Cara Mengatasi Kode MMI Tidak Valid di HP Android

Mengatasi Kode MMI Tidak Valid – HP android sudah menjadi pilihan favorit bagi sebagian besar masyarakat modern sekarang ini. Di dalamnya disematkan berbagai fitur canggih yang ditujukan untuk membantu dan memanjakan para penggunanya. Selain itu, sebagian besar brand smartphone sudah menyematkan spesifikasi unggulan pada HP besutannya. Dihadirkannya komponen spesifikasi unggulan ini diharapkan agar HP mampu bekerja dengan cepat dan optimal. Meski demikian, harga yang ditawarkan untuk HP android canggih tersebut cukup terjangkau.

Mengatasi Kode MMI Tidak Valid
Mengatasi Kode MMI Tidak Valid

HP android sepertinya tidak akan ada gunanya jika tidak dihubungkan ke jaringan internet. Pasalnya, hampir semua aktivitas di smartphone android membutuhkan sambungan internet agar bekerja dengan optimal. Untuk urusan sambungan internet ini sendiri, ada dua metode yang bisa Anda gunakan yakni menggunakan jaringan Wifi dan data seluler. Dari keduanya, memanfaatkan kuota data seluler lebih banyak dipilih dikarenakan lebih mudah dan murah. Apalagi beberapa provider seluler juga sering memberikan promo paket internet murah, membuat banyak pengguna yang semakin tertarik.

Baca Juga:

Membeli kuota internet bukan menjadi hal yang sulit untuk dilakukan. Salah satunya yakni dengan menggunakan pulsa yang nantinya akan ditukarkan dengan jenis paket tertentu. Untuk pembeliannya sendiri bisa dengan melakukan panggilan ke operator alias Dial Up. Biasanya pengguna harus mengetik kode dial khusus, di mana nantinya akan ditampilkan beberapa pilihan paket internet yang disediakan. Namun, saat mencoba hal tersebut terkadang ada pesan error yang muncul, seperti “Kode MMI tidak valid”. Lantas, bagaimana cara mengatasi kode MMI tidak valid atau tidak berlaku tersebut? Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

Penyebab Kode MMI Tidak Valid atau Tidak Berlaku

Sebelum lanjut ke cara untuk mengatasi kode MMI tidak valid, ketahui dulu apa saja yang menjadi penyebab tersebut. Dengan mengetahui penyebab masalah error tersebut, sedikit banyaknya kamu bisa menimalisir agar tidak dialami lagi. Mengingat masalah kode MMI tidak valid ini bisa dialami oleh semua pengguna operator seluler. Misalnya saja saat mengecek pulsa, sisa kuota, masa aktif, layanan paket dan lain sebagainya.

Adapun beberapa penyebab kode MMI tidak valid selengkapnya, sebagai berikut:

  • Kode dial yang dimasukkan salah atau sudah tidak berlaku lagi.
  • Terjadi gangguan pada jaringan seluler.
  • Pengguna salah dalam mengatur jaringan di perangkat HP.
  • Terlalu banyak file cache atau sampah yang menumpuk di memori.
  • Terjadi gangguan atau bug pada sistem android.

Cara Mengatasi Kode MMI Tidak Valid yang Paling Mudah

Mengatasi Kode MMI Tidak Berlaku
Mengatasi Kode MMI Tidak Berlaku

Setelah mengetahui beberapa penyebab di atas, sekarang lanjut ke cara untuk mengatasi masalah tersebut. Sebenarnya sangat mudah untuk mengatasi kode dial tidak valid tersebut. Hanya saja, beberapa pengguna memang ada yang belum mengetahuinya. Adapun cara untuk memperbaiki masalah kode MMI tidak valid selengkapnya, sebagai berikut:

1. Coba Ulangi Lagi

Cara yang pertama untuk mengatasi masalah kode MMI tidak berlaku yakni dengan mengulang panggilan yang sama. Misalnya saja kamu ingin mengecek pulsa kartu Telkomsel dengan kode *888#. Pada percobaan pertama muncul pesan error yang menunjukkan kode MMI salah.

Jangan langsung panik, kamu tinggal mencoba mengulangnya lagi dengan mengetik kode *888# dan panggil. Biasanya notifikasi kode MMI error tadi tidak akan muncul lagi. Yang dimunculkan di layar justru informasi sisa pulsa yang sebenarnya.

2. Periksa Kode Dial yang Digunakan

Mungkin saja kode dial yang kamu masukkan ternyata salah sehingga muncullah notifikasi error pada kode MMI tersebut. Cobalah untuk memeriksa kembali apakah kode dial yang kamu masukkan sudah benar atau belum. Lihat juga apakah pada kode yang diketik terdapat simbol khusus sehingga membuatnya tidak bisa terbaca.

Selain itu, bisa juga kode dial yang kamu masukkan tersebut sudah tidak berlaku lagi karena dihapus oleh pihak operator. Kamu bisa mengecek valid tidaknya kode dial tersebut melalui situs resmi provider.

3. Mengaktifkan Mode Pesawat

Jika ternya kode dial sudah benar namun pesan error masih tetap muncul, mungkin saja yang menjadi masalahnya adalah jaringan seluler itu sendiri. Untuk mengatasinya cobalah untuk kamu mengaktifkan Mode Pesawat atau AirPlane Mode di HP androidmu.

Tunggulah beberapa saat, kemudian kamu nonaktifkan lagi Mode Pesawat tersebut. Jika SIM card sudah terdeteksi dan sinyal operator muncul, sekarang coba ulangi panggilan kode dial. Biasanya pesan error pada kode MMI seperti sebelumnya tidak akan muncul lagi.

4. Melakukan Restart HP Android

Merestart HP diklaim akan mampu mengatasi masalah error ringan pada HP android, termasuk juga masalah kode MMI error. Karena itulah, jika saat melakukan dial up dan muncul notifikasi error, kamu bisa coba melakukan restart HP androidmu.

Tunggulah sampai perangkat HP menyala kembali. Jika sudah menyala, kamu tidak ulangi panggilan kode dial. Pesan tidak valid pada kode MMI biasanya tidak akan muncul lagi.

5. Menonaktifkan SIM Card Sementara Waktu

Alternatif lain untuk mengatasi kode MMI salah atau tidak valid berikutnya yakni dengan mematikan atau menonaktifkan SIM card. Bukan selamanya, melainkan kamu hanya perlu menonaktifkannya sementara waktu.

Mengenai langkah-langkah menonakatifkan kartu SIM sementara di HP android, yakni:

  • Pertama kamu buka menu Pengaturan di HP androidmu.
  • Kemudian masuk ke opsi Koneksi.
  • Selanjutnya klik opsi Pengelola kartu SIM.
  • Sekarang kamu pilih kartu SIM yang ingin dinonaktifkan, apakah SIM1 atau SIM2.
  • Untuk mulai menonaktifkan SIM card, kamu geser slider ke arah kiri hingga berubah menjadi Tidak Aktif.
  • Tunggu beberapa saat, kemudian kamu aktifkan lagi SIM card tersebut.
  • Biasanya masalah kode MMI salah atau tidak valid akan langsung teratasi.
  • Selesai.

6. Menghapus File Cache Aplikasi

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, file cache yang menumpuk juga menjadi penyebab lain masalah satu ini. Karena itulah, kamu perlu membersihkan file cache atau file sampah tersebut untuk mengatasi maslaah tadi. Untuk langkah-langkah menghapus cache aplikasi tersebut, yakni:

  • Langkah pertama kamu buka menu Pengaturan di HP android.
  • Kemudian pilih opsi Aplikasi Terinstall.
  • Cari dan pilih aplikasi Telepon.
  • Klik pada opsi Penyimpanan.
  • Dan terakhir klik tombol Hapus Cache.
  • Selesai.

Catatan: Jika masih belum bisa, lebih lanjut kamu lakukan Hapus Data aplikasi Telepon. Biasanya cara ini lebih ampuh mengatasi masalah error pada aplikasi.

7. Mengubah Jaringan Seluler ke 3G Only

Pengaturan jaringan juga bisa menyebabkan kode MMI tidak valid, meskipun kasusnya sangat jarang terjadi. Jika muncul pesan error seperti ini, kamu bisa coba mengubah jaringan seluler ke jaringan 3G only. Untuk langkah-langkahnya sendiri, yakni:

  • Pertama buka menu Pengaturan di HP android.
  • Kemudian klik pada opsi Koneksi.
  • Masuk ke opsi Jaringan Seluler.
  • Pilih ingin mengatur jaringan SIM1 atau SIM2.
  • Kemudian pilih hanya 3G atau 2G/3G.
  • Selesai.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mudah mengatasi kode MMI tidak valid yang paling mudah dan efektif. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Abdul Wafihttps://www.bukandroid.com
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Konten Terbaru

7 Aplikasi Nonton Anime Sub Indo di Android Terlenkap

Aplikasi Nonton Anime Sub Indo - Nonton film sekarang ini tidak hanya bisa dilakukan melalui perangkat TV atau PC saja. Seiring berkembangnya dunia teknologi,...

Cara Membuat Fleet Twitter Terbaru di Android

Cara Membuat Fleet Twitter - Media sosial bisa diibaratkan sebagai rumah kedua bagi sebagian besar masyarakat modern sekarang ini. Bagaimana tidak? Mereka lebih sering...

Cara Mengatasi Kamera HP Xiaomi yang Terbalik

Cara Mengatasi Kamera HP Xiaomi yang Terbalik - Di jaman sekarang ini berfoto telah menjadi aktivitas yang banyak digemari orang di semua kalangan. Mengingat...

Cara Mengembalikan SMS yang Terhapus di HP Android

Mengembalikan SMS yang Terhapus di HP - HP android menjadi salah satu perangkat elektronik yang paling diminati sekarang ini. Di dalamnya sudah dibekali berbagai...

Related news

7 Aplikasi Nonton Anime Sub Indo di Android Terlenkap

Aplikasi Nonton Anime Sub Indo - Nonton film sekarang ini tidak hanya bisa dilakukan melalui perangkat TV atau PC saja. Seiring berkembangnya dunia teknologi,...

Cara Membuat Fleet Twitter Terbaru di Android

Cara Membuat Fleet Twitter - Media sosial bisa diibaratkan sebagai rumah kedua bagi sebagian besar masyarakat modern sekarang ini. Bagaimana tidak? Mereka lebih sering...

Cara Mengatasi Kamera HP Xiaomi yang Terbalik

Cara Mengatasi Kamera HP Xiaomi yang Terbalik - Di jaman sekarang ini berfoto telah menjadi aktivitas yang banyak digemari orang di semua kalangan. Mengingat...

Cara Mengembalikan SMS yang Terhapus di HP Android

Mengembalikan SMS yang Terhapus di HP - HP android menjadi salah satu perangkat elektronik yang paling diminati sekarang ini. Di dalamnya sudah dibekali berbagai...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini