Cara Mengatasi Layar HP Berbayang di Android

353
Mengatasi Layar HP Berbayang
Mengatasi Layar HP Berbayang

Mengatasi Layar HP Berbayang – Kebutuhan akan smartphone android bisa dibilang semakin meningkat di kalangan masyarakat modern sekarang ini. Tidak hanya di satu kalangan usia saja, melainkan di semua usia, mulai dari anak-anak, remaja bahkan hingga dewasa. Hadirnya smartphone android bukan hanya sebagai alat komunikasi saja, melainkan juga untuk sarana hiburan. Beberapa fungsi lain dari HP juga memungkinkan untuk membantu mempermudah berbagai aktivitas penggunanya.

Mengatasi Layar HP Berbayang
Mengatasi Layar HP Berbayang

Setiap waktunya pasti ada saja seri HP terbaru yang dihadirkan di pasar smartphone, entah itu untuk HP low-end, mid-end hingga high-end. Harga banderol dari HP android ini sendiri cukup bervariasi, mulai dari yang dibanderol dengan harga murah hingga lumayan mahal. Tentunya harganya tersebut menyesuaikan dengan spesifikasi dan teknologi yang disematkan di dalam smartphone. Akan tetapi, harga tidak terkadang tidak menjamin kualitas dari smartphone android. HP android yang mahal terkadang mengalami masalah error, bahkan ketika baru pertama kali digunakan.

Baca Juga:

Berbicara mengenai masalah error di android, ada satu jenis error yang cukup banyak dialami oleh pengguna saat ini yakni layar HP berbayang. Kondisi seperti ini tentunya akan cukup mengganggu kenyamanan pengguna, terutama saat menyalakan HP dengan kontras tinggi. Sayanya tidak banyak pengguna yang tahu cara mengatasi layar HP berbayang atau disebut dengan istilah Screen Burni-in tersebut. Apakah kamu juga salah satunya? Kalau begitu kamu perlu menyimak ulasan di bawah ini!

Penyebab layar HP Tampak Berbayang atau Burn Shadow

Penyebab umum tampilan layar yang tampak ada bayangan hitam atau bayangan tampilan yang baru saja ditutup yakni karena defect. Ini adalah suatu kondisi kerusakan dari pabrikan, mungkin karena pemasangan LCD yang kurang sempurna atau komponen yang digunakan memang tidak normal. Yang pasti masalah ini menyebabkan pixel di HP mengalami masalah sehingga tidak bisa menampilkan warna dan cahaya sebagaimana mestinya.

Layar HP yang tampak berbayang seperti ini umumnya ditemukan di HP keluaran terbaru. Mungkin juga karena teknologi layar yang digunakan memang kurang sempurna sehingga menyebab masalah tersebut.

Cara Mengatasi Layar HP Berbayang di Android

Mengatasi Layar HP Tampak Ada Bayangan
Mengatasi Layar HP Tampak Ada Bayangan

Melihat dari penyebab di atas, rasanya tidak ada cara lain untuk mengatasinya kecuali dengan mengganti LCD HP atau memperbaiki pemasangannya. Akan tetapi, sebelum melakukan cara tersebut, kamu masih bisa meminimalisir bayangan yang tampak di layar HP tersebut. Baik itu bayangan berupa garis hitam atau bayangan tertinggal dari aplikasi atau tampilan lain yang baru saja ditutup.

Adapun beberapa cara mengatasi layar HP berbayang atau screen burn-in tersebut, yakni:

1. Mengurangi Cahaya Biru di HP Android

Memang apa dampak yang diberikan pada layar burn-in ketika cahaya birunya dikurangi? Mungkin sebagian dari kalian merasa bingung dengan cara ini. Simpelnya, masalah layar berbayang seperti ini sering terjadi pada pixel dari cahaya biru. Jadi, dengan mengurangi cahaya biru tersebut, secara otomatis juga mengurangi bayangan yang tampak di layar HP.

Untuk mengurangi cahaya biru, ada dua metode yang bisa dilakukan yakni menggunakan aplikasi dan tanpa aplikasi. Untuk langkah-langkah selengkapnya, sebagai berikut:

Metode 1 – Mengurangi Cahaya Biru di HP Lewat Pengaturan

  • Pertama kamu buka menu Pengaturan atau Settings di HP android.
  • Kemudian masuk ke opsi Tampilan.
  • Selanjutnya Anda klik tombol slider pada opsi Perisai Kenyamanan Mata.
  • Kemudian kamu atur Suhu Warna untuk menentukan seberapa besar cahaya biru yang dikurangi dari tampilan layar.
  • Selesai.

Metode 2 – Mengurangi Cahaya Biru di HP dengan Aplikasi

  • Pertama kamu download dan instal aplikasi bernama Filter Cahaya Biru.
  • Jika sudah, selanjutnya kamu jalankan aplikasi tersebut.
  • Sekarang kamu tinggal mengatur pengurangan cahaya biru sesuai keinginan.

Mengurangi cahaya biru atau bluelight di HP memang cukup ampuh untuk menghilangkan bayangan. Akan tetapi, hal ini akan mengubah warna layar HP menjadi agak kekuningan. Beberapa pengguna mungkin merasa kurang nyaman dengan tampilan layar yang tampak kuning seperti ini.

2. Mengatur Tingkat Cahaya Pada Layar

Selain cara di atas, alternatif lain untuk mengurangi masalah tampilan berbayang di layar HP yakni dengan mengatur tingkat cahaya pada HP ke tingkat yang rendah. Akan tetapi jangan mengaturnya terlalu rendah, karena hal ini akan membuatmu kesulitan untuk mengoperasikan HP.

Meredupkan cahaya HP juga akan mampu meminmalisir tampilan berbayang atau burn-in di layar HP. Kamu tinggal menyesuaikannya sendiri dengan kondisi di mana kamu mengakses HP, apakah di ruangan gelap atau di ruangan terang, serta di luar ruangan.

3. Memperbaiki atau Mengganti LCD HP

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, screen burn-in ini penyebab utamanya adalah karena kesalahan dari pabrikan itu sendiri. Entah itu karena pemasangan LCD yang kurang sempurna atau karena cacat dari komponen LCD itu sendiri.

Jika memang HP yang kamu miliki tersebut tidak ada garansinya, maka bisa membongkar komponen HP dan cek LCD-nya. Cek kabel fleksibel LCD apakah ada cacat atau tidak, serta cek juga port untuk kabel fleksibel layar tersebut. Bersihkan port jika memang ada debu yang menempel. Kemudian kamu coba pasang kembali dengan benar. Jika masih tetap, maka kamu bisa mengganti layar LCD tersebut dengan yang baru.

Namun, jika HP android layar berbayang tersebut masih memiliki garansi, maka kamu bisa membawanya ke service center dan ajukan garansi. Tidak perlu biaya untuk meminta garansi jika memang masih berlaku.

Penutup

Itulah tadi cara mengatasi layar HP berbayang atau screen burn-in yang ampuh dan mudah bisa kamu terapkan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaCara Mengatasi HP Bootloop yang Paling Ampuh
Artikel SelanjutnyaCara Memperbaiki Layar HP Berubah Warna yang Mudah
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini