Cara Mengatasi Layar HP Bergaris Paling Ampuh

191
Mengatasi Layar HP Bergaris
Mengatasi Layar HP Bergaris

Mengatasi Layar HP Bergaris – HP android tersusun dari berbagai komponen hardware, di mana masing-masing komponen tersebut punya fungsi tersendiri. Setiap komponen hardware ini juga memiliki peran penting dan saling terhubunga. Jika ada salah satu komponen yang mengalami error atau bahkan kerusakan, kemungkinan besar kinerja HP tidak akan maksimal. Bahkan jika yang rusak adalah komponen vital, maka bukan tidak mungkin HP tidak bisa dioperasikan sama sekali, kecuali kamu sudah memperbaikinya.

Mengatasi Layar HP Bergaris
Mengatasi Layar HP Bergaris

Salah satu komponen hardware paling penting di smartphone android yakni layar LCD. Merupakan kategori komponen output, fungsi utama dari layar LCD ini adalah untuk menampilkan gambar. HP tentunya tidak akan bisa dioperasikan jika layarnya ini mengalami error atau kerusakan. Meskipun masalah tersebut masih bisa diakali dengan penggunaan layar pengganti, seperti PC atau komponen serupa lainnya. Apalagi jika masalah pada layar HP ini sangat parah dan tidak bisa menampilkan apa-apa, tentu ini akan membuat HP tidak bisa dioperasikan.

Baca Juga:

Ada beberapa jenis masalah error atau kerusakan yang sering dijumpai oleh pengguna pada layar HP-nya tersebut. Salah satunya yang cukup sering yakni di layar terdapat garis yang muncul, baik itu garis vertikal ataupun horizontal. Beberapa bahkan ada yang menemukan garis warna-warni pada layar smartphone androidnya tersebut. Masalah seperti ini bisa disebabkan oleh banyak faktor, baik yang diketahui ataupun tidak diketahui oleh pengguna. Lantas, bagaimana cara mengatasi layar HP bergaris tersebut? Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini!

Penyebab Muncul Garis di Layar LCD HP Android

Sebelum lanjut ke cara untuk mengatasi layar HP bergaris, sebaiknya kamu ketahui dulu apa saja faktor yang menyebabkan masalah pada layar tersebut. Mengetahui penyebabnya juga akan membantu mempermudah kamu dalam mengatasi masalah layar HP bergaris. Adapun beberapa penyebab layar LCD HP bergaris selengkapnya, sebagai berikut:

1. Layar HP Tertekan

Penyebab utama munculnya garis pada layar HP yakni karena mendapat tekanan berat. Baik itu ketindihan benda berat, tidak sengaja diduduki, atau yang lainnya. Yang pasti tekanan pada layar HP tersebut akan menimbulkan masalah kerusakan, salah satunya muncul garis.

2. HP Terjatuh

Layar merupakan salah satu komponen sensitif yang ada pada smartphone android. Ketika terjadi benturan agak keras, hal ini akan berpengaruh besar pada kondisi layar LCD HP tersebut. 

Saat HP terjatuh, tidak hanya akan membuatnya penyok atau bahkan pecah, tetapi ini juga akan merusakan layar LCD. Selain layar pecah, bisa juga hal ini menyebabkan layar muncul garis vertikal. Untuk warna garisnya bervariasi, terkadang garis putih, garis hitam atau juga garis warna-warni.

3. Layar HP Terkena Air

Khusus untuk HP android yang belum dibekali dengan fitur anti-air, tentu saja air akan menyebabkan kerusakan pada HP tersebut. Baik itu saat HP terjatuh ke dalam air atau hanya sekedar kecipratan/ketumpahan air.

Air yang masuk ke HP melalui celah-celah kecil akan membuat komponen kelistrikannya tidak normal. Bahkan ini juga akan merusakan komponen LCD, sehingga bisa menimbulkan garis atau paling parahnya layar rusak.

4. Kabel Fleksibel LCD Bermasalah

LCD dilengkapi dengan kabel fleksibel yang dihubungkan ke komponen utama HP. Tanpa adanya kabel ini tentunya layar tidak akan berfungsi sebagai mana mestinya. Termasuk juga ketika kabel fleksibelnya tersebut mengalami masalah, baik itu pada bagian konektor ataupun kabelnya. Hal ini akan menyebabkan layar tidak bisa menampilkan gambar dengan sempurna.

Pada satu kondisi pada layar akan muncul garis mulai dari kecil hinggal lebar, yang pasti ini sangat menggnggu kenyamanan pengguna.

5. Bug pada Sistem Android

Dan penyebab terakhir yang berdampak munculnya garis di layar adalah karena adanya bug pada sistem android. Hal ini bisa diakibatkan oleh banyak hal, baik itu karena serangan virus dan malware, aktivitas oprek sistem oleh pengguna, atau yang lain sebagainya.

Cara Mengatasi Layar HP Bergaris Paling Ampuh

Penyebab Layar HP Bergaris
Penyebab Mengatasi Layar HP Bergaris

Untuk mengatasi layar HP android yang bergaris seperti ini, ada beberapa cara atau metode yang bisa coba kamu terapkan. Yang pasti semua cara ini bisa dilakukan dengan mudah dan diklaim ampuh untuk mengatasi permasalahan layar LCD HP yang bergaris. Adapun beberapa cara mengatasi LCD HP bergaris selengkapnya, sebagai berikut:

1. Menekan Perlahan pada Permukaan LCD

Cara ini bisa kamu terapkan jika layar bergaris diakibatkan oleh HP tertekan benda berat atau tidak sengaja terjatuh. Mungkin saja hal tersebut membuat posisi layar tidak sempurna sehingga perlu diberikan tekanan agar kembali ke posisi yang pas.

Lakukan penekanan pada permukaan layar secara perlahan dan menyeluruh. Jangan terlalu beras menekannya, karna ini bisa berdampak kerusakan lain pada layar ataupun komponen dalam HP lainnya. Biasanya cara ini akan menghilangkan garis yang muncul di layar HP.

2. Mengeringkan HP

Jika yang menjadi penyebab utamanya karena HP terkena air, maka langkah terbaik untuk mengatasi permasalahan tersebut yakni mengeringkannya. Saat HP terjatuh ke air atau terkena tumpahan air, sebaiknya langsung kamu matikan HP tersebut. Lepas baterai, SIM Card dan juga MicroSD yang terpasang di dalamnya.

Jika sudah, Anda kubur HP tersebut di dalam beras dan diamkan selama kurang lebih 2 hingga 3 hari lamanya. Merendam atau mengubur HP di dalam beras diklaim akan mampu menghilang air yang masuk ke dalam HP sehingga membuatnya normal kembali.

3. Menonaktifkan Pointer Location atau Penunjuk Lokasi

Untuk cara yang ketiga ini bisa kamu terapkan jika garis yang muncul di layar HP tampak seperti coretan dan berwarna-warni. Garisnya tidak terlalu tebal dan biasanya juga bentuknya tidak teratur, ada pula yang berupa garis vertikal.

Garis yang seperti ini muncul dikarenakan kamu mengaktifkan fitur Pointer Location, baik disengaja atau tidak. Untuk mengatasinya, maka kamu perlu menonaktifkan lagi fitur tersebut. Mengenai langkah-langkah menonaktifkan fitur ini, yakni:

  • Pertama kamu buka menu Pengaturan atau Settings.
  • Selanjutnya kamu aktifkan Developer Option atau Opsi Pengembang di HP androidnya.
  • Cara mengaktifkannya bisa dengan masuk ke opsi About Phone atau Tentang Ponsel >> Informasi Perangkat Lunak >> Klik 5-7 kali pada opsi Nomor Versi atau Build Number hingga muncul notifikasi Developer Option sudah diaktifkan.
  • Kembali ke menu Pengaturan, selanjutnya kamu masuk ke opsi Developer Option atau Opsi Pengembang.
  • Kemudian cari dan aktifkan opsi Lokasi Penunjuk atau Pointer Location dengan cara menggeser toogle yang ada di sebelahnya.

4. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Cara lainnya untuk mengatasi masalah layar bergaris yakni dengan memanfaatkan aplikasi pihak ketiga. Salah satunya yakni bernama Dead Pixels Test and Fix, yang mana aplikasi ini berfungsi untuk mendeteksi pixel yang rusak pada LCD dan memperbaikinya secara otomatis. Layar yang bergaris ini memang diakibatkan oleh pixel pada layar LCD yang bermasalah.

Mengenai cara untuk menggunakan aplikasi Dead Pixels Test and Fix tersebut, yakni:

  • Pertama kamu download dan install aplikasi Dead Pixels Test and Fix.
  • Jika sudah, selanjutnya jalankan aplikasi tersebut.
  • Pada halaman utama aplikasi, kamu klik pada opsi Check Dead Pixels.
  • Jika memang ditemukan pixel yang mati, selanjutnya kamu klik opsi Fix Dead Pixels untuk memperbaikinya.

5. Cek LCD HP

Layar yang bergaris juga bisa disebabkan karena komponen LCD itu sendiri yang mengalami masalah kerusakan. Baik itu pada bagian konektor LCD, kabel fleksibel, maupun LCD-nya itu sendiri. Untuk mengetahui apa permasalah yang terjadi, kamu perlu melakukan pembongkaran HP.

Cek beberapa bagian dari LCD HP tersebut, apakah memang atau kerusakan atau tidak. Jika memang ada, kamu perlu membetulkannya atau bisa dengan menggantinya LCD baru.

6. Melakukan Reset HP Android

Terkadang juga layar HP yang bergaris ini disebabkan karena terjadinya masalah bug atau error pada sistem android. Bug atau error tersebut membuat HP tidak bisa berfungsi normal, termasuk dalam hal menampilkan gambar pada layar.

Di sini kamu bisa melakukan reset HP android ke pengaturan awal pabrik. Caranya bisa dengan masuk ke menu Pengaturan >> Manajemen Umum >> Reset >> Reset Data Pabrik.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mudah mengatasi layar HP bergaris yang paling ampuh beserta beberapa penyebabnya. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaKode Reset HP Samsung dan Cara Menggunakannya
Artikel SelanjutnyaCara Mengatasi Sistem UI Telah Berhenti di Android
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini