Cara Mudah Mengatasi Konektor HP Rusak

92
Mengatasi Konektor HP Rusak
Mengatasi Konektor HP Rusak

Mengatasi Konektor HP Rusak – HP android sudah menjadi perangkat yang paling dibutuhkan sekarang ini bagi sebagian besar kalangan masyarakat modern. Bagaimana tidak? Hampir setiap waktu mereka tidak bisa terlepas dari penggunaan smartphone android tersebut. Tidak heran, karena memang HP android dibekali dengan berbagai kecanggihan sehingga memungkinkan untuk membantu berbagai aktivitas harian pengguna. Mulai dari aktifitas rumah tangga, bisnis, sekolah, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Mengatasi Konektor HP Rusak
Mengatasi Konektor HP Rusak

HP android tersusun dari berbagai komponen penting di dalamnya, salah satunya adalah baterai yang menjadi nyawa dari HP. Tanpa adanya baterai tersebut tentunya HP tidak akan bisa digunakan seperti biasanya, di mana baterai akan berfungsi untuk penyokong daya untuk semua komponen di dalam HP. Komponen baterai ini sendiri terdiri dari dua jenis yang ada saat ini, yakni jenis removable dan non-removable. Keduanya memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing, hanya saja untuk jenis baterai non-removable atau baterai tanam lebih banyak digunakan sekarang ini.

Baca Juga:

Sebagai penyimpan daya, baterai sudah seharusnya untuk diisi dengan cara dicharging. Pada setiap smartphone sudah disediakan port atau konektor yang menjadi jalan untuk mengalirkan listrik ke baterai. Akan tetapi, ada kalanya konektor pada HP android ini mengalami masalah error, di mana hal ini membuat HP tidak bisa dicharging. Pada kondisi seperti ini tentunya daya baterai akan terus berkurang dan habis yang akhirnya membuatnya nge-drop. Lantas, bagaimana cara mengatasi konektor HP rusak dan tidak bisa dicas tersebut? Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini!

Penyebab Konektor HP Rusak Tidak Bisa Dicas

Konektor HP yang mengalami kerusakan sehingga tidak bisa diisi daya ini dapat disebabkan oleh banyak faktor. Penting untuk mengetahui beberapa penyebabnya ini agar nantinya kamu bisa melakukan pencegahan sehingga tidak akan lagi hal semacam ini. Adapun beberapa penyebab konektor smartphone android rusak selengkapnya, sebagai berikut:

  • Faktor usia. Penyebab pertama ini bisa dibilang hal yang wajar, di mana seiring bertambahnya usia penggunaan HP, hal ini akan menyebabkan beberapa komponen di dalamnya mengalami error atau kerusakan. Termasuk juga pada konektornya yang akhirnya rusak.
  • Jarum konektor bengkok atau patah. Selain karena usia, bisa juga konektor HP tidak bisa dicas dikarenakan jarum yang ada di dalamnya bengkok atau bahkan patah. Hal ini bisa karena pengguna tidak hati-hati saat menancapkan konektor charger atau benda lainnya.
  • Debu atau kotoran yang menyumbat. Penyebab lainnya yakni port konektor yang tersumbat oleh debu atau kotoran. Hal ini akan membuat daya tidak bisa dialirkan secara sempurna dari charger, bahkan bisa saja tidak mengisi daya sama sekali.
  • Konektor Bermasalah. Selain karena jarum pada konektor yang patah atau bengkok, mungkin juga bagian lain dari konektor tersebut yang bermasalah.

Ciri-ciri Konektor HP Rusak yang Paling Umum

Konektor HP yang mengalami kerusakan biasanya akan memberikan tanda-tanda, di mana tanda-tanda ini bisa diketahui atau bahkan tidak diketahui oleh pengguna. Sebaiknya kamu lebih cermat dalam memperhatikan kondisi komponen pada HP, termasuk untuk bagian konektornya ini. Adapun beberapa ciri konektor HP rusak selengkapnya, sebagai berikut:

1. Kabel Charger Mudah Lepas

Salah satu tanda paling umum ditemukan pada HP yang konektornya sudah rusak yakni ujung kabel charger yang mudah sekali lepas dari konektor tersebut. Hal ini dikarenakan konektor yang longgar karena sudah terlalu lama digunakan. Jangankan menariknya, tersenggol sedikit saja kabel charger akan lepas dan daya tidak terisi.

2. Daya Baterai Lama Sekali Penuhnya

Normalnya pengisian daya baterai pada HP membutuhkan waktu sekitar 2 jam hingga 3 jam. Jika HP milikmu membutuhkan waktu yang lebih lama dari itu, kemungkinan besar konektor HP mengalami kerusakan. Meskipun, hal ini juga bisa menjadi indikator kerusakan pada charger yang digunakan untuk mengecas.

3. Baterai Tidak Bisa Terisi

Pada kondisi paling parah, konektor HP yang rusak tidak bisa berfungsi sama sekali. Saat charger dimasukkan, baterai HP sama sekali tidak terisi daya. Bahkan dibiarkan dalam waktu sangat lama, tetap saja baterai HP tidak bisa terisi daya.

Cara Mengatasi Konektor HP Rusak yang Ampuh

Mengatasi Konektor HP Tidak Bisa Mengecas
Mengatasi Konektor HP Tidak Bisa Mengecas

Sekarang lanjut ke cara untuk mengatasi konektor HP rusak tersebut, di mana ada beberapa metode yang bisa kamu terapkan untuk mengatasi masalah ini. Cara pun terbilang mudah dan pastinya ini sangat ampuh untuk mengatasi masalah kerusakan pada konektor HP tersebut. Adapun beberapa cara untuk memperbaiki konektor HP rusak selengkapnya, sebagai berikut:

1. Memperbaiki Posisi Konektor

Cara yang pertama untuk mengatasi masalah konektor HP android yang rusak yakni dengan mengatur posisi konektor. Di bagian dalam konektor terdapat semacam lempengan panjang yang biasanya posisinya ada di pas tengah. Konektor tidak bisa mencharging dengan normal dikarenakan posisi jarumnya atau lempengan ini yang tidak ada pada posisi semestinya.

Untuk memperbaiki posisinya tersebut, kamu bisa memanfaatkan benda kecil semacam jarum. Gunakan benda tersebut untuk mengatur posisi dari konektor agar ada pada posisi semestinya. Jika sudah, cobalah untuk mencharging HP dan biasanya masalah konektor rusak akan teratasi.

2. Membersihkan Debu dan Kotoran yang Menempel

Cara lainnya untuk mengatasi konektor HP yang rusak yakni dengan menggunakan cotton bud atau semacamnya. Gunakan benda tersebut untuk membersihkan debu atau kotoran yang menempel di dalam konektor. Lakukan cara ini dengan hati-hati agar tidak merusak bagian dalam konektor.

Selain cutton bud, kamu juga bisa memanfaatkan jarum yang bisa digunakan untuk mencungkil kotoran atau benda asing lain yang ada di dalam konektor HP.

3. Mengganti Komponen Konektor HP

Dan cara yang terakhir untuk mengatasi konektor HP android rusak yakni dengan mengganti konektornya. Hal ini bisa dilakukan jika kerusakan pada konektor tersebut ada dalam kondisi parah, di mana HP sama sekali tidak bisa dicharging, meskipun sudah berganti-ganti charger.

Namun, perlu keahlian khusus untuk mengganti komponen konektor HP ini. Pasalnya, kamu perlu membongkar HP dan butuh alat khusus untuk penggantiannya.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara ampuh mengatasi konektor HP rusak beserta penyebab dan ciri-cirinya yang harus kamu tahu. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaCara Mengatasi Suara Headset Kecil yang Ampuh
Artikel SelanjutnyaCara Mudah Memperbaiki Speaker HP Terkena Air
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini