Cara Mengatasi Layar HP Kena Air Paling Ampuh

Mengatasi Layar HP Kena Air – HP android sudah menjadi salah satu perangkat elektronik paling penting bagi masyarakat modern. Berbagai aktivitas harian bisa dilakukan dengan lebih mudah berkat smartphone android tersebut. Mulai dari aktivitas kantor, usaha, pekerjaan rumah, belajar mengajar dan masih banyak lagi yang lainnya. Di Indonesia sendiri ada banyak tipe HP android dari berbagai brand ternama yang bisa dipilih dan digunakan. Beberapa ada yang dibanderol dengan harga murah hingga harga yang cukup mahal.

Mengatasi Layar HP Kena Air
Mengatasi Layar HP Kena Air

HP android banyak dijadikan pilihan, salah satunya karena kemudahan dalam pengoperasiannya. Fungsinya yang fleksibel dan memungkinkan pengguna menginstal berbagai aplikasi, juga menjadi alasan lain kenapa banyak yang lebih memilih perangkat gadget tersebut. Berbicara mengenai aplikasi, semuanya sudah tersedia secara lengkap di Google Playsotre. Ada banyak aplikasi yang bisa kamu gunakan sesuai dengan fungsi yang dimilikinya. Meski ada beberapa aplikasi yang berbayar, namun jumlahnya tidak terlalu banyak. Bisa dibilang hampir semua aplikasi di Google Playstore bisa diinstal secara gratis.

Baca Juga:

Sebagai pemilik HP android, sudah seharusnya kamu menjaga dan melakukan perawatan agar smartphone lebih awet. Entah itu disengaja atau tidak, pada kondisi tertentu HP android milikmu terkena air. Terkena air bisa karena ketumpahan minuman atau bahkan terjatuh ke dalam air. Jika hal ini terjadi, kemungkinan kerusakan akan terjadi pada komponen HP. Dan yang lebih parahnya lagi HP mati total sehingga tidak bisa dihidupkan lagi. Lantas, bagaimana cara mengatasi layar HP kena air supaya tetap berfungsi normal? Untuk informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini!

Beberapa Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Ketika HP Terkena Air

Sebelum lanjut ke cara mengatasi layar HP kena air, terlebih dahulu kamu ketahui apa saja langkah yang tidak boleh dilakukan ketika HP dalam kondisi tersebut. Melakukannya akan membuat HP menjadi error atau rusak, bahkan lebih parahnya HP android bisa saja mati total.

Adapun beberapa hal yang tidak boleh dilakukan ketika HP android kena air, baik itu kecipratan atau tercebut ke air selengkapnya, sebagai berikut:

  1. Menjemur di bawah sinar matahari. Cara ini sama sekali tidak boleh kamu lakukan saat HP terkena air. Menjemur HP langsung di bawah paparan sinar matahari justru akan membuatnya semakin rusak. Beberapa komponen dalam HP cukup sensitif terhadap panas yang berlebih, sehingga kondisi tersebut akan membuatnya tidak berfungsi lagi.
  2. Menghidupkan HP dan tetap memainaknnya. Ketika HP terkena air dan dalam keadaan hidup, sebaiknya kamu jangan memainkannya. Mungkin saja saat itu air belum masuk ke komponen vital pada HP sehingga membuatnya masih tetap hidup. Akan tetapi, lama-kelamaan air akan terus masuk dan yang terjadi air akan menyebabkan korsleting. Pada kondisi ini HP akan mulai error dan bahkan bisa mati seketika.
  3. Menggunakan haird dryer. Mungkin kamu berpikir panas dari hair dryer akan membuat air yang masuk langsung menguap. Memang benar, tetapi cara ini justru akan memberikan dampak negatif pada HP. Komponen sensitif pada HP tidak tahan terhadap panas, dan jika ini terus dilakukan maka akan membuatnya rusak.
  4. Meniup melalui lubang pada HP. Jangan sekali-kali lakukan cara ini jika tidak ingin air masuk ke komponen inti HP dan merusaknya. Meniup melalui lubang USB, Microphone atau yang lainnya akan membut air terus masuk ke dalam HP.
  5. Menggoyang-goyangkan HP. Hampir sama kasusnya dengan meniup lubang di HP, terus menggoyang-goyangkan HP juga akan membuat air terus masuk dan menyebar di dalam komponen HP. Dan lebih lanjut hal ini akan membuatnya semakin rusak.
  6. Menekan Tombol. Dan hal terakhir yang tidak boleh dilakukan saat HP terkena air yakni menekan tombol berkali-kali. Cara ini juga akan memberikan dampak yang lebih buruk terhadap kondisi HP.

Cara Mengatasi Layar HP Kena Air yang Benar dan Ampuh

Memperbaiki Layar HP Kena Air
Memperbaiki Layar HP Kena Air

Menghindari beberapa hal terlarang di atas akan membantu HP tetap normal meskipun terkena air, baik hanya sekedar cipratan, tumpahan ataupun tercebur ke dalam air. Selain menghindari melakukan beberapa hal di atas, kamu juga bisa melakukan langkah lain untuk mencegah HP rusak atau mati setelah terkena air.

Adapun cara mudah mengatasi layar HP kena air yang paling ampuh selengkapnya, sebagai berikut:

1. Mematikan HP

Jika saat terkena air tersebut HP masih dalam keadaan hidup, sebaiknya kamu langsung mematikan HP. Lakukan cara ini secara cepat sebelum air masuk ke bagian terdalam atau ke komponen listrik yang sensitif air pada HP. Hal ini juga akan mencegah terjadinya korsleting dikarenakan air yang bertemu dengan aliran listrik.

Mematikannya bisa langsung menekan tombol Power, atau dengan mencabut baterai HP jika HP-mu mengusung jenis baterai removable.

2. Lepaskan Semua Komponen Luar pada HP

Saat HP terkena air, sebaiknya segera kamu keluarkan semua komponen eksternal yang dipasang pada HP. Mulai dari kartu SIM, kartu SD, hingga baterai HP. Untuk HP yang menggunakan jenis baterai non-removable, mematikan HP juga sudah cukup. Kamu tidak perlu membongkar HP dan melepaskan baterai tanam tersebut.

3. Bersihkan Air dari Bodi HP

Setelah cara di atas dilakukan, selanjutnya kamu bersihkan air yang ada pada HP, baik itu di bagian layar, bodi HP, hingga baterainya. Cara ini juga sebagai langkah pencegahan agar air yang masuk ke dalam HP tidak semakin banyak.

Membersihkannya bisa menggunakan kain lap yang bisa menyerap air dengan cepat. Atau bisa juga menggunakan tisu agar air yang pada HP bisa langsung terserap. Lakukan dengan hati-hati tanpa perlu menggoyang-goyangkan HP.

4. Mengeringkan Air yang Masuk ke HP

Langkah yang berikutnya yakni melakukan pengeringan pada HP. Pengeringan ini sendiri bisa dilakukan dengan beberapa metode, yakni menggunakan media beras, silica gel atau kipas angin. Jangan sekali-kali menggunakan hair dryer atau menjemur HP di bawah sinar matahari, karena ini akan merusak HP.

  • Menggunakan media beras. Memilih cara ini kamu bisa langsung memendam HP di dalam beras selama beberapa waktu, paling tidak 1 hingga 2 hari. Cara ini diklaim sangat ampuh untuk mengeringkan air yang terlanjur masuk ke dalam HP. Beras diklaim memiliki sifat menyerap air, sehingga air yang masuk ke dalam HP bisa dihilangkan.
  • Menggunakan media silica gel. Selain beras, kamu juga bisa memanfaatkan silica gel untuk mengeringkan HP. Cukup taruh HP yang terkena air di atas silica gel tersebut selama beberapa hari. Silica gel dipercaya bisa menyerap kelembapan yang diakibatkan oleh air yang masuk. Cara ini juga akan mencegah kondensi yang juga disebabkan oleh air tersebut.
  • Menggunakan Kipas Angin. Pengeringan HP yang kena air juga bisa dilakukan dengan menggunakan kipas angin. Berbeda dengan hair dryer, kipas angin tidak mengeluarkan panas sama sekali sehingga ini sangat aman untuk HP.

5. Menyerap Air dengan Vacuum Cleaner

Vacuum cleaner merupakan alat khusus untuk menyedot debu atau kotoran. Di sini kamu bisa memanfaatkan alat tersebut untuk menyerap air yang masuk ke dalam HP. Namun, yang digunakan di sini bukanlah vacuum cleaner untuk membersihkan lantai atau sofa.

Ada jenis vacuum cleaner mini yang memang khusus digunakan sebagai penyedot debu pada perangkat elektronik, seperti PC, laptop ataupun smartphone.

Penutup

Itu tadi beberapa cara mengatasi layar HP kena air yang paling mudan dan ampuh bisa kamu terapkan. Jangan lupa untuk menge-share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Abdul Wafihttps://www.bukandroid.com
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Konten Terbaru

Related news

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini