Cara Mengatasi Layar HP Berkedip Paling Ampuh

Mengatasi Layar HP Berkedip – Saat ini sudah ada banyak sekali tipe HP android yang bisa ditemukan di pasaran, di mana masing-masing tipe HP ditawarkan dengan banderol harga yang bervariasi. Mulai dari harga murah, menengah hingga mahal, ini tentunya menyesuaikan dengan spesifikasi dan fitur canggih yang disematkan di dalam smartphone tersebut. Bisa dibilang hampir semua orang pasti sudah memiliki smartphone android pribadi, bahkan sebagian besar dari mereka tidak bisa terlepas dari perangkat gadget tersebut dalam kesehariannya.

Mengatasi Layar HP Berkedip
Mengatasi Layar HP Berkedip

HP android ini sendiri tersusun dari berbagai komponen hardware dan disempurnakan dengan software yang ada di dalamnya. Setiap komponen hardware pada HP ini memiliki fungsi masing-masing, di mana adanya kerusakan pada salah satu komponen akan menyebabkan HP tidak bisa berfungsi dengan normal. Misalnya saja layar LCD HP yang berfungsi untuk alat output gambar sehingga HP bisa dioperasikan oleh pengguna. Jika layar mengalami error atau kerusakan, tentunya hal ini akan membuat HP tidak bisa digunakan lagi kecuali layar normal kembali.

Baca Juga:

Berbicara mengenai komponen layar HP, memang terkadang ada saja error yang terjadi. Salah satunya yang cukup sering dialami oleh pengguna yakni layar yang berkedip dengan sendirinya. Kondisi layar yang terus berkedip seperti ini tentunya akan mengganggu kenyaman pengguna saat mengoperasikannya. Dan masalah layar berkedip ini bisa disebabkan oleh banyak faktor. Namun, yang paling penting di sini adalah bagaimana cara kita untuk mengatasi layar HP berkedip secara terus-menerus tersebut. Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini!

Cara Mengatasi Layar HP Berkedip Paling Ampuh

Mengatasi LCD HP Berkedip
Mengatasi LCD HP Berkedip

Untuk memperbaiki masalah error pada layar HP sehingga membuatnya terus berkedip tersebut, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan. Pastinya cara ini cukup mudah diterapkan, serta terbilang ampuh untuk mengatasi masalah tersebut. Adapun beberapa cara mudah mengatasi layar HP berkedip terus-terusan selengkapnya, sebagai berikut:

1. Mengistirahatkan HP Sejenak

Salah satu faktor yang bisa menjadi penyebab layar HP berkedip yakni karena penggunaan yang terlalu sering dan dalam jangka waktu lama. Bahkan pengguna tetap memainkan HP meskipun dalam keadaan diisi atau dicharging. Hal ini tentu akan menyebabkan HP menjadi panas, bahkan mengalami overload. Pada akhirnya hal ini akan berpengaruh pada kondisi pencahayaan di layar sehingga membuatnya berkedip-kedip.

Matikan HP dengan menekan tombol Power seperti biasa, kemudian pilih Matikan Daya. Istirahatkan HP selama kurang lebih 1 hingga 2 jam agar suhu pada HP menjadi dingin dan normal kembali.

2. Cek Pengaturan Kecerahan Layar

Faktor lainnya yang menyebabkan HP sering berkedip yakni karena pengaturan kecerahan layar dibuat menjadi otomatis. Fitur ini memang cukup berguna untuk menyesuaikan kecerahan cahaya pada layar HP dengan kondisi lingkungan yang ada. Misalnya saat mengoperasikan HP di luar ruangan, kecerahan layar akan secara otomatis dibuat ke tingkat paling terang sehingga pengguna lebih nyaman mengoperasikan HP, begitu juga sebaliknya.

Akan tetapi, terkadang fitur ini tidak berfungsi dengan baik sehingga tidak bisa menyesuaikan kecerahan layar secara efektif. Untuk itu, sebaiknya kamu matikan saja fitur kecerahan layar otomatis atau adaptif tersebut dan diatur sendiri secara manual jika ingin menyesuaikan kecerahannya. Untuk mematikan fitur ini di HP android, yakni:

  • Pertama kamu buka menu Pengaturan atau Settings di HP android.
  • Kemudian masuk ke opsi Tampilan.
  • Pada bagian menu Kecerahan, kamu akan menemukan opsi Kecerahan Adaptif. Tinggal matikan saja opsi tersebut dengan menggeser tombol slidernya ke arah kiri.
  • Kemudian kamu atur sendiri kecerahan layar sesuai keinginan. Sebagai tipsnya, sebaiknya kamu mengatur kecerahan layar tidak lebih dari 50% untuk meminimalisir layar suka berkedip sendiri saat HP dioperasikan.

3. Mematikan Fitur Overlay HW

Secara default fitur Overlay HW ini akan diaktifkan di semua HP android. Mengaktifkannya akan memaksimalkan kinerja HP dalam menampilkan gambar di layar. Akan tetapi, saat terjadi error atau kerusakan pada salah satu hardware HP, hal ini bisa menyebabkan bug flicker atau layar berkedip.

Karena itulah, untuk bisa memperbaiki layar yang terus berkedip tersebut yakni dengan mematikan fitur Overlay HW. Jika dimatikan, maka HP akan selalu menggunakan GPU dalam hal menampilkan gambar di layar. Mengenai langkah-langkah untuk mematikan fitur Overlay HW tersebut, yakni:

  • Pertama kamu buka menu Pengaturan atau Settings di HP android.
  • Kemudian masuk ke opsi Tentang Ponsel atau About Phone.
  • Klik pada Informasi Perangkat Lunak.
  • Lalu klik sebanyak 5 hingga 7 kali pada opsi Nomor Versi atau Build Number hingga muncul notifikasi Opsi Pengembang atau Developer Option telah diaktifkan.
  • Kembali lagi ke menu Pengaturan, kemudian masuk ke opsi Developer Option atau Opsi Pengembang.
  • Selanjutnya kamu cari opsi Nonaktifkan Overlay HW yang ada di bagian menu Rendering. Kamu tinggal geser tombol slidernya ke arah kanan untuk mematikan fitur tersebut.

4. Lakukan Reset HP Android

Cara lainnya untuk mengatasi layar HP berkedip yakni dengan melakukan reset atau mengembalikan HP pengaturan awal pabrik. Bisa jadi layar yang berkedip tersebut diakibatkan oleh sistem android yang mengalami bug atau crash. Untuk melakukan reset ini sendiri bisa melalui menu Pengaturan atau Settings. Pastikan tidak ada file penting yang tersimpan di memori internal, pasalnya mereset HP akan menghapus semua file yang tersimpan di dalamnya.

Mengenai langkah-langkah untuk melakukan reset HP android tersebut, yakni:

  • Pertama buka menu Pengaturan atau Settings di HP android.
  • Kemudian masuk ke opsi Manajemen Umum.
  • Selanjutnya klik pada opsi Reset.
  • Kemudian dilanjutkan dengan pilih opsi Reset Data Pabrik.
  • Tunggu beberapa saat sampai prosesnya selesai dan HP melakukan reboot. Mungkin hal ini akan membutuhkan waktu agak lama, sekitar 5 hingga 15 menit tergantung banyaknya file yang tersimpan di memori internal HP.

Selain mereset melalui menu Pengaturan, kamu juga bisa menerapkan metode lain yakni reset melalui meny Recovery Mode. Cara ini sering dikenal dengan sebutan Factory Reset.

5. Cek Kondisi Layar LCD HP

Dan cara yang terakhir untuk memperbaiki layar HP yang berkedip yakni dengan melakukan pengecekan pada komponen LCD HP. Pertama kamu cek pada bagian konektor dan kabel fleksibel dari LCD, apakah dalam kondisi baik atau tidak. Betulkan posisi kabel fleksibel LCD dan konektornya pastikan terpasang dengan benar dan kencang.

Selain itu, cek juga pada bagian LCD-nya apakah ada cacat atau rusak di sana. Jika memang tidak memungkinkan untuk diperbaiki, maka cara terbaik untuk mengatasinya yakni dengan mengganti LCD baru. Sayangnya memang akan membutuhkan biaya cukup mahal untuk penggantian LCD HP ini, sekitar Rp 500 ribu hingga Rp 700 ribuan.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mengatasi layar HP berkedip yang paling ampuh dan mudah bisa coba kamu terapkan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Abdul Wafihttps://www.bukandroid.com
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Konten Terbaru

Related news

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini