Cara Mengatasi Sistem UI Telah Berhenti di Android

98
Mengatasi Sistem UI Telah Berhenti
Mengatasi Sistem UI Telah Berhenti

Mengatasi Sistem UI Telah Berhenti – HP android sudah menjadi salah satu perangkat gadget paling mainstream di masa sekarang ini. Lihat saja, hampir semua orang sudah memiliki perangkat elektronik canggih tersebut, mulai dari kalangan anak-anak, remaja, bahkan dewasa. Tidak lain karena HP android sudah dibekali dengan banyak fitur canggih yang membuatnya bisa melakukan banyak hal, termasuk membantu aktivitas harian pengguna dan sebagai sarana hiburan paling seru.

Mengatasi Sistem UI Telah Berhenti
Mengatasi Sistem UI Telah Berhenti

Akan tetapi, di balik fungsinya yang cukup fleksibel tersebut terkadang HP mengalami masalah error saat digunakan. Error ini bisa terjadi karena kerusakan pada hardware maupun software, yang pastinya terjadinya hal tersebut akan membuat kenyamanan pengguna jadi terganggu. Salah satu masalah error cukup banyak dialami oleh pengguna android yakni munculnya pesan “Sayangnya Sistem UI Telah Berhenti” pada layar HP-nya. Pesan tersebut bahkan muncul berkali-kali sehingga sangat mengganggu, bahkan terkadang juga membuat HP mengalami hang.

Baca Juga:

Munculnya pesan UI yang terus berhenti tersebut diakibatkan oleh banyak faktor, yang pasti ini tentang masalah sistem pada android. Bagi pengguna awam mungkin akan langsung panik ketika mendapati pesan seperti ini secara terus-menerus di perangkat androidnya. Ingin melakukan perbaikan, tetapi bingung dan tidak tahu apa yang harus dilakukan. Tidak perlu bingung lagi, karena pada artikel kali ini akan dijelaskan bagaimana cara untuk mengatasi Sistem UI telah berhenti tersebut. Untuk informasi selengkapnya, bisa kalian simak di bawah ini!

Penyebab Sistem UI Telah Berhenti di HP Android

Penyebab istem UI Telah Berhenti
Penyebab Sistem UI Telah Berhenti

Sistem UI merupakan antarmuka pada android yang berupa desain tampilan, seperti ikon aplikasi, menu, widget dan hal lainnya yang ditampilkan di layar HP. Karena itulah, fungsi dari Sistem UI ini sangat penting dan krusial sekali. Jika Sistem UI mengalami masalah error, tentu saja hal ini akan mengganggu kenyamanan pengguna saat mengoperasikan HP.

Munculnya pesan error pada Sistem UI tersebut bisa disebabkan oleh banyak faktor, di antaranya:

1. Belum Update Sistem Android

Mungkin saja saat ini di HP-mu masih menggunakan OS Android versi lawas, sehingga sudah tidak kompatibel lagi untuk digunakan. Sebaiknya kamu lakukan update pada Sistem Android tersebut melalu menu Update Perangkat Lunak di Pengaturan.

Sudah melakukan update OS Android ke versi terbaru, tetapi tetap muncul pesan error Sistem UI telah berhenti? Mungkin saja hal ini terjadi karena terjadi kegagalan saat proses update sistem android tersebut.

2. Penggunaan Tema

Penyebab lainnya karena kamu memasang tema tambahan di HP android, baik itu tema yang diunduh dari toko tema bawaan ataupun melalui internet. Hal ini memang sering membuat HP error karena tema yang tidak kompatibel atau rusak.

Tema biasanya juga bisa didapatkan dari aplikasi launcher yang tersedia di Google Playstore. Mungkin saja launcher yang digunakan tidak kompatibel sehingga muncul pesan error tadi.

3. Adanya Bug pada Sistem Android

Sistem android bisa saja mengalami yang namanya bug atau error sehingga memberikan pesan Sistem UI berhenti. Terjadinya bug pada sistem android ini bisa karena virus dan malware, aktivitas oprek android, atau yang lainnya.

4. Melakukan Rooting HP

Rooting HP akan membuat pengguna mendapatkan hak tanpa batasan pada android, sehingga ini akan mempermudah pengoprekan sistem android. Akan tetapi ada banyak dampak negatif yang ditimbulkan, seperti membuat celah pada sistem keamanan, error sistem, dan kerusakan lainnya.

5. RAM yang Penuh

RAM yang penuh dengan cache atau sampah juga bisa menyebabkan Sistem UI terus berhenti. Ini karena Sistem UI membutuhkan ruang RAM, sehingga jika RAM sudah penuh akan membuat Sistem UI berhenti dengan sendirinya.

Cara Mengatasi Sistem UI Telah Berhenti di Android

Setelah mengetahui beberapa penyebab Sistem UI telah berhenti, sekarang lanjut ke cara untuk mengatasi masalah error tersebut. Ada beberapa metode yang bisa kamu terapkan untuk melakukan perbaikan masalah Sistem UI ini, di antaranya:

1. Restart HP Android

Cara yang pertama untuk mengatasi smartphone android muncul pesan Sayangnya Sistem UI telah berhenti, yakni dengan melakukan restart. Cara ini akan menghapus file cache yang tersimpan di RAM sehingga ruang penyimpanannya menjadi kosong kembali.

Dalam hal ini Sistem UI bisa menggunakan sedikit ruang pada RAM untuk menjalankan fungsinya.

2. Menghapus File Cache dan Data Sistem UI

Selain file cache di RAM, kamu juga perlu menghapus file cache yang tersimpan di Sistem UI. Seperti yang kita tahu, file cache yang menumpuk lama juga bisa menyebabkan error. Termasuk juga pada file data, terkadang juga terjadi corrupt sehingga membuat aplikasi tidak berjalan dengan sempurna, termasuk pada Sistem UI.

Kamu perlu menghapus file cache dan file data dari Sistem UI tersebut untuk memperbaiki masalah munculnya pesan error. Untuk melakukan penghapusan tersebut, yakni:

  • Pertama kamu buka menu Pengaturan.
  • Kemudian masuk ke opsi Aplikasi.
  • Cari dan pilih aplikasi Sistem UI.
  • Selanjutnya masuk ke opsi Penyimpanan.
  • Kemudian klik pada tombol Hapus Cache atau Hapus Memori.
  • Lanjutkan dengan klik tombol Hapus Data.

3. Memperbarui Versi Sistem Android

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, menggunakan versi sistem android lawas akan membuat HP mengalami masalah error Sistem UI. Untuk itu, kamu perlu memperbaruinya ke OS Android versi terbaru. Mengenai cara mengupdate OS Android ke versi terbaru yang tersedia tersebut, yakni:

  • Pertama kamu buka menu Pengaturan atau Settings.
  • Kemudian masuk ke Update Perangkat Lunak.
  • Selanjutnya klik pada opsi Update dan Install.
  • Jika terdapat versi OS Android terbaru yang belum dipasang, kamu lakukan download dan install pada versi terbaru sistem android tersebut.

4. Mengembalikan ke Tema Default

Sistem UI terus berhenti seperti ini bisa diakibatkan oleh penggunaan tema, baik itu tema yang didownload dari toko tema ataupun lewat launcher. Untuk mengatsinya, sebaiknya kamu kembalikan HP ke tampilan tema bawaan atau default. Hapus semua tema yang kamu pasang secara manual dan pilih tema yang standar saja.

Jika kamu menggunakan aplikasi launcher, sebaiknya kamu hapus atau uninstall saja aplikasi tersebut.

5. Melakukan Unroot HP Android

Melakukan root pada HP android akan memberikan banyak dampak buruk pada sistem android, termasuk masalah Sistem UI telah berhenti. Untuk mengatasinya, kamu perlu mengembalikan HP ke kondisi belum diroot atau unroot HP.

Dalam hal ini kamu bisa memanfaatkan aplikasi pihak ketiga yang bisa didownload dan diinstall melalui Google Playstore. Salah satu aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk melakukan unroot HP android yakni bernama SuperSU. Atau bisa juga menggunakan aplikasi yang sama dengan yang kamu gunakan saat melakukan rooting HP android tersebut.

6. Melakukan Factory Reset HP Android

Cara paling ampuh lainnya untuk mengatasi Sistem UI telah berhenti yakni dengan melakukan reset HP android. Cara ini akan mengembalikan HP ke setelan awal pabrik, sehingga semua data yang tersimpan di memori internal dan pengaturan di dalamnya akan dihapus.

Untuk langkah-langkah melakukan factory reset HP android semua tipe selengkapnya, yakni:

  • Pertama matikan HP android seperti biasa.
  • Kemudian hidupkan lagi dengan menekan dan tahan tombol Power + Volume Atas (beberapa tipe HP menggunakan Volume Bawah) selama beberapa detik hingga HP bergetar dan muncul tampilan.
  • Lepaskan pada tekanan tombol ketika muncul tampilan di layar, dan kamu akan dibawa ke halaman Recovery Mode.
  • Selanjutnya pilih opsi Wipe Data / Factory Reset. Gunakan tombol Volume untuk menavigasi dan tombol Power untuk memilih.
  • Konfirmasi factory reset dengan klik Yes, Wipe All Data.
  • Tunggu beberapa saat sampai prosesnya selesai. Kemudian pilih Reboot System Now.

7. Melakukan Flashing HP Android

Dan cara terakhir bisa kamu lakukan jika semua cara di atas gagal mengatasi Sistem UI berhenti, yakni dengan melakukan flashing ulang. Di sini kamu akan mengupdate firmware pada HP dan mereset semua data serta pengaturan di dalamnya.

Melakukan flashing bisa dilakukan dengan 2 metode, yakni menggunakan perangkat PC atau laptop dan tanpa perangkat tambahan.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mengatasi Sistem UI telah berhenti yang paling mudah dan ampuh bisa coba kamu terapkan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaCara Mengatasi Layar HP Bergaris Paling Ampuh
Artikel SelanjutnyaCara Mengatasi HP Tidak Bisa Getar Paling Ampuh
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini