Cara Mengatasi Layar Mati WhatsApp Panggilan

24
Mengatasi Layar Mati WhatsApp
Mengatasi Layar Mati WhatsApp

Mengatasi Layar Mati WhatsApp – WhatsApp merupakan aplikasi khusus untuk memudahkan pengguna smartphone dalam melakukan chattingan. Di WhatsApp kita bisa mengirim dan menerima pesan dengan cepat dan praktis, dan hanya membutuhkan koneksi internet. Chattingan di WhatsApp semakin seri dengan adanya fitur emoji dan juga stiker yang bisa dijadikan sarana untuk mengekspresikan diri. Hal ini tentunya berbeda dengan layanan SMS, di mana hal ini tidak bisa dilakukan. Kalaupun bisa, stiker atau emoji yang disediakan tidak begitu lengkap seperti WhatsApp.

Mengatasi Layar Mati WhatsApp
Mengatasi Layar Mati WhatsApp

Selain sebagai aplikasi chattingan, WhatsApp juga menyediakan fitur untuk melakukan panggilan. Baik itu panggilan suara maupun panggilan video, kedua fitur tersebut bisa digunakan asalkan perangkat HP yang digunakan sudah terhubung ke internet. Sekarang kita tidak perlu lagi menggunakan yang namanya pulsa untuk melakukan panggilan. Cukup menggunakan WhatsApp dan di kartu operator sudah tersedia kuota internet, maka komunikasi dengan orang yang jauh sudah bisa dilakukan dengan mudah dan nyaman.

Baca Juga:

Saat melakukan panggilan suara atau telepon di WhatsApp, tiba-tiba layar HP mati dengan sendirinya. Layar HP mati saat melakukan panggilan WhatsApp ini sebenarnya hal yang normal. Ini merupakan fungsi dari sensor jarak atau lebih dikenal dengan proximity. Sensor ini akan mendeteksi kulit pengguna dan akan seketika aktif saat pada HP melakukan panggilan telepon. Saat HP didekatkan ke pipi atau telinga, layar akan secara otomatis mati saat panggilan berlangsung. Meski demikian, beberapa pengguna menganggap ini adalah masalah error dan mereka ingin tahu cara mengatasi layar mati WhatsApp panggilan tersebut. Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

Tentang Fitur Proximity atau Sensor Jarak di HP Android

Dewasa ini sudah hampir semua HP dibekali dengan sensor jarak atau proximity. Sensor tersebut berfungsi untuk mematikan layar secara otomatis ketika pengguna melakukan panggilan telepon dan mendekatkan HP ke telinga atau pipi. Sensor ini sendiri biasanya terletak di bagian atas layar HP, beberapa tampak berdekatan dengan kamera depan. Dan ada pula beberapa tipe HP yang menyembunyikan sensor ini di bawah layar.

Memasang sensor jarak atau proximity memiliki banyak manfaat, di antaranya:

  1. Untuk menghemat konsumsi daya baterai saat panggilan berlangsung.
  2. Untuk mencegah HP cepat panas karena layar terus menyala saat melakukan panggilan.
  3. Untuk mencegah layar tertekan saat melakukan panggilan, misalnya saja tidak sengaja menekan tombol menutup telepon.
  4. Meminimalkan paparan radiasi dari layar yang menyala.

Fungsinya yang sangat bermanfaat ini sayangnya beberapa pengguna mengabaikannya. Yang mereka mau layar tetap menyala meskipun saat melakukan panggilan suara di WhatsApp khususnya.

Cara Mengatasi Layar Mati WhatsApp Panggilan

Penyebab Layar Mati WhatsApp
Penyebab Layar Mati WhatsApp

Untuk mencegah atau mengatasi layar HP mati saat melakukan panggilan di WhatsApp, ada beberapa cara yang bisa kamu terapkan. Tentunya cara ini bisa disesuaikan dengan faktor yang membuat layar HP mati tersebut. Adapun cara mengatasi layar mati WhatsApp panggilan selengkapnya, sebagai berikut:

1. Mematikan Sensor Jarak atau Proximity pada HP

Seperti yang dijelaskan di atas, layar yang mati saat melakukan panggilan WhatsApp ini dikarenakan sensor jarak yang aktif. Untuk mengatasinya tidak lain dengan mematikan sensor tersebut di HP android. Sayangnya tidak jarang pengguna yang belum tahu cara untuk mematikan sensor jarak atau proximity di HP android ini.

Untuk langkah-langkah menonaktifkan sensor jarak atau proximity di android tersebut, yakni:

  1. Pertama kamu buka menu Pengaturan atau Settings di HP android.
  2. Kemudian masuk ke opsi Aplikasi atau Aplikasi Sistem.
  3. Selanjutnya kamu cari dan pilih opsi Pengaturan Panggilan.
  4. Ditampilkan beberapa opsi di sana, kemudian klik pada opsi Pengaturan Panggilan Masuk.
  5. Lalu kamu cari fitur Sensor Jarak atau Proximity, kemudian matikan sensor tersebut dengan menggeser tombol slidernya ke arah kiri hingga berubah menjadi warna abu-abu.
  6. Selesai.

Dengan begini layar HP tidak akan mati secara tiba-tiba ketika melakukan panggilan WhatsApp.

2. Membersihkan Debu pada Sensor

Terkadang saat melakukan panggilan WhatsApp, layar tiba-tiba mati padahal kamu tidak menempelkan layar HP ke pipi atau telinga. Hal ini bisa jadi disebabkan karena adanya kotoran atau debu yang menempel di bagian sensor proximity. Bisa saja sensor mengira ini adalah kulit pengguna, sehingga layar secara otomatis akan dimatikan.

Untuk mengatasi masalah seperti ini, caranya cukup dengan membersihkan kotoran atau debu yang menempel di bagian sensor jarak tersebut. Letaknya biasanya ada di bagian atas layar HP dengan tampak seperti bulatan hitam dan bersebelahan dengan kamera selfie. Pada beberapa HP mungkin tidak tampak sensor proximity-nya ini, biasanya pada HP dengan desain kamera drop. Solusinya kamu bisa membersihkan kotoran yang menempel di bagian speaker panggilan, letaknya juga di bagian atas layar.

3. Melepas dan Mengganti Tempered Glass

Selain kotoran dan debu, faktor lain yang membuat sensor proximity error yakni karena penggunaan tempered glass yang tidak cocok. Mungkin saja kebesaran karena memang tidak sesuai tipenya, sehingga membuat sensor jarak mengira itu adalah bagian tubuh pengguna. Layar akan secara otomatis mati ketika melakukan panggilan di HP tersebut, termasuk panggilan WA.

Untuk cara mengatasi permasalahan tersebut yakni cukup dengan melepas tempered glass yang dipasang pada layar HP. Jika perlu memasangnya lagi, sebaiknya kamu ganti tempered glass dengan yang sesuai tipe HP-mu. Pastikan juga kamu membeli tempered glass yang berkualitas bagus.

4. Menggunakan Headset Saat Melakukan Panggilan WhatsApp

Solusi lainnya untuk mencegah layar HP mati saat melakukan panggilan WhatsApp yakni dengan memanfaatkan headset. Kamu bisa memasangkan headset pada perangkat HP, baik itu headset dengan sambungan kabel maupun headset bluetooth.

Dengan cara ini kamu bisa melakukan panggilan di WhatsApp dengan nyaman dan sambil mengoperasikan HP seperti biasa. Layar tidak akan mati dengan sendirinya, kecuali tanganmu menutupi bagian atas layar HP atau lebih tepatnya pada sensor jarak atau proximity.

5. Melakukan Reset HP Android

Jika melakukan semua cara di atas tidak bisa mengatasi layar mati saat panggilan WhatsApp, bisa jadi ini disebabkan karena adanya bug pada sistem android. Untuk cara mengatasinya bisa dengan melakukan update OS Android ke versi terbaru. Kamu bisa mengecek apakah ada versi android terbaru yang tersedia atau tidak melalui halaman Pengaturan >> Pembaruan Perangkat Lunak.

Jika memang HP sudah menggunakan versi OS Android terbaru, bisa jadi error ini disebabkan karena data sistem android. Untuk mengatasinya bisa dengan melakukan reset atau mengembalikan HP ke pengaturan awal pabrik. Melakukan reset tersebut bisa melalui menu Pengaturan >> Manajemen Umum >> Reset >> Reset Data Pabrik.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mengatasi layar mati WhatsApp panggilan di HP android yang bisa kamu terapkan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaCara Menghapus Stiker WhatsApp di HP Android
Artikel SelanjutnyaCara Backup Kontak WhatsApp di HP Android
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini