7 Cara Mengatasi RH-01 Google Playstore Error Terampuh

Mengatasi RH-01 Google Playstore – Bagi pengguna smartphone android pasti sudah tidak asing lagi dengan layanan dari Google satu ini. Google Playstore merupakan layanan gratis yang menjadi gudangnya aplikasi android dan berbagai produk Google lainnya. Umumnya Google Playstore sudah terpasang secara default di perangkat HP android, jadi pengguna tidak perlu lakukan install secara manual. Akan tetapi, terkadang pengguna perlu melakukan penginstalan Google Playstore jika memang telah menghapusnya, baik karena error atau urusan yang lainnya.

Mengatasi RH-01 Google Playstore
Mengatasi RH-01 Google Playstore

Di Google Playstore kita bisa menemukan banyak sekali jenis aplikasi dan game yang nantinya bisa diinstall di perangkat android. Hampir semua aplikasi tersedia secara gratis, ada pula beberapa aplikasi yang berbasis premium alias berbayar. Serta juga, di dalam aplikasi gratis biasanya juga terdapat beberapa item premium di dalamnya yang hanya bisa digunakan bagi pengguna berbayar. Untuk bisa mengakses Google Playstore di smartphone android, kamu perlu login menggunakan akun Google atau Gmail yang kamu punya. Jika memang belum punya, maka perlu melakukan registrasi akun Google atau Gmail terlebih dahulu.

Baca Juga:

Mengunduh aplikasi dari Google Playstore, terkadang memang ada masalah error yang dialami oleh pengguna. Salah satunya proses pengunduhan tidak berjalan dan muncul tulisan kesalahan dengan kode RH-01. Hal semacam ini bisa terjadi di semua merek dan tipe HP, termasuk di HP flagship. Dan penyebab dari masalah error seperti ini juga beragam, kamu perlu mencari tahu dan memperbaikinya. Jika masih belum tahu, berikut ini cara mudah mengatasi RH-01 Google Playstore error bisa coba kamu terapkan. Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini!

Penyebab Google Playstore Error RH-01

Sebelum lanjut ke cara untuk mengatasi masalah pesan kesalahan RH-01 pada Google Playstore, sebaiknya kamu ketahui dulu apa penyebabnya. Hal ini akan mempermudah kamu untuk mengatasi permasalahan tersebut dan mencegah agar hal sama terulang. Adapun beberapa penyebab muncul pesan kesalahan RH-01 saat download aplikasi di Google Playstore, di antaranya:

  • Adanya bug pada sistem android.
  • Koneksi jaringan di HP android yang bermasalah atau bahkan tidak terhubung.
  • Kesalahan dalam mengatur tanggal dan waktu di HP android.
  • Google Playstore terdapat bug atau crash.
  • Dan lain sebagainya.

Cara Mengatasi RH-01 Google Playstore Error Terampuh

Penyebab RH-01 Google Playstore
Penyebab RH-01 Google Playstore

Untuk mengatasi munculnya notifikasi “Kesalahan saat Mengambil Informasi dari Server [RH-01]” atau “Error Retrieving Information from Server [RH-01], ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Yang pasti cara-cara ini sangat mudah diterapkan, bahkan bagi kamu yang masih pemula.

Adapun beberapa cara mudah untuk mengatasi RH-01 Google Playstore di HP android selengkapnya, sebagai berikut:

1. Lakukan Restart HP

Cara yang pertama untuk menghilangkan pesan kesalahan RH-01 di Google Playstore yakni dengan melakukan restart. Cara ini sangat ampuh untuk mengatasi berbagai masalah error di android, termasuk juga masalah satu ini. Cukup tekan tombol Power, kemudian pilih menu Restart di layar HP.

Tidak hanya mengatasi masalah error, melakukan restart HP android juga akan meningkatkan performa kinerjanya.

2. Lakukan Paksa Berhenti dan Hapus Cache Google Playstore

Jika cara di atas masih belum ampuh mengatasi munculnya pesan kesalahan RH-01 saat download aplikasi di Google Playstore, cara kedua ini bisa kamu jadikan alternatif. Kamu perlu melakukan paksa berhenti atau force close pada Google Playstore, kemudian menghapus file cache yang tersimpan di dalamnya. Untuk cara melakukannya sendiri, yakni:

  • Buka menu Pengaturan di HP Android.
  • Masuk ke opsi Aplikasi.
  • Cari dan klik pada aplikasi Google Playstore.
  • Kemudian kamu klik tombol Paksa Berhenti yang ada di bagian bawah tampilan.
  • Lanjutkan dengan masuk ke opsi Penyimpanan.
  • Lalu pilih tombol Hapus Cache atau Hapus Memori.
  • Selesai.

Biasanya dengan menerapkan cara ini Google Playstore akan berfungsi normal dan pesan kesalahan seperti tadi tidak akan muncul lagi.

3. Mengembalikan Google Playstore ke Versi Lama

Jika munculnya pesan error RH-01 terjadi sesaat setelah kamu melakukan update Google Playstore ke versi terbaru, bisa jadi hal ini yang menjadi penyebab utamanya. Kemungkinan versi dari Google Playstore yang kamu update tidak kompatibel dengan OS Android yang terpasang di perangkat HP.

Untuk mengatasi masalah satu ini, langkah yang paling tepat adalah mengembalikan Google Playstore ke versi sebelumnya yang digunakan. Caranya pun terbilang sangat mudah, yakni:

  • Pertama buka menu Pengaturan di HP Android.
  • Kemudian masuk ke opsi Aplikasi.
  • Cari dan pilih aplikasi Google Playstore yang ada di daftar.
  • Dan terakhir klik tombol Uninstall Pembaruan.
  • Tunggu beberapa saat, nantinya Google Playstore akan dikembalikan ke versi awal yang digunakan.
  • Selesai.

4. Update Google Playstore ke Versi Terbaru

Cara berikutnya ini merupakan kebalikan dari cara yang dijelaskan di atas. Cara ini bisa dilakukan jika di HP androidmu masih menggunakan versi Google Playstore lama, bahkan tidak pernah diupdate. Menggunakan Google Playstore versi lama memang bisa menyebabkan masalah error saat penggunaannya, termasuk error tidak dapat download aplikasi baru dan muncul pesan error RH-01.

Untuk mengupdate Google Playstore ke versi terbaru, langkah-langkah yang bisa dilakukan, yakni:

  • Pertama kamu buka Google Playstore seperti biasa.
  • Kemudian klik Foto Profil yang ada di pojok kanan atas, kemudian masuk ke opsi Setelan.
  • Tekan pada opsi Tentang, kemudian klik tombol Update Google Playstore yang ada di bagian opsi Versi Play Store.
  • Tunggu sampai prosesnya selesai. Sekarang kamu sudah berhasil mengupdate Google Playstore ke versi terbaru dan masalah error RH-01 tidak akan ditemukan lagi.
  • Selesai.

5. Mengatur Ulang Tanggal dan Waktu di Android

Masalah munculnya pesan kesalahan tersambung ke server (RH-01) juga bisa disebabkan karena pengguna salah mengatur tanggal dan waktu di HP androidnya. Hal ini memang sering menjadi penyebab utama saat menjalankan aplikasi berbasis online, termasuk Google Playstore.

Masalah seperti ini biasanya muncul karena pengguna mengatur tanggal dan waktu di HP androidnya secara manual. Sebagai solusi terbaiknya, kamu perlu mengatur tanggal dan waktu di HP android secara otomatis agar waktunya sama dengan server Google Playstore, sehingga tidak lagi terjadi masalah semacam ini. Mengenai cara untuk mengatur tanggal dan waktu dengan benar di HP android tersebut, yakni:

  • Buka menu Pengaturan di HP android.
  • Kemudian masuk ke opsi Pengaturan Tambahan.
  • Selanjutnya pilih opsi Tanggal & Waktu.
  • Kemudian kamu aktifkan opsi Tanggal dan Waktu Otomatis dengan cara menggeser tombol slidernya.
  • Selesai.

6. Pastikan Koneksi Jaringan di HP Normal dan Stabil

Penyebab lainnya Google Playstore tidak bisa download aplikasi dan muncul pesan kesalahan RH-01, yakni karena masalah jaringan. Baik itu karena gangguan pada jaringan, kuota habis, sinyal tidak stabil, atau bahkan HP tidak terhubung ke internet.

Sebaiknya kamu cek lagi apakah koneksi jaringan di HP dalam kondisi normal atau tidak. Disarankan untuk menggunakan jaringan wifi agar kualitas jaringan di HP menjadi semakin cepat dan stabil.

7. Lakukan Reset HP Android

Dan cara yang terakhir untuk mengatasi munculnya pesan error RH-01 saat download aplikasi di Google Playstore yakni dengan melakukan reset. Kamu akan mengembalikan HP ke pengaturan awal pabrik, sehingga semua data dan pengaturan yang tersimpan akan dihapus dan dikembalikan ke mode default.

Untuk cara melakukan reset HP android ini sendiri, yakni dengan masuk ke menu Pengaturan >> Manajemen Umum >> Reset >> Reset Data Pabrik.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mengatasi RH-01 Google Playstore saat download aplikasi dan game baru bisa kamu terapkan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Abdul Wafihttps://www.bukandroid.com
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Konten Terbaru

Related news

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini