah dan ampuh untuk mengatasi suhu baterai terlalu tinggi di HP android. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel Sebelumnya7 Cara Mengatasi Papan Keyboard Samsung Tidak Muncul
Artikel Selanjutnya5 Cara Mengatasi Android Process Media Telah Berhenti
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini