Mengatasi Smartphone Yang Tidak Bisa Memutar Musik

Mengatasi Smartphone Yang Tidak Bisa Memutar Musik Dengan semakin berkembang nya teknologi di dunia ini, maka semakin banyak juga orang merasakan kemudahan. Khususnya perkembangan dunia musik. Kini, musik bisa di dengarkan di mana saja dan kapan saja hanya menggunakan smartphone. Zaman sekarang banyak sekali aplikasi pemutar musik yang akan memanjakan pengguna smartphone. Musik merupakan sebuah seni atau suara yang mengandung irama, nada dan keharmonisan suara si penyanyi. Pada musik juga dapat mengekspresikan emosi seseorang dan perasaan penciptanya melalui irama. Musik sebagai bahan hiburan yang mempunyai kemampuan untuk mendamaikan hati.

Mengatasi Smartphone Yang Tidak Bisa Memutar Musik

Musik sebagai media hiburan mempunyai format file audio seperti wav, wma, Mp3, Mp4 dan lain sebagainya. Format file musik yang sering di gunakan oleh pengguna smartphone yaitu Mp3. Mp3 sudah ada sejak lama, dan memberikan kualitas suara yang sangat jernih hampir sama dengan kualitas suara CD. Mp3 ini banyak sekali di gunakan untuk lagu yang tersimpan. Dengan banyak menyimpan musik di smartphone maka kita sering juga memutar dan menggunakan musik setiap hari nya. Tapi, banyak sekali di antara kita pasti mengalami musik yang tidak bisa di putar entah itu karena memori penuh dan lainnya. Sangat kesal sekali bukan di saat kita santai dan ingin menikmati lagu tapi lagu tidak bisa di putar.

Baca Juga:

Banyak sekali faktor yang bisa menyebab kan musik tidak bisa di putar di android, seperti corrupt atau Mp3 sudah rusak. Masalah seperti ini juga bisa timbul karena ada kerusakaan di memori internal dan memori MicroSD yang tidak mendukung format musik. Yang saya ketahui aplikasi yang memang sudah bawaan jarang sekali rusak atau mengalami error. Tapi tidak bisa di heran kan lagi memang sebagian orang sudah mengalami kerusakan pada fitur musik bawaan smartphone.

Mengatasi Smartphone Yang Tidak Bisa Memutar Musik

Setiap perangkat smartphone pasti sudah di lengkapi dengan fitur musik player. Aplikasi musik player bisa melakukan pemindaian pada file audio baik di memori MicroSD dan internal card. Ada banyak sekali hal yang bisa menyebabkan musik tidak bisa di putar, mungkin saja karena lagu sudah di hapus tapi judul masih ada di daftar list musik. Di artikel kali ini, saya akan membahas bagaimana cara mengatasi smartphone yang tidak bisa memutar musik. Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Menghapus Cache Aplikasi Musik

Hal yang harus di lakukan untuk mengatasi masalah seperti ini adalah menghapus cache pada apliaksi musik. Cache adalah data sementara yang ada di aplikasi yang di gunakan pada handphone dan tersimpan di dalam memori. Cache bisa menyebabkan HP menjadi lemot saat sedang kita gunakan. Di setiap aplikasi pasti sudah memiliki cache, cache harus di bersihkan secara berkala kalau tidak bisa menyebabkan memori menjadi penuh. Sehingga sering sekali file cache dapat membuat aplikasi yang ada di HP muncul tulisan seperti No Media Found dan membuat aplikasi eror.

Cara Menghapus Cache di HP
Cara Menghapus Cache di HP

Jadi karena itulah kamu harus sering membersihkan cache HP, supaya terhindar dari eror. Untuk melakukan scanning pada aplikasi musik yang mungkin terdapat banyak sekali file cache bisa melalui aplikasi clean master yang ada di play store. Kamu juga bisa melakukan nya langsung tanpa bantuan aplikasi.

Untuk bisa melakukan penghapusan Cache pada aplikasi tersebut sangat lah mudah, yaitu dengan cara :

  1. Masuk kedalam menu Setting pada smartphone kesayangan mu
  2. Lalu pilih opsi Device care atau Apps
  3. Selanjutnya tekan menu Storage
  4. Dan klik Advance, serta pilih Other Apps. Nantinya akan tampil banyak aplikasi yang sudah terinstall dalam perangkat HP milikmu
  5. Buka aplikasi Musik yang anda miliki, lalu klik Clear Cache.

2. Reboot Smartphone

Pasti kita semua sudah pernah mendengar dengan istilah Reboot smartphone. Reboot merupakan istilah mematikan semua aplikasi yang ada di smartphone, lalu memulai sistem kembali. Reboot di lakukan ketika smartphone mengalami heng atau eror saat sedang beroperasi. Melakukan reboot hanya sekali mungkin belum terasa manfaatnya selain membuat smartphone menjadi fresh. Ternyata banyak sekali manfaat dari meReboot smartphone yaitu, melancarkan kembali aplikasi termasuk aplikasi pemutar musik dan bisa menjaga kesehatan pada sistem operasi smartphone.

Reboot Smartphone

Cara reboot sangat mudah sekali untuk di lakukan, berikut di bawah ini langkah-langkahnya :

  1. Pertama, matikan terlebih dahulu daya smartphone milik kamu dengan menekan tombol Power
  2. Kemudian Cabut semua komponen smartphone seperti baterai, memori card dan SIM card
  3. Setelah sudah semua di cabut, Diamkan beberapa saat supaya tidak ada daya yang masuk pada smartphone. Ya setidaknya biarkan selama 5 sampai 10 menit
  4. Lalu Pasangkan lagi komponen smartphone tersebut, dan Hidupkan HP seperti biasa
  5. Selanjutnya cobalah untuk memutar Musik kembali.

3. Bersihkan Data Aplikasi

Dengan banyak nya fungsi aplikasi di smartphone kita, membuat smartphone menyimpan banyak sekali data yang sangat besar yang bisa membuat memori penuh. Menghapus data aplikasi lebih banyak mengandung resiko di bandingankan dengan menghapus cache. Karena menghapus data aplikasi akan berpengaruh pada pangaturan aplikasi preferensi dan password aplikasi. Menghapus data aplikasi sama dengan hal nya mengembalikan setelan ulang aplikasi ke status default. Kembali ke status default berarti aplikasi berjalan seperti pertama kali di unduh atau di install.

Maka dari itu salah satu mengatasi masalah ini adalah dengan cara menghapus data aplikasi musik yang sedang bermasalah. Di bersihkan data aplikasi, supaya aplikasi menjadi fresh kembali. Tapi harus di ketahui bahwa mengapus data aplikasi pada musik, kita akan kehilangan konfigurasi seperti playlist musik.

Untuk langkah-langkah nya sendiri tak jauh berbeda dengan menghapus cache aplikasi yang sebelumnya sudah kita bahas tadi. Yuk simak rangkumannya berikut ini :

  1. Masuk kedalam menu Pengaturan pada smartphone kesayangan mu
  2. Lalu pilih opsi Aplikasi atau Pengaturan lainnya

  3. Selanjutnya tekan menu Pengelola Aplikasi. Nantinya akan tampil banyak aplikasi yang sudah terinstall dalam perangkat HP milikmu
  4. Buka aplikasi Musik yang anda miliki, Tekan Penyimpanan
  5. Dan klik opsi Hapus Data.

4. Update Aplikasi Musik

Cara selanjutnya, anda coba update aplikasi musik bawaan yang ada di smartphone. Karena biasanya dalam setahun pasti ada perubahan atau perbaikan pada aplikasi. Perubahan atau perbaikan pada aplikasi ini membuat apliaksi berjalan secara optimal dan menghilangkan bugs yang ada dalam smartphone. Update la aplikasi musik kamu supaya menerima pembaruan tentang bugs yang mungkin saja menjadi penyebab musik tidak bisa di putar.

5. Format Harus Mendukung

Tidak jarang sekali pengguna smartphone pasti pernah dapat pemberitahuan seprti “maaf pemutar tidak mendukung format audio”. Bearti musik yang kamu punya tidak mendukung pada format yang akan di mainkan. Yang familiar kita kenal format audio adalah MP3 tetapi banyak sekali format audio yang tersedia sekarang ini seperti AAC, WAV, WMA dan masih banyak yang lainnya. Mengatasi masalah pemutaran musik dengan cara ini adalah convert audio ke file atau format yang mendukung di smartphone kamu.

6. Gunakan Aplikasi Lain

Cara terakhir ini adalah memakai aplikasi lain yang ada di playstore. Jika kalian merasa cara di atas terlalu sulit atau ribet, kalian gunakan saja cara ini yaitu cukup download aplikasi pemutar musik di playstore. Di zaman sekarang banyak sekali aplikasi pemutar musik online maupun offline. Ada banyak sekali pilihan aplikasi seperti JOOX, SoundCloud, Spotify dan lain-lainnya. Aplikasi pemutar musik ini memiliki fitur yang berbeda beda pastinya, jadi pilih sesuai yang kamu inginkan ya.

Penutup

Penyebab musik yang tidak bisa terbaca bisa di terjadi karena beberapa sebab salah satu nya karena memori SD di file musik yang tersimpan. Itulah beberapa cara mengatasi smartphone yang tidak bisa memutar musik yang bisa kita lakukan sendiri di rumah dengan sangat mudah. Jangan lupa share artikel ini di sosial media kamu dan sampai jumpa.

Eren Yeager
Hello people 🙂 Perkenalkan nama saya Eren, dan hobi saya bermain game PC.. Saya lebih memilih untuk mencari pundi uang dari menulis artikel ya, ketimbang menjadi seorang streaming maupun youtuber 🙂 this is my passion. Thank you for visiting Bukandroid.com and, jangan lupa share artikel kita di atas agar bermanfaat juga untuk sahabat kamu. ^_^

Konten Terbaru

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini