Cara Mengatasi Suara Headset Kecil yang Ampuh

1386
Mengatasi Suara Headset Kecil
Mengatasi Suara Headset Kecil

Mengatasi Suara Headset Kecil – Memutar musik bisa dilakukan melalui berbagai macam perangkat. Namun, yang bisa dibilang paling mudah dan praktis yakni memutarnya melalui perangkat HP android. Menggunakan HP android untuk memutar lagu, kita tidak perlu lagi menggunakan yang namanya speaker eksternal. Pasalnya pada HP android sudah dibekali dengan speaker tersebut sebagai output suaranya. Terlebih lagi, suara yang dihasilkan di HP android terbilang sangat nyaman dan mantap. Bahkan kita bisa mengatur besar volume, bass dan beberapa elemen lainnya sesuka hati dengan penggunaan aplikasi pihak ketiga.

Mengatasi Suara Headset Kecil
Mengatasi Suara Headset Kecil

Selain memutar musik langsung di HP, alternatif lainnya supaya lebih maksimal dalam bermusik yakni dengan penggunaan headset. Saat ini sudah ada banyak jenis dan tipe headset yang bisa ditemukan di pasaran, mulai dari headset dengan kabel hingga headset nirkabel. Masing-masing produk headset tersebut tentunya punya keunggulan tersendiri sehingga menjadi daya tariknya. Selain itu, ditambahkan pula fitur lain di dalam headset yang ditujukan untuk semakin memaksimalkan penggunaannya, baik dalam bermusik atau aktivitas lainnya.

Baca Juga:

Menggunakan headset di HP android, terkadang memang ada masalah error yang dialami oleh pengguna. Salah satunya adalah suara yang dihasilkan dari headset yang terbilang kecil, padahal volumenya sudah diatur ke tingkat paling tinggi. Sebelumnya suara yang dihasilkan dari headset normal-normal saja, namun lama-kelamaan suaranya mengecil bahkan tidak dapat didengar dengan jelas. Lantas, bagaimana cara mengatasi suara headset kecil tersebut? Berikut ini informasi selengkapnya yang bisa kalian simak!

Cara Mengatasi Suara Headset Kecil yang Ampuh

Mengatasi Suara Headset Rendah
Mengatasi Suara Headset Rendah

Suara headset yang sangat kecil tentunya akan membuat kita kurang puas dengan penggunaannya, khususnya saat mendengarkan musik. Karena itulah, kamu perlu melakukan beberapa hal agar suara headset kembali normal dan bisa dinikmati dengan nyaman. Suara headset yang kecil ini bisa dikarenakan adanya error pada headset atau pada sistem android itu sendiri.

Adapun beberapa cara mudah dan ampuh mengatasi suara headset kecil selengkapnya, sebagai berikut:

1. Cek Volume pada Headset dan HP Android

Suara headset yang kecil ini bisa disebabkan karena dua hal, yakni pengaturan volume di headset dan di HP yang diatur ke tingkat terendah. Untuk itu, kamu lakukan pengecekan pengaturan volume tersebut pada kedua perangkat. Beberapa jenis headset memang ada yang menyediakan tombol untuk mengatur volume yang dikeluarkannya, biasanya pada headset berbasis bluetooth. Pastikan kamu sudah mengatur ke tingkat volume yang benar agar suara yang dihasilkan sesuai dengan keinginan.

Selain itu, cek juga pengaturan volume pada HP android. Atur volumenya dengan menekan Volume Up untuk menaikkan suara pada headset. Atau jika Anda memutar musik melalui aplikasi musik player, maka bisa meningkatkan volume langsung dari aplikasi musik player tersebut. Sementara jika memutar melalui Youtube, volume juga bisa diatur melalui tampilan videonya.

2. Cek Konektor Headset yang Tersambung ke HP

Hal lainnya yang perlu diperhatikan jika volume headset terdengar sangat kecil yakni dengan memeriksa kabel konektornya. Pastikan konektor headset tersambung secara sempurna pada port audio di HP.Untuk HP baru, biasanya memang butuh penekanan yang lebih keras saat memasukkan konektor headset ke dalamnya. Konektor yang tidak menancap sempurna akan membuat headset tidak berfungsi normal, bisa juga suara yang dikeluarkannya cukup kecil.

Selain itu, kamu juga bisa mencoba putar-putar konektor headset tersebut untuk mencari posisi yang pas pada port audio di HP android. Atau lepas pasang konektor tersebut untuk memastikan posisi menancapkan konektor ke port HP sudah benar dan pas.

3. Memeriksa Kabel Headset

Inilah yang sering menjadi masalah jika memilih untuk menggunakan headset berbasis kabel untuk sambungannya. Terkadang kabel yang digunakan ada salah satu bagian di dalamnya yang terputus sehingga membuat headset tidak bisa berfungsi normal.

Atau bisa juga bagian kabel headset ada yang tertekuk, sehigga hal ini membuat suara yang dikeluarkan headset menjadi kecil. Untuk mengatasinya, kamu pastikan kabel headset tidak ada yang tertekuk. Pastikan juga tidak ada bagian yang terputus dari kabel headset, biasanya pada bagian ujung kabel yang tersambung ke konektor atau headset.

4. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Alternatif lain untuk mengatasi suara headset kecil di HP android yakni dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Ada beberapa jenis aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi masalah volume headset kecil ini. Salah satunya adalah aplikasi yang bernama Volume Booster GOODEV. Aplikasi satu ini dikembangkan oleh GOODEV dan sudah diunduh lebih dari 10 juta kali dari Google Playstore.

Mengenai cara menggunakan aplikasi Volume Booster GOODEV untuk memperbesar suara headset, yakni:

  1. Langkah yang pertama kamu download dan install aplikasi Volume Booster GOODEV melalui Google Playstore.
  2. Kemudian kamu jalankan aplikasi tersebut. Jangan lupa terlebih dahulu kamu sambungkan headset ke HP dan pastikan sudah terhubung.
  3. Pada halaman utama aplikasi tersebut, kamu atur volumenya ke tingkat yang lebih tinggi dan sesuai keinginan. Secara otomatis hal ini akan membuat suara di headset akan menjadi lebih besar dan tinggi dibandingkan sebelumnya.
  4. Selesai.

Selain itu, ada jenis aplikasi pihak ketiga lainnya yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi headset suaranya kecil. Khususnya untuk headset yang suaranya kecil sebelah, sementara bagian lainnya suaranya normal. Aplikasi yang bisa kamu gunakan yakni bernama Bass Booster yang dibuat oleh Desaxed Studio. Selain bisa mengatur bass dengan mudah, di dalamnya juga disediakan fitur lain untuk memaksimalkan suara musik yang diputar. Untuk cara menggunakannya sendiri, yakni:

  1. Pertama kamu download dan install aplikasi Bass Booster melalui Google Playstore.
  2. Jangan lupa untuk menghubungkan headset ke HP android.
  3. Sekarang kamu jalankan aplikasi Bass Booster tadi.
  4. Masuk ke menu Pengaturan Equalizer dan atur hingga suara dari headset seimbang satu sama lain.
  5. Selesai.

Sementara bagi kamu yang sedang menonton video dan suara di headset terlalu kecil, maka bisa menggunakan aplikasi bernama MX Player. Di dalamnya terdapat fitur yang memungkinkan kamu mengatur suara output di headset sehingga menonton pun akan lebih nyaman dan puas.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mudah dan ampuh untuk mengatasi suara headset kecil pada HP android bisa kamu terapkan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaCara Mengatasi Headset Bluetooth Tidak Terdeteksi di HP
Artikel SelanjutnyaCara Mudah Mengatasi Konektor HP Rusak
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini